Fitur Siri ~ Teknologi Voice Assistant Inovatif Khas Apple

siri

Begitu mendengar kata Apple, yang terbayang di benak kita pastilah raksasa teknologi yang tidak pernah berhenti mengembangkan produk-produk teknologi yang canggih dan keren. Ya, #Apple seakan ingin selalu memenangkan kompetisi teknologi antar perusahaan IT. Hal tersebut yang membuat Apple tidak pernah berhenti melakukan inovasi produk.

Salah satu inovasi Apple yang paling terkenal adalah teknologi Siri yang disertakan pada produk-produk besutan Apple.

Apa yang Dimaksud Dengan Siri?

Teknologi Siri yang diluncurkan sejak periode Oktober 2011 merupakan teknologi asisten pribadi pintar berbasis perintah suara yang mampu memudahkan aktivitas para penggua produk Apple. Dengan kemampuan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, membuat jadwal meeting serta beragam kemampuan lainnya, kehadiran Siri dirasa cukup untuk menjawab kebutuhan para pengguna produk Apple yang memiliki segudang aktivitas.

Siri dilengkapi dengan #teknologi canggih sehingga mampu mengenali suara kita secara natural. Bahkan Siri juga mampu menanyakan suatu informasi yang dibutuhkan sebelum menyelesaikan tugas yang kita berikan. Dalam perkembangan perangkat mobile, Siri mungkin dapat disebut sebagai salah satu fitur paling inovatif meskipun dalam penggunaannya masih ditemukan beberapa kekurangan.

Artikel lain: Inilah Kecanggihan Teknologi yang Disediakan oleh iOS 8




Inovasi Siri di iOS 6

Pada iOS 6, Siri hadir dengan sejumlah fitur baru yang lebih pintar dan lebih keren dari fitur-fitur Siri di versi #iOS pendahulunya. Beberapa keunggulan Siri di iOS 6 antara lain :

  • Mampu mengenal lebih banyak bahasa

Siri yang tadinya hanya bisa mengenali bahasa Inggris, Jerman dan Perancis mulai diperbaharui untuk mengenal bahasa lain seperti bahasa Mandarin, Jepang, Hongkong, Italia, Korea, Meksiko dan beberapa jenis bahasa lainnya. Wah, sepertinya kita masih harus bersabar untuk menunggu Siri diperbaharui dalam versi bahasa Indonesia, ya.

  • Mendapatkan update informasi hasil pertandingan olahraga

Beberapa pertandingan olahraga seperti Liga Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, Premier League, NBA dan beberapa pertandingan olahraga tingkat dunia lainnya sudah terintegrasi dengan Siri secara baik. Hasilnya, dengan bertanya pada Siri tentang pertandingan tersebut, kita akan mendapatkan jawaban akurat seputar pertandingan olahraga yang sempat terlewatkan. Praktis dan canggih, layaknya bertanya pada teman sendiri.

  • Mau cari informasi tentang film di bioskop? Tanyakan pada Siri!

Bukan hanya mengetahui informasi seputar hasil pertandingan olahraga, Siri ternyata juga mengetahui informasi seputar film yang baru dirilis dan sedang beredar di bioskop. Para pengguna iOS 6 juga bisa mencari info mengenai film dengan aktor tertentu atau rating film berdasarkan versi Rotten Tomatoes. Mengingat banyaknya jumlah pengguna produk Apple di Indonesia, semoga kedepan Siri juga bisa memuat informasi mengenai film-film di bioskop Indonesia.

  • Update status Facebook atau Twitter secara otomatis

Fitur Voice Dictation yang disertakan pada Siri iOS 6 membuat kita bisa memerintahkan update status Twitter atau #Facebook. Tanda baca seperti titik dan koma juga harus diperintahkan dengan menggunakan kata-kata seperti kata “period” untuk perintah titik dan “comma” untuk perintah koma. Karena Siri mampu menerjemahkan voice dictation dalam bahasa Inggris, kita harus mengupayakan perintah tersebut dengan meminimalkan aksen bahasa Indonesia untuk meminimalkan terjadinya kesalahan Siri saat update status.




  • Mencari lokasi menarik yang dekat dengan posisi kita

Ketika kita kebingungan mencari restoran atau kafe di sekitar kita, maka kita bisa menggunakan bantuan Siri untuk menemukannya. Cukup tanyakan lokasi restoran atau kafe dalam bahasa Inggris, maka Siri siap mencarikan informasi mengenai lokasi yang kata tanyakan. Untuk Indonesia, Siri baru mampu menemukan lokasi Starbuck di kawasan Jakarta. Tentu saja kita mengharapkan agar Siri bisa memperkaya database tentang sejumlah lokasi menarik di Indonesia.

  • Kemampuan untuk memahami bahasa Inggris dengan aksen Indonesia

Aksen Indonesia yang sering digunakan ketika mengucapkan bahasa Inggris sering membuat Siri mengalami kekeliruan dalam menerjemahkan perintah. Namun kini rupanya teknologi Siri terus berbenah diri demi memahami bahasa Inggris dengan aksen Indonesia yang kental.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa iPhone Masih Menjadi Pilihan Dari Smartphone Lain

Meski baru bisa digunakan pada beberapa produk Apple seperti iPhone 4s, iPhone 5, iPad generasi ketiga dan iPod Touch generasi kelima, kedepannya tentu kita mengharapkan agar Siri mendapat bekal teknologi yang semakin canggih dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna produk Apple di Indonesia. Teknologi bukan cuma bisa digunakan untuk eksis, tapi juga harus dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas yang lebih bermakna.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud