Menilik Asal Muasal Melimpahnya Sumber Pendapatan Youtuber

Sumber Pendapatan Youtuber

Image dari Youtube.com

Mengelola sebuah channel YouTube dengan sungguh-sungguh saat ini memang makin banyak digeluti dan diseriusi netizen. Channel #YouTube yang dikelola dengan baik dan menarik memang akan mampu menghasilkan pendapatannya sendiri. Dan menariknya, pendapatan yang bisa mengalir ke kantong para Youtuber (sebutan pengelola akun YouTube) ini bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan milyaran rupiah. Lihatlah bagaimana channel YouTube dengan penghasilan tertinggi PewDiePie yang bisa menghasilkan pendapatan hingga 12 juta dollar AS.

Angka ini tentu saja bukan jumlah yang sedikit untuk ukuran sebuah profesi. Dari sinilah kemudian banyak orang yang coba meraih peruntungan dengan menjadi seorang  Youtuber. Namun ada sebuah pertanyaan yang seringkali mengusik kita tentang angka fantastis dari pendapatan Youtuber ini yaitu dari mana sumber pendapatan Youtuber hingga bisa mendapatkan uang sebesar itu?

Berawal dari Akuisisi Google Terhadap YouTube

Untuk menjawab pertanyaan ini tentu kita harus terlebih dahulu melihat jauh ke belakang dari perusahaan yang ada di balik YouTube. Perusahaan yang ada di balik YouTube sendiri adalah Google. Sejak tahun 2006 YouTube memang telah menjadi bagian dari Google.

Hal ini disebabkan Google saat itu telah melakukan akuisisi atau pengambilalihan aset YouTube dengan nilai akuisisi mencapai 1,65 miliar dollar AS atau setara Rp 23,76 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS). Saat Google mengakuisisi YouTube ini memang banyak orang kaget dan tercengang. Sebab nilai akuisisi ini dinilai sangat besar dan bombastis. Semua orang kemudian menilai bahwa akuisisi Google terhadap YouTube ini terlampau mahal.

Artikel lain:




Tapi setelah beberapa tahun setelah akuisisi, ternyata anggapan bahwa Google terlalu mahal dalam membeli YouTube telah terbantahkan. Sebab saat ini YouTube telah menjadi salah satu platform jejaring sosial terbesar di dunia yang mampu menghasilkan uang yang besar untuk Google dan juga untuk sebagian besar para penggunanya. Dan inilah beberapa sumber pendapatan yang bisa didapat oleh seorang Youtuber.

1. Kegiatan Monetisasi Konten Video dari Google atau YouTube

Sumber pendapatan pertama dari Youtuber sendiri adalah berasal dari monetizing option dari Google atau YouTube. Jadi ketika Youtuber mengupload konten video di YouTube, maka Youtubers tersebut akan diberi pilihan untuk bisa menyalakan pilihan“Monetize atau untuk menguangkan video itu. Ketika Anda memilih pilihan “monetize” itu artinya Anda mengizinkan YouTube/ Google untuk memuatkan iklan pada video Anda.

Dari sinilah peluang Anda sebagai Youtuber menghasilkan uang. Semakin banyak orang yang melihat video Anda maka semakin besar pula kesempatan Anda mendapatkan uang dari YouTube. Penghitungan bagi hasil dari iklan itu sendiri adalah 45 persen untuk YouTube dan 55 persen untuk Anda atau Youtuber.

2. Pendapatan dari Brand di Luar Google atau YouTube

Sumber pendapatan kedua dari Youtuber adalah dari brand. Ketika seorang Youtuber memiliki pengikut atau subscriber yang banyak maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari brand akan semakin besar. Brand disini maksudnya adalah iklan yang berasal dari luar YouTube.

Selain dari brand di luar YouTube, penghasilan juga bisa datang dari program investor ke dalam channel  YouTube-nya. Harga untuk brand yang akan menempatkan iklan mereka sendiri bervariasi tergantung tingkat popularitas channel dan negosiasi Youtuber.




Baca juga:

3. Menjalani Pekerjaan Selebriti

Terakhir sumber pendapatan Youtuber adalah berasal dari kegiatannya atau aktivitasnya menjadi seorang selebriti atau artis. Ya, umumnya Youtuber yang telah tenar dengan channelnya di dunia online mereka akan banyak dikenal juga oleh dunia nyata. Dari sini maka mereka akan menjadi selebriti atau artis dengan banyak mendapatkan panggilan job off air (diluar aktivitasnya sebagai Youtuber).

Dari panggilan-panggilan ini mereka tentunya akan mendapatkan fee atau bayaran pada setiap yang dijalaninya. Beberapa Youtuber yang telah membuktikan hal ini adalah Justin Beiber dan Psy. Dari Indonesia sendiri, Youtuber yang telah mendapatkan pendapatan sebagai selebriti adalah Raditya Dika, Eka Gustiwana dan Sacha Stevenson.

Ketika menjadi selebriti ini, para Youtuber ini memang mengundang banyak media untuk mengundangnya. Mereka disini kemudian ada yang menghadirkan kebolehannya menyanyi, berakting menjadi aktor, menjadi public speaker, TV host dan beberapa proyek- proyek publik lainnya. Dan inilah potensi income ketiga dari Youtuber.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. sekarang banyak sekali yg jadi youtuber. tapi saya kok dari dulu masih kurang paham gmn caranya video bisa banyak viewnya ? hehe

  2. makasih bos infonya dan salam sukses

  3. Banyak juga yang bukan artis tapi ngartis di YouTube, hahaha

  4. Maxmanroe merupakan website terbaik (y)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud