9 Langkah Untuk Membuat Konten Anda Disukai Pembaca dan Google

Teman-teman blogger pasti sering mencari informasi tentang “bagaimana cara membuat konten yang disukai oleh pembaca dan rangkingnya baik di mesin pencari”. Itu kembali lagi ke tujuan kita membangun sebuah blog, apakah hanya sekedar tempat curhat, tempat berpuisi, atau dijadikan sebagai lahan bisnis di internet. Kalau Anda membangun blog untuk bisnis, maka sebaiknya perhatikan beberapa langkah yang akan saya bahas di artikel ini.

Dari pengalaman saya selama beberapa tahun membangun blog untuk bisnis online, membangun konten dengan tujuan SEO saja pada akhirnya tidak akan bertahan lama di mesin pencari. Dulu, Saya selalu mengikuti trik-trik khusus dalam membuat artikel, triks ini diajarkan oleh banyak internet marketer. Faktanya, trik-trik khusus ini ternyata tidak memberikan manfaat untuk blog saya, karena cenderung hanya menyasar pada tujuan SEO yang membuat pembaca blog saya bosan.

Anda pasti pernah juga melakukannya, misalnya memaksakan keyword density (kepadatan kata kunci) dalam artikel, memaksakan H1 – H2 – H3 harus selalu ada kata kunci yang dibidik, dan lain-lain. Saya pernah melakukan hal-hal seperti itu, dan tidak ada manfaatnya untuk jangka panjang bagi blog saya karena artikel seperti itu ternyata tidak disukai pembaca.

Saya sadur dari entrepreneur.com, berikut ini adalah 9 langkah untuk membuat konten blog Anda disukai oleh pembaca dan Google:

Artikel lain: Google HummingBird ~ Update Terbaru Dari Mesin Telusur Google

1. Menulis Untuk Pembaca dan Optimasi Untuk Robot Search Engine

Pembaca blog Anda pastinya tidak ingin membaca artikel yang dibuat untuk tujuan SEO, mereka ingin membaca informasi menarik dari blog Anda. Bahkan mesin pencari lebih mengutamakan konten yang alami dibandikan dengan konten-konten yang dibuat untuk tujuan SEO semata.

Walaupun Anda menulis dengan cara alami tentunya artikel tersebut tetap bisa dioptimasi untuk robot mesin pencari. Tetap fokus membuat artikel yang menjadi ‘darah dan daging’ blog Anda, dan berikan bantuan pada robot mesin pencari agar menemukan konten Anda tersebut.

2. Lupakan Tentang Kepadatan Kata Kunci (Keywords Density)

Salah satu mitos SEO yang seringkali kita perhatikan dalam membuat sebuah konten artikel adalah kepadatan kata kunci (keywords density). Beberapa orang mengatakan keywords density yang baik adalah 3% – 5% dari total kata dalam artikel, beberapa orang lainnya mengatakan keywords density sebaiknya berkisar antara 1% – 3% saja dari total kata dalam artikel. Faktanya, Google tidak pernah menyebutkan tentang keywords density.

Tentunya kita perlu memasukkan kata kunci di dalam konten, atau menambahkan kata kunci yang relevan dengan artikel yang kita buat. Namun kita harus menggunakannya secara sewajarnya, biarkan konten Anda mengalir secara alami. Memaksakan keywords di tempat yang tidak semestinya lebih sering merusak kualitas konten Anda, tidak akan membuatnya lebih baik di mesin pencari.

3. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan dan Sinonimnya

Anda pasti pernah mendengar tentang Latent Semantic Indexing (LSI). Mesin pencari selalu menghubungkan sebuah kata kunci dengan kata kunci lainnya yang masih terkait. Karena itu, variasikan kata kunci di dalam konten Anda. Dengan menggunakan variasi kata kunci, konten Anda akan semakin relevan dengan topik yang Anda bahas tanpa harus memasukkan kata kunci yang sama berkali-kali.

4. Buatlah Artikel Berkualitas Dengan Pembahasan Topik Yang Mendalam

Semua orang suka bicara to-the-point, langsung pada inti sari. Namun, jika kita membuat sebuah konten yang menjelaskan secara mendalam tentang sebuah topik, tentunya ini akan semakin baik. Saya pribadi tidak terlalu memperhatikan jumlah kata dalam setiap artikel yang saya buat, tapi biasanya artikel yang panjang dan mendalam biasanya lebih baik posisinya di SERP Google dibandingkan dengan artikel yang singkat dan dangkal.

Bukan berarti setiap artikel dengan jumlah kata yang banyak akan selalu menang di SERP mesin pencari. Ini hanya sebagai gambaran bahwa kualitas sebuah konten itu sangat penting jika ingin mendapatkan ranking yang baik di Google. Jangan pula memaksakan diri membuat artikel panjang dengan bertele-tele, buatlah artikel tersebut sesuai dengan fakta dan sesuai dengan pengetahuan Anda.

5. Gunakan Long Tail Keywords Pada Judul Konten

Judul yang panjang biasanya lebih menguntungkan di mesin pencari dibandingkan dengan konten dengan judul yang terlalu singkat. Memang, judul dengan kata kunci yang panjang biasanya pencarinya lebih sedikit dibandingkan dengan judul dengan kata kunci yang singkat. Namun pada kenyataannya, konten dengan judul yang panjang biasanya lebih baik posisinya di mesin pencari dibandingkan dengan konten yang judulnya singkat. Selain itu, konten dengan judul yang panjang dan deskriptif biasanya konversinya lebih bagus.

6. Respon Audiens Anda Dengan Baik

Jika blog Anda punya audiens/ pembaca setia, maka Anda harus siap memberikan respon dan menjawab komentar atau pertanyaan-pertanyaan mereka. Berikan jawaban yang mereka butuhkan, tentunya Anda hanya akan menjawab komentar atau pertanyaan yang sesuai dengan topik Anda. Kalau kita melihat dari sisi SEO, keterlibatan pembaca di dalam sebuah blog adalah sebuah keuntungan.

7. Berikan Kemudahan Bagi Pembaca Anda Untuk Menyebarkan Konten Anda

Menyebarkan link konten Anda di media sosial akan memberikan trafik langsung dan dampak SEO yang baik bagi keseluruhan blog Anda. Semakin banyak orang yang menyebarkan konten Anda, hasilnya akan semakin baik. Karena itu, sediakan tombol media sosial di blog Anda agar memudahkan pembaca Anda untuk menyebarkan artikel yang mereka sukai di blog Anda.

8. Gunakan Google+

Google+ akan semakin besar peranannya di dalam SEO. Selain itu, dengan menggunakan Google+ Anda akan mendapatkan Author Rank dan terhubung dengan pengguna Google+ lainnya. Author rank adalah salah satu faktor dalam SEO, dan menurut saya peranannya akan semakin besar untuk SEO di masa-masa yang akan datang. Jadi, sebaiknya Anda gunakan Google+ dari sekarang, dan hubungkan blog Anda dengan akun Google+ Anda.

Baca juga: Ini Ahli, Pakar, dan Master SEO di Indonesia

9. Gunakan Judul dan Deskripsi

Title tags Anda adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh Google ketika robot mereka ‘membaca’ blog Anda. Tentunya akan lebih baik lagi bila judul konten dilengkapi dengan deskripsi dari konten Anda, karena pengguna mesin pencari akan melihat judul dan deskripsi konten Anda di SERP Google. Gunakan judul dan deskripsi yang deskriptif dan mengajak audiens untuk membuka situs Anda.

Maxmanroe

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

185 thoughts on “9 Langkah Untuk Membuat Konten Anda Disukai Pembaca dan Google”

  1. yang masih susah di pahamin long tail keyword yang mau di pake kadang begitu di check di google keyword serp nya kecil apakah itu juga mempengaruhi posisi ranking di google enggal?

    Reply
  2. Mas kalo nulis artikelnya berapa x sehari mas atau sebulan berapa artikel supaya ideal ? dan bagaimna caranya untuk membuat blog menjadi lebih ramai lagi padahal saya sudah coba sebagian cara di atas tapi belum ada perubahan, mohon sarannya!
    terus saya mau nanya lagi tentang SEO bisa di jelaskan ga secara singkatnya soalnya sampai sekarang saya belum mengerti benar tentang SEO

    Reply
  3. Sangat membantu saya yang masih newbie gan,
    Pada point no 3 apakah harus setiap artikel memasukkan kata kunci dan sinonim berulang ulang agar artikel kita mudah di serp oleh search enggine ?

    Reply
  4. makasih mas atas tipsnya sangat membantu sekali ,jadi lebih semangat lagi nih dalam membuat konten blog yang berkualitas

    salam sukses

    Reply
  5. Salam mas maxmanroe. Dagingnya blogging emang berasal dari konten dan artikel. Semakin baik, semakin besar kemungkinan blog akan ramai. Artikel yg berguna, terutama nomor 4 dan 9.

    Salam kenal dari Surabaya

    Reply
  6. Sangat informatif. saya merasa jadi lebih tercerahkan setelah membaca artikel ini. semoga kedepannya juga bisa membuat content yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

    Trims.

    Reply
  7. Trimakasih pencerahanya Gan, karena setiap bikin konten, saya merasa kaku dengan kata kunci, tp setelah baca artikel ini ada gambaran yang jelas.

    Reply
  8. Artikel ini sangat membantu dan menginspirasi. Sepertinya bisa menciptakan raja-raja lain. Khususnya untuk yg baru mengenal Blog atau Website.
    Terima kasih.

    Reply
  9. berarti keyword density bisa kita kombinasikan dengan Latent semantec indexing ya gan ? dan gaperlu terlalu banyak karena ga terkesan natural… begitukah ?

    Reply
  10. saya sangat menyukai gaya tulisan maxmanroe.com
    artikel nya membahas topik dengan sangat persuasif, detail, dan benar-benar natural. terimakasih atas segala info nya. sangat membantu sekali untuk yang ingin belajar banyak cara menulis, mengoptimasi, dan memperbanyak jaringan persahabatan.

    Reply
  11. artikel dari maxmanroe.com sangat membantu terutama bagi saya yang masih newbie di bidang SEO. Sukses terus :)

    Reply
  12. Emang hebat admin max manroe ini, idenya ada aja buat menerbitkan artikel berkualitas yang selalu masuk halaman top google.
    Saya harus belajar banyak nih…

    Reply
  13. Pada awalnya saya membuat blog hanya untuk iseng,Tapi sekarang saya benar-benar memanfaatkan blog saya untuk tujuan bisnis online.Dari awal saya membuat blog,saya belajar di blog ini.Sampai sekarang kalau mau memperbaiki blog saya pasti mampir lagi ke sini.Tapi sampai saat ini saya belum bisa meningkatkan trafic blog saya.Apa karena saya hanya menggunakan wordpress gratisan..

    Reply
  14. oh ya mas, klu descripsi yang ada di plugin dengan descripsi yang ada di page umpama isi descripsinya sama persis, apakah termasuk dobel conten ? mhon penjelasannya, mksh…

    Reply
  15. bahasa tulisanya mudah di mengerti dan alur jalan cara penyampaian anda sangat berkualitas. mudah untuk pemula memahami maksud dari tulisan anda.. semoga bermanfaat buat saya dan teman2 blogger lainya,, salam kenal mas. salam jaya blogger indonesia

    Reply
  16. langsung dicoba step by stepnya gan….. klo blm paham juga,,ane baca lagi artikel ini. ijin bookmark gan :)

    Reply
  17. oke gan bermanfaat sekali buat saya yang blognya sepi, mudahan bermanfaat juga buat lainnya

    Reply
  18. Menulis dengan mengalir mungkin lebih baik. Saya pribadi tidak terlalu memusingkan masalah SEO. Yang terpenting bisa menulis secara rutin sesuai kemampuan karena kemampuan setiap orang berbeda-beda tentunya

    Reply
  19. Pada dasarnya hal itu memang bagus jika di terapkan semuanya..

    Namun, hal yang sering melanda para blogger adalah kualitas konten dan bahkan ada yang tidak sama sekali memikirkan apakah kontennya bermanfaat atau tidak.

    Saya pikir lebih baik utamakan konten dan sedikit optimasinya..

    Karena percuma jika artikel di posisi paling atas tapi kulitas 0…
    Tidak ada gunanya sama sekali

    Reply
  20. Apakah penting meletakan keyword di awal postingan? Soalnya saya banyak melihat blogger yang menggunakan teknik itu.

    Reply
  21. gan, kalo ada kata yang sering diulang di konten, tapi tidak ada di judul postingan apakah akan google nilai sebagai keyword? dan apakah baik gk menurut SEO.
    terima kasih

    Reply
  22. Keywords Density yang terlalu banyak memang akan menjadikan tulisan kita kurang enak dibaca.. maka saya sangat setuju kita harus menghindarinya demi kenyamanan pembaca…

    Reply
  23. Saya seringkali men share artikel terbaru saya ke berbagai media sosial, berharap lebih banyak yang mampir dan membaca, sukur2 nge like dan ngeshare artikel nya agar lebih banyak lagi yang baca hehe, tapi hanya beberapa niche tertenu yang bisa dapet klik like banyak.

    Reply
  24. Stuju sama long tailnya, mending nyari yang gampang2 dulu aja, yg susah tar juga kekejar. thanks infonya mastah.

    Reply
  25. Tipsnya bermanfaat sekali gan.. Membantu sangat dalam pengoptimalan blog lama yg kurang terawat maupun blog baru yg ingin melejit di mesin pencari. Terimakasih

    Reply
  26. point ke 2 tuh kadang saya suka bingung keharusan menaruh kata kunci di setiap paragraf… dan point ke 3 saya masih suka mengulang kata kunci yang sama hehe

    Reply
  27. Saya sangat jarang memperhatikan 9 hal ini….saya biasanya mengalir begitu saja secara alami. Mungkin sudah saatnya saya harus menentukan tujuan blogging dengan menyasar pembaca dari mesin pencari.

    Reply
  28. Saya sendiri jarang sekali menghitung kepadatan density pada setiap artikel yang saya tulis. Penerapan pada artikel ini sudah saya lakukan… alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. terima kasih untuk artikelnya… sukses selalu…..

    Reply
  29. Artikel yang sangat bermanfaat buat para blogger khususnya pemula seperti saya. Harus banyak belajar dan berusaha supaya bisa menulis artikel yang disukai banyak orang dan bermanfaat tentunya. Terima kasih mas Max, salam kenal.

    Reply
  30. Makasih mas infonya. Benar, artikel yang baik itu untuk dibaca orang, bukan search engine. hhe

    Reply
  31. membuat artikel yang bersangkutan dengan apa yang coba saya jual memang bukan hal yang gampang buat orang seperti saya. originalitas artikel memang seharusnya diutamakan. yang jadi pertanyaan saya, apakah membuat artikel dengan berbagai referensi dari situs lain terutama dari wiki itu diperbolehkan?

    Reply
    • Referensi dari website lain ya boleh saja mas. Namun dalam membuat konten, sebaiknya jangan hanya dicopy saja dari web lain. Kita buat artikel dari sudut pandang pribadi dengan tata bahasa yang berbeda tapi isinya sama.

      Reply
      • terima kasih atas jawabannya mas gan. ada pertanyaan lagi, boleh ya…? hehehe… anggaplah saya memiliki 2 blog, 1 jualan onlen, 1 nya lagi artikelnya.
        1. apakah diperbolehkan apabila blog jualan onlne ngambil artikel secara identik alias kopas dari blog kedua tapi dengan menyertakan link sumber dari blog kedua?
        2. apa yang terjadi apabila blog jualan masuk pagerank google/alexa sedang blog kedua tidak, atau sebaliknya, blog kedua masuk pagerank tapi blog jualannya gak masuk pr.
        3. apakah hal tersebut diatas termasuk membangun backlink?

        Reply
  32. ulasan yang mendetail banget mas Agifa.
    tetapi agak ribet juga untuk membuat konten berkualotas

    Reply
  33. makasih mas, sudah berbagi untuk artikelnya dan sekarang tahu kalau pemanfaatan keyword density sperti apa,

    makasih ^_^

    Reply
  34. Mantap mas, terima kasih buat share informasinya, saya baru tau ternyata buat konten dengan judul panjang ternyata ga masalah pada SEO.

    Reply
  35. mau nanya om,, apakah penggunaan Bold dan italic pada KW tetep jadi prioritas dalam membuat konten .?

    Reply
  36. terima kasih mas, untuk info nya.
    sangat bermanfaat untuk saya yang masih newbie di dunia blog ini, :)

    Reply
  37. ini yang saya cari… masih bergelut dengan masalah konten.. ada trik supaya pengunjung betah di halaman kita mas ??/ terimakasih

    Reply
  38. Saya paling setuju dengan langkah ke 4 dan ke 6. Dengan memberikan konten berkualitas cepat atau lambat pasti wesite atau blog kita akan dikenal dan di anak emaskan oleh Google.

    Yang menjadi persolaan adalah pada bagia yang ke 6, tidak semua pemilik blog mau merespon komentar para pengunjungnya. Padahal sebuah blog merupakan ajang interaksi antara penulis dan pembaca yang juga merupakan faktor yang disukai oleh google.

    salam
    adhy

    Reply
  39. sangat memberikan pencerahan buat saya setelah membaca artikelnya, soalnya saya baru beberapa hari membuat Blog, tolong gan…bimbingannya agar blog saya bisa menjadi bisnis online yang baik

    Reply
  40. Ane kadang suka kecewa kalo udh bikin artikel bagus2, tetapi jarang yg ngebaca gara2 gk terlalu ngeri seo.

    Reply
  41. Ternyata untuk membuat konten blog di sukai pembaca dan google tidak lah begitu sulit, tetapi untuk konsisten pada 9 langkah tersebut tidak lah mudah…

    Reply
  42. Izin Copas artikel nya mas, menarik buat saya dan semoga bermanfaat buat semua pembaca,

    Thx untuk info yang bermanfaatnya. satu kalimat yang paling saya suka dari tulisan di atas
    “bagaimana cara membuat konten yang disukai oleh pembaca dan rangkingnya baik di mesin pencari”

    Reply
  43. thanks for sharing admin, maxmanroe lagi lagi share artikel yang sangat bermanfaat #pemulaiijinbelajar

    Reply
  44. informasi yang sangat menarik,,,

    sangat membantu pengetahuan saya yang baru memulai bisnis online,,,

    Reply
  45. Bener banget mas.. saya mau nambahin saran mas, buat pemula kalau belum bisa nulis bisa review sebuah buku atau kejadian, aslinya nulis itu gampang. bahasa blog bukan bahasa EYD.. salam blogwalking mas..

    Reply
  46. harusnya ini sangat berguna yah, tapi buat saya kok gk ngaruh2, hahahahha, sebelumnya makasih ya mas

    Reply
  47. Yang agak sulitdari tips diatas adalah kesadaran pembaca untuk share artikel yang kita buat walaupun mereka merasa artikel yang kita buat bermenfaat. membangun budaya share supaya mudah dan banyak dishare bagaimana ya?

    Reply
  48. wah ini nih yang perlu saya pelajari lebih dalam, thanks buat infonya gan…
    sukses selalu…

    Reply
  49. saya menyukai benar artikel ini. dimana anda tidak hanya bicara namun juga menerapkannya pada setiap artikel yang anda buat. tidak ada kata-kata atau kalimat yang tidak enak di baca. semua menarik. beda dengan artikel lain yang suka memaksakan KW tertentu untuk mengejar SEO. Saya berterimakasih atas petunjuk2nya meski 50% pembahasan di atas rasa-rasanya sudah pernah di bahas oleh blogger lain.

    Reply
  50. selain diatas, nggak yang memperngaruhi gan? soalnya ane udah nyoba hampir semua langkah diatas, tapi pengunjung masih sepi gan

    Reply
  51. Mas, mau nanya dong..
    itu tentang author rank maksud nya gimana ya?
    masih newbie banget mas..
    makasi mas :)

    Reply
  52. makasih infonya om..
    penting banget nih soalnya saya lagi ikutan kontes seo, hehee

    kaloberkenan silahkan nyepam pada artikel kontes seo saya dan saya akan dengan senang hati menerimanya :)

    Reply
  53. bener banget nih…. artikel ini aja aku baca ampe abis gak loncat2,,, krna mmg menarik…..
    setuju banget yg nomer 3 trnyata ada yg namay LSI…. heheheee #newbie

    Reply
  54. Kalo untuk blog wallpaper gimana bro mas ?
    biar visitor bisa betah cari gambar di blog kita dan gimana biar trafic nya naik terus ?

    Reply
    • Sering-sering ngforum mas, banyak kok tread2 nya tentang seo wallpaper..
      sekedar membantu aja mas..

      Reply
  55. info yang cukup menarik, tapi saya mau tanya gan, untuk jenis web online shop yang lebih focus pada produk dari pada artikel yang panjang itu bagaimana siasat pengaturan kontens pada web semacam itu, sehingga pada search engine web kita bisa menempati top 10 ?

    Reply
  56. diera alogaritma google , konten emng bisa diartikan seperti raja gan , apa lagi artikel ori tanpa copas dengan 4-5 paragraf behhh itu kesukaan google bgt bang hehee
    makasih bang tipsnya :)

    Reply
    • Kalau saya sih ga kuat 4-5 artikel per hari hehehe. Satu artikel per hari aja kalo rutin selama sebulan udah mantap tuh :). Mungkin nanti kalau web ini semakin besar bisa submit 5 artikel per hari.

      Reply
  57. Membaca tips yg ke-4, jika dilogikakan secara awam mungkin kayak orang ujian esai saat kuliah kali ya. Umumnya, walaupun jawabannya tidak terlalu tepat namun terhadap jawaban yang panjang lebar pak dosen akan memberikan nilai yg lebih besar ketimbang jawaban yang singkat …

    Reply
  58. artikel yang sangat keren sekali, kalau artikel yang tidak terindek itu kenapa ya gan? apakah karena seonya tidak berjalan? saya masih newbie mohon pencerahannya gan. semoga sukses

    Reply
  59. Jadi gitu ya,akan saya praktekkan,mudah-mudahan setelah ini konten-konten di blog saya banyak disukai. terima kasih ilmu nya,sangat bermanfaat

    Reply
  60. mohon ijin mencoba ilmunya sangat bermanfaat sekali buat saya yang lagi belajar membuat website sukses selalu buat teman-teman sekalian

    Reply
  61. Menarik artikelnya, tapi sebagus apapun tulisan yang kita buat terkadang percuma kalo kita tidak ahli dalam urusan SEO

    Reply
  62. trimakasih atas informanya gan,,,Saya memang Sedang mencari2 artikel2 seperti ini..

    Reply
  63. Banyak juga ya langkah-langkah membuat setting di google, Oh ya sobat boleh nggak minta tolong cek blog gue. Template saya sudah memenuhi standart SEO Friendly?

    Reply
  64. Betul sekali bang memang konten adalah yang utama. Saya pernah melihat blog hanya dengan 24 artikel tapi UV sampai 15k/day via histat. Sebenarnya konten biasa aja, apa mungkin SEOnya sangat bagus ya. Saya ingin yg seperti ini tapi tetep kualitas konten yang utama.

    Reply
  65. hehe, agak sedikit kesindir dengan artikelnya, tapi memang saya dpat masukan berharga. thanks artikelnya..

    Reply
  66. Menulis aritkel sudah???
    saya jadi pasrah, gak seperti situs kaka yang sudah terkenal di google, saya ketemu situs ini di google dalam pencarian membuat konten disukai google. mohon kalau ada tips boleh di email ke saya kaka

    Reply
  67. kalau Google melebarkan hasil penelusuran lebih panjang lagi, saya pasti akan membuat judul yang lebih panjang juga…

    Reply
  68. Nice Post Gan :)
    SEO sangat penting bagi kelangsungan sebuah website :D

    Reply
  69. jika sdh selesai nulis artikelnya…langkah yg harus dilakukan apa mas max?…apa perlu di ping?…cari backlink..?mohon dishare

    Reply
    • Biasanya saya share ke media sosial, setelah beberapa hari baru saya submit ke sosial bookmark. WordPress sudah otomatis melakukan ping ke search engine setiap kita posting satu artikel.

      Reply
  70. dari sembilan langkah di atas saya lebih fokus ke point empat dan sembilan.. salam blogger

    Reply
  71. artikel yang tidak 100% copas dengan gaya tulisan sendiri itu lebih disukai orang dan robot google ^_^

    Reply
  72. Terima kasih atas share ilmu nya, saya masih belajar mas…saya nulis apa yang ada dalam pikiran saya..

    Salam Blogging mas..

    Reply
  73. Semakin menarik untuk membaca artikel-artikel yang lainnya, semangat dan sukses terus ya.

    Terima kasih

    Fandy Rasyid

    Reply
  74. masih bingung karena kurangnya belajar menulis,,, ya dicoba-coba mungkin saja bisa… maksih mas atas penjelasannya… saya tunggu updatannya kembali mas…

    Reply
  75. baru sekarang mampir. setelah baca-baca ternyata keren juga isinya. sangat ebrmanfaat sekali buat newbie seperti saya. terima kasih

    Reply
  76. Another great tipss yeah. Makasih mas Marikxon kalo gak salah yah tulisannya hehe :-)

    Reply
  77. pak,dalam tulisan anda slalu muncul artikel terkait di tengah maupun akhir tulisan,anda pakai plugin apa saya tertarik nih. kayaknya bagus

    Reply
  78. saya masih kurang paham tentang robot.. lalu jika ada robot.txt itu fungsi dan maksud nya apa ya??

    Reply
  79. wah menarik mas, kebetulan saya juga sedang membuat konten konten yang sesuai dengan isi web mas

    Reply
  80. saya selalu mencoba membuat artikel yang original dan bagus (menurut saya)

    SEO sy jg sdh 100%, tapi kenapa peringkat google sy masih jeblok?

    Reply
  81. baru bisa mampir di blognya maxmanroe :D kalau saya biasanya nulis-nulis konten yang baru saya pahami biasanya saya tulis di blog supaya gak cepat lupa, hahaha… maklum sdh mulai pikun, hitung-hitung sekalian share kalau ada yang kebetulan lagi butuh dan nyasar di blog :D soalnya sampai sekarang masih bingung cara lihat keyword density itu gmn :D

    Reply
  82. point no. 8 mulai saya terapkan …walau masih ragu apakah tulisan2 saya bermanfaat bagi yang baca atau takutnya malah dianggap spam…seiring waktu apalagi setelah banyak baca dari referensinya dari bang max (orang yang sangat2 aktif di media social) saya beranikan diri untuk melakukan point no. 8 tersebut. karena itu merupakan media pembelajaran dan proses belajar seorang blogger.

    Reply
  83. Wah kebetulan judul yang saya gunakan dalam menulis di blog selalu panjang. hehehe. . . Semoga ini positif. . .
    Terima kasih infonya

    Reply
  84. Maaf mau nanya gan kepadatan kata kunci blog saya rata – rata di atas 2 sampai
    3 % kepadatan kata kunci akan tetapi saya masih binggung bos sebenarnya kepadatan yang bagus itu menurut anda sendiri itu berapa tanks infonya mas

    Reply
  85. Aduh-aduh Postingan Mas Max ini Kok nyentuh saya banget sih :) , soalnya dulu saya sering banget nulis artikel yang Overoptimasi , saya hanya fokus pada tehnik seo bukan untuk pengunjung . jadi isi konten saya hanyalah keyword-keyword , sampai-sampai saya ampek bingung bacanya.. . hehehe
    maaf ya mas jadi curhat nih ..

    Reply
  86. Alamak, benar sekali itu Mas Max ,saya memang baru dalam masalah blog, dulu saya pernah punya blogspot,tapi karena kesibukan di dunia nyata, baru 2 artikel yg dipost,setelah itu nggak terurus.Sekarang pas saya banyak waktu, blogspot sangat susah di akses via ponsel.Sekarang saya membuat MyWapblog,memang saya merasa ,artikel yang saya buat terkesan di paksakan gara2 mengikuti tetek bengek SEO ni.Kedepan harus saya benahi ini…kata kuncinya sekarang kepuasan pembaca…Terima kasih mas Max, artikel menarik sekali

    Reply
  87. sebenarnya blog saya itu,dulu juga pakai bahasa indonesia pak. Dan temanya juga tentang blogging komentarnya lumayan. Tapi ada masalah dengan hosting saya hingga semuanya hilang karena saya belum tahu ada fasilitas backup
    Dan sekarang saya lebih memilih bahasa inggris saja lah. Tapi karena aktifitas kerjaan yang padat/offline, jadi saya sendiri sampai bingung mau tentang apa tema blog saya itu, kalau anda sudah lihat blog saya, maka anda tahu betapa BERANTAKANNYA blog saya . Dengan topik yang ngga jelas mau kemana, haaa
    Sory pak jadi curhat. Jangan di anggap spam ya…

    Reply
  88. kalau saya ketemu dengan artikel semacam itu, tanpa pikir pikir, langsung saya tutup blognya.

    Ngomong ngomong pak tema blog yang ramai komentar sama pengunjungnya di indonesia ini ,yang saya lihat semua tentang blogging dan seo ya, seperti blog anda ini. Memang dunia SEO tidak pernah habis untuk di pelajari.

    Satu lagi: Sudah berapa lama anda membangun blog ini sampai sukses seperti ini pak. Ngiler saya haaaa..

    Reply
    • Sebenarnya banyak topik lain yang ramai komentar, misalnya tentang bisnis, tentang hobi, dan lain-lain. Web ini umurnya udah setahun lebih mas. Dilap dulu mas ilernya hahaha. Blog mas Ardi pakai bahasa Inggris, jadi orang Indonesia ragu untuk komen hehehe.

      Reply
  89. wah kalau saya ngga pernah mikirin keyword density pak kadang jika terlalu mikirin hal itu, justru tulisannya jadi ngga enak di baca. Bahkan saya suka mengabaikan petunjuk dari seo yoast yang saya pakai

    Reply
  90. Saya sering nongkrongin blog mas max infonya seger-seger he…
    Makasih ilmunya ya mas…

    Reply
  91. pak manroe,anda punya follower sama like facebook banyak banget. jadi pengin saya, ajarin ilmunya donk,hee..

    Reply
  92. salam kenal mas mex.
    dari diskripnya bisa saya fahami. web atau blog baiknya terfokus pada keaslian contennya, jika seperti web kami ini yang lebih tertuju pada penyajian gambar bagaimana? trs jika tag line yang kita pakai terlalu banyak apakah nanti akan bermasalah.

    Reply
    • Saya perhatikan homepage websitenya melakukan keyword Stuffing. Mulai dari deskripsi sampai kata kuncinya semua diisi dengan keywords yang terlalu banyak. Dan tags pada tiap postingan jangan terlalu banyak. Menurut saya, Anda salah dalam mengatur plugins WP SEO nya. Mendingan diperbaiki segera.

      Selain itu gambar pada bagian slidernya ga jelas. Bukannya bikin menarik, malah agak mengganggu menurut saya. Pakai gambar resolusi yang lebih baik aja, biar enak dilihat :)

      Reply
      • @pak sukmomebel; anda pakai plugin apa, menurut saya gambar slidernya terlalu besar,trus theme yang anda pakai menurut saya juga kurang cocok sama tema websitenya
        kalau boleh saran si pakai tema yang latar belakangnya warna cokat /gambar kayu atau apa lah gitu, atau malah lebih bagus di bikin polos aja,biar pengunjung bisa fokus.
        kalau mau pake plugin slider, saya saranin pakai plugin WOWslider aja kaya punya saya villaoutbound.net/villa-lukman-istana-bunga/
        heee promosi..

        Reply
        • salam kenal mas ardi, terimaksih sarannya.
          saran mas kami terima.
          kami dah melihat web yang mas saranin. dari thema yang dibawa sangat ringan.

          kalu boleh tau itu premium pa gratis.

          Reply
          • wah kalau plugin+themanya itu sih gratis pak. saya belum kuat buat beli thema premiumnya heee..
            saya pakai hosting bisnis dari idhostinger,ya lumayan cepat di akses

      • trimakasih mas @ Max Manroe atas sarannya.

        kami maw nanya dan belajar dari mas Max. untuk keyword stuffing yang telah kami lakukan itu bisa diperbaiki apa tidak?
        karna kami banyak menggunakan SEO. maklum masih nol besar dalam permainan WEB.
        jika bisa diperbaiki bagaimana proses aplikasinya.

        utk thema dan tags akan kami perbaiki langsung.

        Reply
        • Bisa diperbaiki mas, memperbaiki keywords stuffing di webnya mas Sukmo ga sulit kog, hubungi webmaster yang bikin webnya aja. Gunakan keywords yang lebih sederhana dan fokus pada bisnis mas Sukmo.

          Reply
  93. Point nomor 7 kayaknya banyak yg salah paham nih sob terutama pengunjung yg merupakan blogger juga. Dikasih kemudahan untuk share pstingan dari blog kita malah copy paste yang dia lakukan. Wkkkk…. apes deh ceritanya…

    Reply
    • Kalau blogger copas mah bukan membagikan konten tapi mencuri konten wkwkwk. Blog saya ini sering dicopas sama blogger lain, tapi SERP nya ga pernah kalah dari yang copas. Ga usah takut dicopas, pada akhirnya Google juga akan tahu siapa pembuat kontennya pertamakali. Itu makanya kita perlu mengintegrasikan blog kita dengan media sosial seperti G+, Facebook, dan Twitter, ini akan memudahkan robot Google untuk mengenal kita sebagai pemilik blog dan penulis konten yang asli.

      Reply
      • Soalnya saya punya masalah sob, yang copas postingan blog saya itu, kalau saya coba search postingan blog saya di google, malah postingan hasil copas itu yg muncul di halaman pertama urutan pertama malah dan postingan dari blog saya entah dmn posisinya. Apesss deh… >_<

        Reply
          • Saya selalu submit ke halaman itu kok setiap kali selesai publish postingan baru di blog saya. Mungkin pengaruh jarang posting aja ya sehingga postingan blog saya banyak yang tenggelam di hasil pencarian dan ketika ada yg copas postingan itu makanya google akan menganggapnya sesuatu hal yang baru. Hmm.. saya jadi bingung memikirkannya. Biarin sajalah ama yg copas postingan blog saya. Mudah2an saja bisa bermanfaat buat orang lain yg sempat membacanya. Hal yg paling saya nggak ngerti lagi, ada beberapa blog yg isi postingannya, semuanya berasal dari postingan blog saya. Mungkin orang yg melakukan itu antara kesetanan dengan kurang waras ya atau mungkin juga nggak suka lihat popularitas blog saya. Wkwkwkwk….

  94. Bang/mas (aduh panggil apa nih hehey) bantu review blog ku dong.
    Saya sudah berusaha membuat konten dengan baik sesuai dengan saran2 diatas, semoga bisa membantu meningkatkan ketertarikan pembaca terhadap blog saya (termasuk om google dong :)

    Reply
    • Silahkan mau panggil bang atau mas, sama aja hehehe. Website kamu bagus dan sangat fokus topiknya, berarti target audiensnya juga sudah sangat jelas mba Stefany. Menurut saya tinggal dikembangkan dan mengatur strategi penyebaran konten agar dibaca lebih banyak orang, terutama target audiens kamu. Good work!

      Reply
  95. Setuju dengan pembahasannya mas, Saya tertarik dengan poin yang menyatakan “Respon Audien Dengan Baik”, ini merupakan aset yang harus dipelihara menurut saya mas, kalo kita rajin menjalin komunikasi dengan sesama blogger dan teman-teman yang lain, pasti website/blog kita juga bakalan disukai oleh pengunjung lain mas.

    Reply
    • Tos mas Syaifurrahma, pendapat kita sama hehehe. Menjalin komunikasi dengan audiens memang sebuah keharusan dalam blogging. Tapi terkadang saya sulit membalas semua komentar yang masuk, karena dalam sehari bisa ratusan komentar masuk ke blog ini, ditambah lagi kesibukan lain di dunia offline.

      Reply
  96. saya setuju sekali dengan artikel anda pak manroe. tapi ya memang kalo bisa porsinya harus imbang. 50% untuk pembaca dan setengahnya lagi untuk tujuan SEO

    Reply
  97. mantab gan artikelnya.. ini juga lagi blajar hehehe
    intinya kalo pengunjung suka google juga pasti suka :)

    Reply
  98. tips yang sangat berguna bagi blogger pemula seperti saya ini, mas..
    Saya nggak paham SEO, cuma nulis apa yang pengen ditulis saja. Hehe..

    Salam blogging!

    Reply
  99. sangat detil dan jelas sekali penjelasan dari bang max ini :) , kalau saya amati.. seringnya poin nomor 2 yang banyak banget dilakukan blogger masa kini..

    sip banget dah .. trims arikelnya untuk pembelajaran hari ini :)

    Reply
    • Poin 2 dulu juga pernah saya lakukan, terlalu mikirin KW density, Sub Header, dan lain-lain. Kadang malah mengesampingkan isi artikelnya, pengalaman mas hehehe

      Reply

Leave a Comment