10 Contoh Usaha Kecil Menengah di Indonesia dan Cara Memulai Bisnis UKM

Usaha Kecil Menengah UKM

Usaha kecil menengah (UKM) dan UMKM adalah bisnis yang dimulai dan dijalankan dengan modal yang relatif kecil. Meski begitu, UKM dan UMKM merupakan salah satu motor penggerak dan menjadi ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia.

Mengapa dianggap sebagai tulang punggung pereknomian Indonesia? Karena usaha kecil menengah (UKM) yang ada di negara kita ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat Indonesia.

Itulah sebabnya pemerintah Indonesia mendukung para pengusaha kecil dan menegah melalui berbagai kegiatan pelatihan dan juga permodalan. Jadi, usaha kecil menengah di Indonesia pasti akan terus berkembang dan membuka banyak peluang usaha yang menjanjikan bagi mereka yang menyukai dunia wirausaha.

Di artikel ini, Maxmanroe.com akan membahas beberapa hal terkait dengan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Apa Itu UKM (Usaha Kecil Menengah)

Secara umum, pengertian usaha kecil menengah (UKM) adalah aktivitas bisnis berskala kecil dan menengah yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan. Bedanya UKM dengan usaha besar dapat dilihat dari jumlah kekayaan bersih dan omzet per tahun pelaku usahanya.

Suatu badan usaha disebut sebagai usaha kecil jika pelaku usaha memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Selain itu, usaha kecil memiliki omzet dari Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar per tahun, dan jumlah pekerjanya kurang dari 20 orang.

Selanjutnya, suatu badan usaha termasuk usaha menengah jika pemilik usaha memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp500 juta hingga Rp10 miliar, tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Dan usaha menengah memiliki omzet dari Rp2,5 miliar hingga Rp50 miliar per tahun.

Berdasarkan surat Keputusan Presiden RI Nomor 99 Tahun 1998, UKM merupakan suatu kegiatan ekonomi rakyat berskala kecil. Jadi, anak perusahaan atau cabang usaha suatu perusahaan besar tidak bisa disebut sebagai UKM.

Contoh Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Mengacu pada pengertian UKM di atas, berikut ini beberapa bisnis yang termasuk dalam usaha kecil menengah:

1. Contoh UKM Makanan

UKM di Bidang Kuliner
UKM di bidang kuliner

Usaha kuliner atau makanan merupakan jenis UKM yang menguntungkan dan akan selalu laris sepanjang masa karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Ragam usaha kuliner pun sangat banyak, mulai dari makanan pokok, makanan ringan (camilan), dan minuman.

Semua kategori usaha kuliner ini bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil. Berikut beberapa contoh UKM makanan yang dijalankan masyarakat Indonesia;

  • Tahu Jeletot Taisi, UKM makanan camilan tahu rasa pedas.
  • Angkringan Nasi Kucing 78, UKM makanan utama dengan harga murah.
  • Kebab Turki Baba Rafi, UKM makanan camilan kebab.
  • Edam Burger, UKM makanan camilan burger.
  • Keripik Maicih, UKM makanan camilan singkong pedas.
  • Dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali ide UKM makanan yang bisa dijalankan. Sebagai referensi, silahkan baca artikel yang membahas tentang usaha makanan kekinian yang paling laris saat ini.

2. UKM di Bidang Fashion

UKM di Bidang Fashion
UKM di bidang fashion

Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah jenis bisnis yang menjanjikan dan sangat potensial karena akan selalu dicari oleh banyak orang. Alasannya sederhana, pakaian adalah kebutuhan sekunder bagi manusia, dan manusia sekarang ini punya banyak keinginan untuk model pakaian mereka.

Pun bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa dimanfaatkan. Misalnya kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa contoh UKM di bidang fashion yang ada di Indonesia;

  • Rabbani, UKM busaha muslim.
  • Delta Grosir, UKM pakaian murah baju anak, daster, baju tidur, dan distro.
  • Batik Trusmi, UKM pakaian batik.
  • Dan lain sebagainya.

Hal menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, semua orang bisa bisa memiliki usaha di bidang fashion dengan modal yang minim, yaitu dengan sistem reseller atau dropship. Meski modalnya minim, potensi keuntungan bisnis fashion cukup menggiurkan.

3. UKM di Bidang Pendidikan

UKM di Bidang Pendidikan
UKM di bidang pendidikan

Kita semua sepakat bahwa pendidikan adalah modal penting bagi perkembangan tiap generasi sebuah bangsa. Boleh dibilang bangsa yang memperhatikan pendidikan generasi penerus mereka adalah bangsa yang akan sukses di segala lini.

Pendidikan begitu penting dan saat ini Indonesia masih kekurangan sarana pendidikan yang berkualitas. Maka ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan bisa dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki keterampilan atau keahlian di bidang tertentu.

Berikut ini beberapa contoh UKM di bidang pendidikan;

  • Robota Robotics School, UKM lembaga pendidikan membuat robot.
  • International Language Program (ILP), UKM lembaga pendidikan bahasa Inggris.
  • Java Aviation Academy, Sekolah pramugari dan ground staff.
  • Tempat kusus, privat, dan bimbingan belajar.
  • Dan lain sebagainya.

Ada banyak UKM di bidang pendidikan yang berawal dari usaha kecil akhirnya sukses menjadi besar. Salah satunya adalah Ganesha Operation (GO). Jadi, peluang usaha di bidang pendidikan memang sangat potensial.

4. Usaha Kecil Menengah di Bidang Otomotif

Usaha kecil menengah
UKM di didang otomotif

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Lihat saja jumlah sepeda motor dan mobil yang semakin banyak. Tentunya ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang jeli memanfaatkannya.

Bisnis otomotif tidak harus besar, yang penting hasilnya menguntungkan dan jangka panjang. Ada beberapa usaha yang bisa dimanfaatkan di bidang otomotif, di antaranya:

  • Jasa bengkel dan spare part.
  • Jasa cuci motor/ mobil.
  • Jual helm sepeda motor.
  • Jual-beli perlengkapan kendaraan bermotor
  • Dan lain sebagainya.

Banyak sekali ceruk di bisnis otomotif yang bisa dimanfaatkan. Bagi mereka yang jeli melihat peluang dan mau bekerja keras pasti akan bisa mendapatkan keuntungan meskipun hanya usaha kecil-kecilan.

5. Usaha Kecil Menengah di Bidang Agrobisnis

UKM agrobisnis
UKM di bidang agrobisnis

Anda pasti pernah mendengar lagu Koes Plus “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman…”. Ya, negara kita memang terkenal dengan berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan kebutuhan lainnya. Mulai dari beras, aneka sayuran, aneka buah-buahan, dan tanaman penting lainnya.

UKM di bidang agrobisnis tidak jauh dari budidaya tanaman dan hewan sebagai bahan pangan. Kebutuhan akan bahan pangan dan nutrisi tentunya membuat bisnis UKM agrobisnis di bidang pertanian akan terus dibutuhkan masyarakat Indonesia atau bahkan bisa mengekspor ke luar negeri.

Berikut ini beberapa contoh UKM di bidang agrobisnis;

  • Bisnis hidroponik.
  • Budidaya tanaman obat.
  • Budidaya tanaman hias.
  • Menjual bibit unggul.
  • Pengolahan limbah organik.
  • Dan lain sebagainya.

Agrobisnis telah banyak menelurkan pengusaha-pengusaha dan miliuner sukses di Indonesia. Itulah alasan mengapa agrobisnis punya potensi yang menjanjikan di masa kini dan di masa depan.

6. UKM di Bidang Teknologi Internet

UKM di Bidang Teknologi Internet
UKM di bidang teknologi internet

Bukan rahasia lagi bahwa internet memberikan banyak sekali peluang usaha yang menguntungkan bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya di sektor riil, tapi juga pada mereka yang belum memiliki bisnis.

Apa yang saya maksudkan di sini adalah bisnis internet yang memang khusus dibangun untuk bisnis internet jangka panjang, atau biasanya disebut dengan startups bisnis.

Ada banyak contoh UKM di bidang teknologi, di antaranya;

  • Media online; menjadi blogger, podcaster, dan Youtuber.
  • E-Commerce; bisnis dropship, reseller, jual-beli di marketplace, dan lain-lain.
  • Menjual jasa; jastip, jasa membuat website, jasa pemasaran online, dan lain-lain
  • Trading forex.
  • Pembuatan aplikasi mobile.
  • Dan lain sebagainya.

Masih banyak contoh UKM berbasis teknologi yang sedang berkembang di Indonesia. Ini membuktikan bahwa pasar online merupakan pasar yang sangat potensial.

7. UKM di Bidang Produk Kreatif

UKM di bidang kerajinan tangan
UKM di bidang kerajinan tangan

Produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki sisi artistik dan keunikan tersendiri. Produk kerajinan memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk membelinya.

Ide atau peluang usaha di bidang produk kreatif ini cukup banyak, mulai dari produk fesyen hingga aksesori dan ornamen rumah.

Berikut ini beberapa UKM di bidang produk kreatif:

  • Pengrajin rotan
  • Pengrajin gerabah
  • Pengrajin bambu
  • Pengrajin kayu

Ada banyak sekali contoh UKM di bidang kerajinan tangan. Ini menunjukkan bahwa bidang bisnis yang satu ini punya pasar yang cukup besar di Indonesia.

8. UKM di Bidang Tour & Travel

UKM tour and travel

Bisnis tour & travel punya potensi yang sangat menjanjikan, khususnya di daerah pariwisata. Pelaku usahanya bisa menjalankan beragam model usaha, misalnya paket tur dengan fasilitas yang memudahkan wisatawan.

Beberapa contoh UKM di bidang tour & travel, yaitu:

  • Layanan transportasi, misalnya penyewaan mobil/ motor.
  • Tempat penginapan, seperti losmen, guest house, villa, dan lain sebagainya.
  • Bisnis oleh-oleh, misalnya cinderamata, makanan.
  • Dan lain sebagainya.

Bisnis ini memang mengalami penurunan di masa pandemi. Namun, pada saat pandemi berakhir bisnis tour & travel akan kembali bersinar seperti sedia kala.

9. UKM di Bidang Kecantikan

Bisnis kecantikan merupakan salah satu ceruk yang paling menguntungkan saat ini. Coba perhatikan, ada banyak sekali merek skin care dan make up yang dijual di pasar Indonesia.

Potensi bisnisnya sangat besar, meskipun Anda tidak punya produk sendiri. Berikut ini contoh UKM di bidang kecantikan:

  • Bisnis perawatan tubuh dengan bahan alami, misalnya Bali Alus.
  • Bisnis perawatan rambut dan produk spa, misalnya Embun Natural
  • Salon kecantikan.
  • Make up artist.
  • Dan lain sebagainya.

Tidak ada yang meragukan potensi bisnis kecantikan di Indonesia. Selain peminatnya sangat tinggi, cara pemasarannya pun sangat terbantu dengan keberadaan media sosial.

10. UKM di Bidang Fotografi dan Videografi

UKM fotografi videografi
UKM di bidang fotografi dan videografi

Apakah Anda pernah menggunakan jasa fotografi dan videografi? Mungkin ya mungkin tidak, yang pasti bisnis ini termasuk hobi yang menghasilkan uang.

Berikut beberapa contoh UKM yang berhubungan dengan fotografi dan videografi:

  • Jasa event organizer.
  • Jasa wedding organizer.
  • Fotografer untuk company profile perusahaan.
  • Menjual foto secara online.
  • Membuat kursus fotografi.
  • Dan lain sebagainya.

Meskipun saat ini smartphone dilengkapi dengan kamera berpixel tinggi, banyak orang yang lebih memilih menyewa jasa fotografer atau videografer untuk mendokumentasikan momen penting mereka.

Cara Memulai Bisnis UKM

Memulai Usaha Kecil Menengah

Anda sudah tahu apa itu UKM, dan sudah tahu beberapa contoh usaha kecil menengah yang ada di Indonesia. Selanjutnya, Anda mungkin ingin memulai bisnis UKM.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulainya:

1. Menentukan Produk

Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh setiap pelaku UKM. Produk tersebut bisa dalam bentuk barang ataupun jasa.

Pada tahap ini, umumnya pelaku usaha melakukan riset pasar untuk mengetahui sejauh mana peluang bisnisnya. Riset tersebut mencakup namun tidak terbatas pada; minat konsumen, kompetitor, dan lain sebagainya.

Riset ini jangan sampai mempersulit langkah awal dalam memulai usaha. Lakukan riset sederhana saja, yang terlihat langsung oleh Anda.

2. Membuat Rencana

Setelah melakukan riset bisnis, selanjutnya Anda perlu membuat rencana bisnis. Perlu kita ingat, rencana bisnis merupakan dasar dari bisnis dan berperan sebagai acuan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Namun, tentu saja rencana bisnis tersebut tidak harus kaku dan saklek. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengubahnya di tengah jalan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

3. Membentuk Tim Usaha

Seperti pepatah mengatakan “Jika engkau ingin cepat, pergilah sendiri. Jikan ingin berjalan jauh maka jalanlah bersama-sama”.

Pepatah ini berlaku juga dalam bisnis. Suatu usaha akan berkembang dan bertahan jika dilakukan bersama tim yang berkualitas.

Setiap bisnis pasti akan menghadapi tantangan. Tim yang berkualitas di dalam tim akan dapat membantu memecahkan masalah dan menemukan solusi terbaik bagi kemajuan bisnis.

4. Memanfaatkan Teknologi

Kita sekarang sedang berada di era revolusi digital dimana semua mesin terhubung dengan internet. Pastikan bisnis Anda selalu memanfaatkan teknologi.

Saat ini sudah ada banyak UKM yang merasakan manfaat penggunaan teknologi. Mulai dari promosi dan strategi pemasaran, menyimpan data transaksi, hingga mencatat dan membuat laporan keuangan.

5. Bergabung Dengan Komunitas Bisnis

Setiap orang membutuhkan orang lain dalam bisnisnya. Ini sesuai dengan kodrat manusia yang merupakan mahluk sosial.

Itulah sebabnya bergabung dengan komunitas bisnis akan memberikan manfaat bagi para pelaku usaha. Selain saling belajar antar sesama pebisnis, komunitas bisnis memungkinkan para pelaku usaha untuk berkolaborasi untuk meningkatkan bisnis secara bersama-sama.

Simpulan

Di atas telah dijelaskan mengenai usaha kecil menengah, mulai dari pengertiannya, contoh UKM, hingga cara memulai usaha kecil menengah yang menjanjikan. Sekarang ini, UKM tidak hanya di sektor riil tetapi juga di dunia online.

Mengetahui informasi mengenai UKM merupakan langkah awal bagi kita. Langkah selanjutnya, kita bisa memilih dan mulai menjalankan salah satu bidang UKM yang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Tentu saja masih ada contoh UKM lainnya yang belum disebutkan di artikel ini. Bila Anda punya pemikiran atau ide usaha kecil menengah lainnya, silahkan tambahkan melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Maxmanroe

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

104 thoughts on “10 Contoh Usaha Kecil Menengah di Indonesia dan Cara Memulai Bisnis UKM”

  1. jika anda membutuhkan telur ayam wilayah jabodetabek silahkan wa 085601419985 insya allah harga murah kualitas oke,bergaransi. cocok untuk usaha catering,pabrik roti,warung makan dll

    Reply
  2. Kalo saya membutuhkan modal awal untuk buka toko pertanian. Tempat dipinggir jalan raya dan dipersawahan, sangat strategis. Masalah pembeli insyaallah banyak karna jauh dari toko pertanian. Kami harus beli kedesa sebelah…. Saya siap menjualkan tempat juga sudah siap…. Trimakasih
    Bila setuju bisa chat 082335244655

    Reply
  3. Terima kasih telah memberikan inspirasi dan metode kepada saya,, karena menurut saya memang masih banyak pengusaha yang membutuhkan seorang Unilever yg handal demi memajukan perkembangan di sektor bisnisnya dan selain itu pula agar terjaga keseimbangan makro ekonomi suatu negara dalam mensejahterakan seluruh warganya, memang perlu adanya gebrakan, inovasi, inspirasi dan metode maupun motivasi kepada stoke holder agar tetap semangat dalam mempertahankan benteng ekonomi Indonesia seutuhnya dan untuk rakyat sebagaimana mestinya, demikian dan terima kasih “salam sukses” by : RR

    Reply
  4. saya usaha jadi tukang servis elektronik udah cukup luas,tp aku pengin usahaku tambah maju melalui on line,gimana caranya si,?pengin lebih jelas ini no tlpku081575735472 terima kasih.

    Reply
  5. Saya sebagai blogger baru juga menulis tentang peluang usaha modal kecil menengah,namun melihat dan membca postingan ini rasanya masih harus banyak belajar.
    Artikelnya sangat enak dibaca dan nyambung dengan topik.
    Maju terus maxmanroe..
    Saya merasa bahwa gaya penulisanya..sangat inspiratif.
    Keren…

    Reply
  6. kami sedang mencoba bisnis produk daging susu tanpa pengawet, tapi pemasaran masih di sekitar lingkungan. Agak susah cari pelanggan lewat internet

    Reply
  7. Saya baru mulai bisnis dibidsng fashion. Jual pakaian, sandal,sepatu. Sulit menemukan grosiran yg murah

    Reply
    • Kalau memang serius ingin menjadi reseller fashion dari kecil-dewasa, anda bisa mengirimkan email ke saya. saya akab memberitau caranya. :)

      Reply
  8. Saya baru buka usaha catering tapi terkendala di pemasarannya mohon bantuan dan pencerahannya…

    Reply
  9. untuk bisnis kuliner memang menjanjikan, tapi kalau tidak pitar2 branding bisa jadi perang komoditi. apalagi era sekarang era-nya membuntuti. jadi kalau bisnis Anda cepat naik maka secepat itu juga pertumbuhan persaingannya.

    Reply
  10. saya mempunyai usaha kue jipang ( enteng2) namun saya tutup karena terkendala di pemasaran , sekarang mau mulai lagi takutnya nanti terkendala dengan hal yg sama , bagaimana solusi untuk permasalahan saya ini , apalagi sekarang mau mulai satu lagi permasalahan yaiutu modal awal . mohon jalan keluarnya , makasih

    Reply
    • Sekarang sudah banyak media untuk pemasaran salah satunya facebook,, bisa juga lewat tweet, google+, WA, BBM..yakinkan pelanggan kalau barang anda layak dikonsumsi dan tidak menguras kantong..semua usaha butuh kerja kerab jangan menyerah karena keadaan, lihat semua peluang dgn baik maka keberhasilan berhak anda dapat..tks

      Reply
  11. Bisnis yang tidak ada matinya itu bisnis kuliner dan fashion, namun seiring perkembangan juga bisnis IT pun pasti menjanjikan. Apalagi bisnis kuliner dan fashion dikombinasikan dengan IT (digital atau online) maka semakin berkembang.

    Reply
  12. Salam
    Sy punya usaha bidang perdagangan mur-baut dan asesoriesnya. Usaha bisnis ini cukup menjanjikan, karena semua yg berhubungan dengan logam pasti memerlukan komponen ini. Bisnis ini tdk mengenal kata surut. Silahkan hubungi datang di toko kami, akan kami presentasikan jenis2 mur-baut, jaringan pemasoknya, cara2 promosi produk dan pengembangan usahanya

    Mudah2an berguna bagi yg ingin berwirausaha

    Reply
    • Salam Pak Wijaya
      mohon penjelasan mengenai jenis2nya dan pemasok serta kisaran modal yang dibutuhkan.

      Terimakasih atas bantuannya.
      salam..

      Reply
    • Info lengkap bisnis mur dan baut hub kmana pak?
      Toko dmn?
      Mohon info
      Thanks

      Reply
    • Salam P Wijaya,
      Saya ada niat berwirausaha
      mohon email toko dan alamatnya, supaya kami bisa silaturachmi
      aterimakasih

      Reply
  13. Mao fashion murah? Baju, jaket, sweater, tas, sepatu, hijab, dsb? Cek ig kami @magfirahstore Harga sangat terjangkau ?

    Reply
  14. ternyata banyak juga potensi usaha yang sangat potensial, tinggal kita pilih aja yang menurut kita sesuai dengan hati dan karakter

    Reply
  15. saya baru lulus dan baru merasakna kerja yang real ternyata cape nya bukan main -_-

    Reply
  16. Bisnis kuliner memang tidak ada matinya :-)
    satu lagi saran bisnis di bidang jasa #Bisnis Transportasi

    Reply
  17. ane ada jual aneka Pempek asli Palembang..
    siapa yang mau reseller silahkan hub ane siap supplai ..

    Reply
  18. saya ada pelung usaha dibidang pertanian lahan uda ada tapi tidak ada yang megelolahnya yang minat silikan hubungin 08562677660 daerah musi bayuasin muba

    Reply
  19. Kami hadir untuk membantu anda para pelaku usaha, pelaku UKM, pelaku organisasi dll, untuk memiliki logo yang profesional, berkarakter, elegant, serta mencerminkan identitas jenis usaha yang anda jalankan. Khususnya membantu agar produk-produk UKM siap menghadapi pasar berbasis asia(MEA) dengan membranding atau rebranding logo maupun kemasan produk-produk asli Indonesia.

    Reply
  20. boleh dicoba tuh bisnis yang disebutin di atas, siapa tau cocok buat kita.

    Reply
  21. Semoga UKM di Indonesia dapat bersaing di kancah global. Penguatan daya saing terkait pengembangan produk juga diperlukan. Saya sangat mendukung hal ini. Dari sisi marketing insya Allah sudah banyak salurannya.

    Salam,

    Taufan
    CMO Kliring.co.id

    Reply
  22. Perkembangan Bisnis UKM semakin berkembang , artikel ini bisa memberi pengetahuan bagi para pemula yang ingin menjalankan bisnis..

    Reply
  23. Saudara2 tlong dong q kasih saran, q baru kena phk.. tlong dong q minta saran y.. bsleh juga ksih loker, bsa jga gmana cra y jdi ber wirausaha.thks

    Reply
  24. sayah sedang cari info peluang usaha yang menjajikan di bidang perternakan dan pertanian, kenapa pertanian dan perternakan yang sayah lirik ? karna sayah punya cara pandang bahwa selama manusia hidup dia akan membutuhkan makan . mungkin ada yang punya ide perteranakan dan pertanian apa yang cocok di daerah pesisir pantai ?

    Reply
  25. Bergabung dengan bisnis UKM, serta sangat membutuhkan bantuan modal untuk melanjutkan usaha rumahan yg lagi macet.

    Reply
  26. Potensi ranah digital begitu potensial, apalagi orientasi masyarakat dalam mengakses berbagai informasi dan inspirasi lewat ranah digital. Bicara soal ukm dan ranah digital jadi dua sisi mata uang yang bisa memberdayakan masyakat. ukmmarket.co.id bersama e-commerce lainnya di era digital dapat jadi satu solusi bagi beberapa permasalahan tersebut :)

    Reply
  27. sya berbisnis kain embosse. alhmdllh sya bisa mengirim smpai malasyha. dengan harga murah per kain nya.

    Reply
  28. Saya ada peluang bisnis di usaha peternakan ayam telur.. jadi kita jual telurnya.. mengingat masyarakat selalu membutuhkan telur.. usaha ini sangat menjanjikan dan prospek kedepannya baik.. tetapi saya masih kurang modal.. tanah sudah ada bangunan ada belum selesai.. Bagi para investor yang mau bekerjasama bisa hubungi di 081334025868 (Toni)

    Reply
  29. Keep blogging Om, selalu menjadi blogger yang humble dan inspiratif bagi blogger-blogger baru.

    Reply
    • bisnis pulsa, kuota dan listrik juga bisa silahkan sms ke 081283211881 untuk lebih lanjut

      Reply
  30. Terimakasih bang atas info bisnis yang anda share, saat ini saya sedang mengembangkan jenis usaha bidang kesehatan, yakni pengobatan dengan tehnik refleksi, mudah-mudahan bisa berjalan lancar

    Reply
  31. Sy lg usha d bidang limbah kertas&rongsokan..
    Cm sy kkurangan mdal
    klo ad yg mau bantu/ttip mdal
    bleh gan…
    Tlp 089691997245

    Reply
  32. Mau memulai usaha, tapi bingung jualan apa yg cocok….minta solusi dong….

    Reply
  33. Saya punya usaha kripik singkong,tp sllu trkndala pemasaran.gmn ya gan trik pemasaran yg jitu untuk usaha ini……mau cari resseler susah….

    Mhon bimbinganya……

    Reply
    • @heruu slam kenal klo boleh tahu,Kripik singkong nya isi perball y..? untuk di pasarkan di kota serang – banten, gmana gan…mudah2 an kita bisa kerjasama. Sy dan teman saat ini usaha repacking ulang kripik singkong pedas. Email sy. [email protected].

      Reply
      • Minta no boss…saya ada keripik pisang/sale model gulung,unik bisa kerja samakah?08567778021

        Reply
  34. Saya mau tau..untuk bisnis yang unik yang bisa kita kembangkan di indonesia apa saja ya…mohon pencerahannya..??

    Reply
  35. Saya seorang pekerja di salah satu RS du tangerang, bekerja sambil berjualan itu menyenangkan..saya berjualan zuppa soup, schotel macaroni panggang dan sosis bakar. Alhamdulillah sedikit sedikit selalu ada pesanan, jika ada yang mau bantu memasarkan bisnis kecil-kecilan say bisa hubungi saya di email, dan saya menerima pesanan untuk acara acara seperti pesta nikah, ulang tahun dan lainlain..

    Salam,
    Hardini
    081287813512

    Reply
  36. Nambahin dikit ya gan..
    Kalo agan punya Dana, bagi menjadi beberapa bagian. Terus perhatikan usaha teman yang dah jalan Dan masih perlu dikembangkan, tawarkan modal agan minta persentase bagi hasil. Dengan cara ini kita dpt membantu teman sekaligus kita punya usaha yg dah pasti. Sangat penting membuat perjanjian yang jelas. Sebaiknya dibuat di notaris.

    Reply
  37. Di p.buru sejak ada tambang emas kehidupan perekonomian masyarakatnya sangat maju hampir setiap rumah pasti memiliki setidaknya 1 atau 2 unit motor itupun tergolong orang yg kurang mampu.. uang recehan 200 sampai 1000 dah punah, kalo saya mau sarankan buka peluang usaha di p.buru sangat menjanjikan
    marsiano 082198417664

    Reply
  38. Saya pya bisnis kulinery,macam nya rmh makan atau jual produk kue basah dan kering.jika ada investor ingin berbagi dgn saya,silahkan hubungi saya di 082135430412.ibu yani jogja

    Reply
  39. saya pernah bekerja di home industri dan punya sedikit pengalaman membuat sabun cuci piring, sekarang saya tidak ada modal, tidak punya pekerjaan (alias ngesot ) wkwkwk ,, ingin punya partner dalam usaha,yang mau sungguh sungguh mulai dari nol, bahasa jawanya (babat alas) :D , yang berminat menampung saya sebagai karyawan boleh, sebagai partner juga boleh ,yang penting sedikit ilmu saya bisa bermanfaat .. no hp saya : 085741559076 dari klaten, jawa tengah, no hoax ciuss :)

    Reply
  40. Adakah tips untuk membantu agr usaha yg sedang kita kembangkan mnjdi produktif ? Tks.

    Reply
  41. Modal ada, semangat pun ada. Tp masi bingung mau usaha apa yg cocok…

    Reply
    • bisnis tour and travel bos, sangat menjanjikan dan modal tdk terlalu besar.
      kalau bos tertarik, bisa hubungi saya
      0812 95 999 259

      Reply
      • Saya belum tau apa aja persyaratanya untuk usaha atau bisnis tour and travel ni bro..mohon di bantu.terimakasih.

        Reply
  42. Bisnis internet lebih menguntungkan, karna tidak ada batasan jarak
    tapi harus tetap waspada dengan tindak penipuan ^^

    makasih om max infonya :)

    Reply
  43. Memang berbisnis itu awalnya dari kecil dan dibutuhkan keuletan tersendiri apakah itu bidangnya mau fashion, agrobisnis, otomotif atau apalah….bahkan saat ini dari rumah pun bisa menguntungkan…

    Reply
  44. Butuh masukan ni,…pengen wirausaha tapi bingung mau bikin usaha apa..

    Reply
    • Andriyani.

      Sebaiknya memilih wirausaha itu mengikuti bakat anda yang dipadukan dengan skill. Misalnya anda punya bakat seni musik, coba anda modifikasi salah satu alat musik tapi hasil yang diharapkan harus melampaui alat aslinya. Atau anda punya bakat bertani, coba anda bertani di lahan yang sempit misalnya di pekarangan rumah anda tapi hasilnya juga maksimal seperti sayur pot. Bisa jadi anda punya hobi memasak, ya kenapa gak coba bisnis kuliner.

      Selamat …………….

      Reply
  45. Alhamdulillah.. Perlu semakin kreatif dan inovatif unt memajukan UKM. Buat rekan2 UKM maju terus!!!

    Reply
  46. intinya konsep sama actionnya harus seimbang jadi bisnis bisa berjalan dengan lancar

    Reply
  47. tambahan lagi gan………bisnis kaligrafi juga ternyata bagus juga. apalagi mau mengahadapi bulan romadhon& lebaran. apalagi bisa disistem kredit. insya alloh banyak peminatnya.

    Reply
  48. Wirausaha menarik bagi saya, dengan melihat kebutuhan masyarakat atau market kita dapat menentukan produk atau jasa apa yang bisa kita jual,sejauh ini usaha saya fokus pada pasar kalangan bawah sehingga produk atau jasa yang saya tawarkan sangat banyak diminati,usaha berjalan dengan baik,bidang konsumsi Dan property kedepan saya akan membuat produk baru bidang otomotif , semangat Dan teruslah berinovasi…

    Reply
  49. saya memang belum mempunya bisnis atau usaha apapun atau pekerjaan apaun , saat ini saya masih menjadi pengangguran ,
    pengen coba bisnis di bidang kuliner tetapi masih terus belajar dan mencari tau
    apa saja yang harus saya kkuasai untuk membangun bisnis kuliner itu

    Reply
  50. Saya bersyukur telah dipercaya oleh UKM Pengrajin boneka untuk memasarkan produknya. Dan alhamdulillah produk UKM memang kualitasnya bagus bagus. Terbukti produknya laris dipasaran. Mungkin teman teman disini kalau ada yg minat ingin membantu memasarkan produk dari pengrajin boneka bisa hub/sms ke saya. Untuk pemasaran via online akan saya bimbing dan bantu sampai bisa. Maju terus pengusaha indonesia.
    Ari artanto 085640399497 pin 575881B1

    Reply
    • Saya tertarik dengan bisnis ini,saya ingin memasarkan lewat internet.apa bisa?mohon balasannya ke email saya.maksih…

      Reply
  51. Point utama dalam bisnis adalah strategi marketing dan pelayanan. Untuk produk sendiri akan menyesuaikan bagaimana cara kita mengolah dan meyakinkan customer ^_^

    Reply
  52. di bidang kuliner ini sangat menkanjikan tapi persaingannya sangat banyak jadi pintar pintar memulih produk makanan yg mau di jual

    Reply
  53. Menggeluti dunia usaha memang terasa berat bagi yang jiwa wirausahanya belum terasah, berat sekali memulainya…, peluang usaha sebenernya selalu terbuka lebar asal kita mau berusaha…, semoga menjadi inspirasi bagi saya yang sedang memulai usaha, makasih sob

    Reply
  54. Ini artikel yg bagus buat seseorang yg sedang mencari bisnis sampingan yang menjanjikan…termasuk buat pemula yg mau merintis bisnis.good luck ya!

    Reply
  55. Alhamdulillah aku bergerak d bidang perdagangan.smoga semakin maju aja salam dari saya Padang..

    Reply
  56. nice artikel, cocok buat orang-orang di kmpung saya… numpang kopas ya om

    Reply
  57. Yups. saya juga stuju dengan paparan diatas, meskipun perkembangan UMKM sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, namun tidak bakal menghalangi perkembangan UMKM untuk lebih menjamur dan berkualitas

    Reply
  58. artikelnya sangat bermanfaat .
    saya jadi punya gambaran untuk berbisnis.
    terima kasih banyak…
    salam sejahtera

    Reply
  59. Slm sejahtra…all.sy berminat berwirausaha namun btuh inpestor…trimaksih bers harapan sy..d bidang wirausaha ini

    Reply
  60. Ni saya tertarik dgn hewani yaitu budidaya lobster air tawar dan pengen tahu bgmn cara mendapatkannya mungkin sobat ukm tahu mohon infonya ke
    Add saya [email protected]

    Reply
  61. Artikel yang menarik, bila ingin contoh bisnis internet yg akan tahan lama masuk ke situs saya, mudah, gratis, canggih, otomatis dan semua orang pasti butuhin

    Reply
  62. Permisi ane mau numpang tanya.. kira2 kalo mau buka ukm kuliner untuk dipasarkan sekitar kampus itu apa ya? Yg punya ide2 unik boleh dong sarannya :) thx

    Reply
    • buat caffee, dulu aku barista waktu masih kuliah. punta caffee lumatan menjanjikan bro

      Reply
  63. alhamdulilah usaha saya ter masuk dalam kategori di atas, di bidang fasion, thx infonya, sekarang tinggal saatnya ngembangin lagi,

    Reply
  64. makasih infonya sob..
    kebetulan ane udah bosen kerja sama orang.. lagi nyari2 peluang usaha kecil2an.. :D

    Reply
  65. Banyak dari kita yang memiliki kemampuan tapi tidak tahu mau diapakan kemampuan tersebut, posting ini memberikan masukan yang sangat baik,

    Salam

    Reply
  66. Terima kasih atas referensi yang sangat menarik, saya berminat untuk membuka di agrobisnis, semoga selalu sukses untuk websitenya…

    Reply

Leave a Comment