Strategi Dalam Membangun Backlinks Untuk Website / Blog

strategi-membangun-backlinks
Ilustrasi dari turbobacklinks.com

Backlinks adalah salah satu faktor penting di dalam SEO (search engine opitimzation). Selama masih ada mesin pencari (search engine), terutama mesin pencari Google, maka backlinks akan selalu punya peranan penting dalam peningkatan ranking sebuah website di mesin pencari. Backlinks adalah sebuah cara untuk meningkatkan SEO, namun efektivitas backlinks itu sendiri sangat dipengaruhi banyak faktor, misalnya; sumber backlinknya, anchor text, jumlah backlinks, dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman saya, jumlah backlinks tidak bisa menjamin ranking sebuah website akan lebih baik di mesin pencari. Bahkan, backlinks yang terlalu banyak menuju sebuah website justru bisa menyebabkan website tersebut mengalami ‘masalah’, misalnya posisinya merosot di search engine, bahkan bisa mengalami deindex atau dihapus dari daftar hasil pencarian search engine.

Saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang strategi membangun backlinks yang sering saya lakukan. Sebenarnya ini bukan murni hasil pikiran saya, namun belajar dari pengalaman orang lain dan juga dari beberapa sumber lain yang kemudian saya lakukan pada beberapa website yang saya kelola. Hasilnya memang berfariasi, beberapa website saya mengalami peningkatan yang cukup baik secara perlahan-lahan, dan sebagian lainnya mengalami peningkatan ranking yang sangat signifikan.

Artikel terkait: Fungsi internal linking dalam website

Strategi Membangun Backlinks

1. Penggunaan Anchor Text

Kalau jaman dulu, membuat posisi website untuk kata kunci tertentu biasanya dengan menggunakan anchor text yang persis seperti kata kunci yang dibidik (exact match) sebanyak-banyaknya. Tapi jaman Google Penguin dan Panda, cara seperti ini tidak dianjurkan karena justru akan membuat website yang dibacklinks mendapat masalah.

Persentase Anchor text yang dianjurkan untuk backlinks:

  • Exact match: 0 – 15% (misalnya: Toko sepatu murah, pakaian wanita trendy, jasa SEO murah, bisnis online, dll)
  • URL: 30% – 80% (misalnya: www.maxmanroe.com, www.kaskus.co.id, pengusaha.co, dll)
  • Brand: 10% – 80% (misalnya: Detik, Kaskus, Maxmanroe, Google, Yahoo, dll)
  • Random: 30% – 80% (misalnya: klik link ini, kunjungi website, lihat website, buka website, dll)

Untuk angka persentase tidak harus persis seperti yang saya sebutkan di atas, bisa dikira-kira sendiri oleh pemilik website. Yang pasti, backlinks yang digunakan sebaiknya dibuat dengan anchor text yang berfariasi.

2. Sumber Backlink Yang Relevan (link relevancy)

Banyak internet marketer dan blogger yang tidak perduli sumber backlinksnya dari mana saja, yang penting dapat backlinks. Kalau Anda salah satu orang yang sering berpikir seperti itu, maka Anda harus mengubahnya karena relevansi sebuah sumber backlinks sangat berpengaruh pada kualitas backlink yang kita bangun. Misalnya saja saya memiliki blog dengan konten/ topik tentang Internet Marketing, tentunya akan lebih baik bila mendapatkan backlinks dari website/ blog yang punya topik yang sama atau masih berkaitan dengan topik website saya.

Selain itu, konten di sekitar links juga sangat berpengaruh pada kualitas link tersebut. Misalnya saya membuat sebuah artikel yang membahas tentang “Cara menanam cabai” pada sebuah blog yang topiknya tentang Agrobisnis. Lalu tiba-tiba ada link di dalam artikel tersebut yang menuju halaman website lain yang isinya tentang “Tips merawat sepeda motor”. Tentunya ini bukan cara yang benar dalam membangun backlinks untuk website kita.

Artikel terkait: Pakar SEO Indonesia

Persentase backlink dari website / konten dari situs lain yang relevan:

  • Website: 40% – 80% (misalnya: Web tentang bisnis online nge-link ke web tentang SEO)
  • Konten: 70% – 90% (misalnya: konten tentang cara membuat website nge-link ke web tentang bisnis online)

3. Variasi sumber backlinks (link diversity) 

Ini sangat penting untuk diperhatikan ketika membangun backlinks ke website kita. Sebuah website biasanya akan mendapatkan ranking yang sangat bagus bila website tersebut mendapat links dari berbagai jenis website dibandingkan bila links berasal dari satu jenis website.

Kita bisa membangun links dari beberapa sumber, diantaranya; Web 2.0, Web PDF sharing, situs media sosial (Facebook, Twitter, Google plus), Blog roll, situs berbagi gambar (Pinterest), Forum, Social bookmarking, dan lain-lain. Semakin bervariasi sumber backlinks ke website kita maka akan terlihat lebih natural.

4. Rel Nofollow dan Dofollow

Banyak blogger dan internet marketer yang “meremehkan” link nofollow dan hanya memberikan backlinks dofollow kepada website mereka. Fakta yang ada di ‘lapangan’ adalah sangat banyak website yang memiliki ranking bagus di SERP setelah diberikan backlinks nofollow. Memang link nofollow tidak akan “menyumbang” untuk page rank (PR) sebuah website, tapi tetap akan memberikan link juice.

Persentase jumlah backlink nofollow untuk website yang disarankan:

  • 10% – 40%

5. Backlink dari IP dan C Blocks yang berbeda

IP (internet protocol) adalah alamat sebuah komputer yang unik pada jaringan internet, atau bisa juga dianalogikan seperti alamat rumah kita, nomor rumah, nomor kode pos, dan daerah. Internet protocol (IP) di Indonesia misalnya 103.244.204.0 dan 103.244.245.0. Nah, C blocks adalah angka yang saya bold dan digaris bawahi.

Backlinks yang berasal dari website dengan IP dan C blocks yang berbeda jauh lebih baik dibandingkan dengan backlinks dari website dengan IP dan C blocks yang sama. Yang dimaksud di sini adalah host sebuah website yang nge-link ke situs Anda berasal dari IP dan C blocks yang berbeda. Misalnya, Web 2.0 seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, Blog.com, dan lain-lain. Jadi, jika Anda memiliki beberapa website dimana hostingnya berasal dari satu host, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memasang link satu sama lain.

6. Distribusi arah link ke website

Sebaiknya backlinks diarahkan ke beberapa halaman di dalam satu website, jangan hanya memberikan links ke home page saja. Beberapa orang mungkin terlalu fokus memberikan backlink ke home page, tapi menurut pengalaman saya, akan lebih baik jika distribusi backlinks juga diarahkan ke halaman lain (inner pages) di dalam website tersebut.

Persentase jumlah backlinks ke homepage dan inner pages yang disarankan:

  • Home page: 20% – 50%
  • Inner pages: 50% – 80%

7. Scheduling backlinks (Timing)

Membangun backlinks ke website/ blog akan lebih baik bila dikerjakan secara bertahap agar terlihat natural. Coba bandingkan mana yang lebih natural, 1000 backlinks yang dibangun hanya dalam satu hari lalu tidak ada backlinks di hari-hari berikutnya ATAU 1000 backlinks yang dibangun dalam 3 bulan – sekitar 11 link per hari – secara bertahap, Anda pasti sudah tahu jawabnya. Membangun backlinks ke sebuah website dengan jumlah terlalu banyak dan dalam tempo yang singkat akan memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa situs Anda dioptimasi dengan cara yang berlebihan. Resiko yang bisa terjadi adalah website tersebut akan mengalami penurunan ranking atau bahkan deindex.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan umur website yang akan diberikan backlinks. Logikanya, website/ blog yang umurnya masih sangat ‘muda’ – apalagi domain baru – backlinksnya masih sedikit atau belum ada backlinks. Akan sangat tidak wajar bila website dengan domain baru tiba-tiba memiliki ribuan backlinks dari berbagai situs. Resiko terburuk yang bisa terjadi pada website tersebut adalah deindex, kalau tidak percaya silahkan dibuktikan hehehe.

Artikel terkait: Tips memilih jasa SEO

Yang disebutkan di atas adalah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam membangun backlinks ke Website bisnis kita. Mungkin masih ada beberapa hal yang saya lewatkan, tapi setidaknya cara di atas sudah terbukti berhasil memberikan dampak positif untuk website saya. Kalau Anda ada masukan atau tambahan lain tentang strategi membangun backlinks, silahkan bagikan melalui form komentar di bawah. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)

Maxmanroe

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

326 thoughts on “Strategi Dalam Membangun Backlinks Untuk Website / Blog”

    • Menurut saya backlink ke homepage dan artikel sama saja pentingnya. Kalau mau optimasi halaman homepage ya backlink ke homepage, kalau mau optimasi ke artikel ya backlink ke artikel.

      Reply
  1. efektifkah kita backlink dengan jumlah yang banyak setiap harinya langsung ke homepage kita dengan naked URL sebagai anchor text dengan algoritma google yang tidak pasti saat ini ?

    Reply
  2. Bantu jawab..kalau menurut saya gak masalah dr bayi..yang penting jangan sampe kewatan nyari backlinknya…maksimal 2 hari sekali

    Reply
  3. Mantab Gan ilmu SEO nya. dalem banget. makasih ya sdh dapat penecarahan lebih dalem ttg Backlink. sukses jaya slalu untuk Agan. tks

    Reply
  4. Saya pernah mendapatkan backlink dari situs dewasa, padahal saya tidak pernah menanam backlink disitu, adakah cara untuk mengatasinya?

    Reply
  5. Gan apa yang terjadi dengan website saya pernah masuk halaman pertama dan sekarang kadang di halaman 2dan3 kalau backlinknya sudah lumayan banyak, mohon untuk di tinjau

    Reply
  6. Hmm , backlink memang harusnya jadi salah satu ciri2 website berkaulitas. Tapi klo sama blogger di Indonesia yang gini2 masih bisa diakalin. Btw jadi inget kemaren diajarin cara nyari backlink berkualitas…..y klo cuma buat naikin DA sampe 20+an gampang ternyata tanpa harus repot2. Makanya kok malah jadi sebel ya lihat web yang kontennya nggak sebagus nilai SEO-nya

    Reply
  7. Hamdulilah saya punya masih kuat di h1 dan h2 aneh nya setiap saya backlink og tiba tiba menurun . Proses sebulan stengah dah di h1 semua 10post yg kami buat kak.

    Reply
  8. Sudah saya terapkan dan bisa page one. Tapi untuk jadi no 1 di page one kalahin saingan cukup sulit juga ya

    Reply
  9. Saya sempat baca sebuah artikel tentang membangun backlink. Katanya harus pakai Tier 1, Tier 2 hingga Tier 3 dengan model piramida, supaya aman. Benar kah?

    Reply
    • Inner = Dalam
      Page = Halaman
      Jadi, inner page itu maksudnya halaman di dalam sebuah website, baik itu artikel ataupun halaman lainnya

      Reply
  10. saya masih ragu dengan point ini mas.

    5. BACKLINK DARI IP DAN C BLOCKS YANG BERBEDA

    kayanya lebih digunakan untuk orang yang optimasi banyak web dengan 1 komputer. bener ga mas?

    Reply
  11. Mas saya belum mengerti tentang strategi membangun Backlink dari IP dan C Blocks yang berbeda. Itu apa harus menggunakan leptop yang lain kah?

    Reply
    • Bukan begitu, beda IP itu maksudnya beda server websitenya. Bisa menggunakan WordPress.com, Blogger.com, WordPress self hosted, Tumblr, Kompasiana, dan lain sebagainya. Pakai laptop yang sama tidak masalah, oh lebih bagus lagi kalau laptop mu pakai vpn ya.

      Reply
  12. paling tertinggi tapi aman untuk ngebangun backlink yang mana ya gan?
    ane udah nyoba-nyoba tapi masih bingung hehe
    mohon pencerahannya

    Reply
    • Semuanya bagus kalau mengerti cara menggunakannya dengan benar, kalau saya jelaskan secara detail di sini tentu akan panjang sekali artikelnya

      Reply
  13. Selain rajin bikin artikel berkualitas, kayaknya memang harus rajin-rajin juga nyari backlink yang berkualitas… Tips-tips seperti yang banyak dibutuhkan oleh para pemula seperti saya…

    Reply
  14. Sebenarnya masih bingung sih guna nya backlink untuk blog kita, semisal seperti blog saya ini hanya 1 artikel untuk promosi bisnis kecil saya dan saya beri backlink dari beberapa web seperti yg tertera di artikel anda yg lain, apa ada pengaruhnya untuk peringkat blog saya ya?
    Terimakasih

    Reply
  15. gan kalo backlink dari web agan yang ini bisa gak? aku sampai saat ini gak paham lo backlink itu heheheh

    Reply
  16. bang..? itu kalau misalkan kita sudah menemukan web yang relevan dengan web kita dan memiliki page rank yang lumayan gimana cara saya bisa membangun backlink di web saya..??

    Reply
  17. Thanks bangets infonya .. Gan, masalah disaya adalah menemukan situs untuk naroh backlinks ndak mudah .. bisa dibantu gan .. karena semakin hari kompetisinya mangkin menggila .. mana katanya udah ada yang pake robot backlink segala lagi ..

    Reply
  18. Mas admin, untuk umur blog sendiri ada patokan khusus gak buat backlinknya, atau dari blog umur balita kita harus cari backlink, mohon pencerahan, terimakasih

    Reply
  19. Bolak balik baca artikel ini malah nambah pusing,,,,kalau saja yang empunya blog ini mau dengan iklas memperbaikinya walau hanya beberapa artikel saya doakan masuk surga amin

    Reply
  20. udah bolak-balik ogut baca artikel bang max,tetep masih belum mampu soal seo,oh andai saja backlink itu tersedia di al**mart atau di warung deket rumah yang di jual dalam kemasan sachet atau eceran per kilo gram dengan harga terjangkau pula,pengen ketemu larry page dan saya bisikin “bang larry aku ini sodaramu yang lama hilang lho,titip backlink dong’ :(

    Reply
  21. Semakin sulitnya mendapatkan backlink berkualitas dengan persyaratan yang njimet apalagi untuk kontekstual linknya, itupun belum tentu diapprove pemilik blog/ web, saya lebih cenderung untuk membuat artikel dengan optimasi halaman yang baik saja. Harapan saya bisa mendapatkan backlink ghaib

    Reply
  22. Ternyata backlink sangat berpengaruh untuk web kita ya min, apakah dengan backlink rank alexa kita pun ikut meramping? Lalu bagaimana dengan backlink yangkita buat dari web 2.0 seperti blogger atau wp.com(PBN) apakah tidak melanggar peraturan google? Terimakasih.

    Reply
  23. Cocok buat pemula kayak ana. Kalo boleh tau berapa link yang akurat buat per hari

    Reply
  24. paling masuk akal kalau bangun backlink satu persatu ya gan pakai cara blog walking. keliatan nya paling alami dan meyakinkan google. btw info nya bermanfaat banget.

    Reply
  25. berarti penggunaan backlink dengan cara terjadwal bagus juga ya gan, tapi tetep harus yang satu niche supaya relevan ya gan ?

    Reply
  26. Ilmu baru lageeeeiiii… heheheh.. Homepage dan Inner page.. saya baru tahu Mas. dan segera praktikkan..

    Reply
  27. sangat bagus ilmunya gan…membangun sebuah backlink memang penting sekali

    Reply
  28. Ini yang saya cari. Saya lagi belajar membangun backlink, tapi masih bingung dalam penerapannya yang benar. Tulisan ini cukup detail dan sangat membantu saya memahami tentang backlink. Sebenarnya maksimal membuat backlink dalam satu hari itu berapa mas? terimakasih…

    Reply
  29. Pas banget artikelnya untuk ane yang lagi belajar seo. Ternyata membangun backlink yang baik dan benar cukup rumit dan melelahkan. Tentu berharap hasil yang didapat sepadan dengan proses yang dilakukan.

    Reply
  30. Semakin memberikan pemahaman saya tentang backlink. Sebagai pemula dalam seo, sering kali merasa ketakutan dalam membangun sebuah backlink. Namun sedikit demi sedikit mulai berprasangka baik kepada google, jika backlink yang dibuat dengan senatural mungkin akan memberikan efek yang baik juga pada web kita. Makasih atas info yang cukup detailnya gan….sukses selalu

    Reply
  31. sedikit lebih faham dari pada sebelum baca web ini sama sekali ga pernah perhatikan hal berikut..

    Reply
  32. sangat membantu sekali artiklenya, saya sangat kesusahan denga backlink, susuh untuk memahami, namun dari artikel ini saya cukup tau tentang backlink. terima kasih atas sarannya

    Reply
  33. Wah artikel yang mantap maksih bisa mendapat pencerahan dan tambahan ilmu backlink

    Reply
  34. Makasih gan infonya…, sedikit demi sedikit akhirnya ane sudah mulai mengerti SEO..

    Reply
  35. Terima kasih mas, Informasi ini akan sangat membantu bagi saya yang masih pemula.

    semoga makin sukses

    Reply
  36. ini yang saya cari. terima kasih sudah posting mengenai backlink.

    Reply
  37. infomasinya bermanfaat.. jadi kalau menanam backlink tidak asal tanam saja diblog… harus lihat kualitas blog yg akan kita tanam blacklink.

    Reply
  38. kadang saya pakai anchor text di setiap artikel tetapi backlink berkualitas hanya google yang bisa menilai. saya admin REDREWEL.COM
    kunjungan balik y

    Reply
  39. Cakep banget tulisanya agan max, manfaat banget buat newbie kek ane gini buat ngebangun blog agar gak kena pinalty google

    Reply
  40. Backlink memang sangat berpengaruh terhadap website. Namun memilih website yang bagus untuk ditanam backlink agak susah. Karena kebanyakan udah di blok.

    Reply
  41. Informasi yang sangat bermanfaat sangat bisa di pahami.. akan sy coba terapkan di blog saya.. terima kasih gan

    Reply
  42. Penjelasannya detail dan terperinci,

    Tapi saya belum paham mengenai backlink dengan Penggunaan Anchor Text ?

    harus di praktekan menanam backlink ala admin maxmanroe nih

    Reply
  43. setelah saya baca2 postingan ini, sepertinya point nomer 6 jarang bahkan gak saya praktekin nih,

    ntar deh saya cek n ricek dulu mana postingan yang bagus yang bakal dijadikan backlink di komentar blognya, btw makasih atas infonya

    Reply
  44. Penjelasanya lengkap banget walaupun untuk masalah Anchor tesk belum terlalu paham saya … liat liat dan cari info lagi deh ,,,, he he he ..

    Reply
  45. yap mengerti,,, yang jadi masalah adalah nyari sumber backlink nya itu loh,,, apa tidak masalah kalau blog yang memiliki topik sama dg kita memiliki kualitas rendah? asalalkan sama topiknya gitu buat cari backlink?

    kapan2 boleh dong mas di share daftar blog/website yg bagus,, or sosial bookmarknya…
    salam

    Reply
  46. saya sangat bingun mengenai backlink, adakah yang merekomendasikan buku yang mengupas cara membuat backlink dari awal sampai mahir. terutama untuk toko online, terima kasih

    Reply
  47. terimakasih mas atas infonya, sangat bermanfaat,saya sudah mencari_cari sebelumnya akhirnya ketemu juga cara yg seperti ini.pokoeee gas poll Mas!!
    banyak yg serupa tp gak sama

    Reply
  48. penjelasan yang detil mengenai strategi dalam membangun backlink ini master. tapi saya masih kurang paham tentang penggunaan anchor text dalam membangun backlink. bisa kasih contoh penulisan ataupun penggunaaan anchor text tersebt. terimakasih master :)

    Reply
  49. saya bersemangat baca artikelnya mas. Mau nanya juga, Backlink seperti Anchor Text itu yang bagaimana ya gan?Makaaf masih baru. Terima Kasih

    Reply
  50. Selama ini saya rajin blogwalking aja dan belakangan menawarkan diri jadi penulis tamu. Ternyata harus pakai strategi juga, ya.

    Reply
  51. Ane baru mau mempraktekkan dummy blog, dan saya dapat input seperti point no. 6 agan diatas dan itu akan saya coba, terima kasih

    Reply
  52. sekian kalinnya baca-baca artikel seperti ini tapi masih agak bingung, apalah salah pemula ini hehe….keep spirit tapi ah, terima kasih untuk artikelnya mas

    Reply
  53. Mas…kalo sebuah web yang gak ada backlinknya apakah sepi pengunjungnya ?. Atau ada faktor lain…

    Reply
  54. hahaaa betul juga, selama ini hanya pake home page.
    Ini langsung tak pakai inner page

    Reply
  55. terlihat mudah tetapi dalam prakteknya sulit juga apalagi untuk mencari artikel atau web yang masih jarang, seperti contohnya KK susu kefir, saya sangat kesulitan mencari web berkualitas untuk backlink.

    Reply
  56. Kalau aku sih dalam membangun backlink yang penting natural, biar gimanapun perubahan alogoritma google, kalau emang yang udah kita bangun itu berkualitas yaa… Insyallah aman :D

    Reply
  57. Sebetulnya menanam backlink itu tidak sulit, hanya perlu hati-hati dalam memilih blog untuk backlink balik… maxmanroe salah satu web terbaik menurut saya, Bpk. maxmanroe bila berkenan berkunjung ke bog saya yah ,, terimakasih

    Reply
  58. aku selama ini hanyamemperhatikan backlink dofollow aja mas, ternayata no-follow juga berpengaruh yaa, maksih ya mas

    Reply
  59. makin banyak nyari referensi seo gratisan semakin tambah bingung. kira2 ada gk rumusan jitu yang bisa dipraktekkan. karena dari satu web ke web lain punya kelebihan masing2

    Reply
  60. Penjelasannya kok detail banget..bikin cepat pahan aja ni hahhaha

    Reply
  61. Iya gan, sekarang kudu ekstra hati-hati dalam membangun backlink. Thx Infonya.

    Reply
  62. top markotop, ane baru tau kalau buat backlink ada persentasenya

    Reply
  63. Penjelasannya sangat lengkap gan, terimakasih artikel agan sangat membantu… mau coba dulu ya gan.

    Reply
  64. Berarti walaupun pada Anchor Text menggunakan rel NoFollow tetap di crawl sama Googlebot?

    Reply
  65. Membangun backlink yang terlalu berlebihan dan membabi buta justru bisa membuat website kita terdampar dan diabaikan mesin pencari

    Reply
  66. Saya juga kebingungan nih baru buat domain baru, namanya juga lumayan brandable mas, tapi bingung mau kasih backlinknya. Ada saran kah?

    Reply
  67. makasih bang infonya.
    bisa jadi ilmu ne.
    jika menulis artikel yang berkaitan dengan blog kita, lalu kita sertakan link aktif menuju blog kita dan di upload ke academia.edu, apakah itu bisa jadi backlink?

    Reply
  68. kesana-kesini cari ini gan, eh nemu disini, makasih ya, btw backlink ane masih sedikit gan,.

    Reply
  69. Mungkin saya sangat berterimakasih kepada agan yang telah menjelaskan cara membangun baclinks yang bagus, jujur aja sebelumnya belum tau apa apa, setelah baca sekarang lumayan paham, teryata membangun baclink juga hati-hati, terimaksih atas pelajaranya gan.

    Reply
  70. Met siang gan,saya masih bingung masalah tanam backlink ke blog itu caranya gimana ya?saya cek backlink blog lain kok kebanyakan backlink nofollow.tapi peringkat blognya bagus banget.Ingin menerapkan seperti itu tapi tidak bisa.Mohon pencerahannya gan,,terima kasih

    Reply
  71. Terimakasih Mas untuk infonya. Back link yang baik akan memberikan dampak yang baik pula untuk blog kita. Salam.

    Reply
  72. Saya masih baru pak. Jadi intinya yg saya tangkap disini “backlink” adalah copy paste alamat web/blog kita y, kisal ke medsos dll, seperti spam link. Mohon koreksi jika salah

    Reply
  73. Sya mulai blogging 2009. Sampai skrng pun sya masih susah untuk menemukan hasil yg memuaskan ketika blogging dan membuat sebuah artikel. Apalagi dalam hal backlink, smpai saat ini juga asal2an. Muncul pikiran bahwa sya harus berkiblat pada satu blogger sukses. Dan sya berharap disini adalah tempat yang tepat. Mksh mas. Salam

    Reply
  74. Artikel yang sangat bermanfaat mas, sekalian saya mau tanya. Umur blog yang pantes dikasih backlink umur brp hari mas? soalnya saya masih bingung mau kasih backlink ketika umur berapa..

    Thanks

    Reply
  75. Selamat siang, ane mau tanya boleh ga gan? untuk sekarang ini optimasi pake software gsa masih disarankan atau ga gan?

    Reply
  76. Terimakasih gan, kemaren saya masih asal-asalan dalam memberi backlink, al hasil blog bule ane semua deindex tanpa ampun, ane nyesel. Pdhl earning yang mnrud saya lmyan. Betul sekali yang sudah dismpekan diatas memberikan backlink yang terlalu banyak pada blog baru maka akan berdampak deindex sperti web saya ini. Tetapi yang aneh, untuk blog indo ga kena deindex ya gan? pdhl optimasinya sama persis dengan blog bule?
    ataukah algoritma blog bule sma indo berbeda?

    Reply
  77. makasih mas infonya.
    tmbah pengalaman lagi bwt sya yg berniche bisnis juga

    Reply
  78. Makasih sharingnya mas, saya baru bangun Online Shop, mas ada yg bilang katanya buat backlink di Sosial Media gak terlalu berpengaruh?

    Reply
  79. nice info om.. bertambah lagi nih pengetahuan saya, makasih banget ya…

    Reply
  80. Terima Kasih atas ilmu yang bermanfaatnya gan, sangat bermanfaat, dan semoga lebih banyak lagi informasinya..

    Reply
  81. untuk web baru bagusnya banyakin backlink dari web apa mas?

    Reply
  82. sangat bermanfaat dari situs ini saya banyak belajar, udah kaya google semua ada dan dikemas secara eksklusif…

    Reply
  83. Super duper lengkap banget gan. Pake itung-itungan segala lagi….
    Terimakasih

    Reply
  84. Kalau untuk toko online cara membangun backlink apakah sama dengan blog artikel? sementara toko online lebih banyak menampilkan produk bukan sebuah artikel. untuk admin, minta artikel donk mengenai daftar situs backlink yang baik dan bagus :)

    Terima Kasih

    Reply
  85. terimakasih maxmanroe sekarang sy jadi tau, jujur sy masih pemula untuk hal ini

    Reply
  86. alhamdulillah cari cari informasi dapat juga disini. sering2 sharing gan biar ilmunya berkah. tks

    Reply
  87. Trims info nya, krna dalam membangun sebuah website dibutuhkan proses utk dapat ter-index di google ..

    Reply
  88. Waduh ternyata gak bagus ya gan kalau dapet baklinknya secara instan ?
    Kemaren saya mencoba cari baklink menggunakan jasa pembuat baklink ,tapi baru dua baklink dari gov.
    Kira kira blog saya bermasalah gak gan ?
    Salam sukses selalu juga yang udah hadir disini.

    Reply
  89. Sebenarnya berapa sih maksimal keyword yang bisa di gunakan untuk backlink dalam 1 URL ? dan jika terdapat lebih dari 1 keyword apakah hasilnya akan sangat efektif ?

    Reply
  90. saya buat website WP usia baru 1 bulanan, saya injek backlink sampai 5000 BL pakai jasa backlink..bahaya gak mas..suwuun

    Reply
  91. saya setuju nih sama saran nya…lebih baik 1000 backlink selama 3 bulan dan bertahap daripada ribuan backlink dalam sehari tapi tidak berkelanjutan…mantap!!!!

    Reply
  92. apakah ip yang sama untuk membaclik berpengaruh besar untuk kenaiknya website : soalnya gini gan yang saya rasakan setelah menganti beberapa proveder teryata baik , tiba saya pasang internet speedy yang ipnya sepertinya spam dan tidak ada efek sama sekali , pertanyaan saya ?
    apakah hal itu benar atau hanya perasaan saya saja ?

    Reply
  93. Maaf jadi dobel kirim..

    Karena 2 pertanyaan di atas juga ternyata saya juga nantikan jawabannya maka ane copas ulang ya…

    Kalo dari social bookmark, bagus gak ya? Apa ada ketentuannya supaya berdampak baik?

    backlink gak boleh fokus ke homepage semua kan? harus pada artikel – artikel lainnya? kalau kita fokuskan ke artikel utama saja boleh gk mas?

    Terimakasih

    Reply
  94. Kalo dari social bookmark, bagus gak ya? Apa ada ketentuannya supaya berdampak baik?
    Thanks

    Reply
  95. Sebenarnya saya juga masih bingung nih mas, berarti backlink gak boleh fokus ke homepage semua kan? harus pada artikel – artikel lainnya? kalau kita fokuskan ke artikel utama saja boleh gk mas? mohon pncerahannya mas :)

    Reply
  96. mas maxmanroe…
    sy baca ada juga membangun backlink dari blog dummy, tapi sy cari di maxmanroe kok ga ketemu, apakah memang tidak merekomendasikan yag seperti itu?

    Reply
    • Coba Googling cara membuat backlinks, di sana ada salah satu artikel saya yang membahas sumber backlinks. Termasuk blog dummy (web 2.0)

      Reply
      • Tapi ada sumber di internet yang mengatakan blog dummy (web 2.0) tidak baik untuk backlink dan ada juga yang mengatkan baik, bagaimana menurut pendapat mas Marikson tentang blog dummy

        Reply
  97. terima kasih bang max, sebelumnya saya sering mencari backlink asal asalan terutama sewaktu blogwalking. tidak peduli niche nya apa yang penting bisa tanam url saya langsung buat backlink. tapi dari penjelasan di artikel ini cukup masuk akal. perlu yang relevan supaya backlinknya jadi lebih berkualitas.

    Reply
  98. maaf mas, mau tanya.
    kalau backlink itu perbandingan antara dofollow dan nofollow itu berapa persen.
    sama sehari disarankan berapa backlink.
    kan google lebih suka yang backlink yang alami

    Reply
  99. Setuju banget sama artikel nya Pak Max..
    Sedikit berbagi pengalaman ke pembaca yang lain, hati-hati kalau mau pakai jasa SEO..kalau salah pilih orang, bukan nya trafik nya tambah naik, yang ada malah deindex oleh Google.

    Ikut Saran nya Pak Max aja.. cari baclink dan optimasi SEO website kita secara natural. :)

    Reply
  100. pak kalo misal kita membangun website gado2…sebaiknya mencari backlink yang relevan di website jenis niche apa??

    Reply
  101. mas, spertiny ini yng saya cari membangun backlink it butuhin proses,
    gak bs intan langsung menuju no 1.

    nah klo Backlinks yang bagus itu berasal dari website/ konten yang isinya masih berhubungan dengan website kita , artinya klo pakai flatron blogspot harus siap2kan dlu artikel sejenis dgn niche blog utama dong ya?

    mesti nabung artikel dlu artinya,

    Reply
  102. Pak max sepertinya homepage saya kena sandbox, saya tidak mengerti masalahnya karena masih baru dalam hal ini, gimana cara mengeluarkanya ya?

    Reply
  103. kalo backlink buat website toko online agak beda apa sama kaya artikel ini gan?

    Reply
  104. wah berarti menanam bl harus berhati2 yah gan?
    Supaya blog juga bagus di mata SE ?

    Reply
  105. Artikel yang sangat bermanfaat gan, karena ane sedang mempelajari backlinks..

    Reply
  106. pencerahan nih sob, oke trims ya mulai terbayang arah ngebackling yang baik

    Reply
  107. Orak meh cr baclink disitus ini. Tp tlg dengar saya maxmanroe. Blog km… BERKUALITAS!! Saya membaca 4 artikel seo di blog ini. Dan infonya sungguh nyata ilmu nyata dan bermanfaat. Apalah arti bookmark jika saya mengingat nama domainmu. Tlg y tlg. Trs update artikel bermutunya ttg seo. Saya newbie seo web saya usia 2bulan tembus 8k uniq visitor organik 40k pv. Dan menutup usia krn deindex di usia ke 62hari. Bljr keras lg ttg seo secara mnyluruh. Dan saya cocok sama artikel maxmanroe. No link active but sehatimu.com

    Reply
  108. saya punya website download, trus saya bangun backlink doffolow di blog-blog yang tidak satu nice. Saya pasang backlinknya berkala, minamal 5 per hari. Dalam waktu 3 bulan blog saya dapat trafik 1K, lumayan soalnya persaingannya cukup tinggi. Apakah dari sana bisa di simpulkan kalau pasang banklink di blog yang tidak satu nice juga dapat meningkatkan ranking blog?

    Reply
  109. salam bang max, berarti cara anchor text yang sama untuk backlink lebih dari 1 itu berdampak buruk ya? soalnya selma ini saya masih pasang yang begituan untuk membidik kata kuncinya.

    apakah tidak masalah kalau sampe link website utamanya di masukan atau di jadikan anchor text bang? terimakasih

    Reply
  110. wah baru kebuka saya,ternyata dari home page juga sangat baik jika ada internal link yg menuju ke inner page ya,
    thanks mastah atas petunjuk nya

    Reply
  111. Saya masih baru di online marketing..
    banyak ilmu yang saya dapat dari baca postingan Bapak..
    Terima kasih..
    Semoga tambah sukses..

    Reply
  112. Terima kasih gan ilmunyam sangat bermanfaat sekali, mudah mudahan tambah sukses yaaa….

    Reply
  113. Mas… Aq masih baru banget nih kenal dunia online… Mw tanya… Kalau backlink itu ada yang bilang harus cari yang berbeda-beda jangan sama… maksudnya beda antar topik backlinknya… Karena dengan bervariasinya backlink kita akan mempunyai nilai lebih di mata google… nah kalau yang aq tangkep berarti kalau topik website aq tentang kecantikan… harus cari backlink yang beda topik… misal masakan… wisata… atau yang lainnya… Mohon bimbingannya… Terima kasih atas Ilmunya…

    Reply
    • Backlinks yang bagus itu berasal dari website/ konten yang isinya masih berhubungan dengan website kita mba Lulur. Kalau niche websitenya tentang kecantikan, bangun links dari website/ konten yang berhubungan dengan kecantikan. Kalau links dari website/ konten yang berbeda topik/ niche justru kurang bagus menurut saya.

      Reply
  114. saya lagi belajar nanam backlink nih mas.
    makasih penjelasannya. infonya keren

    Reply
  115. Super sekali strategi nya bro…
    sangat membantu sekali thanks you bro tips nya :)

    Reply
  116. wah infonya mantavp. berguna sekali untuk newbie kayak ane.
    thanks Marikxon, sukses selalu

    Reply
  117. Terimakasih atas tips strateginya, tahap tersulit menurut saya adalah mencari backlink :-/ susah banget

    Reply
  118. kebetulan lagi belajar seo untuk back link, dan nemu artikel ini.

    Reply
  119. Terimakasih mas atas penjelasannya. Saya lebih baik membangun backlink 1 atau 2 bulan dengan jumlah 20 backlink.

    Soalnya membangun agar pengunjung banyak itu sulit, kemudian kita hancurkan dengan “kerakusan” backlink kita keblog kita. selagi terimakasih dan salam kenal.

    Reply
  120. Melihat peluang internet marketing yang masih luas di Indonesia, tips2 yang diberikan sangat bermanfat untuk para pemula…yang ingin punya banyak pengunjung di web/blognya.

    Reply
  121. sangat membantu,,, tapi saya belum bisa mencari blog doffolow secara akurat.. gimana caranya mas..??

    Reply
  122. membangun BL dari dummy merupakan strategi seo yang maknyus bagi para blogger mania…lebih natural..

    Reply
  123. kadang saya suka ragu mau ngebangun backlink .. Karena saya baca2 kalo asal-asalan nanem backlink bisa kena sandbox ..

    Reply
  124. Andai saja ada contoh penulisannya, tentu akan sangat mudah diaplikasikan buat saya yang masih pemula. Namun demikian, Ini adalah info yang keren dan sangat bermanfaat. Terima kasih,gan.

    Reply
  125. makasih untuk strateginya mas, saya akan jalankan stategi dari mas tersebut :)

    Reply
  126. Kita memang maunya cepat dan instan. Tapi benar kata Max Manroe, jangan berlebihan dan membabi buta.

    Reply
  127. kereeeen… seneng klo jalan2 ke web yang pemiliknya sudah berpengalaman, thakn u mas bro. hehe

    Reply
  128. Wahh..jadi dapet pencerahan lgi….nanya gan…misal 1 email membuat akun 5 blog dummy,,brarti jika ingin mbuat 50 akun blog dummy membutuhkan 10 email..bgtu ya gan??? Kalau itu semua di buat dalam satu server( pc) yang sama apa tidak apa apa yaa??? Atau mungkin ada saran dari agan?? Maaf newbiee….

    Reply
  129. Strategi backlink nya bagus om, ditambah lagi dengan penjelasan yang akurat, :)

    Reply
  130. Terimakasih atas penjelasannya bang, meskipun saya masih kurang begitu paham, hehe karena saya masih newbie.

    Reply
  131. Maaf mas saya maua tanya ..
    Saya seorang yang masih baru dalam dunia seo,yang ingin saya tanyakan adalah kapan backlink yang kita tanam baik itu di situs gov,edu dll bisa muncul dan terdeteksi di webmaster google saya ?
    Apakah bisa langsung atau perlu waktu ?
    Terimaksih

    Reply
  132. Sebagai blogger pemula saya perlu belajar banyak disini, saya masih belum paham bagaimana caranya mencari backlink untuk blog saya

    Reply
  133. kaalu boleh tau, cara menggunakan baclink yang dofollow bagaimana ya gan..masih bingung?

    Reply
  134. mantab strateginya..
    mkasih min untuk panduannya.
    komposisi dan link diversity sangat penting , agar terlihat natural…

    Reply
  135. Om, mohon pencerahannya donk. Saya masih baru banget di SEO. Dan saya ndak ngerti caranya bikin backlink yang bagus. Ada ndak ya tutorialnya?

    Reply
  136. Apa pengaruhnya page rank tinggi dengan tingkat kunjungan ke blog kita?

    Reply
  137. hihi… kalo baca artikel ini, sy baru nyadar masih sangat banyak yang harus dipelajri di dunia per baclink an…. :D

    Reply
  138. Kerren lah, saya gk tahu sma sekali mengenai perbacklink-an, lalu memutuskan web saya ingin di tanam backlink brkualitas,

    Reply
  139. Jadi harus di ganti IP ya kalau mau cari backlink.
    Terima kasih banyak.

    Reply
  140. Maksih infonya Bang Max..ditunggu lainnya terutama yg berkaitan dengan SEO

    Reply
  141. saya percaya dengan tips ini karena website ini telah terbukti nomor satu di google search. terima kasih banyak mas sudah bagi-bagi. Sukses selalu masbro.

    Reply
  142. misalkan saya memakai blog dummy, tapi blog dummy itu belum memiliki pengunjung dan baru dibuat…langsung dikasih ke blog utama..apa itu akan pengaruh pada blog utama kita ya gan….thank’s

    Reply
  143. Untuk membangun backlink berapa minimal umur domain dan website nya gan?

    Reply
  144. Sepertinya semua strategi SEO perlu proses yang membutuhkan kesabaran extra
    Terima kasih atas sharingnya..

    Reply
  145. Jadi banyak pelajaran yang saya dapat dari website Maxmanroe.
    Di Postingan Artikel ini sejujurnya saya masih belum paham dengan kutipan yang anda ini :

    “jika Anda memiliki beberapa website dimana hostingnya berasal dari satu host, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memasang link satu sama lain.”

    Apa maksudnya dapat memberikan dampak buruk seperti penurunan web atau hal buruk apa yang terjadi ?

    Tolong pencerahannya, terima kasih.

    Reply
    • Maksud saya ya harus berhati-hati. Misalnya kita punya 1 web utama dan punya 50 dummy blog di dalam satu server. Sebaiknya jangan menautkan web utama di semua dummy karena bisa berakibat buruk, misalnya penurunan ranking di SERP. Malahan saran saya web utama jangan satu server dengan blog dummy, tapi kalau terpaksa satu server ya pasang link nya sewajarnya saja.

      Reply
  146. thank buat infonya,kalu backlink unfollow yang masih belum mempelajarinya,

    Reply
  147. Agak ribet juga sih ya Om..tapi emang sepadan dengan kualitas ya…
    anyway terima kasih atas sharingnya Om Max…
    ikutan belajar ya…

    Reply
  148. mau tanya untuk tips yang terakhir gan.
    apakah kita harus membangun backlink setiap hari atau harus ada jedanya?
    dan berapa lama kita harus membangun backlink agar blog kita naik di google?

    Reply
    • Membangun backlinks tidak harus tiap hari, kalau umur domainnya masih baru tidak perlu terburu-buru. Kalau webnya masih baru lebih baik membangun popularitas melalui media sosial dulu, misalnya di Facebook atau Google+. Yang ditekankan pada artikel ini adalah membangun links dengan sewajarnya.

      Reply
  149. iya ternyata ini lah nikmat nya ber-silaturahim …. trims mastah dah berbagi elmu nya …. udah mulai dilaksanakan neeh anjuran-anjuran nya

    Reply
  150. Memang butuh ketekunan dalam membangun backlink, tidak ada sesuatu yang instan. Artikel yang sangat bagus gan. Cukup menambah wawasan dan pengetahun. Terima kasih

    Reply
  151. Makasih banyak mas… saya coba satu persatu untuk membangun sebuah backlink ke website saya… semoga berhasil dengan usaha keras saya

    Reply
  152. Sebenarnya butuh sebuah kedisiplinan utk bs membangun sebuah blog dgn cara backlink.

    Reply
  153. Thanks atas infonya. Saya akan terapkan di blog saya.

    Salam kenal

    Karyawan Sejati

    Reply
  154. Siap mas marik saya akan terapakan metode diatas. Semoga backlink saya bisa membesar nantinya.

    Reply
  155. Membangun backlink ini susah susah gampang. Tapi ya kalau mau nya instant sih bakal kerepotan sendiri.

    Terimakasih gan atas pelajarannya. Sangat manfaat buat ane yg newbie

    Reply
  156. Lebih efektif yang mana gan antara backlink dengan dofollow..?? Maaf masih proses belajar.

    Reply
  157. Terkait membangun backlink seperti yang dijelaskan di atas salah satunya dengan cara bookmark di situs bokkmarking misalnya di situs lintas.me. Yang ingin saya tanyakan pada Admin, apakah bookmark perlu dilakukan setiap kita melakukan posting baru? Kalau kita melakukan bookmark langsung setelah posting dan Google lebih cepat mengindex situs bookmark.. Apakah postingan baru tersebut kita tidak akan dianggap copy paste dari situs bookmark? Terima kasih

    Reply
  158. Terima kasih master,kami sangat beruntung bisa membaca blog master, terus terang aja saya ini pemula jadi tidak tau apa-apa mengenai backlink, kalau master berkenan tolong di bantu.. terima kasih.

    Reply
  159. Berkenaan dengan strategi membangun backlink, saya merasa kesulitan untuk membangun backlink. Selama ini saya hanya melakukannya dengan cara blogwalking dan bookmarking. Tapi sampai sekarang blog saya (wordpress) sudah 3 tahun lebih, jumlah posting=200 lebih, pengunjung rata-rata=500/hari, page view rata-rata=1000/hari. Yang ingin saya tanyakan, Mengapa Page Ranknya (PR) masih 0/10? Mohon penjelasannya kira-kira apa yang yang harus saya lakukan untuk menaikan PR? Mohon penjelasan dari Admin atau teman-teman blogger lainnya. Terima kasih.

    Reply
  160. gan, bagaimana strategi mencari backlink yang relevan, karena menurut saya saat menaman backlink yg sesuai dengan web/blog kita. bisa saja kita dianggap pesaing jadi susah mencari backlink yg relevan????

    Reply
    • Lebih mudah itu dengan cara membangun dummy blog dengan niche yang mirip dengan web utama. Atau bisa juga membuat thread-thread yang isinya sesuai dengan niche kita di forum-forum yang punya otoritas bagus. Tidak terlalu sulit sebenarnya.

      Reply
  161. Apakah efektif menautkan link website kita pada website pasang link berbayar… Kalo iya berapa persen efektifnya cara tsb.

    Reply
  162. Sejauh mana sih efektifitas kalo kita menanamkan link pada situs iklan yamg memperbolehkan kita menautkan link website kita pada promosi link iklan website terkait. Atau memasang link iklan website kita pada wabsite iklan murah… Tks admin.

    Reply
  163. Gan maksud dari poin yang ke lima apaan yak? ane masih belom ngerti…

    Reply
  164. gan..kalau kita menggunakan jasa backlink,,,apa dampak nya buat web kita gan,,,

    Reply
  165. makasih mastah atas penjelasan nya, ,tapi saya ada pertanyaan kalau mastah berkenan, apakah kita membangun backlink dan memberikan alamat blog kita kepada orang lain akan berdampak google adsense yang ada d blog kita,,karena kekawatiran saya nanti itu malah akan menyalahi aturan kebijakan dari google adsense..# mohon penjelasan nya mastah. thanks

    Reply
    • Sejauh pengalaman saya, backlinks tidak berpengaruh pada akun Google Adsense. Begitu juga bila kita memberitahukan web kita pada orang lain, menurut saya tidak masalah. Yang menjadi masalah itu ketika kita memberitahukan web kita kepada orang yang salah, orang tersebut kemudian punya niat jahat. Kalau kurang nyaman memberitahukan web kita pada orang lain, ya tidak usah beritahu hehehe.

      Kebijakan Google Adsense tidak melarang kita untuk memberitahukan alamat web kita pada orang lain, mau tidak mau pada akhirnya orang juga pasti tahu website kita kan? Coba dibaca lagi TOS Google Adsense nya mas Rama biar lebih paham :)

      Reply
  166. meskipun membosankan dan melelahkan sesungguhnya prosses membangun backlink selalu menarik dan menantang– karena suka-tidak suka kita harus melibatkan pihak ke 3 — tetapi “KEHARUSAN” ini akan menyenangkan jika kita tahu efek baiknya ke kemajuan posisi website kita — happy bloging —

    Reply
  167. ulas lbh dalam lg gan, sekalian kasih cara nya buat ngembangin website yg pengunjungnya tiap hari naik terus, punya saya selalu down

    Reply
  168. Maz kalau blog saya membahas 2 topik atau lebih gimana cara optimasi backlinknya?
    artikelnya sangat bagus dan membantu trimakasih :-)

    Reply
    • Biasanya backlinks saya kasi backlinks lagi untuk memperkuat. Misalnya saya submit artikel di kompasiana dan berisi link ke web saya, artikel di kompasiana itu saya submit ke media sosial dan social bookmark. Itu salah satu cara optimasi backlinks

      Reply
  169. Saya hanya sedikit mengerti tentang backlink, namun dari apa yang saya pelajari , backlink sendiri digunakan untuk membangun reputasi dengan menanam link blog dikomentar. namun, gimana kalo pake backlink secara otomatis. atau dikenal dengan generator. Apa efek sampingnya ?

    Reply
    • Saya pribadi tidak menyarankan pakai software generator, seringkali orang tidak mengerti menggunakannya dan malah membuat link SPAM. Efeknya ada dua kemungkinan, SERP website naik atau SERP website turun atau deindex (kemungkinan terburuk).

      Reply
  170. Terimakasih atas pencerahanya bagi seorang pelintas ilmu. web lama namun tidak rutin lakukan backlink apakah lebih baik dari yang baru namun lebih agresif dalam backling, salam .

    Reply
    • Banyak faktor yang mempengaruhi, menurut saya usia website sangat berpengaruh pada SEO. Kalau ditanyakan soal rutin atau tidaknya membangun backlink, tentu saja lebih baik yang rutin, tapi tidak perlu terlalu agresif.

      Reply
  171. Topik yang bermanfaat sekali,
    Saya juga masih belajar dalam hal nge-link website ini. Karena web yang saya kelola adalah tokoonline, dengan deskripsi yang sedikit sekali, jadi terkadang kesulitan untuk menentukan letak link yang strategis.
    Terima kasih infonya gan.
    Salam kenal.

    Reply
  172. masih bingung og mas tentang backlink , apakah coment di blog atau sosmed itu udah termasuk membangun backlink ya ??? dan minimal brapa lama agar blog kita bisa dikenali oleh serch engine ny om google minimal urutan ke 100 dech …..

    Reply
    • Kalau sekedar terindeks di Google sih mudah mas, beberapa jam setelah online pasti akan terindeks webnya. Link dari media sosial termasuk backlinks mas (Twitter, Google+), butuh waktu untuk membangun reputasi di mesin pencari. Menurut saya 3 bulan waktu yang ideal webuah website mulai populer di mesin pencari Google, asal kampanye yang kita lakukan caranya bener :)

      Reply
  173. iya memang benar . .. teorinya mudah .. . tapi dalam praktek . . . lebih sulit . .. adakah list website2x yg kita bisa gunakan untuk backlink
    trima kasih

    Reply
  174. logika backlink memang mudah tapi masih bingung di prakteknya.. saya sudah membaca beberapa artikel tentang backlink tapi ko tetep aja sampai saat ini belum mudeng…

    Reply
    • Kalau kita hanya ngomongin teori nya, pasti akan sulit mas Wadirin. Langsung praktekkan saja, pasti akan terasa lebih mudah. Tapi pastikan dulu blue print kampanye SEO yang akan dilakukan sudah benar, langsung action saja :)

      Reply
  175. Wah lumayan susah juga untuk membangun sebuah backlink, kira2 bagaimana ya cara untuk melihat link itu dofollow atau nofollow ?
    Terima kasih

    Reply
  176. gan kalau blog dummy bagus gak gan?? sama berikan alasannya juga yaa gan.. maklum msh newbie gan ^^

    Reply
  177. Saya punya toko online,adapun yang mau saya tanyakan adalah:apakah yang di maksud tulisan diatas tentang “web toko online punya blog yang bisa diupdate secara rutin”.apakah itu maksudnya yg di update bukan toko online atau website non toko online ya? Mohon dibantu.trims banyak ya.

    Reply
    • Maaf baru balas komentarnya, komentar yang masuk tiap hari banyak banget. Toko online memang sebaiknya punya blog khusus, dan memang biasanya begitu. Sebaiknya konten blog untuk toko online perlu diupdate secara berkala, tidak harus tiap hari. Ini strategi bisa diterapkan untuk semua jenis website pak Yudi :)

      Reply
  178. Nah mas Kalo baklink untuk homepage url nya bagusan Url langsung atau di short url ? tungu jawabanya mas

    Reply
  179. cukup lengkap informasinya mengenai link building..ane punya blog baru 3 bulan dan menurut laporan WMT terdapat sekitar 850 an backlink, sedangkan untuk ahrefs dan majesticseo terdapat backlink sekitar 1500 an, apakah jumlah backlink tersebut sesuai dengan usia blog ane ataukah terlalu sedikit atau terlalu banyak jika dibandingkan dengan usia blog trsbut..?
    thanks sebelumya

    Reply
  180. ini lah yang paling membosan kan di dunia blogging menurut saya, tapi akan terasa sangat menyenangkan bila mendapat manfaatnya, go go go buru backlinks

    Reply
  181. bertai lebih baik mendapatkan backlink yang bertahap gan ?
    daripada mendapat backlink hari pertama 100 dan hari kedua 50 ?
    mohon koreksinya gan tentang web ane ?

    Reply
  182. Berapa lama Efektivitas backlink berpengaruh di SEO?

    Terima Kasih Infonya benar – benar sangat membantu dan menambah pengetahuan dan wawasan seputar SEO yang baik.

    Reply
  183. apakah tips ini efektif untuk toko online gan? adakah tips khusus untuk backlinking yang manjur untuk on line shop… terimakasih untuk informasinya– langsung izin praktek

    Reply
    • Menurut saya untuk optimasi toko online hampir sama dengan optimasi blog. Untuk menambah kekuatan home page toko online, disarankan web toko online punya blog yang bisa diupdate secara rutin.

      Reply
  184. apakah link building sama dengan link generator gan? saya pernah menggunakan dengan memasukkan domain. Namun disitu tidak ada perintah yang bisa dimasukkan. misalnya berapa link yang bisa dimasukkan.

    Jadi secara langsung link yang terbuat dari domain kita sebanyak yang sudah disediakan. Kalau ini melanggar atau dapat memicu curiga search engine, apa perlu kita tak pakai cara tersebut? mohon solusinya

    Reply
  185. Terima kasih ilmunya…sangat bermanfaat buat saya yang sedang belajar berbisnis online..

    Reply
  186. saya baru tahu gan membangun backlink harus sesui judul artikel yang kita komentari dengan judul web kita, saya p unya blog yang tentang kesehatan dan membangun backlinkya akdang mengomentari judul artikel yang tidak sama yaitu tentang kesehatn juga. trims ya gan.

    Reply
  187. gan nanya kalo kita optimasi onepage itu baiknya satu kali aja atau boleh sering2?
    Maaf melenceng dari topik

    Reply
    • Optimasi onpage itu memang dilakukan sepanjang waktu mas, baik dari sisi konten, internal link, dan lain sebagainya.

      Reply
  188. ternyata ada banyak stratergi dalam menanam link, dan pastinya jg tidak asal-asalan. infonya bermanfaat buat saya. thank

    Reply
  189. sebelumnya maaf gan saya sangat newbie sekali, saya sudah sangat sering sekali baca artikel mengenai backlink di blog ini, tapi sampai sekarang saya belum mengerti cara menanam baclink di home page atau dimana lah…
    mungkin saya sangat menunggu sekali artikel selanjutnya dari blog ini mengenai cara menanam backlink diblog, home page dsb…
    semoga blognya sukses selalu gan

    Reply
  190. Membangun backlink memang salah satu bagian seo paling sulit menurut ane.mau nanya gan, menanam link di dalam artikel blog dummy salah satu cara yang ane gunakan, memang beberapa pekan beberapa artikel langsung menanjak tapi hanya kurang dari 1 minggu semua artikel terjun bebas dari serp google. Malah blog2 dummy tersebut yang muncul di serp google. Salahnya dmn ya gan? Mohon pencerahan

    Reply
  191. Ow,begitukah,berarti saya salah selama ini,saya buat Link justru bukan ke halam webs sendiri,tapi ke situs2 yang besar seperti,kompas,detik,kompasiana,akibatnya Link ke blog saya sendiri malah jadi tidak ada,wewlwheh…trimaksih sob,atas infonya..

    Reply
  192. Makasih banyak ilmunya mas..saya banyak belajar dari website ini karena baru belajar seo untuk web saya. Dan isi website banyak manfaatnya dan enak dibaca. Mungkin nanti sekalian aja buka kursus nya mas :)

    Reply
  193. tengkyu gan ilmunya… ane baru terjun ke dunia SEO, blog ini bagus buat referensi ane, gak pelit ilmu and enak dibaca tulisannya :)

    Reply
  194. mencari backlinks untuk seo memang pekerjaan yang cukup “keras” bagi saya… :(

    Reply
  195. Wah perlu saya pelajari lagi nih mas, mudah-mudahan yg ini jitu tipsnya. Thank

    Reply
  196. saya pikir tadinya makin cepat mendapatkan backlink adalah semakin bagus! ternyata saya salah, yang dibutuhkan adalah pertumbuhan backlink yang natural,pertumbuhan backlink yang terlalu ekstrim justru akan jadi bumerang pada web itu sendiri ! trims infonya..sangat bermanfaat ! thanks jg dengan tips nya yang lain … :)

    Reply
  197. Waduh ane salah strategi nih gan…
    Malah banyak backlink ke kome page ane :(

    Reply
  198. Waaah.. ternyata banyak sekali strategi untuk membangun backlink

    Reply
  199. taya sob,
    apa itu link juice?
    trus apabila kita ingin membuat link yang mengarah ke situs lain sebaiknya rel dofollow atau nofollow? mana yang lebih baik?

    Reply
  200. Hmm, terima kasih bro..numpang belajar ilmu bangun backling-nya…

    Reply
  201. wihhhh backlink memang bikin pusing….ada relevansi,ip c block,timing dll…google sulit di manipulasi ya sekarang

    Reply
  202. Betul juga gan, saya ngeblog asal ngeblog, gak mudeng masalah ini itu…. seandainya ada yang mau ngajari

    Reply
  203. Rupanya di web ini banyak artikel yang sangat keren..
    Saya jadikan referensi saya untuk menambah ilmu SEO.

    Thanks Gan

    Reply
  204. mudah mudahan saya bisa menerapkan ilmu dari bang max menrue ini, trima kasih atas ilmu yang di berikan.. :)

    Reply
  205. mantap gan stragtegi nya
    saya harus coba nih, supaya backlink nya lebih kuat lg
    thaks yah gan
    good luck gan

    Reply
  206. Artikel yang bermanfaat mas. Mohon diperjelas lagi mas mengenai apa itu link juice dan apa manfaatnya dan apa contohnya. Newbie disini kebingungan. Tetap kok, artikelnya sangat bermanfaat ! – Regards

    Reply
    • Maksudnya link juice itu adalah link yang berasal dari berbagai jenis website menuju website kita. Misalnya, link dari media sosial, link dari berbagai web 2.0, link dari komentar di blog orang lain, link dari guest post, link dari website forum, dan lain-lain. Nah keseluruhan link itulah yang disebut dengan link juice atau campuran link dari berbagai sumber.

      Thanks for your great Comment :)

      Reply
  207. wah ternyata inner page itu ternyata lebih berpengaruh backlink tinggi ketimbang home page..

    Reply
  208. terimakasih mas, sangat bermanfaat bagi ane yang masih newbie. mau tanya untuk over optimasi maksudnya apa ya? kemudian apakah adsense juga memperngaruhi seo?

    Reply
    • Over optimasi artinya optimasi website yang terlalu berlebihan, baik dari sisi on page ataupun offpage. Biasanya website yang melakukan praktek ini cepat naik posisinya di SERP, tapi tidak akan bertahan lama. Menurut saya, penempatan iklan Adsense bisa juga mempengaruhi SEO, itu sebabnya kenapa website MFA (made for adsense) biasanya tidak bertahan lama di SERP Google.

      Reply
  209. wah makasih bgt mas,, lengkap, mudah dimengerti lagi buat orang awam :) asik ilmu baruu..

    Reply
  210. salam.. makasih banyak atas ilmunya yg di bagikan, smoga buat saya bs bermanfaat ya.

    Reply
  211. Penggunaan anchor text sangat berpengaruh, tepat sekali seperti yang dibahas diatas bahwa pembagian acnhornya haruslah tepat dan bijaksana.

    Rasanya aneh juga kalau sebuah blog/website hanya mendapat backlink dengan satu anchor, terlihat tidak natural dan seakan-akan dibuat-buat..

    Pembahasan yang sangat menarik :D

    Salam

    Eddy Wijaya

    Reply
  212. wah lengkap sekali, harus berulang-ulang nih baca nya agar gak lupa

    Reply
  213. mantap gan, cocok bagi saya yang msih harus bnyak belajar mengnai backlink tersebut
    mksih infonya,saya tungu info selanjutnya

    Reply
  214. Makasih mas ilmunya. oh ya mau tanya apakah ada pengaruhnya kalau kita membacklink dengan menggunakan IP komputer yang berbeda? terima kasih sebelumnya. mohon jawabannya.

    Reply
  215. Wah mantap juga nih strategi yang jitu banget memang sih masuk akal juga strateginya apalagi dari backlink dari website berkwalitas wah bisa meroket kali ya
    thank om strateginya tambah pengalaman ga sia-sia mampir di websitenya lain kali pasti akan mampir lagi

    Reply
  216. Rupanya begitu banyak hal yang harus diperhatikan dalam membangun backlink saya kira hanya perlu merhatiin jumlah backlink, dofollow, dan keunikan anchor text rupanya ada ukuran persentase tersendiri, makin pusing saya jadinya.

    Reply
  217. Saya sangat suka dengan artikel anda,saya bekerja di dunia SEO! artikel yang anda paparkan tepat sekali…

    Reply
  218. “Terdampar di sini lagi”, hebat mas, dengan keyword yg berbeda, saya menemukan blog ini. Keren.

    Reply
  219. Artikel yang sangat bagus. Menambah wawasan saya untuk meningkatkan rankin web saya. Lalu bagaimana jika saya banyak menggunakan jasa backlink dari web directory? Apakah ada resikonya juga?

    Reply
  220. semakin penasaran sama artikel yang agan posting di web ini soalnya nambah ilmu makasih banyak gan sukses selalu

    Reply
  221. Pelajaran SEO Baru, Semoga backlink dapat mendongkrak pengunjung websiteku :D

    Reply
  222. saya sempat pusing dengan mencari backlink untuk website saya ,tetapi kalau menurut saya backlink yang paling bagus adalah di facebook,akan tetapi yang saya bingung setiap saya menaruh link di facebook kok malah facebook saya terblokir,mohon bantuanya mas

    Reply
  223. Waduh, pusing kalo disuruh mikirin Google Penguin dan Google Panda
    saya enaknya pake cara blogwalking aja sama ngeshare di media social
    ga terlalu paham SEO soalnya,hehehe… :p

    Reply
  224. semakin menarik mas ilmu2nya, buka page yang lain siapa tahu bisa langsung di SERP 1

    Reply
  225. Ternyata harus benar-benar diseleksi baik-baik, selama ini saya masih amburadul cara membangun backlink,

    Reply
  226. Pusing saya dengan google, algoritmanya sering berubah tahun ini. Setiap kali berubah, pasti dampaknya tidak searah dengan update selanjutnya.

    Seperti kemarin, backlink yang natural dan grafiknya menaik, sangat direkomendasikan. Eh sekarang, baclink bisa jadi blunder kalo isinya gak relevan (bad backlink).

    Sekarang update lagi, ganti lagi. Padahal yah, kalau mau dibandingkan soal kualitas tulisan/artikel, saya berni head to head. Gammick banget google 2 tahun terakhir. :(

    Reply
    • Itulah misteri Google mas, saya juga mengalami hal yang sama. Naik turun peringkat sering banget terjadi pd postingan blog saya hehehe. Iya, saya lihat artikel di blog nya bagus-bagus kog, loadnya juga cepet banget.

      Reply
  227. makasih infonya, sy masih belajar n coba coba, soalnya web sy masih sepi pengunjung,
    by : thejamtangan.com

    Reply
  228. mantap gan buat saya yang masih pemula, tp agak sulit juga ya membangun Backlink yang ber kualitas harus ada ukurnya kalu sampai berlebihan berdampak buruk juga buat web kita,,,,hehehe ters ni saya mau nanya bagaimana caranya sebuah web yang terlalu banyak Backlink atau inboundlink

    Reply
  229. Produk dijamin asli
    TILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    Dijual

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando – Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 – Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 – Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM – Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 – Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Nokia C2-06 Touch & Type – Dual GSM
    Rp.450.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 – Black
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) – Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB – Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Acer Aspire S3-951-2364G34iss
    Rp. 1.200.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mm
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000

    Reply
  230. Untuk blog yang sudah terindex tapi masih di halaman yang jauh bagaimana cara menaikannya agar bisa masuk 10 besar. Misalnya saja blog saya ramuanobatkuattradisional.com dengan tema ramuan obat kuat tradisional, saat ini posisinya sudah masuk halaman 13 google.co.id, jadi optimasi yang baik agar menembus top ten gimana ya pak? Terima kasih

    Reply
    • Yang perlu diperhatikan itu cumah dua mas, On page SEO dan Off Page SEO, itu aja.

      On page SEO: struktur website, konten, kecepatan load, dll
      Off page SEO: backlinks, media sosial

      Reply
  231. buat saya yang lagi coba2 semua di lakuin itung2 belajar+pengalaman baru hihihihihi

    Reply
  232. artikelnya sangat membantu kami dalam membangun backlink ke depan.

    Reply
  233. Baru paham saya seputar BackLink, perlu waspada neh. Berarti lebih baik. blogwalking ke situs yang serupa ya? Galau Max….

    Segitu besar pengaruh backlink, hiks. Selama ini berarti saya penuh dosa terhadap mbah google, maaf lahir bati dah

    Reply
    • Backlinks itu sama saja seperti rekomendasi dari website lain, jadi menurut saya ya sangat penting. Blog walking sebenarnya tidak selalu harus ke website yang topiknya sama, bisa juga ke web yg topiknya umum. Tapi akan lebih baik bila persentase jumlah backlinks nya berasal dari website yg topiknya sama dengan topik web kita.

      Reply
    • Hehehe, ga masalah sih kalau merasa tidak perlu backlinks. Tapi saya pribadi, karena blog menjadi salah satu peluang bisnis, saya merasa perlu mengoptimasinya dengan backlinks :)

      Reply

Leave a Comment