Tips Sederhana Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

Meningkatkan-Penjualan-Toko-Online

Tahukah Anda bahwa hal-hal kecil bisa menaikkan reputasi sebuah #toko online Anda? Seperti misalnya ucapan terima kasih ataupun menawarkan pengiriman gratis. Coba tarik pada diri Anda sendiri, ketika karyawan toko tidak mengucapkan “terima kasih”, Anda kemungkinan besar akan kesal, bukan? Kedengaran sepele tetapi membawa dampak yang sangat besar. Tidak hanya berlaku di dunia offline, di dunia online, hal-hal kecil seperti ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan!

Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Hal-hal Kecil Berikut

Nah, berikut beberapa tips meningkatkan penjualan toko online yang bisa Anda lakukan:

1. Produk Up-Sell dan Cross-Sell

Apa itu produk up-sell dan produk cross-sell? Sistem up-selling adalah menawarkan produk yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh customer namun dengan margin harga yang lebih tinggi. Jadi, di website, Anda bisa menampilan “related product” yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh customer. Sementara itu, produk cross-sell adalah tampilan produk pelengkapan dari produk yang sedang dilihat oleh customer. Produk-produk ini bisa ditampilkan di halaman detil produk ataupun pada waktu check-out.

Dengan cara ini, tentu lebih memungkinkan customer menambahkan barang belanjaan mereka. Jika tidak kita sendiri yang menawarkan, bagaimana customer bisa tahu kalau ada produk yang mirip atau pelengkapnya, bukan? Penjualanpun mengalami peningkatan!




Artikel lain: Toko Online yang Sukses Tidak Akan Bersaing Dengan Harga!

2. Memberikan Layanan Pengiriman Gratis

Sebagaimana telah disinggung di awal artikel, pengiriman gratis ternyata menarik banyak (calon) customer. Tahukah Anda bahwa kebanyakan customer cenderung enggan membayar biaya pengiriman. Tidak perlu pula secara membabi-buta menerapkan pengiriman gratis, tetapi Anda bisa mengatur jumlah minimal pembelanjaan agar customer memperoleh biaya pengiriman gratis.

Kelihatannya mungkin sepele, tetapi studi menunjukkan bahwa customer merasa “rugi” untuk merogoh kocek menambahkan nominal belanjaannya “hanya” untuk biaya pengiriman. Dengan penerapan program pengiriman gratis, hal ini mendorong customer menjadi lebih enteng untuk berbelanja online karena dia tidak harus memikirkan ongkos kirim lagi.




3. Memberikan Diskon Khusus

Eits! Bukan sembarang diskon, dengan mendiskonkan semua produk Anda! Bukan, bukan itu! Anda bisa meningkatkan penjualan toko online dengan memerhatikan pula produk-produk yang memiliki perputaran yang lambat. Ini karena produk-produk yang memiliki perputaran yang lambat tentu saja mengurangi cash-flow dan menghambat peningkatan penjualan karena ada produk yang ‘stuck’.

Produk-produk seperti apa saja itu? Produk yang terjual hanya dalam sekali tiga bulan, produk musiman, produk yang gampang membusuh dan hancur dan produk yang sudah tergantikan dengan versi terbaru. Anda bisa menawarkan produk-produk ini dengan harga spesial, daripada menunggu terus dan akhirnya produk tidak terjual – yang mana yang Anda pilih?

Artikel terkait: Tips Membidik Target Pasar Wanita – Promo, Promo dan Promo!

4. Mudah Dihubungi

Anda bisa menambahkan fitur live chat dan / atau nomor telepon, dengan begitu customer bisa berkomunikasi langsung tanpa harus menunggu balasan yang cukup lama. Jika harus mengirimkan email untuk menanyakan apakah itu detil produk dan sebagainya, akuilah bahwa kebanyakan orang sangat malas untuk itu. Customer Anda pasti menginginkan waktunya bisa terpakai secara efisien, bahkan ketika belanja online, bukan?

5. Mengirimkan Ucapan Terima Kasih

Sama halnya dengan toko offline, ucapan terima kasih sangatlah berarti bagi customer Anda. Oleh karena itu, apabila customer sudah memesan produk maka Anda bisa mengirimkan ucapan terima kasih – dengan bahasa yang lebih personal. Service after-selling juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan karena akan ada pembelian lagi di kemudian hari. Jadi, jangan pelit untuk mengucapkan terima kasih dan menanyakan pendapat customer Anda.

Yang tidak boleh dilupakan pula adalah mengatur website Anda sedemikian rupa agar mudah diakses dan load-nya cepat. Untuk itu, mengevaluasi website atau lapak Anda secara berkala akan membuat Anda mengetahui bagaimana customer ketika sedang melihat toko online Anda. Berperanlah selayaknya Anda adalah customer, dengan begitu Anda akan tahu apa yang sebenarnya mereka mau.

Baca juga: Fitur Sederhana ini Harus Ada Pada Blog e-Commerce

Dengan cara ini pula, meningkatkan penjualan toko online tidak menjadi beban – karena toh semua tips di atas akan memberikan benefit bagi Anda sendiri sebagai seorang Internet Marketer! Anda punya tips lainnya guna ‘menggaet’ calon customer dan customer Anda untuk berbelanja di toko online Anda? Silakan sharing.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Itu mah kiky banget…. Jangan judes sama konsumen jadi prioritas…nice info min…. Semoga kita semua maju terus menuju sukses…. Amiiin

  2. sedang cari tips meningkatkan penjualan online shop..ketemu blog keren ini…Tips-nya sangat bagus..Saya banyak baca artikel Anda…Sangat membantu sekali..
    Makasih ya..ditunggu artikel” mengenai toko online..

    Good Luck :)

  3. keren bang sharingnya, terima kasih banyak ya

  4. nice share..
    makasih untuk sharingnya, sangat bermanfaat, sukses selalu :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud