Beranda SEO 9 Langkah Untuk Membuat Konten Anda Disukai Pembaca dan Google

9 Langkah Untuk Membuat Konten Anda Disukai Pembaca dan Google

Teman-teman blogger pasti sering mencari informasi tentang “bagaimana cara membuat konten yang disukai oleh pembaca dan rangkingnya baik di mesin pencari”. Itu kembali lagi ke tujuan kita membangun sebuah blog, apakah hanya sekedar tempat curhat, tempat berpuisi, atau dijadikan sebagai lahan bisnis di internet. Kalau Anda membangun blog untuk bisnis, maka sebaiknya perhatikan beberapa langkah yang akan saya bahas di artikel ini.

Dari pengalaman saya selama beberapa tahun membangun blog untuk bisnis online, membangun konten dengan tujuan SEO saja pada akhirnya tidak akan bertahan lama di mesin pencari. Dulu, Saya selalu mengikuti trik-trik khusus dalam membuat artikel, triks ini diajarkan oleh banyak internet marketer. Faktanya, trik-trik khusus ini ternyata tidak memberikan manfaat untuk blog saya, karena cenderung hanya menyasar pada tujuan SEO yang membuat pembaca blog saya bosan.

Anda pasti pernah juga melakukannya, misalnya memaksakan keyword density (kepadatan kata kunci) dalam artikel, memaksakan H1 – H2 – H3 harus selalu ada kata kunci yang dibidik, dan lain-lain. Saya pernah melakukan hal-hal seperti itu, dan tidak ada manfaatnya untuk jangka panjang bagi blog saya karena artikel seperti itu ternyata tidak disukai pembaca.

Saya sadur dari entrepreneur.com, berikut ini adalah 9 langkah untuk membuat konten blog Anda disukai oleh pembaca dan Google:

Artikel lain: Google HummingBird ~ Update Terbaru Dari Mesin Telusur Google

1. Menulis Untuk Pembaca dan Optimasi Untuk Robot Search Engine

Pembaca blog Anda pastinya tidak ingin membaca artikel yang dibuat untuk tujuan SEO, mereka ingin membaca informasi menarik dari blog Anda. Bahkan mesin pencari lebih mengutamakan konten yang alami dibandikan dengan konten-konten yang dibuat untuk tujuan SEO semata.

Walaupun Anda menulis dengan cara alami tentunya artikel tersebut tetap bisa dioptimasi untuk robot mesin pencari. Tetap fokus membuat artikel yang menjadi ‘darah dan daging’ blog Anda, dan berikan bantuan pada robot mesin pencari agar menemukan konten Anda tersebut.

2. Lupakan Tentang Kepadatan Kata Kunci (Keywords Density)

Salah satu mitos SEO yang seringkali kita perhatikan dalam membuat sebuah konten artikel adalah kepadatan kata kunci (keywords density). Beberapa orang mengatakan keywords density yang baik adalah 3% Р5% dari total kata dalam artikel, beberapa orang lainnya mengatakan keywords density sebaiknya berkisar antara 1% Р3% saja dari total kata dalam artikel. Faktanya, Google tidak pernah menyebutkan tentang keywords density.

Tentunya kita perlu memasukkan kata kunci di dalam konten, atau menambahkan kata kunci yang relevan dengan artikel yang kita buat. Namun kita harus menggunakannya secara sewajarnya, biarkan konten Anda mengalir secara alami. Memaksakan keywords di tempat yang tidak semestinya lebih sering merusak kualitas konten Anda, tidak akan membuatnya lebih baik di mesin pencari.

3. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan dan Sinonimnya

Anda pasti pernah mendengar tentang Latent Semantic Indexing (LSI). Mesin pencari selalu menghubungkan sebuah kata kunci dengan kata kunci lainnya yang masih terkait. Karena itu, variasikan kata kunci di dalam konten Anda. Dengan menggunakan variasi kata kunci, konten Anda akan semakin relevan dengan topik yang Anda bahas tanpa harus memasukkan kata kunci yang sama berkali-kali.

4. Buatlah Artikel Berkualitas Dengan Pembahasan Topik Yang Mendalam

Semua orang suka bicara to-the-point, langsung pada inti sari. Namun, jika kita membuat sebuah konten yang menjelaskan secara mendalam tentang sebuah topik, tentunya ini akan semakin baik. Saya pribadi tidak terlalu memperhatikan jumlah kata dalam setiap artikel yang saya buat, tapi biasanya artikel yang panjang dan mendalam biasanya lebih baik posisinya di SERP Google dibandingkan dengan artikel yang singkat dan dangkal.

Bukan berarti setiap artikel dengan jumlah kata yang banyak akan selalu menang di SERP mesin pencari. Ini hanya sebagai gambaran bahwa kualitas sebuah konten itu sangat penting jika ingin mendapatkan ranking yang baik di Google. Jangan pula memaksakan diri membuat artikel panjang dengan bertele-tele, buatlah artikel tersebut sesuai dengan fakta dan sesuai dengan pengetahuan Anda.

5. Gunakan Long Tail Keywords Pada Judul Konten

Judul yang panjang biasanya lebih menguntungkan di mesin pencari dibandingkan dengan konten dengan judul yang terlalu singkat. Memang, judul dengan kata kunci yang panjang biasanya pencarinya lebih sedikit dibandingkan dengan judul dengan kata kunci yang singkat. Namun pada kenyataannya, konten dengan judul yang panjang biasanya lebih baik posisinya di mesin pencari dibandingkan dengan konten yang judulnya singkat. Selain itu, konten dengan judul yang panjang dan deskriptif biasanya konversinya lebih bagus.

6. Respon Audiens Anda Dengan Baik

Jika blog Anda punya audiens/ pembaca setia, maka Anda harus siap memberikan respon dan menjawab komentar atau pertanyaan-pertanyaan mereka. Berikan jawaban yang mereka butuhkan, tentunya Anda hanya akan menjawab komentar atau pertanyaan yang sesuai dengan topik Anda. Kalau kita melihat dari sisi SEO, keterlibatan pembaca di dalam sebuah blog adalah sebuah keuntungan.

7. Berikan Kemudahan Bagi Pembaca Anda Untuk Menyebarkan Konten Anda

Menyebarkan link konten Anda di media sosial akan memberikan trafik langsung dan dampak SEO yang baik bagi keseluruhan blog Anda. Semakin banyak orang yang menyebarkan konten Anda, hasilnya akan semakin baik. Karena itu, sediakan tombol media sosial di blog Anda agar memudahkan pembaca Anda untuk menyebarkan artikel yang mereka sukai di blog Anda.

8. Gunakan Google+

Google+ akan semakin besar peranannya di dalam SEO. Selain itu, dengan menggunakan Google+ Anda akan mendapatkan Author Rank dan terhubung dengan pengguna Google+ lainnya. Author rank adalah salah satu faktor dalam SEO, dan menurut saya peranannya akan semakin besar untuk SEO di masa-masa yang akan datang. Jadi, sebaiknya Anda gunakan Google+ dari sekarang, dan hubungkan blog Anda dengan akun Google+ Anda.

Baca juga: Ini Ahli, Pakar, dan Master SEO di Indonesia

9. Gunakan Judul dan Deskripsi

Title tags Anda adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh Google ketika robot mereka ‘membaca’ blog Anda. Tentunya akan lebih baik lagi bila judul konten dilengkapi dengan deskripsi dari konten Anda, karena pengguna mesin pencari akan melihat judul dan deskripsi konten Anda di SERP Google. Gunakan judul dan deskripsi yang deskriptif dan mengajak audiens untuk membuka situs Anda.

185 KOMENTAR

  1. Emang hebat admin max manroe ini, idenya ada aja buat menerbitkan artikel berkualitas yang selalu masuk halaman top google.
    Saya harus belajar banyak nih…

  2. Gan mau nanya apa boleh kita meletakkan tanda baca seperti,.? pada judul artikel

  3. Pada awalnya saya membuat blog hanya untuk iseng,Tapi sekarang saya benar-benar memanfaatkan blog saya untuk tujuan bisnis online.Dari awal saya membuat blog,saya belajar di blog ini.Sampai sekarang kalau mau memperbaiki blog saya pasti mampir lagi ke sini.Tapi sampai saat ini saya belum bisa meningkatkan trafic blog saya.Apa karena saya hanya menggunakan wordpress gratisan..

  4. oh ya mas, klu descripsi yang ada di plugin dengan descripsi yang ada di page umpama isi descripsinya sama persis, apakah termasuk dobel conten ? mhon penjelasannya, mksh…

  5. artikel 2 bulan tapi pembaca kok masih 10-20 orang ya? minta tips lagi dong. hheh

  6. bahasa tulisanya mudah di mengerti dan alur jalan cara penyampaian anda sangat berkualitas. mudah untuk pemula memahami maksud dari tulisan anda.. semoga bermanfaat buat saya dan teman2 blogger lainya,, salam kenal mas. salam jaya blogger indonesia

  7. langsung dicoba step by stepnya gan….. klo blm paham juga,,ane baca lagi artikel ini. ijin bookmark gan :)

  8. oke gan bermanfaat sekali buat saya yang blognya sepi, mudahan bermanfaat juga buat lainnya

  9. Menulis dengan mengalir mungkin lebih baik. Saya pribadi tidak terlalu memusingkan masalah SEO. Yang terpenting bisa menulis secara rutin sesuai kemampuan karena kemampuan setiap orang berbeda-beda tentunya

  10. Pada dasarnya hal itu memang bagus jika di terapkan semuanya..

    Namun, hal yang sering melanda para blogger adalah kualitas konten dan bahkan ada yang tidak sama sekali memikirkan apakah kontennya bermanfaat atau tidak.

    Saya pikir lebih baik utamakan konten dan sedikit optimasinya..

    Karena percuma jika artikel di posisi paling atas tapi kulitas 0…
    Tidak ada gunanya sama sekali

  11. Berbagi Tanpa Batas

    Apakah penting meletakan keyword di awal postingan? Soalnya saya banyak melihat blogger yang menggunakan teknik itu.

  12. gan, kalo ada kata yang sering diulang di konten, tapi tidak ada di judul postingan apakah akan google nilai sebagai keyword? dan apakah baik gk menurut SEO.
    terima kasih

  13. Keywords Density yang terlalu banyak memang akan menjadikan tulisan kita kurang enak dibaca.. maka saya sangat setuju kita harus menghindarinya demi kenyamanan pembaca…

  14. Saya seringkali men share artikel terbaru saya ke berbagai media sosial, berharap lebih banyak yang mampir dan membaca, sukur2 nge like dan ngeshare artikel nya agar lebih banyak lagi yang baca hehe, tapi hanya beberapa niche tertenu yang bisa dapet klik like banyak.

  15. Artikel spinner indonesia

    Stuju sama long tailnya, mending nyari yang gampang2 dulu aja, yg susah tar juga kekejar. thanks infonya mastah.

  16. Alhamdulilah saya sudah menerapkan apa yang di kabarkan di artikel ini…..

  17. Tipsnya bermanfaat sekali gan.. Membantu sangat dalam pengoptimalan blog lama yg kurang terawat maupun blog baru yg ingin melejit di mesin pencari. Terimakasih

  18. Sangat bermanfaat, semoga bisa membuat konten berkualitas

  19. atikel yang bagus ,smoga aja bisa di praktekan nantinya,,trimakasih gan

  20. point ke 2 tuh kadang saya suka bingung keharusan menaruh kata kunci di setiap paragraf… dan point ke 3 saya masih suka mengulang kata kunci yang sama hehe

  21. Saya sangat jarang memperhatikan 9 hal ini….saya biasanya mengalir begitu saja secara alami. Mungkin sudah saatnya saya harus menentukan tujuan blogging dengan menyasar pembaca dari mesin pencari.

  22. Saya sendiri jarang sekali menghitung kepadatan density pada setiap artikel yang saya tulis. Penerapan pada artikel ini sudah saya lakukan… alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. terima kasih untuk artikelnya… sukses selalu…..

  23. Artikel yang sangat bermanfaat buat para blogger khususnya pemula seperti saya. Harus banyak belajar dan berusaha supaya bisa menulis artikel yang disukai banyak orang dan bermanfaat tentunya. Terima kasih mas Max, salam kenal.

  24. Saya masih banyak belajar dengan cara menulis yang baik menurut pembaca dan google. Namun masalahnya sering mentok dengan pengetahuannya mas.

  25. Tri Susanto Setiawan

    Makasih mas infonya. Benar, artikel yang baik itu untuk dibaca orang, bukan search engine. hhe

Tinggalkan Balasan