Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah, Kerjanya Sebentar Untungnya Banyak

Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah

Apakah Anda pernah berniat untuk menjalankan bisnis antar jemput anak sekolah? Ternyata peluang usaha yang satu ini masih sangat menjanjikan dan bisa dikerjakan sebagai sampingan.

Usaha antar jemput anak sekolah masih termasuk dalam kategori usaha kecil menengah. Selain membutuhkan modal yang cukup besar, Anda juga harus punya pengetahuan dalam menjalankan usaha ini.

Salah satu kelebihan bisnis antar jemput anak sekolah adalah dalam hal waktu kerjanya. Rata-rata mengantarkan anak sekolah itu adalah mulai pukul 06.00 – 07.00 pagi. Sedangkan untuk menjemput adalah pukul 13.00 – 14.00 siang. Waktu kerjanya singkat dan cukup mudah dijalankan.

Target Konsumen Usaha Antar Jemput Anak Sekolah

Bisnis jasa antar jemput anak sekolah ini sangat cocok bagi mereka yang berada di sekitar perumahan atau pemukiman yang banyak anak dan jauh dari sekolah. Khususnya siswa Sekolah Dasar (SD).

Para orang tua yang berprofesi sebagai pekerja seringkali tidak bisa mengantar anak mereka ke sekolah karena harus berangkat kerja. Orang tua biasanya lebih memilih jasa antar jemput anak kesekolah dengan biaya yang masih terjangkau. Alasannya, karena para orang tua harus bekerja dan jasa antar jemput anak dirasa lebih efesien dari sisi waktu dan biaya.

Selain itu, usaha antar jemput anak sekolah juga harus berusaha bekerjasama dengan pihak sekolah. Mengapa? Bisnis Anda harus dipercaya oleh pihak konsumen dan juga oleh pihak sekolah karena ini berhubungan dengan anak-anak didik mereka.




Menjalin komunikasi yang baik dengan para orang tua dan pihak sekolah secara terus menerus akan meningkatkan reputasi bisnis jasa antar jemput yang Anda bangung. Reputasi yang baik akan memberikan dampak yang luar biasa pada perkembangan bisnis Anda nantinya. Jadi, membangun reputasi harus dilakukan sejak awal.

Analisis Modal Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah

Bila Anda sudah punya mobil sendiri yang memadai, tentu modal untuk pengadaan kendaraan akan jauh lebih kecil. Namun, bila Anda belum memiliki kendaraan dan ingin membelinya secara mencicil, maka simulasi perkiraan modal usaha berikut ini bisa dijadikan referensi.

Anggaplah Anda ingin membeli mobil bekas yang kondisinya masih bagus secara kredit.

No. Daftar Pengeluaran Pengeluaran per Bulan (Rp)
1. Membeli Kendaraan Bekas Rp100 juta dicicil. Dp kendaraan 30% Rp30.000.000,-

Cicilan bulanan(48 bulan) Rp1.900.000,-

1.900.000,-
2. Bahan Bakar Kendaraan
Rp50.000/ hari x 25 hari
1.250.000,-
3. Gaji Supir 1.000.000,-
4. Biaya lain-lain 1.000.000,-
TOTAL 5.150.000

Artikel lain: Peluang Usaha Mainan Anak Edukatif yang Menguntungkan

Anggaplah bisnis jasa antar jemput anak yang Anda jalankan sudah mendapatkan 16 anak. Proses antar jemput harus dilakukan dua kali dalam sehari.

Jika masing-masing anak dikenakan biaya Rp600.000/ bulan maka total pemasukan yang diterima adalah Rp9.600.000/ bulan. Pendapatan ini kemudian dipotong dengna pengeluaran bulanan, sehingga sisa pendapatan Anda menjadi Rp4.450.000/ bulan.

Perlu dicatat bahwa biaya yang dikenakan pada masing-masing anak itu tergantung wilayah tempat bisnis Anda. Dan seharusnya modal awal dan pengeluaran bisa disiasati agar lebih ringan, misalnya bekerjasama dengan rekan yang punya mobil untuk bekerjasama menjalankan bisnis ini.




Selain itu, kita juga bisa menekan biaya operasional dengan mengatur rute antar jemput anak sekolah agar jarak tempuh lebih singkat. Dan jika ingin menambah pendapatan, kita juga bisa melayani jasa antar jemput untuk anak yang sekolah siang. Namun, tentu saja waktu kerja Anda menjadi lebih banyak.

Perhitungan analisis modal dan keuntungan bisnis antar jemput anak sekolah di atas hanya untuk satu kendaraan. Kita masih bisa mengembangkan bisnis ini dengan menambah armada sehingga bisa melayani lebih banyak anak.

Tips Memulai Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah

Berikut ini adalah beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan jika ingin menjalankan usaha layanan antar jemput anak:

  1. Siapkan kendaraan yang dibutuhkan untuk mengantar jemput anak. Pengadaan kendaraan ini bisa dengan cara membeli atau dengan bekerjasama dengan orang lain.
  2. Survey rute antar-jemput. Ini sangat penting karena bisa menekan biaya operasional bisnis Anda.
  3. Melakukan promosi secara berkala. Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan, diantaranya; melalui penyebaran brosur ke sekolah atau perkantoran, memasang iklan di koran, atau menempel poster di mading sekolah.
  4. Menentukan tarif antar jemput anak. Biaya antar jemput bisa disesuaikan dengan jumlah anak dan juga rute karena akan berkaitan dengan biaya operasional. Jangan memberikan harga terlalu murah atau terlalu mahal, Anda bisa sesuaikan dengan situasi dan kondisi di tempat Anda.
  5. Memberikan pelayanan yang maksimal. Sejak awal, Anda dan tim harus berkomitmen memberikan pelayanan jasa antar-jemput secara maksimal. Salah satu contohnya adalah masalah waktu, jangan pernah terlambat menjemput anak.
  6. Tingkatkan bisnis sesuai dengan permintaan. Seringkali ada permintaan untuk antar jemput karyawan, bila ini terjadi maka Anda harus mempertimbangkan potensi bisnisnya.

Baca juga: Peluang Usaha Salon Anak yang Menjanjikan dan Analisis Bisnisnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai peluang bisnis antar jemput anak sekolah dan analisis potensi bisnisnya. Mungkin penjelasan di atas tidak mendetail, namun setidaknya Anda punya sedikit gambaran mengenai peluang bisnis ini.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. masih sulit untuk di daerah saya, tarif antar jemput belum semahal itu

  2. Artikel yang sangat insperatif bang, memang kita harus pinter-pinter cari peluang bisnis yang gak bikin rebutan atau harus bermasalah dengan yang lainnya seperti bisnis trend sekarang di bidang ojek dan okar.

    setelah baca artikel ini saya jadi kebuka ide untuk melakukan pelaku antar jemput sekolah sepertinya bisa buat pondasi hidup tambahan hehehe. thanks ya bang

  3. Selain menggunakan mobil, bisnis antar jemput juga bisa dilakukan secara personal yaitu pakai motor.
    Di beberapa tempat sebuah motor dapat membawa 2-3 anak, namun tetap diutamakan keselamatan. :D
    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud