5 Cara Mengoptimalkan SEO Website Bisnis di Pasar Lokal

5-cara-mengoptimalkan-seo-website1-bisnis

Bisnis offline yang go online banyak mengandalkan mesin pencari dalam proses marketing bisnis mereka, termasuk para pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Proses marketing bisnis UMKM melalui internet adalah sesuatu yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Tentu saja mengoptimalkan SEO website bisnis di pasar lokal menjadi sesuatu yang sangat vital bagi pertumbuhan bisnis UMKM tersebut.

Selain itu, pengguna smartphone saat ini sudah terbiasa menggunakan mobile devices milik mereka untuk mengakses internet dari mana saja. Internet akan memberikan dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan setiap usaha, baik itu usaha kecil, menengah, ataupun skala besar. Jadi, jika Anda seorang pemilik UMKM atau bisnis di pasar lokal, maka Anda harus mengoptimalkan website bisnis Anda di mesin pencari.

David Trully, seorang yang ahli dibidang SEO mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO website bisnis untuk pasar lokal. Dengan cara ini, situs bisnis Anda akan mudah ditemukan dihalaman utama mesin pencari oleh para pengguna internet.

Artikel terkait: Adakah bisnis online gratis tanpa modal?

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa dilakukan untuk membuat SEO situs bisnis menjadi optimal di pasar lokal:

1. Daftarkan Usaha Anda di Google Places

Google places adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk membuat bisnis Anda berada pada halaman utama Google. Dengan begitu, para pengguna internet akan lebih mudah menemukan informasi tentang bisnis Anda melalui mesin pencari.

Pastikan Anda sudah mendaftarkan bisnis Anda di Google Places. Berikan data yang lengkap dan jelas tentang bisnis Anda, diantarnya; Nama usaha, alamat, nomor telepon, URL website bisnis. Dengan mencantumkan informasi usaha Anda dengan lengkap di Google Places maka ini akan memudahkan para pengguna Google untuk menghubungi Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk mendaftarkan usaha Anda pada berbagai listing yang relevan di dunia internet. Misalnya dengan mendaftarkan alamat usaha Anda di Foursquare.com, Urbanesia, dan jangan lupa untuk membuat akun media sosial untuk usaha Anda.  Semakin mudah Anda ditemukan di Internet maka akan semakin besar kemungkinan calon pelanggan akan menghubungi Anda.

2. Memasang Iklan di Google Adwords

Setelah mendaftarkan usaha Anda di Google Places, langkah berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah memasang iklan di Google Adwords. Media iklan dari Google ini sangat efektif untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas lagi, baik lokal maupun mancanegara, tergantung pengaturan yang kita lakukan.

Situs para pengiklan akan tampil di bagian paling atas halaman pencarian search engine Google, dimana iklan tersebut muncul berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna mesin pencari Google. Selain itu, iklan tersebut juga akan ditampilkan pada situs-situs para publisher Google Adsense.

Pada awalnya kita memang membayar untuk iklan di Google sehingga website bisnis yang dipromosikan akan mendapat lebih banyak kunjungan visitor yang sudah ditarget. Langkah berikutnya adalah menjaring para vistor tersebut untuk menjadi Fans media sosial, subscriber, atau pelanggan tetap untuk bisnis Anda. Tentunya ini secara langsung akan berpengaruh pada SEO sebuah website.

3. Meminta Orang Lain Untuk Memberikan Review

Review atau ulasan dari orang lain yang memiliki blog adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai SEO sebuah situs bisnis. Selain itu, ulasan yang ditulis pada blog yang memiliki trafik pengunjung yang cukup besar akan menyumbangkan trafik langsung menuju situs bisnis yang diulas.

Selain review dari pemilik blog, review bisnis juga bisa didapatkan dari beberapa situs terkenal seperti Google Places, Urbanesia, Yelp, Facebook, dan Foursquare. Rate situs bisnis Anda akan semakin baik jika banyak orang memberikan ulasan tentang bisnis Anda, dan tentu saja peluang usaha Anda ditemukan di internet akan semakin besar. Pelanggan yang puas pasti tidak akan sungkan untuk memberikan ulasan singkat tentang bisnis Anda, dan ini akan sangat baik untuk meningkatkan skor Anda di internet dan mesin pencari.

4. Mengadakan Lomba Berhadiah atau Menawarkan Kupon

Sebuah lomba atau promosi dengan memberikan kupon, hadiah kepada para pelanggan yang menggunakan perangkat mobile adalah salah satu strategi yang sangat efektif karena ini bisa membuat peluang usaha Anda akan ditemukan di situs-situs media sosial dan juga mesin pencari.

Mesin pencari Google sangat memperhitungkan aktivitas para pengguna media sosial. Sebuah brand atau bisnis yang hangat dibicarakan di media sosial biasanya akan menjadi salah satu tolak ukur apakah brand tersebut cukup populer, yang kemudian akan mempengaruhi ranking website bisnis brand tersebut di mesin pencari.

Artikel terkait: Strategi membangun backlinks

5. Membuat Aplikasi Mobile Untuk Situs Bisnis

Seperti yang telah disebutkan di paragraf awal, para pengguna internet akan semakin banyak mengakses internet melalui smartphone mereka. Jika Anda memiliki sebuah aplikasi mobile untuk website bisnis Anda, maka ini adalah sebuah keuntungan tersendiri buat bisnis Anda. Namun perlu diketahui bahwa untuk membuat aplikasi mobile untuk website bisnis biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pastikan Anda memperhitungkan keuangan di dalam usaha Anda.

Nah, dari penjelasan yang sudah disebutkan di atas kita bisa mengerti langkah-langkah apa sajah yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan SEO website bisnis kita di pasar lokal. Jika Anda atau karyawan Anda mengerti dalam melakukan proses tersebut maka Anda tidak perlu menyewa seorang pakar SEO untuk melakukannya karena biasanya biayanya cukup mahal.

Banyak orang yang mencari situs-situs UMKM lokal untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan segera, dan mereka ingin situs tersebut mudah diakses dan mudah dalam proses transaksinya. Inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pemiliki UMKM dengan semaksimal mungkin. Anda punya tambahan lainnya? Silahkan kirimkan melalui halaman komentar. Terimakasih sudah membaca artikel Saya :)

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

52 pemikiran pada “5 Cara Mengoptimalkan SEO Website Bisnis di Pasar Lokal”

  1. Pak, maaf mau tanya ..
    Website saya tiba-tiba turun dari halaman 2 ke halaman 11 tanpa sebab yang diketahui, kira-kira kenapa ya pak ?karena pengelolaan pun cuma tambah-tambah artikel tanpa pernah pakai black hat SEO ..
    Mohon pencerahannya pak ?

    Terima kasih.

    Balas
  2. Apakah sedikit review berkualitas dapat menjadikan page rank lebih baik daripada banyak review singkat yg di beri link website?

    Balas
  3. ada masukan ga daripara suhu tentang cara mendapatkan verifikasi google place…kartu pos tak kunjung sampai :-)

    Balas
  4. untuk memasang iklan di google adword itu khan mahal gan?? trus apakah itu efektif ya?

    Balas
  5. Saya pernah mendaftarkan Usaha melalui Google Places, tetapi verifikasinya lumayan sulit. Setahu saya harus melalui kartu pos untuk mendapatkan kode verifikasinya yang memakan waktu 1-2 minggu, Dan untuk metode ini saya sendiri juga belum berhasil karena sampai saat ini belum menerima kodenya :)
    mungkin ada cara lain?…atau harus ulangi lagi…

    Balas
  6. Hello Selamat malam bos, ine benar sekali, saya sudah menerapkan google places untuk website saya sendiri dan sedikit demi sedikit pringkatnya udah mulai membaik, seperti zaman sekarang ini dunia internet semakin pesat, kebanyakan manusia ingin simpel dan juga smart phone sudah sangat banyak, di desapun sekarang smart phone sudah biasa jadi peluang untuk meningkatkan penjualan melalui internet sangat terbuka lebar. Seperti kita ketahui bahwa hampir setiap keluarga di Indonesia sudah mempunyai smart phone, ini merupakan peluang besar melalui Seo Google places. Jika ada yang salah mohon di koreksi.

    Balas
  7. makasih bangat gan informaisnya , sangat membantu sekali mas ,
    kalo yang tanpa biaya ga gan

    Balas
  8. iya bos,betul sekali pasar bisnis online sangat menjanjikan ,yang dulunya iklan di surat kabar, brosur dll,sekarang sudah lesu,sudah banyak pengguna internet di indonesia,semua informasi nyarinya di mesin pencari.

    Balas
  9. Saya mau nanya gan, kalau cara mengoptimasikan blog apakah sama dengan mengoptimasi website. Dan dalam kurun waktu berapa blog kita bisa dikenal oleh Google

    Balas
    • Suhu, menurut saya iklan baris tidak efektif untuk SEO, ini berdasarkan pengalaman saya ya. Mungkin orang lain beda pengalamannya :)

      Balas
  10. Sukur gan,setelah membaca artikel ini,kami bisa daftar google places yang sebelumnya kami tidak tahu.Terima kasih gan.

    Balas
  11. mantep lur informasine… sipp lagi mencoba dengan ilmu seo website dari daerah jogja

    Balas
  12. makasih atas anjurannya ini sangat membantu saya dalam proses belajar ngeblog di internet

    Balas
  13. trims mas atas ilmunya, semoga bermanfaat selalu,

    saya mau tanya dikit ya mas, pertanyaan saya ga jauh beda dari beberapa comment teman2 diatas, trafik web sy sering naik turun gmn solusinya ya biar sllu cpat terindex

    Balas
    • Posting aja secara kontinu, integrasikan web kamu ke media sosial (Facebook, Twitter), submit link artikel ke Google plus. Cara ini sangat efektif untuk mempercepat proses indeks artikel kita.

      Balas
  14. sangat bermanfaat gan,,,, untuk pemula seperti saya artikel mas memberikan pencerahan yang luar biasa… makasih info nya

    Balas
  15. Saya masih belajar, autodidak, tanya-tanya ke orang SEO juga. Ini yang mau mulai bisnis secara online, boleh baca2 kesini ya, recommended

    Balas
  16. terimakasih atas info nya ya gan , senoga bermanfaat ilmunya
    saya pasti akan berkunjung lagi ke sini bila ada info terbaru lgi

    Balas
  17. Mas, mau tanya…
    Misal website company profil kan bisa dibilang jarang membuat posting baru…padahal agar cepat naik di pencarian google harus sering posting…
    Itu strateginya bagaimana?

    Balas
    • Saran saya sih dibuat blog khusus untuk website company profile nya. Postingan di blognya kan bisa tentang hal-hal yang masih berhubungan dengan core bisnis nya atau informasi lainnya. Sebuah website company profile akan lebih dikenal masyarakat luas bila didukung oleh semua blog dan social media.

      Buat aja direktory baru pada website nya, misalnya webbisnis.com/blog. Optimasi blog tersebut dengan kata kunci untuk niche bisnisnya dengan posting artikel secara teratur. Distribusikan konten tersebut ke social media.

      Balas
  18. makasih tipsnya boss..
    saya sudah mencoba poin pertama dan alamat sudah terverivikasi oleh google

    Balas
  19. Ya memang menurut saya media sosial saat ini memiliki peran yang sangat luar penting. hampir setiap orang memiliki akun di beberapa sosial media.

    Terimakasih informasinya

    Balas
  20. mantap nih tipsnya.., boleh deh dipraktekan.., mohon bimbingannya kang…
    ane gunain media social buat blog marketing, tapi klo keseringan malah jadi spam kang, awal2 doang traffic melambung dan posting jadi no 1 di serp. dan beberapa minggu kemudian, drop out entah kemana.. pengalaman dari blog ane yang pake english…

    Balas
    • Tergantung kitanya, apakah kita mau nyepam media sosial atau tidak. Keseringan maksudnya gimana ya? Yang saya tau media sosial bisa digunakan untuk promosi, tp ya ada etikanya juga.

      Setiap kali kita punya artikel baru, wajar dong kalau dipost di media sosial, kalau sering post artikel di blog ya ga masalah postingnya sering juga di media sosial. Coba mas liat media-media besar seperti kompas, detik, dan lain-lain, mereka tiap hari posting berita ke media sosial berkali-kali dalam sehari. No problemo…

      Google itu sangat dinamis mas, informasi terbaru dan banyak yang rekomendasikan akan selalu tampil dihalaman utama mereka. Saya aja sering kaget dengan perubahan yang terjadi di SERP Google hehehe

      Balas
      • baca balasannya komentar mas di atas saya langsung post artikel ke google pus, hehehehee…udah lama juga blog saya yang di blogspot gak pernah update…akhirnya setelah baca beberapa artikel dari website ini..semangat tumbuh kembali untuk mencoba membuat beberapa artikel..terima kasih untuk artikel2 nya yang berkualitas..

        Balas
        • maaf mas maksud saya blogspot saya yang ini…kok jadi salah ketik nama website ya….dan jadi timbul pertanyaan nih mas..kalau saya menggunakan dua account website ini..koment di satu artikel begini..termasuk spam ga ya mas…??
          terima kasih

          Balas
          • Ngga SPAM sih mas, yang bisa menganggap komen seperti ini spam ya pemilik websitenya karena tau yang punya web sama aja orangnya hehehe.

      • iya mas, saya klo habis post pasti juga langsung share ke social media. mungking terjadi pelaporan konten karena blog saya dulu terdapat content yang melanggar copyright. :D

        Balas
        • Berarti yang bermasalah konten kamu mas hahaha. Kalau share ke media sosial sih ga masalah, tapi memang harus punya strategi, ga bisa sembarangan karena orang di media sosial akan bosan melihat kita kerjanya hanya promosi konten blog saja hehehe.

          Balas
    • Ada banyak cara Pak, diantaranya:
      1. SEO (search engine optimization); ini membutuhkan keahlian dari si web master, selain itu butuh waktu yang cukup lama. Tapi bila kampanye SEO nya berhasil maka akan sangat efektif untuk website bisnis kita baik dari trafik maupun penjualan karena trafik dari Google biasanya konversinya tinggi.
      2. Pasang iklan di Google Adword; ini membutuhkan keahlian dalam menyusun iklan dan juga membutuhkan biaya, tapi cendrung lebih cepat dan efektif.
      3. Pasang iklan di Facebook Ads; ini butuh keahlian dan juga biaya, tapi potensi trafik dan konversi penjualan biasanya tinggi.
      4. Pasang iklan baris; ini lebih mudah dan cepat, saya belum pernah mencobanya untuk website saya. Coba Pak Faisal baca artikel saya yang ini
      5. Menyewa space iklan di website yang trafiknya tinggi. Tapi pastikan topik website tersebut berhubungan dengan situs bisnis Bapak.
      6. Melalui forum; ini juga butuh keahlian karena perlu menyusun kata-kata yang bagus untuk berpromosi secara efektif di forum-forum. Bisa minta tolong sama akun yang punya reputasi baik untuk posting promosi situs bisnis bapak, tapi biasanya bayar.
      7. Melalui media sosial, twitter dan facebook sangat efektif untuk promosi. Selain itu kita bisa promosi dengan gratis melalui wall pribadi/ teman, ataupun melalui group di Facebook. Tapi hati-hati, jangan sampai melakukan SPAM.

      Masih banyak cara yang lain, tapi cara yang saya sebutkan sebenarnya sudah sangat efektif. Tinggal strateginya aja diatur agar hasilnya lebih maksimal.

      Balas
  21. Kak Max Manroe, bisnis online kini menjamur, jadi kompetisi di mesin pencari begitu ketat banget donk. Jikalau kita promosi mati-matian di mbah google produk, apakah ini selalu berdampak positif bagi UKM? terima kasih

    Balas
    • Kalau dibilang ketat sih memang ketat persaingan di search engine. Tapi selalu ada cara yang bisa kita lakukan untuk memenangkan persaingan di mesin pencari. Dampaknya ke UKM tentunya besar ya, apalagi sekarang ini internet sudah biasa digunakan untuk bisnis. Semakin banyak orang yang tahu tentang sebuah UKM melalui internet maka semakin besar pula kemungkinan UKM tersebut akan mendapatkan klien dan berkembang. Tapi perlu kita pelajari dulu, metode promosi yang seperti apa paling pas untuk sebuah UKM, karena tidak semua model promosi bisa cocok.

      Balas
    • Kalau menurut saya iya mas, pasti ada pengaruhnya secara tidak langsung. Tapi itu kembali ke kualitas websitenya juga dan cara si pemilik website dalam memanfaatkan visitor yang datang. Ketika banyak visitor mengunjungi sebuah website dari iklan Adwords, tentunya kegiatan yang dilakukan oleh si visitor di website tersebut akan tercatat oleh crawler mesin pencari.

      Jika visitor menyukai konten di dalam website tersebut dan membagikannya melalui media sosial atau media lainnya, tentunya proses viral akan terjadi. Inilah yang kemudian akan memberikan efek baik pada SEO sebuah website. Jadi secara tidak langsung, sebenarnya Adwords itu memberikan dampak yang baik juga pada website bisnis… tentunya pemilik website juga harus bisa memanfaatkan momentum tersebut. Itu menurut saya mas :)

      Balas
    • Pengalaman saya, media sosial sangat efektif mas Indarfan utk SEO. Selain itu, aktif di forum-forum yang menawarkan sigi dofollow akan sangat bermanfaat, misalnya forum kompas.com, forum bersosial.com, dan lain-lain.

      Balas

Tinggalkan Balasan