Usaha Kecil: 20+ Contoh yang Bisa Anda Lakukan dari Rumah

Advertisement-Scroll to Continue

Usaha kecil – Hal yang pertama kali terbenak di pikiran Anda ketika ingin membuka usaha adalah modal yang besar. Padahal, Anda bisa membuat usaha kecil dengan modal minim, lho. Enaknya lagi Anda tidak perlu pergi ke kantor atau bisa menjadi passive income. Mulai dari bisnis online  hingga bisnis yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga sekalipun!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa jenis usaha kecil yang bisa Anda lakukan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Penasaran? Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

 

Definisi Usaha Kecil

Usaha kecil diartikan sebagai usaha yang memiliki karyawan kurang dan tidak lebih dari 50 orang. Umumnya jenis usaha ini dilakukan secara individu. Artinya tidak tergantung pada badan usaha atau organisasi tertentu. Pemimpinnya bergerak secara mandiri. Mulai dari mengambil keputusan, mengatur usaha, hingga lainnya.

Pada prakteknya, jenis usaha kecil itu meliputi usaha warung sembako, toko kelontong, usaha dagang, bisnis online, dan lainnya yang bisa dilakukan secara individual. Maka dari itu, usaha ini lebih populer dibandingkan dengan jenis yang lainnya karena tidak terikat dengan perusahaan manapun.

Saking bebasnya, banyak orang yang mencoba peruntungannya di peluang usaha kecil ini. Selain itu, semua keuntungan yang didapatkan pun jadi milik orang yang menjalankan bisnis tersebut. Termasuk jika Anda memiliki hutang, maka Anda lah yang bertanggung jawab untuk melunasi.

Kemudian, di Undang-undang Nomor 9 Tahun 1999 menyebutkan bahwa, yang dimaksud dengan usaha kecil adalah jenis usaha yang memiliki keuntungan bersih paling banyak sebesar Rp200.000.000,00, dimana jumlah tersebut tidak termasuk pada tanah dan bangungan. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp1.000.000.000,00.

Kriteria Usaha Kecil

Tidak semua usaha milik perorangan dikategorikan sebagai jenis usaha kecil. Maka dari itu, jenis usaha ini memiliki beberapa kriteria sesuai dengan kegiatan yang dilakukannya. Berikut beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan:

  1. Memiliki modal minim atau tanpa modal
  2. Bisa dilakukan oleh pemula atau yang belum melakukan keahlian khusus
  3. Tidak membutuhkan banyak karyawan
  4. Tidak harus memiliki badan usaha
  5. Tidak memiliki tempat tetap untuk melakukan penjualan

Coba lihat dulu, apakah usaha Anda sesuai dengan kriteria di atas? Jika ya, berarti termasuk dalam kategori usaha kecil. Jika tidak, bisa dimasukan ke kategori Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

Baca juga: 6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Contoh Usaha Kecil yang Bisa Dilakukan

Usaha Kecil: 20+ Contoh yang Bisa Anda Lakukan dari Rumah
Contoh usaha kecil yang bisa dilakukan dari rumah: 1. Dropshipper/Resseler 2. Laundry Kiloan 3. Usaha Kuliner 4. Jualan Makanan & Minuman

Apapun jenisnya, yang namanya usaha itu butuh niat dan kemauan yang besar. Tanpa ada kedua hal tersebut, maka segala jenis usaha yang Anda lakukan tidak akan bisa bertahan lama. Termasuk usaha kecil yang akan diberikan contohnya di bawah ini. Di antaranya adalah:

Dropship atau Reseller

Contoh usaha kecil yang pertama adalah dropshipper atau reseller. Usaha ini cukup populer dan cocok bagi Anda yang ingin melakukan bisnis online tapi modal yang besar. Kendati demikian, kedua usaha ini tidaklah sama. 

Dropshipper merupakan bisnis online yang menjadikan Anda sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Kelebihannya, Anda tidak perlu menyimpan stok barang. Anda hanya perlu melakukan promosi atau sebagai perantara bagi pembeli yang ingin membeli barang tersebut. Nantinya, penjual akan mengirimkan barangnya ke alamat si pembeli.

Sedangkan reseller, Anda menjadi agen yang menjual kembali barang yang sudah dibeli dari distributor atau supplier. Biasanya barang yang dijual dalam bentuk eceran. Sayangnya, Anda harus memiliki ruang penyimpanan khusus untuk stok barang yang akan dijual lagi.

Laundry Kiloan

Salah satu jenis usaha yang paling diminati dan dicari oleh banyak orang adalah laundry kiloan. Semakin banyaknya kegiatan seseorang, biasanya mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci baju. Di sinilah laundry kiloan berperan bak pahlawan. Umumnya, modal yang dibutuhkan mulai dari Rp7 juta hingga Rp20 juta. 

Tergantung pada jumlah mesin cuci, mesin pengering, setrika, dan lainnya. Kendati demikian, cuan yang dihasilkan pun banyak. Tidak heran jika sekarang banyak orang yang memulali usaha kecil-kecilan dengan membuka laundry kiloan.

Usaha Kuliner

Selain laundry kiloan, usaha kuliner juga merupakan salah satu usaha kecil yang paling dinikmati. Biasanya orang-orang dengan mobilitas yang tinggi tidak sempat membawa bekal dari rumah atau makan dari rumah. Mereka cenderung lebih menyukai membeli makanan yang sudah jadi dan langsung bisa dimakan tanpa menunggu lama.

Jika Anda membuka usaha kuliner di lokasi yang strategis, maka keuntungan yang dihasilkan pun akan tinggi. Seperti di area perkantoran, sekolah, kampus, stasiun, dan lainnya. 

Jualan Makanan dan Minuman Kekinian

Tren makanan dan minuman di Indonesia itu bisa cepat berganti. Tapi bukan berarti tidak menghasilkan. Bahkan kini ada banyak penjual yang berjualan makanan dan minuman kekinian. Seperti seblak, sosis bakar, minuman boba, minuman coklat, makanan korea, dan masih banyak lagi.

Anda bisa membuka usaha kecil ini sendiri atau bisa franchise dengan brand ternama. Tentu modal dan keahlian yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Terutama untuk makanan dan minuman yang sedikit rumit.

Jasa Titip (Jastip)

Apabila Anda suka menghabiskan waktu dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu, Anda bisa mencoba peruntungan dengan membuka jasa titip atau jastip. Namun perlu diingat bahwa untuk menjalankan usaha kecil ini, Anda harus mau bepergian mendatangi lokasi untuk mendapatkan barang titipan pelanggan. Jika dilakukan dengan benar, penghasilan yang didapatkan pun tidak sedikit.

Cemilan atau Kue Kering

Contoh usaha kecil yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki hobi membuat kue dan cemilan. Jika bisa dijadikan cuan, mengapa tidak? Terlebih gaya hidup masyarakat yang sering ngemil, bisa menjadi salah satu peluang yang besar. Namun perlu diingat bahwa, jenis usaha ini memiliki persaingan yang ketat dan banyak Anda harus memiliki sesuatu yang unik jika ingin bertahan.

Frozen Food

Orang-orang dengan tingkat mobilitas yang tinggi membutuhkan sesuatu yang praktis. Dalam hal makanan, Anda bisa mencoba peluang dengan berjualan frozen food. Makanan beku ini sangat praktis terutama bagi mereka yang terburu. Tinggal goreng, dan jadi. Anda bisa menjual produk makanan seperti sosis, nugget, ayam, french fries, dan makanan beku lainnya.

Minuman Kesehatan

Jangan salah, bisnis minuman kesehatan saat ini sedang naik daun. Terlebih setelah pandemi Covid-19 berlalu dan kini hampir semua kantor sudah memberlakukan work from office. Selain untuk menjaga imun tubuh, usaha kecil ini juga bisa dilakukan dari rumah.

Anda bisa membuat minumannya di rumah, lalu menjualnya melalui online. Keuntungannya? Jika diseriuskan, maka Anda akan mendapatkan dua kali lipat dari modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku. Kelebihan lainnya adalah salah satu jenis usaha kecil belum banyak pesaing.

Bisnis Online

Jika Anda memiliki toko fisik, tidak ada salahnya untuk menggunakan bantuan internet untuk menjual produk Anda. Bisnis online kini menjadi salah satu usaha kecil yang paling diminati karena mudah dilakukan. Hanya dengan bermodalkan ponsel pintar dan data internet, Anda sudah bisa berjualan dan mendapatkan untung.

Warung Kelontong atau Sembako

Usaha kecil seperti warung kelontong atau sembako menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Terlebih ketika Anda membukanya di dekat pemukiman. Dengan begitu, Anda sudah mempermudah orang-orang untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka. Mulai dari makanan, minuman, sabun mandi, sabun cuci, shampo, dan lainnya.

Usaha Kecil: 20+ Contoh yang Bisa Anda Lakukan dari Rumah

Warkop

Apabila Anda kuat begadang, mungkin warkop bisa menjadi usaha kecil menjanjikan yang perlu Anda coba. Umumnya, warkop selalu ramai pada malam hari. Maka dari itu, kebanyakan warkop bukanya dari sore hingga pagi. Nah untuk mengakali pendapatannya, Anda bisa menyajikan menu lainnya.

Tidak hanya menyajikan kopi dan indomie, Anda juga memberikan menu olahan makanan berat. Seperti nasi goreng, bakmi goreng, bubur, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan menu roti bakar, aneka gorengan, pancong, dan menu warkop lainnya.

Jasa Cuci Motor dan Mobil

Peluang usaha kecil yang satu ini sudah tersebar dimana-mana. Nah karena ada banyak pesaing, Anda perlu memikirkan hal unik yang bisa menjadi pembeda. Selain itu, Anda juga perlu survei lokasi. Jangan sampai di lokasi yang sama ada dua jasa cuci motor dan mobil. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan pelayanan, kebersihan, harga, hingga tempat menunggu untuk pelanggan. Jika merasa puas, mereka tentu akan kembali lagi.

Menjual Barang Bekas atau Trifthing atau Preloved

Ada banyak barang, baju, sepatu, atau lainnya menumpuk di rumah dan tidak digunakan lagi? Jual saja! Selama kondisinya masih bagus dan layak, Anda bisa menjualnya dan mendapatkan keuntungan. Kelebihannya, usaha kecil ini merupakan salah satu bisnis online yang mudah dilakukan. Hanya dengan bermodalkan foto atau video, lalu diunggah ke media sosial atau aplikasi pihak ketiga, dan tunggu barangnya terjual. Mudah sekali, bukan?

Usaha Fotocopy, Print, dan Jasa Pengetikan

Tidak semua orang memiliki printer di rumah. Tidak semua orang memiliki waktu untuk mengetik. Hal ini bisa Anda jadikan peluang usaha kecil dengan menghadirkan jasa fotocopy, print, dan jasa pengetikan. Jika Anda membukanya di lokasi yang strategis, maka keuntungan yang didapatkan pun akan banyak.

Kreasi Mahar, Souvenir, atau Hantaran

Bagi Anda yang merasa dirinya adalah pekerja kreatif, maka jenis usaha kecil yang satu ini cocok untuk Anda. Selain modal yang diperlukan tidak terlalu besar, Anda juga bisa mengerjakan di rumah saja tanpa perlu menyewa ruko. Biasanya jenis usaha ini termasuk dalam bisnis musiman. Seperti ketika pada bulan-bulan wisuda. Pasti banyak yang ingin memberikan souvenir untuk mereka yang lulus. Namun ada banyak juga yang membutuhkan hadiah untuk diberikan kepada orang tertentu.

Bisnis Jasa Online

Bisnis jasa online seperti content writer, design graphic, editor, data entry, virtual assistant, dan masih banyak lagi, bisa menjadi jenis usaha kecil yang menjanjikan. Terlebih ketika Anda sudah memiliki segudang pengalaman dan portofolio terkait. Maka kemungkinan besar, Anda bisa menawar di harga tertinggi.

Waralaba atau Franchise

Usaha kecil dari waralaba atau franchise juga bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Kelebihan dari bisnis ini adalah Anda tidak perlu repot untuk memikirkan sistem bisnisnya. Mulai dari konten promosi, alat produksi, hingga merek jual. Anda hanya perlu mengeluarkan modal dengan jumlah harga paket yang dipilih dan terima beres. Selanjutnya Anda tinggal berjualan. Untuk bagi hasil dan keuntungan, biasanya hal itu berdasarkan kebijakan dari si pemegang brand.

Bimbel Online

Bimbel online menjadi usaha kecil yang cocok bagi Anda yang bekerja sebagai guru atau memiliki minat terhadap pendidikan. Anda bisa membuka bisnis online ini sendiri atau bergabung dengan platform lain yang menyediakan. Pilih bidang pelajaran yang Anda kuasai dan tentukan tarif bimbingannya. Apakah per jam, per satu kali pertemuan, per minggu, per bulan, atau per tahun.

Makanan Tradisional

Dengan membuka usaha kecil yang menjual makanan tradisional, Anda ikut berperan dalam melestarikan budaya Indonesia. Kendati demikian, makanan tradisional seperti kue tradisional hingga resep turun temurun selalu diminati oleh banyak orang. Terlebih ketika lidah mereka sudah rindu dengan masakan khas Nusantara. Kelebihan lainnya adalah salah satu jenis usaha kecil belum banyak pesaing.

Bisnis Air Isi Ulang dan Gas

Kebutuhan akan air dan gas untuk sehari-hari semakin meningkat. Anda bisa mencari tahu dulu atau bertanya pada beberapa usaha sejenis terkait cara penjualan dan memasok persediaan. Setelah Anda mengetahuinya, bisa langsung dilakukan. Dijamin akan laku terus dan Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Dan merupakan salah satu usaha kecil belum banyak pesaing yang bisa Anda coba.

Baca juga: Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Baik itu usaha kecil atau bisnis online atau usaha besar sekalipun, jika dijalankan dengan sungguh-sungguh maka akan menghasilkan keuntungan yang besar juga. Perlu diingat bahwa, dalam dunia bisnis tidak ada yang namanya instant atau langsung jadi. Semuanya butuh proses. Ada kegagalan dan ada keberhasilan. Tinggal bagaimana Anda menyikapinya. Semoga bermanfaat! Selamat berbisnis!

Advertisement
Maxmanroe

A Blogger, YouTuber, and Trader. Start getting to know Online Business since 2012 and continue to learn about internet business until now. Currently active as a content writer at Maxmanroe.com.

28 thoughts on “Usaha Kecil: 20+ Contoh yang Bisa Anda Lakukan dari Rumah”

  1. bidang agribisnis memang masih banyak peluang, hanya saja di agrisbisnpeternakan kalah sama perusahaan besar macam cp dan japfa. Bagi rakyat kecil sulit

    Reply
  2. inspirasi yang bagus, sebetulnya saya lagi susah mencari ide bisnis apa yang hendak saya buka. terimakasih gan

    Reply
  3. saya sejak kulaih aktif di dunia koperasi dan usaha kecil. berbicara peluang laur biasa banyak di indonesia termasuk peluang usaha diatas tetapi yang menjadi kendala utama kita adalah keseiapan mental untuk menjadi pengusaha itu yang sulit kita bangun

    Reply
  4. usaha apa aja itu bagus, inti dari semua usaha itu cuma 30% ilmu, 70% melakukan.

    Reply
  5. saya gemar sekali sama hewan, saya punya imajinasi, untuk membuka bisnis ternak ayam petelur, modal awal emang mungkin sdikit butuh bnyak uang, tapi stelah produksi, mungkin kita tidak perlu mikirin pakan, karna mreka sndiri pasti bisa cari makan sndri dari telur nya sndri…ana mau coba.

    Reply
  6. Butuh solusi , bingung mau usaha apa di desa …
    Cuma punya lahan dan posisi saya sedang kuliah …
    Terima kasih …

    Reply
  7. Terkadang kita hanya bermpi yang besar dg tanpa melalui dari hal yang kecil, akhirnya tinggsllsh harapan., padahal jika kita bener2 serius melakukan hal yg kecil pada akhirnya bisa jadi yg besr.

    terimakasih kpd pak admin atas artikelnya.

    Reply
  8. yang penting niat dan paham akan tujuannya..
    jangan terlalu fokus sama hasilnya,jalanin dulu ..kalo niat usaha!!!!!
    rejeki ada yang ngatur …

    Reply
  9. Semua usaha klo dijalankan dgn kesungguhan tekad bulat menghasilkan uang kok.sy ada usaha dpt keuntungan cash.dijalankan sambil kerja bisa.offline/online dgn web saya gratis.hub 7eacae1d

    Reply
  10. pengen banget buka usaha warung makan,, tapi belum dapat tempat yang strategis

    Reply
  11. Ndak nyangka visit lagi di blog maxmanroe. hhe ga sengaja lagi browsing saya tadi gan, eh malah di page one nih halamannya. cocok emang usaha kuliner, kan setiap hari orang butuh makan , tapi untuk memasak kan juga butuh keahlian om, kurang enak pasti gak laku. haduwh… yha saya coba dulu lah, sarannya istimewa banget, inspiratif sekali om. makasih yha

    Reply
  12. bisnis kuliner lebih bagus untuk k depan…bisnis kuliner ga pernah ada matinya…yukk buka barengan.Ada ide buka tempat makan tpi bingung tempatnya…

    Reply
  13. Kayaknya bisnis yang nomer 2 lebih cocok untuk jaman teknologi spt sekarang ini. Jasa seo , jasa rekening bersama dan lain-lain sangat menguntungkan selain minim modal juga bisa dilakukan siapa saja hanya dengan bermodalkan laptop atau handphone. Sukses maxmanroe

    Reply
  14. memang ke 4 usaha itu berpotensial untuk jadi besar tapi itu tergantung dari orangnya sendiri.. inovasi dan kreatif itu di perlukan

    Reply
  15. pada dasarnya banyak sekali usaha yang bisa dikembangkan mulai dari bawah. sedangkan keunikan produk yang dijual akan menentukan dalam perkembangannya.

    Reply
  16. usaha yang pertama enak ya, kita tidak susah mencari makan dan uang pun mengalir

    Reply

Leave a Comment