Beranda Social Media Cara Cek Follower Instagram Asli atau Palsu Dengan Tools dan Manual

Cara Cek Follower Instagram Asli atau Palsu Dengan Tools dan Manual

Cara Cek Followers Influencer Asli Atau Palsu

Apakah semua akun di Instagram itu asli? Tentu tidak. Lalu, bagaimana cara cek follower Instagram asli atau palsu / bot agar tidak tertipu influencer gadungan?

Anda pasti cukup sering menemukan akun Instagram yang memiliki ribuan bahkan jutaan followers. Lalu Anda berpikir untuk menggunakan jasa endorsement melalui akun Instagram tersebut.

Tunggu dulu, Anda harus mengetahui apakah followers akun Instagram tersebut kebanyakan yang asli atau palsu. Pasalnya, sekarang ini ada banyak orang menggunakan software untuk membuat akun palsu dan menjual jasa memperbanyak followers Instagram.

Jadi, pastikan untuk memeriksa keaslian followers influencer tersebut di Instagram sebelum menggunakan jasa endorsement darinya.

Ada dua metode yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan tools, dan bisa juga dengan cara manual. Kedua metode tersebut dijelaskan di artikel ini, simak ya.

Cara Cek Followers Instagram Asli atau Palsu Dengan Menggunakan Tools

Ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk memeriksa apakah followers sebuah akun di Instagram kebanyakan asli atau palsu.

Dengan mengetahui cara cek followers Instagram asli atau plasu, maka Anda bisa memutuskan siapa influencer yang tepat untuk diajak bekerjasama untuk pemasaran.

Berikut adalah beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa apakah followers di Instagram asli atau palsu.

1. Hypeauditor.com

Hypeauditor

Versi gratis memiliki fitur terbatas.
Versi berbayar mulai dari $167 – $249 per bulan

Tool ini didesain untuk mengecek fake follower, following ratio, jumlah follower, jumlah postingan, jumlah like dan rasionya.

Faktor-faktor ini nantinya akan digunakan untuk melihat kualitas sebuah akun Instagram. Bila nilai akun mencapai 80 atau lebih, Anda bisa mempertimbangkan akun ini untuk diajak kerjasama.

Meski demikian, perlu Anda ingat karena tool ini gratis, akurasinya tidak mencapai 100%. Namun, tool ini bisa digunakan apa bila budget Anda terbatas.

2. FakeCheck.co

FakeCheck

Versi gratis memiliki fitur terbatas.
Versi berbayar mulai dari $1

Tools ini dapat melakukan analisis akun Instagram dengan cara mengumpulkan data terkait tingkat keterlibatan pengikut akun tersebut.

Situs ini cukup mudah digunakan dan menawarkan informasi tambahan, seperti; 10 besar akun Instagram yang memiliki keterlibatan yang sangat baik.

Anda bisa menggunakan fitur gratisnya di mana informasi yang ditampilkan cukup terbatas. Versi gratisnya tidak bisa melihat informasi like atau komentar rata-rata pada sebuah akun.

Bila ingin mendapatkan informasi lengkap di FakeCheck.co Anda harus membayar, yaitu mulai dari $1.

3. SocialAuditPro.com

Social Audit Pro

Mulai dari $5 untuk 5000 followers
$20 untuk 20.000 followers

Social Audit adalah layanan berbayar dan sangat cocok bagi pebisnis yang ingin mendapatkan analisis yang mumpuni terkait sebuah akun Instagram.

Dengan tools ini, Anda bisa memeriksa followers palsu di semua akun instagram yang tidak dalam mode private.

Biaya untuk menggunakan tools ini masih terhitung masuk akal melihat fitur yang dimilikinya.

Dengan Social Audit Pro, Anda bisa membandingkan setiap influencer di Instagram serta mengetahui berapa banyak followers yang benar-benar dijangkau dan terlibat pada setiap postingan mereka.

4. Analisa.io

Versi gratis memiliki fitur terbatas.
Versi premium mulai dari $59 – $199 per bulan

Tools yang satu ini sering digunakan oleh blogger profesional dan agensi pemasaran untuk melacak followers palsu di sosial media.

Tools yang satu ini merupakan salah satu andalan agensi pemasaran untuk melakukan analisis terhadap akun Instagram karena fiturnya dianggap penting untuk kesuksesan kampanye yang dilakukan.

Salah satu fitur terbaik dari Analisa.io adalah kemampuan untuk memeriksa tingkat keaktigan pengikut sebuah akun Instagram. Tools ini bekerja dengan cara membandingkan satu akun dengan akun lainnya yang memiliki rasio followers asli yang tinggi.

Artikel lain: Teknik SEO di Instagram untuk Meningkatkan Peringkat di Pencarian

Cara Cek Follower Instagram Asli atau Palsu Secara Manual

Cara Cek Follower Instagram Asli atau Palsu

Anda juga bisa melacak akun followers fiktif di Instagram dengan cara manual. Memang cara ini agak sedikit repot, tapi direkomendasikan agar kampanye pemasaran di Instagram bisa sukses.

1. Periksa Dengan Teliti Akun Followers

Kita dapat mengetahui seorang influencer memiliki pengikut organik atau fiktif dengan memeriksa beberapa followersnya. Berikut ini beberapa indikasi akun followers fiktif;

  • Tidak ada profile picture dan post. Jika seorang influencer memiliki banyak follower tanpa profile picture dan post, maka kemungkinan besar followers tersebut adalah palsu atau bot.
  • Komentar spam atau tidak relevan. Jumlah komen dalam setiap postingan juga dapat dijadikan acuan apakah influencer punya banyak followers asli atau palsu. Jika komentar yang muncul sering tidak relevan dengan isi postingan maka kemungkinan influencer tersebut punya follower fiktif.
  • Akun jual-beli followers. Jika influencer memiliki beberapa followers yang melakukan aktivitas jual-beli followers, maka ini bisa menjadi indikasi kalau si influencer menggunakan jasa mereka.

2. Perhatikan Engagement

Pada umumnya follower akan berinteraksi dengan akun lain yang diikuti di Instagram. Nah, kita perlu memperhatikan rasio antara jumlah followers dengan jumlah engagement atau keterlibatan yang terjadi pada akun influencer.

Biasanya, seorang influencer bisa mendapatkan keterlibatan sebesar 2% – 3% dari jumlah pengikutnya. Jika seorang influencer bisa menghasilkan rasio engagement sebesar 10% – 20% maka bisa dikatakan konten yang diposting cukup viral.

Kita juga harus memperhatikan komentar yang ada pada setiap postingan seorang influencer. Jika sebagian komentar hanya berisi “great post”, “keren banget sist”, “good job” atau “Love this” maka kemungkinan besar itu dikirim oleh software atau bot.

Cara Mengidentifikasi Influencer Palsu di Instagram

Cara Mengidentifikasi Influencer Palsu di Instagram
Via Boredpanda.com

Influencer palsu adalah pengguna sosial media yang semua penampilannya tampak seperti influencer pada umumnya, padahal tidak. Mereka juga memposting gambar berkualitas tinggi seperti influencer. Namun, sebagian besar pengikut akun tersebut adalah akun palsu atau bot.

1. Memiliki Jumlah Follower yang Tidak Biasa

Akun Instagram asli cenderung memiliki engagement yang seimbang. Seseorang mungkin follow banyak akun tapi follower-nya sendiri sangat kecil. Hal ini tidak bisa serta-merta dikatakan akun palsu.

Bisa saja dia tidak membuat banyak postingan sehingga ia tidak mempengaruhi orang lain seperti seorang influencer pada umumnya.

Seorang influencer sejati umumnya memiliki follower yang lebih banyak dari akun yang ia ikuti. Contohnya saja seorang influencer dengan 18,2 juta follower mengikuti 264 akun Instagram.

Seorang nano influencer  sendiri mungkin memiliki rasio sekitar 1:1, namun rata-rata influencer tidak memiliki akun follower yang lebih kecil dari pada yang di-follow.

Disamping itu, pastikan Anda melihat engagementpnya. Seorang influencer yang berkualitas rata-rata memiliki 1,5-3% likes dari jumlah follower mereka. Misal seorang influencer dengan follower 100 ribu memiliki kombinasi likes dan komentar sebanyak 1500-3000.

Engagement rate sebesar 1% masih Ok untuk seorang influencer, tergantung dari niche yang diambil. Jika di bawah angka ini, Anda wajib hati-hati. Sebaliknya, bila seorang influencer memiliki engagement rate di atas 10%, Anda wajib waspada karena kemungkinan akun ini memiliki grup yang diajak untuk saling berkomentar agar engagement-nya tinggi.

2. Aktivitas Akun Tidak Wajar

Akun banyak aktifitas beberap hari, kemudian minim aktifitas di hari lain.

Seringkali seseorang membuat bot yang membantu mem-follow ratusan hingga ribuan dalam sehari. Kemudian sesekali akun ini memposting konten supaya terlihat asli.

Umumnya influencer asli akan memiliki pertumbuhan follower yang stabil. Jadi tidak tiba-tiba banyak follower kemudian sepi.

3. Profil Kosong, Hasil Kopian Atau Tersembunyi

Orang yang membuat akun palsu umumnya tidak membuatnya dengan sungguh-sungguh. Kebanyakan sering tidak mengisi bagian bio dan mengisi detail seperlunya saja.

Tidak hanya itu, Anda harus hati-hati pada influencer yang tidak upload profile picture. Tidak sedikit juga sebagian dari mereka yang menggunakan profile picture palsu.

4. Sering Membuat Komentar Spam

Beberapa akun yang terbuat dari bot bisa membantu memposting komentar di akun lain supaya terlihat asli. Sayangnya, komennya mereka terkesan spammy, seperti “keren banget sis”, “good job” dan lain sebagainya.

Ada lagi jenis akun yang membuat komentar spammy berisi jualan dengan harapan untuk memancing Anda meninggalkan kontak dan informasi penting lainnya. Khawatirnya informasi ini bisa dicuri dan digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Pendek kata, seorang influencer harus memiliki kemampuan mempengaruhi komunitasnya. Influencer yang baik adalah yang memiliki bidang khusus. Anda bisa memilih akun yang secara khusus membahas tema tertentu yang sesuai bisnis Anda.

Sebelum memutuskan bekerjasama, pastikan melihat engagement rate, jumlah follower dan akun yang di-follow. Lihat postingan akun tersebut seberapa bagus interaksi influencer dengan followernya. Jangan terkecoh dengan angka yang tampil di profile. Melihat gaya postingan dan kualitas konten juga didperlukan.

Nah, untuk Anda yang membangun Instagram dengan tujuan menjadi seorang influencer, pastikan tidak membeli follower dan tool lainnya. Selain berpotensi di-ban oleh Instagram, hal ini juga tidak bagus di depan calon klien.

Buatlah konten yang bermanfaat, asli dan tentunya sebisa mungkin sesuai pengalaman dan bidang ilmu.

Baca juga: Waktu Terbaik Posting di Sosial Media

Kesimpulan

Anda tidak bisa serta-merta percaya bahwa akun dengan follower banyak bisa memberikan hasil yang maksimal dalam pemasaran via Instagram.

Banyak orang jahat yang membeli follower demi mendapatkan keuntungan. Follower influencer palsu ini kebanyakan adalah akun palsu atau bots. Jadi ketika influencer tersebut memposting, tidak akan ada engagement dengan para pengikutnya.

Sedihnya lagi, Instagram belum bisa menyapu bersih akun-akun palsu ini karena mereka akan terus mencari jalan supaya bisa mendulang untung tanpa harus bekerja keras. Jadi ini pintar-pintar pemilik bisnis dalam menyiasatinya.

Perlu kita ketahui juga bahwa yang memiliki follower palsu ini bukan hanya para influencer palsu. Kadang ada juga akun personal dan influencer asli yang juga memiliki follower seperti ini.

Jadi sangat penting mengecek kredibilitas sebuah akun sebelum memutuskan kerjasama, seperti menggunakan tool pengecek fake follower tadi.

Itulah cara cek follower Instagram asli atau palsu dengan menggunakan tools dan secara manual buat Anda yang sedang merencanakan strategi influencer marketing. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here