Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

bisnis-online-gratis-tanpa-modal

Saya yakin mereka yang membuka halaman ini karena ingin mencari informasi tentang bisnis online gratis tanpa modal. Sejauh pengalaman saya selama ini, tidak ada bisnis online yang bisa dijalankan dengan benar-benar gratis. Mungkin Anda akan berargumen “Ah masa sih, setahu saya banyak bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal materiil”.

Ada hal yang sering kita lupakan ketika mendengar atau membaca informasi tentang bisnis internet tanpa modal, misalnya program semacam PTC (paid to click), atau program lainnya. Memang banyak program bisnis online yang bisa diikuti secara gratis dan tanpa modal pada awalnya.

Tapi ketika kita mulai menjalankan bisnis tersebut justru akan membutuhkan modal. Jadi, daftarnya gratis tapi untuk menjalankan bisnisnya pasti butuh modal. Saya lebih setuju bila dikatakan bisnis online bisa dijalankan dengan modal kecil atau nyaris tanpa modal.

Dari data yang Saya temukan di Google Adword: Keyword Planner, ternyata banyak sekali netter yang mencari informasi tentang bisnis online gratis tanpa modal. Dan yang mengagetkan saya adalah hasil pencarian di halaman utama Google untuk kata kunci tersebut diisi oleh situs-situs yang menawarkan program-program PTC yang menurut saya hanya buang-buang waktu saja.

Program PTC (paid to click) menurut saya tidak bisa disebut sebuah bisnis yang menjanjikan, apalagi bisnis online gratis tanpa modal. Daftarnya memang gratis, tapi untuk menjalankannya Anda harus menghabiskan waktu dan uang untuk biaya internet hanya untuk meng-klik iklan-iklan yang ada di website PTC tersebut, wasting time.

Saya akan jelaskan kenapa bisnis online itu tidak ada yang benar-benar gratis. Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis online yang sering dijalankan pebisnis online:

1. Mendapatkan Uang dari Aplikasi Android

Ok, memanfaatkan aplikasi Android untuk menghasilkan uang memang salah satu yang bisa dibilang nyaris tanpa modal. Tolong dicatat, NYARIS tanpa modal. Artinya Anda juga tetap harus ada modal. Ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, diantaranya:

  • Whaff Rewards
  • Tap Cash Rewards
  • Grab Points
  • Cash Pirate
  • Uento
  • AppKarma
  • Gralpy

Apa saja modalnya?

Tentunya modal awal Anda adalah smartphone dengan platform Android. Selanjutnya, Anda juga harus punya paket internet yang memadai. Selanjutnya, Anda harus mengerti cara menghasilkan uang dari aplikasi Android tersebut.

Dan semua ini membutuhkan waktu, dan waktu adalah uang. See, tidak benar-benar tanpa modal kan.

2. Bisnis PTC (Paid To Click)

Program PTC adalah program dimana kita akan dibayar hanya untuk nge-klik iklan-iklan yang disediakan oleh pihak penyelenggara program PTC. Setelah kita nge-klik iklan yang diberikan, kita harus melihat website yang kita klik iklannya minimal selama 30 detik.

Memang program ini terkesan mudah dan bisa memberikan penghasilan tanpa harus kerja keras dan tidak butuh modal. Pada kenyataannya, Anda akan membutuhkan biaya untuk koneksi internet atau ke warnet, dan juga harus menghabiskan waktu yang tidak sebentar dalam melakukannya. Uang yang ditawarkan untuk sekali klik iklan juga sangat murah, sangat tidak sebanding dengan waktu yang Anda habiskan untuk melakukannya.

Menurut saya pribadi, program PTC hanya akan membuang-buang waktu Anda yang berharga. Kalau Anda ingin berbisnis online yang sesungguhnya, sebaiknya jangan pilih PTC. Tapi bila Anda hanya ingin iseng saja, silahkan mencoba mengikuti program PTC.

3. Bisnis Online PTS (Paid To Survey)

Program PTS adalah program dimana kita dibayar untuk mengisi angket atau survey yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Tujuan dari program PTS ini sebenarnya adalah untuk mendapatkan gambaran dari masyarakat secara online tentang sebuah produk, jasa, atau sebuah website. Kita akan dibayar jika mengisi angket/ survey yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

Program PTS biasanya memang gratis, tapi Anda pasti akan mengeluarkan biaya untuk koneksi internet dan juga harus menyisihkan waktu Anda untuk mengisi survey online. Saya menganggap ini bukan bisnis online gratis tanpa modal karena tetap saja kita mengeluarkan uang untuk koneksi internet.

Program ini memang mudah dilakukan dan biasanya tidak butuh waktu terlalu lama. Namun, jika kita bicara tentang sebuah bisnis untuk jangka panjang, maka program PTS bukanlah pilihan yang tepat. Anda memang bisa mendapatkan uang dari program ini, tapi tidak banyak dan survey yang bisa diisi juga terbatas.




4. Bisnis Online PPC (Pay Per Click)

Program PPC ini adalah program yang bisa diikuti oleh mereka yang punya website atau blog yang kemudian disebut dengan publisher. Publisher akan dibayar oleh pihak penyelenggara program PPC jika pengunjung website/ blog miliknya melakukan klik pada iklan yang ada di dalam blog tersebut. Namun, pemilik website tidak boleh meng-klik yang ada di dalam blognya karena akan merugikan pihak pengiklan.

Program PPC adalah salah satu jenis bisnis online yang menurut saya cukup menjanjikan. Selain kita bisa mengembangkan kemampuan dalam membangun website/ blog, kita juga bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Salah satu program PPC yang banyak disukai oleh publisher adalah Google Adsense.

Perusahaan ini berpusat di Amerika Serikat, namun sudah mengembangkan bisnisnya ke manca negara, termasuk Indonesia. Selain Google Adsense, ada banyak perusahaan PPC lainnya, baik itu lokal ataupun dari luar negeri, diantaranya; Chitika.com, Bidvertiser.com, Kliksaya.com, Adsensecamp.com, Kumpulbloger.com, Sitti.co.id, dan lain-lain.

Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis online untuk jangka panjang, maka program PPC adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan. Namun, Anda harus mulai membangun website/ blog untuk bisa mendaftar menjadi publisher PPC. Memang membuat website/ blog itu terkesan sulit dan mahal, padahal sebenarnya tidak sesulit dan semahal yang dipikir oleh banyak orang.

Artikel terkait: Apa itu internet marketing?

5. Bisnis Internet Berbasis PPS (Pay Per Sale)

Program PPS adalah program dimana kita akan dibayar jika kita berhasil menjual sebuah produk/ jasa/ membership, kepada orang lain. Besarnya komisi yang didapatkan oleh publisher PPS sangat beragam, tergantung persentase yang diberikan oleh pihak penyelenggara program PPS.

Sama halnya dengan program PPC, biasanya untuk menjadi publisher program PPS kita harus memiliki sebuah website atau blog. Melalui website/ blog tersebut kita bisa memasarkan produk-produk yang dijual oleh pihak penyelenggara PPS.

Setiap publisher diberikan link affiliate, dan ketika seseorang membeli produk dari link affiliasi tersebut maka publisher akan mendapatkan uang. Beberapa program PPS yang sangat terkenal adalah Amazon.com, ClickBank.com.

6. Bisnis Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah tehnik penjualan dimana penjual tidak menyetok barang yang dijual, dan ketika ada order barang dari calon pembeli, penjual akan meneruskan detail order barang dan alamat pembeli tersebut kepada supplier/ produsen. Dengan kata lain, bisnis ini bisa dijalankan tanpa harus punya barang atau modal untuk pembelian barang.

Tapi tunggu dulu, bukan berarti Anda tidak mengeluarkan uang sama sekali. Untuk menjalankan bisnis dropship secara online tentunya Anda harus punya koneksi internet, ini salah satu cost yang harus Anda keluarkan secara rutin.

Selain itu, bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis dropship lebih profesional biasanya akan membangun sebuah website untuk memajang display barang yang dijual. Tentu saja ini adalah cost juga yang harus dikeluarkan, jadi tidak bisa benar-benar gratis atau modal dengkul hehehe.

7. Bisnis Online Menjual Jasa

Bisnis online menyediakan jasa ada banyak kita temukan di internet. Salah satu yang sering saya temukan adalah jasa membuat website, jasa pemasaran online, jasa SEO, dan masih banyak yang lainnya. Biasanya bisnis menyediakan jasa online ini disediakan oleh mereka yang punya keahlian atau kelebihan khusus yang jarang dimiliki orang lain.

Para pengguna jasa biasanya adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan hal tertentu, atau bisa juga karena tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya. Bisnis online penyedia jasa tentunya harus mengeluarkan biaya untuk mempromosikan bisnis mereka secara online ataupun offline. Selain itu, biaya operasional bisnis ini pastinya ada.

Kesimpulan:

Beberapa jenis bisnis online yang disebutkan di atas adalah jenis bisnis online yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis internet. Dari penjelasan dari kelima jenis bisnis online tersebut, tidak ada satupun yang bisa dijalankan tanpa modal sama sekali. Semuanya butuh modal, materiil dan non materiil.

Jadi, mulai sekarang kita harus mengubah mindset bahwa bisnis online gratis tanpa modal itu ada. Intinya, tidak ada satupun bisnis online yang bisa dikerjakan tanpa modal sama sekali.

Dalam memilih bisnis online, sangat penting untuk memahami potensi diri dan juga potensi yang ada di sekitar kita. Tidak perlu terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk menjalankan sebuah bisnis online. Lakukan apa yang menjadi kelebihan kita, dan maksimalkan sebaik mungkin. Setiap orang pasti membutuhkan proses dalam menjalankan bisnis onlinenya, karena itu jangan mudah putus asa dan tetap lakukan yang terbaik. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)



83 total comments on this postSubmit yours
  1. Artikel nya Sangat bermanfaat sekali bos,,, sukses selalu, semoga yg belum mempunyai pekerjaan dan penghasilan tetap segera di bukakan pintu rezeki nya… Aamiin

  2. Betul sekali, memang semuanya harus memakai modal

  3. Meskipun bisnis online di atas tanpa perlu modal, akan tetapi perlu diingat bahwa biaya operasional tetap harus ada. Sebut saja untuk pembelian pulsa internet, gadget yang perlu kita sediakan dan paling tidak alat tulis kantor.
    Jadi tetap upayakan untuk mempersiapkan dana untuk biaya-biaya tersebut di atas. Mungkin masih ada lagi.
    Yang terpenting mulailah sekarang. Jangan ditunda lagi!

  4. Mungkin lebih tepatnya bisnis online tanpa biaya pendaftaran alias gratis.
    Waktu PTC masih booming banyak kok yang menghasilkan jutaan rupiah per bulannya. Namun memang perlu modal yang lumayan untuk sukses di PTC karena harus punya banyak refferal dan upgrade membership.

  5. Makasih infonya om, Jadi sy harus bagaimana utk memulai bisnis online ? Malu kalo tiap hari kudu ngutang mulu ke tetangga..

  6. Wah.. ini yang saya cari boleh di coba juga mas :)
    makasih ya

  7. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

  8. Saya pkir semua akan butuh modal. Walupun bukan uang, modal pikiran dan sabar jg dibutuhkan sob.

  9. lumayan bisa buat penghasilan sampingan di rumah..sungguh bermanfaat..
    thankkzzz

  10. Benar sekali gan, apalagi untuk PTC. Saya newbie yang baru mulai ngeblog, alangkah bahagianya jika suatu saat nanti bisa bergabung dengan adsense. Tapi butuh kerja keras untuk bisa meningkatkan traffic

  11. trima kasih mas atas infonya, semoga bermanfaat buat sy khususnya,jgn lupa kunjung balik,,,!

  12. Saya juga berpendapat begitu tiada usha sekecil apapun itu tanpa modal. Saya setiap satu minggu sekali harus Gocek duit Rp 25000,- untuk bisa internetan apalagi buka bisnis onlie, itulah hidup.. banyak asumsi…

  13. Kayaknya PTC sudah tidak menjanjikan lagi… yg saya yakin PPC dari google adsense.. kunjungi blog saya tentang adsense

  14. Setuju banget mas semua butuh modal :) minimal pc sama koneksi internet
    PTC contohnya kalau ga mau model beli referal mah kapan bisa dapet banyak hasilnya, maen sendiri dengan punya banyak ref atau upgrade member pasti beda hasilnya.

    Cuma dari dulu pct yang tahan banting paling itu2 aja, sisanya datang dan pergi. Tapi kalau buat pemula si oke2 aja karena saya juga dulu bisa beli domain sewa hosting dll hasil dari pct :)

  15. Inilah cara mendapat penghasilan tambahan melalui internet tanpa ribet, cek disini…

    • tolong info sy bisnis online yg gak ribet

  16. gimana cara kerjanya

  17. caranya bagai mana??

  18. nomor 4 dan 5 yang tentu nyata dan lebih cepat menghasilkan uang

  19. Ada kok bisnis dgn modal minim tp hsil lumayan…komisi harian dpt lgsg mngalir k rek anda…. bukan bisnis MLM g prlu jual barang and cari member. 100%halal…. :)

  20. nomer 3 adalah bisnis yang jangka waktu lama, butuh waktu akan tetapi jika sudah banyak pengunjung kita akan menikmati hasilnya jika kita sabar untuk terus konsisten. Setuju sekali dengan penjelasan diatas

  21. Semua bisnis butuh modal tidak ada yang menjalankan bisnis tanpa modal. Kalau ada itu cuma hoak. hehe. Thank ilmunya mas

  22. Gmna cara krja pak/bu…
    Dan bidang ny apa’an?

4 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud