Teknologi Cortana ~ Fitur Personal Assitant Canggih di Windows 10

Teknologi Cortana ~ Fitur Personal Assitant Canggih di Windows 10

cortana

Pernah mencoba kecanggihan teknologi Siri di iOS?

Tidak ada pengguna #teknologi yang tidak terpukau dengan kecanggihan si personal assistant besutan Apple tersebut. Kita bisa memperoleh banyak informasi secara praktis dengan bantuan Siri. Bukan cuma membantu kita untuk mendapatkan informasi, Siri juga bisa memberikan kemudahan lainnya jika kita memberikan perintah untuk menerjemahkan suatu file atau untuk membuka aplikasi tertentu.

Kalau dulu kecanggihan si personal assistant hanya bisa dimanfaatkan oleh para pengguna iOS kini pengguna #Windows juga bisa merasakan hal serupa melalui kehadiran teknologi Cortana di Windows 10.

Apa itu Teknologi Cortana

Teknologi Cortana adalah salah satu #aplikasi mobile pada Windows yang diluncurkan pada 21 Januari 2015. Serupa dengan fungsi Siri, Cortana adalah personal assistant baru yang bisa digunakan oleh para pengguna Windows 10. Meskipun kehadiran Cortana masih terbilang baru dan belum bisa dikatakan lulus Turing Test, namun teknologi Cortana tentu akan memberikan pengalaman mobile yang lebih seru dan canggih bagi kita.

Semakin sering Cortana membantu kita untuk melakukan aktivitas mobile, maka Cortana akan mengenal kita dengan baik dan bisa memberikan bantuan secara efektif.

Artikel lain: Ini Fitur Andalan Windows 10, Sayang Untuk Dilewatkan

Cara Menggunakan Cortana Di Windows 10

Kalau kita sudah melakukan instalasi Windows 10, maka kita bisa segera menggunakan Cortana secara leluasa. Kita hanya perlu mencari aplikasi Cortana pada search box yang terdapat di taskbar.

Setelah aplikasi Cortana berhasil dibuka, segera klik bagian kiri atas aplikasi untuk melakukan setting pada menu Cortana. Aturlah setting Cortana agar bisa memberikan respon ketika kita memberikan perintah dalam bentuk suara.

Usai mengaktifkan aplikasi personal assistant ini, kita bisa menggunakan laptop atau gadget seperti biasa. Tinggal katakan “Hey, Cortana” diikuti dengan perintah atau pertanyaan yang ingin kita sampaikan ketika kita membutuhkan bantuan dari aplikasi pintar yang satu ini.

Apa Saja yang Bisa Cortana Lakukan untuk Kita?

Kita bisa melakukan percakapan yang santai dan natural dengan Cortana. Selanjutnya, Cortana bisa menjadi rekan chat, bertindak sebagai pencari informasi atau melakukan sesuatu untuk kita.

Beberapa contoh pertanyaan yang bisa diajukan dalam bahasa Inggris kepada Cortana misalnya pertanyaan mengenai jumlah kalori yang terkandung dalam telur rebus, score pertandingan NBA terakhir, pertanyaan mengenai lelucon atau hal-hal lucu (tell me a joke), mengatur jadwal kegiatan yang sudah kita buat sebelumnya atau mengganti waktu kegiatan yang sudah kita tetapkan.

Serasa seperti memiliki personal assistant yang pintar dan sigap, kehadiran teknologi Cortana tentu memberi warna baru bagi kecanggihan aneka fitur lainnya di Windows 10.

Membuat Pengaturan Istimewa pada Cortana

Pengaturan yang kita buat pada Cortana’s Notebook akan membuat Cortana jadi lebih mengenal kepribadian dan kebiasaan kita sehingga Cortana dengan mudah melakukan penyesuaian terhadap aktivitas kita. Kita bisa memberitahu Cortana tentang hobi kita, tempat-tempat favorit atau waktu personal saat kita tidak ingin diganggu oleh kegiatan apapun.

Kecanggihan teknologi Cortana membuat aplikasi ini dapat melakukan pengaturan level baterai gadget atau laptop, fitur pencarian atau pengaturan lainnya sesuai dengan karakteristik yang kita sampaikan atau karakteristik yang tergambar pada akun #Facebook kita. Jika kita tidak menghendaki Cortana membuat pengaturan hingga terlalu detail, maka menon-aktifkan fitur pengaturan bisa kita lakukan tanpa menghapus memori Cortana yang sudah mengingat karakter kita.

Baca juga: 7 Fakta Seputar Windows 10 Yang Akan Segera Rilis 29 Juli 2015

Tahap-tahap Pengembangan Cortana

Teknologi Cortana yang hingga saat ini masih berada dalam tahap pengembangan masih membutuhkan penyempurnaan sebelum siap digunakan oleh para pengguna setia Windows. Dengan demikian Cortana tidak berdiri sebagai aplikasi mandiri di Windows 10, namun bisa menjadi pelengkap yang kecanggihannya mampu menunjang kecanggihan berbagai fitur Windows 10 lainnya.

Para pengguna setia Windows pasti sudah tidak sabar menantikan kejutan yang akan diberikan Cortana pada Windows 10. Semoga kecanggihan Cortana juga bisa dimanfaatkan secara efektif dan tepat guna oleh seluruh pengguna Windows di Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan