Fitur Sederhana ini Harus Ada Pada Blog e-Commerce

Fitur-Pada-Blog-e-Commerce

Image dari wespotlight.com

Website yang mudah diakses, tampilannya menarik dan informatif menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah #e-commerce. Dengan memperkenalkan blog sebagai sarana berbagi informasi dengan para pengguna internet, pemilik bisnis online sudah membangun sarana komunikasi yang tepat dengan para pengguna internet yang dibidik menjadi target bisnis.

Di zaman yang serba canggih ini, membuat blog untuk e-commerce memang sangat mudah. Kemudahan tersebut tentu harus diiringi dengan kelengkapan fitur dalam blog tersebut. Beberapa fitur sederhana berikut ini tentu akan membuat blog e-commerce kita menjadi lebih efisien dan informatif bagi para pengguna internet yang mengaksesnya:

1. Membuat Kategori Konten yang Jelas

Produk apa yang kita pasarkan melalui bisnis online? Apakah produk-produk fashion wanita seperti dress, blazer, tas, sepatu atau busana kerja? Pembuatan kategori konten yang jelas dan rinci akan membantu pengguna internet untuk menemukan apa yang dicari secara mudah dan cepat.

Dengan demikian, kita bisa mengarahkan navigasi untuk para pengguna internet yang mengunjungi blog kita. Pengguna internet tentu akan lebih tertarik dengan blog e-commerce yang tampilannya menarik namun tetap simpel dan rapi. Mereka bisa dengan mudah menemukan produk-produk yang mereka cari kemudian mulai mengakses spesifikasi seputar produk tersebut. Jangan lupa untuk membatasi jumlah kategori pada blog e-commerce agar para pengguna internet juga tak merasa kerepotan saat harus melihat-lihat kategori tersebut satu per satu.

Artikel lain: Mengenal 5 Bentuk Bisnis Ecommerce Yang Ada Di Indonesia




2. Menempatkan Popular dan Recent Post

Informasi apa yang sekiranya sering diakses para pengguna internet dari blog e-commerce kita? Informasi yang seru, up to date, menarik atau bermanfaat biasanya menjadi salah satu tujuan para pengguna internet. Maka kita harus mulai memanfaatkan popularitas konten tersebut dengan menempatkan fitur “popular dan recent post” pada homepage blog e-commerce kita.

Melalui cara ini, maka perhatian pengunjung blog e-commerce kita akan langsung tertuju pada konten-konten populer yang paling sering diakses oleh para pengguna internet. Cara ini bisa menjadi salah satu trik ampuh untuk membuat para pengguna internet betah berlama-lama di blog e-commerce kita.

3. Kolom Pencarian (Fitur Search)

Kolom pencarian adalah salah satu fitur yang paling simpel pada blog e-commerce atau website. Meski sangat simpel, namun keberadaan kolom pencarian ternyata malah sering diabaikan oleh para pemilik #bisnis online. Tak ada salahnya menggunakan kolom pencarian untuk melengkapi blog e-commerce kita.

Selain memberikan kesan lebih profesional, kolom pencarian juga akan mempermudah para pengguna internet yang sedang mengunjungi blog e-commerce kita. Pengunjung blog e-commerce jadi tak perlu membuang-buang waktu untuk mencari kata kunci atau frase yang ingin mereka akses. Dengan alasan itu, maka para pengguna internet mungkin tak ragu lagi untuk kembali mengakses blog e-commerce kita di kesempatan lainnya.

4. Tombol Call to Action

Menggunakan fitur “call to action” akan membuat kita memperoleh kesempata yang lebih besar untuk berinteraksi dengan pengunjung blog e-commerce kita. Beberapa fitur call to action yang bisa digunakan adalah fitur sign upemail, RSS feed atau berbagai link ke halaman-halaman internet yang kita kehendaki.




Memasang fitur call to action juga harus memperhatikan posisinya pada blog e-commerce. Salah satu posisi yang paling umum dan ergonomis untuk menempatkan fitur sign up email adalah di pojok kanan atas halaman homepage. Karena beberapa website terkenal juga meletakkan fitur-fitur call to action di sudut tersebut dan mempengaruhi kebiasaan para pengguna internet.

5. Fitur Social Sharing

Ketika kita atau para pengunjung blog ingin membagikan konten blog e-commerce kita pada pengguna internet lainnya, maka hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan fitur social sharing. Beberapa media sosial yang harus kita siapkan untuk melakukan social sharing antara lain adalah Facebook, Twitter dan Instagram. Berbagi konten melalui #media sosial dapat membuat konten blog e-commerce kita semakin populer dan dikenal oleh banyak pengguna internet.

Baca juga: Toko Online yang Sukses Tidak Akan Bersaing Dengan Harga!

Dengan mempelajari mengenai ulasan kelima fitur sederhana pada blog e-commerce ini, kita tentu akan jadi lebih bijak dan mahir menyusun konten dan fitur-fitur blog e-commerce yang efektif. Karena fitur-fitur blog e-commerce secara tak langsung akan mempengaruhi minat dan apresiasi para pengguna internet terhadap bisnis online yang sedang kita kembangkan.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. sudah saya coba gan pake blog saya punya.. yang paling penting konten harus detail dan jelas, social sharing juga penting, jadi biar mereka yang lihat blog kita bisa sharing kalau mereka suka

  2. 5 trik yang sudah saya terapkan di blog saya mas, terimakasih …

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud