YessBoss ~ Asisten Virtual dengan Konsep Conversation Commerce

Startup YessBoss

Siapa yang tidak kenal Siri milik Apple dan Google Now milik raksasa internet #Google. Keduanya adalah teknologi asisten virtual yang dapat membantu Anda mempermudah kegiatan sehari – hari. Selain itu Anda pasti mengenal istilah Jarvis, mungkin untuk Anda yang suka menonton film Iron Man garapan studio film Marvel tentu tak awam lagi dengan kata tersebut.

Kata jarvis sering disebut oleh tokoh utamanya Tony Stark. Secara garis besar Jarvis adalah asisten virtual yang dapat membantu Anda sehari hari sama dengan Siri dan Google now, namun ada sebuah gagasan baru yang hampir mendekati Jarvis yaitu YessBoss, sebuah layanan asisten virtual yang dapat melayani Anda langsung hanya menggunakan pesan teks (SMS) secara gratis.

Artikel lain: Go-Food ~ Layanan Delivery Makanan Terbaru Dari Go-Jek

Profil Singkat YessBoss

YesBoss adalah sebuah #startup yang menyediakan layanan asisten virtual dengan mengusung konsep conversation commerce yang tengah menjadi tren baru di  industri startup dunia.

Sebagai contoh di Negeri Jiran Malaysia sendiri, Startup serupa telah ada yaitu Be Malas yang baru saja menerima pendanaan. Global Managing Director YesBoss, Irzan Raditya, mengatakan bahwa konsep conversation commerce dinilai sangat efektif untuk memberikan beberapa kemudahan dan pengalaman baru dalam menjalankan keseharian Anda seperti melakukan pemesanan makanan, reservasi restoran, berbelanja, dan lain sebagainya.




Dengan asisten virtual yang punya konsep conversation commerce  ini Anda cukup menggunakan sebuah layanan SMS untuk mengirimkan permintaan yang nantinya akan di follow up secepat mungkin oleh Tim YesBoss. Anda cukup daftarkan diri Anda di situs resmi YessBossnow.com lalu ikuti langkah – langkah yang tersedia sampai selesai.

Startup YesBoss ini telah resmi hadir untuk publik, tapi untuk sekarang pihak YessBoss membatasi  pengguna untuk 2000 user dulu untuk bulan ini. “Sungguh di luar ekspektasi kami, tadinya kami menilai masyarakat jauh lebih memilih #aplikasi serupa dari pada SMS. Ternyata hal yang di luar bayangan kami terjadi, kurang dari seminggu layanan kami telah mendapatkan kurang lebih 750 users,” Irzan Raditnya menjelaskan.

Hal tersebut sungguh luar biasa, pasalnya sekarang memang orang – orang cenderung lebih menyukai aplikasi. Namun waktu keadaan memang sulit di tebak, ternyata SMS masih punya tempat khusus di masyarakat.

Cara Kerja YessBoss

Layanan YessBoss ini tidak memiliki kalimat atau kata perintah khusus bagi pengguna yang ingin menggunakan YessBoss. Saat ini YesBoss sudah bisa melayani sembilan permintaan utama yang tertera pada laman utama situs mereka, Untuk sekarang YessBoss memiliki fokus terhadap di tiga pokok layanan seperti food delivery, Pemesanana tiket penerbangan dan hotel dan masih banyak lagi layanan yang nantinya akan dikembangkan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memerintahkan hal lain, Irzan mengatakan Anda harus mencobanya untuk mengetahui lebih jauh tentang layanan mereka.

aplikasi yessboss




Saat ini seluruh layanan YessBoss menggunakan Client Service Representative (CSR) yang dalam teorinya #teknologi ini tidak ada yang mengalahkan interaksi antar manusia. Untuk terus mengembangkan layanannya pihak YessBoss mengatakan bahwa mereka sedang menyiapkan teknolgi Artificial Intelligence (AI) yang juga menggunakan teknologi bernama Natural Language Processing.

Karena dalam kenyataannya untuk memproses dan melatih AI membutuhkan sumber data yang banyak sekali, Tim YessBoss mengatakan semuanya akan dilakukan secara manual sekarang. Meskipun demikian YessBoss mengatakan bahwa mereka tidak akan menghilangkan posisi CSR di sini, karena menurutnya peran AI ditambahkan dengan manusia akan menjadikan sebuah teknologi yang sangat canggih.

Baca juga: Kulineran.com, Berwisata Kuliner Kini Tidak Perlu Repot Keluar Rumah

Kiprah Awal YessBoss

YessBoss diawal kelahirannya sudah mendapatkan sambutan sangat positif dari masyarakat. Untuk itu tim YesBoss akan fokus terhadap menarik minat pengguna sekaligus akan  mengoptimalkan algoritma yang nantinya akan memudahkan CSR mereka memberikan sebuah pelayanan terbaik kepada pelanggan. Tim YesBoss menjelaskan bahwa mereka akan turut terjun ke aplikasi mobile guna memberikan kenyamanan para pengguna. Untuk mewujudkaan langkah mereka lebih jauh, saat ini YessBoss tengah melakukan penggalangan dana.

Disinggung mengenai model bisnis yang akan diusung oleh YessBoss, YesBoss mengatakan pihaknya sejauh ini telah membuka peluang kerja sama berupa direct partnership dan affiliate untuk dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak dari berbagai industri vertikal untuk terus mengembangkan YessBoss lebih baik lagi. Irzan sebagai founder mengaku optimis akan masa depan startupnya ini akan menjadi besar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud