Beranda WordPress 5 Plugins Related Posts Terbaik Untuk Blog WordPress

5 Plugins Related Posts Terbaik Untuk Blog WordPress

5-Plugins-Related-Post-Terbaik-Untuk-Blog-WordPress
Ilustrasi dari mythemeshop.com

Apa Anda pernah memperhatikan statistik bounce rate (rasio pentalan) blog Anda? Bila sebuah blog memiliki bounce rate yang sangat tinggi, artinya pengunjung yang datang ke blog tersebut hanya membuka satu halaman artikel lalu meninggalkan blog tersebut. Meningkatkan pageviews sebuah blog akan membuat bounce rate semakin rendah, bukan berarti semakin rendah bounce rate maka akan semakin bagus. Idealnya bounce rate yang bagus itu antara 50% – 75%.

Salah satu cara untuk meningkatkan pageviews adalah dengan memasang link artikel lain di halaman konten Anda. Bisa dalam bentuk tex link atau bisa juga dalam bentuk gambar, atau kombinasi keduanya. Jadi, ketika pembaca artikel Anda melihat link menuju konten lain di dalam halaman artikel tersebut, dia mungkin akan tertarik untuk membuka link tersebut. Link related post bisa dibuat secara manual, tapi akan lebih baik lagi bila membuatnya secara otomatis.

Berikut ini adalah 5 Plugins Related Posts terbaik untuk blog WordPress:

1. Plugin WordPress Related Posts

Menurut saya ini adalah plugin terbaik untuk membuat related post di halaman postingan artikel. Plugin ini bisa menampilkan link artikel terkait dengan tampilan yang menarik, baik itu link berbentuk gambar dan juga teks. Yang paling saya sukai dari plugin ini adalah kemampuannya dalam menampilkan link artikel yang benar-benar berhubungan dengan postingan kita.

Tidak dibutuhkan settingan yang rumit pada plugin ini. Kita hanya harus menentukan seperti apa link artikel yang ingin kita tampilkan, berapa jumlah link, apakah link artikel terkait ditampilkan dalam bentuk teks saja atau menampilkan gambar. Dengan plugin ini, kita juga bisa menentukan posisi link artikel terkait, yaitu dengan memasukkan kode khusus ke single.php pada theme kita.

2. Yet Another Related Posts Plugin (YARP)

Pugins ini adalah plugin yang paling populer dan sering digunakan untuk membuat related posts (artikel terkait) di halaman postingan. Berdasarkan data yang saya lihat di dalam dashboard WordPress saya, plugins YARP sudah didownload sebanyak 2,5 juta kali oleh pengguna WordPress di seluruh dunia. Plugins ini bisa membuat link related posts di bawah artikel, baik dalam bentuk text maupun dalam bentuk gambar.

Kelebihan: YARP menggunakan algoritma yang built-in untuk menemukan artikel terkait di dalam blog Anda. Plugin ini juga memiliki sistem tamplate yang cukup besar sehingga Anda bisa membuat related post dalam bentuk text dan gambar thumbnail.

Kekurangan: Jika situs Anda adalah situs besar, plugin ini bisa memakan resource yang sangat besar. Untuk itu Anda perlu melakuan percobaan pada plugin YARP untuk mengontrol cache, status throttle, dan lainnya.

3. NRelate Related Content 

Plugin nRelate adalah plugin yang menyediakan konten pihak ketiga yang masih terkait dengan konten sebuah blog. Selain itu, mereka juga menawarkan kesempatan bagi penggunanya untuk memasang iklan di blognya, dimana iklan yang akan tampil adalah iklan yang sesuai dengan topik konten dalam sebuah blog.

Kelebihan: Plugins ini bisa diinstal dan digunakan tanpa harus mendaftar di situs nRelate. Kita bisa mengatur tampilan related post dengan mudah sesuai dengan keinginan. Plugin ini tidak memakan resource karena menggunakan server nRelate. Selain itu, pengguna tidak harus menampilkan logo nRelate.

Kekurangan: Pengaturan default plugin nRelate tidak SEO friendly, kecuali Anda menggunakan script beta yang disediakan oleh mereka untuk menampilkan posting terkait di setiap artikel. Pengalaman saya, plugin ini membutuhkan waktu yang lama untuk memproses semua postingan sebelum bisa menampilkan related post di dalam halaman postingan.

4. Contextual Related Posts

Sama seperti plugins YARP, plugins ini akan menampilkan related posts di halaman postingan Anda. Plugin ini bisa meningkatkan relevansi antara konten Anda dengan related posts yang ditampilkan. Plugin ini juga menampilkan related posts dalam bentuk text dan gambar thumbnail.

Kelebihan: Plugin ini bekerja luar biasa ketika menampilkan related posts dalam bentuk text karena benar-benar menampilkan link halaman lain yang memang sangat terkait dengan konten Anda. Jika Anda memiliih related post dalam bentuk gambar, plugin ini bisa menampilkan gambar yang ada pada halaman terkait atau bisa disetting menggunakan gambar default.

Kekurangan: Sama dengan YARP, plugin ini kurang baik jika digunakan dalam situs besar karena akan memakan resource. Bila trafik Anda sangat besar, penggunaan plugin ini bisa membuat situs Anda menjadi lambat.

5. MikroKid Related Posts

Dengan plugin ini, Anda bisa mengatur related posts yang ada dihalaman konten Anda secara manual. Jika Anda ingin memiliki kontrol sepenuhnya pada tampilan related posts di setiap halaman konten Anda, maka plugin ini adalah pilihan yang sempurna.

Kelebihan: Anda bisa menambahkan related posts yang benar-benar sesuai dengan setiap konten Anda sesuai kebutuhan. Plugin ini juga bisa digunakan untuk membangun timbal balik antar postingan, misalnya Anda membuat link di konten A ke post B, maka konten B juga akan membuat link ke post A.

Kekurangan: Anda akan membutuhkan waktu untuk mengatur related posts di setiap postingan Anda secara manual.

6. Plugin Outbrain

Outbrain adalah plugin yang menawarkan layanan pihak ketiga untuk meningkatkan keterlibatan pengguna situs Anda dengan cara menampilkan related post yang relevan secara kontekstual. Mereka juga memiliki plugin yang dapat menghubungkan situs Anda dengan Outbrain. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mendaftar dan melakukan konfigurasi Outbrain agar menampilkan artikel terkait hanya dari situs Anda

Kelebihan: Outbrain menampilkan related posts jauh lebih cepat dibandingkan dengan situs pihak ketiga lainnya. Melalui dashboard Outbrain, Anda juga bisa melihat postingan yang sering diklik sehingga Anda tahu postingan mana yang memiliki performa yang baik di dalam blog Anda.

Kekurangan: Anda harus membuat akun di Outbrain dan mendaftarkan blog Anda agar mendapatkan kunci otorisasi plugin tersebut. Sebagian besar setingan sudah diatur oleh pihak Outbrain. Selain itu, pada widget related post di blog Anda akan tampil link website Outbrain.

Blog Maxmanroe.com saat ini menggunakan plugin WordPress Related Posts untuk membuat link artikel terkait di setiap halaman artikel. Dulu saya pakai plugin SEO ALRP versi premium buatan Mas Poer. Namun sejak saya pakai VPS, plugin SEO ALRP ternyata memakan resource yang besar untuk menyimpan file cache dan proses datanya hingga mencapai 4 GB lebih. Akhirnya saya ganti dengan plugin WordPress Related Posts yang ternyata tidak memakan resource dan lebih ringan. Ok, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu :)

Referensi: WPBeginer

73 KOMENTAR

  1. css yang wordpress saah gan, bukan pakai .bacajuga tapi .baca hehe

  2. terimakasih banyak, sudah saya coba, karna baru buat web tentang pendidikan. sangat membantu sekali mas

  3. Julian Krisna Adhitya

    saya pake inline related post bagus juga hasilnya

  4. Kalo jetpack related post berdasar kategori ya?
    Plugin apa yang related post nya berdasar tag?

  5. mas, saya memakain Inline Related Posts tetapi untuk ukuran teksnya terlalu besar dan ‘agak’ menganggu pembaca, apakah plugin tersebut dapat di edit biar tulisanya agak kecil ?

  6. Saya menggunakan shareholic yang juga memiliki opsi related post.

  7. mas kalau blog tentang wisata bisa pakai Related Postga..??
    saya bikin blog wisata.

    • Tentu bisa, di blogspot juga mudah penerapannya. Tinggal masukkan kode khusus untuk membuat related posts

  8. mantap sekali gan informasinya, kebetulan saya sedang mencari plugin yang cocok dengan website saya

  9. XAMthone Indonesia

    saya coba Plugin WordPress Related Posts,. Terimakasih mas

  10. agen broker properti

    thanks rekomendasinya pak.. saya sudah coba plugin YARPP & saya cukup puas dengan hasilnya…

  11. akan mencoba plugin sperti di maxmanroe…

  12. Selamat sore pak marixon manurung,,,, saya coba aplikasikan plugin WordPress Related Post pada toko online gamis syari modis milik saya kok tidak berfungsi ya apa ada yang salah, atau ada yang crash sama plugin cache.

    Tampilan relatednya tidak muncul pak, padahal setingan di plugin tersebut saya default pak.. mohon penjelasan dan arahannya pak

    Terima kasih

  13. Bagus mas tuturnya, saya suka dengan blog nya mas dan ikut ter inspirasi, ada Kontak WA atau BBM nya mas ?

  14. Artikel ini sangat membantu saya yang gaptek mas, dulu saya juga pakai ALRP dan sangat mempengaruhi Pagespeed, tapi saya bingung penggantinya apa.

  15. Hi, salam kenal, terima kasih infonya, adakah related post plugin ini bisa mengatur ukuran gambar dan rata justice pada artikelnya?

    Terima Kasih

  16. KBOP - Kelas Bisnis Online Pemula

    Terimakasih informasinya mas, saya sedang buat tutorial di web baru saya. Salam kenal :-)

  17. mas, mau tanya, kalau yang rekomendet dan terbaik yang mana ya? dan yang paling berpengaruh, kan banyak tuh, plugin2 yang kualitasnya jelek,, mohon jawabannya?

  18. Nyari yang baca juga, eh pas dikomentar ada pakainya inline hehehe

  19. Mas, mau tanya jika saya mau pake WordPress related Post, cara bikin supaya Related Post di samping bukan di bawah artiket itu gmn?

    • Sebenarnya tinggal buat via widget di blog WordPress mas. Bisa menggunakan plugin WP Tab Widget atau WordPress Related Posts, nanti bisa setting dari Appearance > Widgets > lalu drag related post ke bagian sidebar

  20. Alhamdulillah setelah baca2 ketemu juga cara2 nya..

  21. Bang kalau wordpress related posts bisa diatur sesuai kategori tidak?

    • Plugin ini menampilkan artikel yang memiliki tag sama/ mirip. Jadi sebaiknya artikel kamu dikasi tagging supaya artikel yang satu kategori akan ditampilkan.

  22. mas saya udah pasang kalo Plugin WordPress Related Posts. tapi maksud memasukkan kode khusus ke single.php pada theme kita.itu maksudnya apa.. Related Posts pas di klik malah eror 404.. mohn bang jawabanya

  23. Mas, mau tanya..
    kalau untuk menampilkan artikel terkait didalam postingan (bukan dibawah post) dengan gambar beserta teksnya, yang nanti bisa kita atur sendiri link/artikel terkait yang akan ditampilkan, caranya gimana ya?

    contoh seperti di _http://s27.postimg.org/l16plmhlv/contoh.jpg

    Tulisan sengaja saya blur, didalam postingan di pics diatas itu kan dalam artikelnya ada 2 artikel terkait dengan gambar berserta teks linknya, nah kalau seperti itu pakai plugin apa atau caranya gimana ya?

    Makasih sebelumnya.

  24. mas kalau blog tentang hotel bisa pakai Related Postga..??
    saya bikin blog hotel murah di bogor.

    terimakasih ya mas atas informasinya.
    ditunggu balasannya

  25. Sore ini ingin coba pasang plugin WordPress Related Posts, tapi urung.. karena ternyata belum diupdate sejak 3 bulan silam.

  26. untuk plugin yang YARP, titlenya kepotong mas…hanya sebagian saja gak full title…itu cara settingnya gmna biar full mas?

  27. Halo mas, saya pake shareaholic. GImana menurut mas max?

    • Saya kurang tau tentang plugin itu mas, coba mas dong yang kasi informasi tentang plugin itu :)

    • Saya juga pake shareholic…sangat bagus….

  28. Sudah saya coba mas di website saya yang wordpress. sangat membantu. terimakasih.

  29. Menurut mas marikxon sendiri diantara plugin relate post di atas yg paling mantap yang mana mas?

  30. Mas, kalo mau bikin link di tengah artikel gimana ya? Misalnya di tengah artikel muncul “Baca Juga : ……………” tapi secara otomatis.
    Seperti itu, gimana ya?

    • Saya pakai cara manual mas Dani, kalau otomatis saya kurang tau :)

  31. saya mau coba pake plugin artikel terkait Yet Another Related Posts Plugin (YARP) untuk blog baru

  32. kalau YARP itu susah gan… banyak yang harus di setting. mending yang WP related Post. Udah otomatis… heheheh :)

  33. maaf gan mau tanya,, dari 6 plugin di atas, kalau saran dari anda mana yang paling menarik, mau di pasang di blog saya. tks sebelumnya

  34. Tenks. Infonya gan…
    Oya gan… kira-kira related postnya, bisa muncul gak di halaman produk pada plugin woocommerce…? soalnya saya baru bikin web nich…

  35. plugin apa aja yang harus di gunakan untuk wodpress

  36. oke makasih infonya mas, tadinya saya pake jetpack, sama seo ALRP tapi ternyata makan banyak resource, jadi mau nyoba nrelate skrg :D mudah2an kecil ya

  37. Berarti wordpress dengan hosting sendiri yang bisa dipasang plugin ya kang?

    • Iya mas. Selain WP selfhosted, kalau bergabung di WordPress enterprise website kita bisa ditambah plugin premium dan fasilitas hosting unlimited dari WordPress, tapi mahalnya minta ampun :(

  38. Terima kasih mas untuk informasinya, sudah saya praktekkan di web saya….he

  39. mas max, kalau untuk pasang iklan di atas plugin nrelated nya (seperti blog maxmanroe.com) di letakkan di bagian yang mana ya?

    • Masukkan scriptnya di single.php mas. Kode nRelate juga saya masukkan di single.php. Btw jangan lupa copy dulu isi single php nya ya, buat jaga-jaga kalau terjadi error pas mengedit.

  40. Mas bagaimana caranya agar link judul dari nrelate bisa berganti menjadi warna biru. Soalnya yang saya warnanya hitam sama hijau.

  41. mas aku pengen tau caranya buat recent post kaya di blog ini. ada thumbnail sama judulnya berwarna gitu. gimana caranya ya?

  42. Kalau yg diblog ini pakai apa mas bisa muncul sampai 6 begitu & pake thumbnail
    sy pake YARP tapi kalau dimunculin thumbnailnya malah kosong gambarnya yg muncul gambar default pluginnya

    makasih

    • Saya pakai plugin nRelate. Plugin ini tidak memakan resource karena menggunakan server nRelate sendiri. Kalau YARP sebenarnya tinggal mengatur plugins aja, dulu saya pernah pakai YARP, lumayan mudah settingnya.

      • Ok mas makasih, sy juga coba pakai nRelate deh
        yarp malah susah ngatur thumbnailnya & kalau title artikelnya mau full seperti diblog ini malah berantakan jadinya, harus atur di css sama fungsi templatenya :(

  43. nice posting, sayang saya gak pakai wordpress :D

  44. obat obatan herbal

    Sudah saya coba, terimakasih untuk artikelnya, sangat membantu

  45. untuk memasang script beta NRelate Related Content itu di bagian mananya mas?? trus script beta dimana kita bisa dapatkan… ane search gak nemu2 .. mohon bantuannya

    • Halo mas Umardin, tinggal centang lingkaran pilihan Beta, ada di bagian Related Content opsi paling bawah. Jangan lupa klik “Save Changes”

      • oh cuman gitu doang.. selain itu default semua ya kang…. butuh berapa jam agar tampil related postnya.. ?? soalnya yang saya baca butuh waktu untuk menampilkan related postnya

        • Bisa diseting sesuai keinginan mas. Tunggu aja 1 kali 24 jam, tergantung besarnya data base kita. Kalau artikelnya masih sedikit pasti lebih cepat tampil related postnya.

          • ane dah pasang mas. cuman kok related postnya kurang mengikuti konten artikel kita.. malah yang di widgetnya yang terkait isi kontennya.. mohon pencerahannya mas

  46. Rahmaagus Gustifaza

    saya ingin mencoba nya untuk website saya rahmakosmetic.com/ supaya bagus dan lebih baik thanks for infonya jangan lu

  47. Saya lagi nyari2 plugin yang cocok, entah kenapa kalau pasang plugin related post malah terjadi error dengan theme nya

    • Kemungkinan besar karena crash dengan plugins yang lain. Saya belum pernah mengalaminya, plugin related post biasanya kompatibel dengan semua plugin.

  48. meja makn resoran

    unuk plugin YARP sama Contextual Related Posts di jadiin satu itu bagus apa gan?? saya newbie gan…tolong bantuannya

  49. klo zemanta memakan resource banyak ga mas..?

  50. kalau aku biasanya pakai plugin nRelate atau YARP, nggak pernah nyoba plugin2 related post lainnya. apa kira2 ada yang lebih bagus dari ini ya..

Tinggalkan Balasan