Peluang Usaha Mainan Anak Edukatif yang Menguntungkan dan Bermanfaat!

Peluang Usaha Mainan Anak Edukatif yang Menguntungkan dan Bermanfaat!

Usaha Mainan Anak Edukatif
Mainan edukasi anak

Usaha mainan anak edukatif nampaknya bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang lumayan menguntungkan untuk ditekuni saat ini. Pasalnya, banyak dari orang tua yang mulai menyadari betapa pentingnya mainan yang mereka berikan terhadap tumbuh kembang serta kecerdasan sang buah hati.

Mainan anak edukatif ini dirasa bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi keresahan para orang tua tersebut. Selain bisa bermain, anak-anak dinilai bisa meningkatkan kerja otak yang juga berguna untuk mengasah kecerdasan mereka. Karena mainan ini memang sengaja dirancang untuk melatih otak anak yang memainkannya.

Selama ini usaha mainan anak edukatif menggunakan bahan kayu sebagai bahan utama. Bahan tersebut biasa disebut dengan MDF, yaitu sejenis triplek namun memiliki tekstur yang lebih halus karena terbuat dari bubuk kayu.

Bubuk kayu tersebut kemudian dibentuk sesuai dengan rancangan atau desain yang telah disiapkan, lalu dilanjutkan dengan proses finishing yaitu dicat menggunakan cat khusus yang tentu memiliki bahan yang aman bagi anak-anak. Diantara mainan anak edukatif yang sudah beredar, beberapa diantaranya memiliki desain menarik sehingga banyak peminat.

Artikel lain: 101 Peluang Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan

Contoh Mainan Anak Edukatif yang Banyak Peminatnya

Berikut beberapa pilihan jenis mainan anak edukatif jika Anda berkeinginan untuk membuka usaha mainan anak edukatif namun memiliki modal yang tak terlalu besar:

  1. Mainan Puzzle

Mainan anak edukatif pertama yaitu puzzle. Selain menyenangkan, permainan ini juga dipercaya bisa meningkatkan dan melatih perkembangan dan kerja otak anak.

Permainan ini mengharuskan si kecil menyusun dan menyelesaikan teka-teki dari sebuah gambar agar bisa menjadi utuh sesuai dengan gambar yang dicontohkan. Uniknya, tingkat kesulitan dan kerumitan dari mainan anak ini juga bisa disesuaikan dengan umur anak.

Mainan ini juga mampu meningkatkan kualitas hubungan antara anak dan orang tua dengan teknik bermain dan belajar bersama.

  1. Mainan Lego

Lego merupakan salah satu bisnis mainan anak edukatif yang sudah lama hadir. Dalam perjalanannya, permainan ini sudah banyak mengalami perkembangan baik jenis dan juga modelnya.

Lego sendiri merupakan permainan menyusun blok agar bisa menjadi sebuah bentuk, biasanya berupa rumah, bangunan hingga nampak seperti istana bahkan monster.

Otak anak akan berkembang karena untuk bisa bermain permainan ini, sang anak dituntut untuk berpikir dalam membangun sesuatu yang tentunya sesuai dengan daya kreatifitas dan keinginan anak tersebut.

  1. Mainan Kartu Bilangan atau Huruf

Dengan kartu bilangan atau huruf ini, anak bisa mengetahui alfabet dan juga melatih logika dengan mengetahui angka-angka di dalam proses bermain.

Hubungan harmonis antara orang tua dan anak juga bisa terjalin, karena orang tua sangat dianjurkan untuk berperan dengan membantu dan menemani anak dalam menyelesaikan permainan.

  1. Mainan Menara Pelangi

Menara pelangi merupakan jenis permainan yang cukup sederhana. Mainan ini berbentuk lingkaran atau cincin warna-warni yang terbuat dari kayu.

Untuk memainkannya, sang anak harus menyusun sesuai dengan urutan ukuran lingkaran, mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil. Perkembangan motorik anak akan lebih terlatih, selain itu anak tersebut juga bisa mengetahui berbagai jenis warna.

Walaupun terlihat begitu sederhana, peluang bisnis mainan anak edukatif ini terbilang menggiurkan.

Tips Memulai Usaha Mainan Anak Edukatif

Sebelum memulai usaha mainan anak edukatif, tentu Anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu sebagai persiapan. Selain itu, agar bisnis yang Anda bangun bisa berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk menyiapkan strategi dan manajemen yang baik dan matang.

Ada beberapa tips sebelum Anda memutuskan untuk mulai membuka bisnis ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan survey; Anda harus melakukan survey dan mengumpulkan berbagai informasi mengenai jenis usaha ini, termasuk trend pasarnya dan jenis produk mana yang paling diminati.
  • Menentukan pasar yang akan menjadi sasaran Anda. Bisnis ini biasanya lebih menyasar para pasangan muda yang masih memiliki anak kecil.
  • Menentukan lokasi penjualan; lokasi yang paling strategis biasanya ada di sekitar playgroup, taman kanak-kanak, taman kota atau mungkin juga sekolah dasar. Anda juga bisa menjadikan lokasi wisata sebagai tempat untuk menjalankan bisnis Anda.
  • Tips terakhir membuka usaha mainan edukatif yaitu pintar-pintar memilih suplier; sebisa mungkin cari suplier yang bisa menyediakan barang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga: Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah

Tips Memilih Mainan Edukasi Anak untuk Dijual

  • Pilih jenis mainan edukasi yang terjamin keamanannya, baik dari sisi bahan dan juga cara kerjanya
  • Jual mainan edukasi anak yang berwarna cerah untuk merangsang indera penglihatan si anak
  • Pilih jenis mainan edukasi anak yang harganya terjangkau dan mengedepankan manfaat bagi si anak.
  • Tentukan jenis mainan edukasi anak berdasarkan kategori usia. Misalnya, untuk mainan anak usia tertentu, contoh 6 bulan, lebih menyukai mainan yang berbunyi (bel, lonceng, musik)

Pemasaran Produk Mainan Anak Edukatif

Jika Anda masih dalam tahap memulai usaha dan terkendala masalah modal, maka strategi pemasaran yang paling efektif adalah melalui media internet. Beberapa media online yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran produk mainan anak edukatif ini adalah:

  • Marketplace (Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, dan lain-lain)
  • Media Sosial (Instagram, Facebook, Pinterest, Twitter, dan lain-lain)
  • Untuk jangka panjang, tentunya Anda juga perlu mempertimbangkan untuk membuat toko online sendiri nantinya.

Selain melalui media internet, kita juga bisa memasarkan mainan anak edukatif tersebut ke sekolah-sekolah, misalnya TK, Playground, dan SD. Mainan edukasi anak ini tentu sangat cocok dipasarkan di sekolah dengan bekerjasama dengan pihak sekolah.

Artikel lain: CleBo, Produk Game Board Seru untuk Cerdaskan Anak Bangsa

Demikian penjelasan ringkas mengenai peluang usaha mainan anak edukatif yang menguntungkan, tips memulai usaha dan memilih mainan anak edukatif yang akan dijual, dan juga tips pemasarannya. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan