Toko Online yang Sukses Tidak Akan Bersaing Dengan Harga!

toko-online-yang-sukses

Saya bisa mengatakan bahwa membangun #toko online adalah salah satu primadona para Internet Marketer sekarang ini. Mudah untuk membangun toko online, ini adalah salah satu alasannya! Tetapi, semudah itukah untuk sukses apalagi di tengah riuhnya toko online yang dibentuk setiap harinya. Anda bisa membayangkan diri sekarang sedang berada di tengah pasar yang padat, bagaimana caranya agar “suara Anda terdengar” dan menarik perhatian para pengunjung?

Bersaing Dengan Harga Termurah – No!

Sorry to say, mungkin ada yang beranggapan bahwa cara terbaik untuk meraih banyak pelanggan adalah bersaing di harga – tetapi itu cara yang kurang bijak jika tidak ingin dibilang bodoh! Mengapa seperti itu?




Begini: Siapapun bisa menjual dengan harga lebih murah dan lebih murah lagi daripada kompetitor? Tetapi, apakah dengan cara ini Anda akan menghasilkan uang? Anda bisa membayangkan bila ada kompetitor lain masuk dengan harga yang lebih murah lagi? Hmm, sampai kapan “lingkaran setan” ini terus terjadi dan Andapun KALAH! Kalau hanya mengandalkan harga murah, bisa dipastikan Anda harus memangkas biaya-biaya operasional yang dibutuhkan untuk membangun brand Anda, bukan? Jadi?

Sesungguhnya yang harus Anda tahu adalah customer tidak hanya mengharapkan harga termurah tetapi pelayanan terbaik. Tahukah Anda bahwa pencari diskon ataupun customer yang datang pada Anda hanya karena harga – memiliki loyalitas yang rendah. Mohon maaf pada para pencari diskon, hehe.

Tetapi, kalau kita ditanya secara pribadi sebagai pencari diskon / harga termurah, akui sajalah… Jika ada harga yang lebih murah lagi maka kita biasanya akan berpaling ke yang lebih murah lagi. Apalagi jika kualitas layanan yang diberikan oleh sebelumnya, bisa dikatakan standar, kalau tidak ingin dibilang buruk!

Artikel lain: Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

Perhatikan contoh perusahaan raksasa Apple. Apple berani hadir dengan harga premium. Padahal kalau ditimbang-timbang sebagaimana orang sering berkomentar miring: Untuk harga segitu, kita bisa mendapat spesifikasi yang lebih di merk lain. Tetapi, bagaimana faktanya? Apple terus berjaya dan menjadi incaran orang-orang – khususnya kalangan menengah ke atas.

Apa yang kita pelajari? Ya, mereka bisa menawarkan produk dengan konsep premium, meski kompetitor punya harga lebih murah dengan spek yang okay kita bisa bilang lebih. Tetapi, Anda pasti bisa nilai sendiri apa kelebihan Apple daripada produk-produk kompetitornya, bukan? Kami tidak harus sebut, Anda bisa berasumsi sendiri.

#1. Customer akan selalu ingat pada toko online Anda jika punya konsep unik. Contoh sederhana: Mengapa ada satu toko / penjual yang sangat laris di pasar? Kemungkinan orang-orang berkata bahwa penjualnya ramah dan asyik diajak sedikit mengobrol ketika menawarkan produknya. Nah, ini salah satu contoh keunikan yang dia punya – pembeli suka pada orangnya, bukan hanya pada produknya (yang bisa saja ada banyak penjual lain yang menjual produk yang sama).

#2. Profit adalah yang terpenting. Tidak salah untuk memberikan harga termurah tetapi tentu akan menjadi win-win solution ketika Anda memberi harga terbaik, bukan? Harga terbaik adalah perpaduan harga yang masuk akal ditambah dengan kualitas pelayanan terbaik. Hasilnya? Customer puas dan ingat pada Anda, Andapun bisa tidak hanya cukup makan saja tetapi cukup untuk liburan – pikiran segar kembali, Anda siap untuk memikirkan ide menarik selanjutnya untuk customer. Menyenangkan bukan?

Tips Singkat Jika Ingin Membangun Toko Online yang Sukses

Sudah tahu prinsip dasarnya, sekarang mari kita perhatikan langkah untuk memulai toko online yang sukses. Harus mulai dari mana? Berikut beberapa poinnya:

1. Cari tahu

Ya, berpikirkan dari sudut pandang calon pembeli / customer Anda. Sebagai contoh, apabila Anda ingin membuka toko online baju, pikirkan baju yang bagaimana yang mereka suka. Oya, tidak salah untuk menargetkan pasar yang spesifik. Jualan khusus baju oversized misalnya? Kedengarannya menarik.

2. Riset

Tentu saja, berpikir sendiri dan menduga-duga tanpa melakukan riset – kurang akurat. Untuk itu, Anda bisa melakukan riset produk apa yang sedang booming di toko online lainnya yang sudah ada. Dari sini, kitapun bisa mendapatkan gambaran pasar kita nantinya, kemudian memikirkan hal unik apa yang bisa kita tawarkan.

Baca juga: Tips Mengenali Pelanggan Potensial di Bisnis Anda

3. Jadi reseller / dropshipper

Tidak perlu langsung memikirkan untuk membuat toko online yang besar, tetapi Anda bisa mulai dari bawah – menjadi reseller / dropshipper. Kita akan bisa belajar terlebih dahulu bagaimana cara menjual produk, sebagai latihan untuk terjun ke bisnis yang lebih luas. Ingat prinsip di awal artikel: kualitas pelayanan. Jangan takut Anda tidak menjadi besar karena Anda menjadi reseller atau dropshipper. Banyak contoh membuktikan, toko online yang sukses ternyata dimulai dari reseller dan dropshipping.

Nah bagaimana dengan Anda, apakah sudah siap memulai bisnis dengan membangun toko online?



6 total comments on this postSubmit yours
  1. kualitas produk dan pelayanan memang menjadi senjata utama dalam bisnis , namun tidak bisa dipungkiri bang max , harga juga menjadi penentu kesuksesan sebuah bisnis, tq artikel nya sangat bermanfaat buat semua.

  2. mantap sekali dan memotivasi artikelnya bagi saya yang sedang belajar mengelola toko online, terimakasih sharenya

  3. Artikelnya mantab, manfaat sekali…sukses ya

  4. Jadi pengen ikutan Mas buat Toko Online, hheee…

  5. setelah membaca ini saya baru tau bahwa kunci sukses di toko online bukan hanya masalah harga tapi pelayanan terima kasih atas infoya gan saya sangat terbantu denga artikel ini

  6. Terimakasih sangat bermanfaat sekali

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud