Proactive Assistant ~ Asisten Virtual Terbaru Milik Apple

proactive assistant

Sebuah event tahunan yang diadakan oleh Apple yaitu WWDC 2015, menjadi sebuah tempat untuk Apple memperkenalkan teknologi terbaru mereka. Teknologi terbaru mereka ini adalah sebuah pembaharuan dari teknologi Siri yang mereka namakan dengan Proactive Assistant.

Proactive Assistant adalah sebuah teknologi yang diklaim sepintar Google Now. Hal ini tidak mengherankan karena selama ini Apple memang dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang dengan inovasinya yang powerfull selain #Google.

Profil Singkat Apple

Menurut Wikipedia, Apple Inc. yang sebelumnya memiliki nama #Apple Computer Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional yang memiliki pusat operasional di Silicon Valley, Cupertino, California. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer serta komputer pribadi.

Apple Inc didirikan pada tanggal 1 April, 1976 oleh Steve Jobs dan dan dibuat menjadi sebuah perusahaan Apple Computer Inc. pada tanggal 3 Januari 1977. Namun pada 9 Januari 2007 kata “Computer” yang ada dibelakang nama Apple dihapus untuk menegaskan bahwa Apple memiliki fokus pengembangan terhadap bidang elektronik konsumen.

Artikel lain: Teknologi Cortana ~ Fitur Personal Assitant Canggih di Windows 10




Sekilas Mengenai Teknologi Siri

Siri adalah, asisten pribadi pintar yang menolong Anda menyelesaikan segala sesuatu cukup dengan meminta. Siri memungkinkan Anda menggunakan suara Anda untuk mengirim pesan, jadwal pertemuan, melakukan panggilan telepon, dan lainnya. Tetapi Siri tidak seperti perangkat lunak pengenalan suara konvensional yang mengharuskan Anda untuk mengingat kata kunci dan menyebutkan perintah tertentu. Siri mengerti suara natural Anda, dan Siri menanyakan sesuatu jika memerlukan informasi lebih lanjut untuk menyelesaikan tugas.

Siri pertama kali diperkenalkan sebagai #aplikasi iOS yang tersedia di App Store yang dibuat oleh Siri Inc. Lalu berkat inovasi Siri tersebut kemudian Apple mengakuisisinya pada tanggal 28 April 2010. Awalnya Siri akan tersedia diberbagai perangkat namun karena Apple mengakuisisinya rencana pengembangan tersebut batal dilakukakan. Siri sekarang merupakan bagian terpenting dari iOS seri ke 5 dan hanya tersedia di perangkat iPhone 4S.

Apa itu Proactive Assistant

Vice Predisent of Software Engineering Apple, Craig Federighi mengatakan Proactive Assitant adalah sebuah #teknologi  asisten virtual yang menawarkan sebuah pengalaman baru untuk memudahkan pengguna produk Apple. Proactive Assitant adalah sebuah teknologi kombinasi dari Google Now dan tool serupa dimana teknologi ini mampu memprediksi apa yang dibutuhkan oleh penggunanya walaupun kebutuhan tersebut belum terpikirkan oleh penggunanya.

Sebagai contoh kasus dengan menggunakan Proactive Assistant ini pengguna dapat membuat reminder soal halaman web, penggunaan aplikasi di waktu tertentu dan mampu mendeteksi kapan Anda mengendarai sebuah kendaraan. Proactive ini menggunakan interface seperti interface yang dimiliki oleh Apple Watch.

Kelebihan Proactive Assistant

Pada teknologi baru Siri ini, semua hal dapat dilakukan secara otomatis  seperti menemukan nomor telepon yang tidak dikenal dengan cara mngidentifikasinya melalui #email guna mengetahui siapa yang melakukan panggilan. Sama seperti teknologi milik Google yaitu Google Now, Proactive Assistant juga mampu menampilkan berbagai informasi terbaru pada layar lockscreen, termasuk menampilkan aplikasi – aplikasi apa saja yang dapat anda gunakan untuk menunjang kebutuhan Anda setiap hariny hingga menampilkan fitur “Now Playing” sebuah lagu.




Bukan hanya itu saja, Proactive juga didesain untuk mampu memberikan sebuah saran seperti kapan harus menuju atau meninggalkan kantor atau kegiatan tertentu berdasarkan kalender kegiatan. Pemasukan informasi data pada kalender juga akan memungkinkan aplikasi ini untuk memberikan pemberitahuan secara berkala tepat ketika Anda membutuhkannya.

Baca juga: YessBoss ~ Asisten Virtual dengan Konsep Conversation Commerce

Pada pembaharuan Siri kali ini Apple juga menambahkan beberapa widget yang nantinya akan ditampilkan pada Spotlight tepat di bawah kotak pencarian. Sebagai contoh, informasi kontak yang baru saja Anda hubungi, jadwal kegiatan dan Passbook pass.

Widget-widget tersebut akan tampil dengan otomatis meski tanpa Anda minta. Sebagai contoh saat Anda memiliki rencana makan malam dengan kekasih Anda atau menonton sebuah konser musik  yang sebelumnya sudah Anda simpan jadwalnya di kalender dan Passbook, maka dengan fitur Spotlight akan menyediakan sebuah akses cepat mengenai informasi tiket ketika konser tersebut belum dimulai. Dengan aplikasi ini juga Anda dapat mengetahui tempat – tempat menarik yang dapat dikunjungi di sekitar tempat Anda berada. Menarik bukan.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud