Harbolnas 2015 Ternoda,  Popok Bayi Tembus Harga 130 Juta!

Harbolnas 2015

Image dari Kompas.com

Tepat pada hari ini, netizen di Indonesia harusnya sedang merayakan salah satu “hari besar” dalam perkembangan teknologi jual beli online yakni Hari Belanja Online Nasional atau yang kerap disingkat Harbolnas 2015. Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas juga kan tentang hal ini. Selama tiga hari mulai tanggal 10 hingga puncak Harbolnas di tanggal 12 Desember, netizen bisa membeli beragam produk dan kebutuhan aneka jenis dengan bandrol harga lebih miring. Tak tanggung-tanggung bahkan beberapa merchant online berani pasang badan dengan diskon gila-gilaan mencari lebih dari 90%.

Istilah “ada gula ada semut” tentu pas merujuk pada pesta belanja daring nasional yang satu ini. Tidak hanya memberi keuntungan bagi pembeli online, tentu di pihak penjual juga bisa meneguk keuntungan sejalan dengan lonjakan angka pembelian yang sangat besar. Namun masalahnya, ternyatanya ada saja “semut nakal” yang juga ikut bergabung dalam event tahunan yang sudah berjalan selama 4 jilid tersebut.

Artikel lain: Harbolnas 2015, Bersiaplah Sejumlah E-Commerce Lomba Pacu Diskon Gede-Gedean

Pasalnya, dari investigasi sebuah media online terungkap bahwa ternyata ada beberapa promo diskon aspal alias menipu. Salah satunya yang paling mengejutkan bahkan pada laman produk popok bayi yang dipasang di situs #ecommerce Lazada, dicantumkan harga awal produknya Rp130 juta! Baru setelah mendapat diskon 99%, harga “turun drastis” menjadi harga berkisar puluhan ribu. Lebih lengkap, berikut ulasannya.

Bandrol Harga Barang Tak Masuk Akal

Dirangkum dari hasil penelusuran media online KompasTekno, ternyatanya kasus diskon abal-abal tersebut tidak hanya menyerang satu toko online saja namun beberapa sekaligus. Tak tanggung-tanggung bahkan 3 nama besar pelaku industri jual beli online yakni Lazada, MatahariMall dan Bukalapak juga terindikasi mencantumkan penawaran produk dengan harga yang tidak sewajarnya.




Di mulai dari Lazada yang merupakan salah satu pioner ecommerce di Indonesia, beberapa produk dengan harga tak biasa yang berhasil diulas antara lain #smartphone LG Leon 8 GB serta sebuah popok bayi yang telah disinggung sebelumnya.

Lebih detil tentang perangkat smartphone LG Leon 8 GB, dalam laman salah satu merchant rekan Lazada yang menjual produk tersebut dituliskan bahwa pembelian akan mendapatkan  diskon sebesar 93%. Nah, setelah potongan harga tersebut, pembeli “hanya” dikenakan biaya Rp1,8 juta. Jadi harga awal yang dipatok oleh si penjual tersebut mencapai Rp25 juta. Padahal pada situs pricing smartphone lain, harga produk tersebut berkisar antara Rp1,7 hingga Rp1,8 juta.

Pada ecommerce besar lain yakni MatahariMall, kemungkinan diskon fiktif tersebut juga ditemukan pada salah satunya produk LG G3 Stylus, yang dibandrol dengan harga awal Rp3 juta setelah didiskon 20% menjadi Rp2,4 juta. Padahal untuk produk tersebut harga umumnya, hanya mencapai Rp2,6 juta. Meski lebih murah, tentu tetap harga awal yang ditawarkan penjual nakal tersebut tidak sesuai dengan harga terlalu tinggi.

Baca juga: 3 Langkah Cerdas Belanja Online Agar Lebih Puas

Serupa dengan kasus di atas, salah satu pelapak di situs Bukalapak, juga seakan memanfaatkan momen Harbolnas dengan cara yang kurang etis. Produk sepeda merek Cannondale seri tertentu ia jual dengan harga awal Rp10 juta. Setelahd harganya seakan “dibanting”,  ia melepas produk tersebut dengan harga Rp8,7 juta padahal lewat investigasi KompasTekno menyebutkan bahwa harga pasaran seri sepeda tersebut hanya mencapai Rp8,4 juta per unit.




Akibat Ulah Merchant Nakal

Sejak kabar adanya diskon fiktif dalam gelaran Harbolnas 2015 muncul, nama salah satu ecommerce besar yang juga perintis lahirnya Harbolnas, Lazada Indonesia menjadi pembicaraan banyak pihak. Pasalnya dalam layanan produk yang dijual di ecommerce tersebut, ditemukan beberapa produk dengan harga yang tidak wajar,  bahkan terkesan menipu pembeli.

Terkait penjualan produk dengan harga maupun diskon menipu tersebut, CEO Lazada Indonesia Magnus Ekbom secara tanggap langsung menyampaikan klarifikasi serta permintaan maaf kepada seluruh konsumen Lazada maupun pembeli online di Indonesia. Dalam pernyataannya, Magnus menyebut  bahwa ada beberapa rekanan penjual yang memang memasang harga awal produk terlampau tinggi.

Ia menambahkan pada dasarnya pencantuman harga yang tidak wajar seperti ini telah menjadi perhatian serius lewat upaya penyaringan tim quality control. Namun pada momen Harbolnas kali ini, dengan volume penawaran barang yang melonjak tajam, sulit bagi pihaknya untuk menyeleksi dengan cermat dan memastikan semua harga 100% bebas dari aksi penipuan atau diskon abal-abal.

Ditambahkan oleh Public Relation Manager Lazada Indonesia, Tania Amalia menegaskan bahwa saat ini pihak rekanan merchant yang mencantumkan penawaran tidak masuk akal juga telah diputus kerjasama dan diupayakan tidak terjadi masalah serupa kembali.

Artikel terkait: Anda Penggila Belanja Online? Ketahui 5 Trik Berikut Ini Agar Belanja Makin Memuaskan

Lalu Masihkah Harbolnas Menguntungkan?

Untuk saya pribadi, jawabannya tentu masih sangat menguntungkan. Karena sebenarnya jika kita cermat dalam memburu sebuah produk idaman, kita bisa kog menemukan harga terbaik bahkan untuk beberapa produk memang mendapat diskon besar di event Harbolnas kali ini.

Yang perlu diperhatikan dari kita sendiri para pembeli online, harus kian cerdas ketika menjalankan aktivitas #belanja online. Kini perkembangan ecommerce Indonesia telah menawarkan kemudahan tidak hanya untuk mencari produk namun juga mendapatkan saran produk terbaik, perbandingan antar produk hingga perbandingan penjual mana yang menawarkan harga paling menarik.

Tipsnya, rekan-rekan bisa melakukan checking multi platform. Maksudnya adalah mencari detil produk yang ingin dibeli lewat beberapa situs serta ecommerce. Selain itu, langkah efektif berikutnya adalah coba cek harga produk tersebut lewat situs price listing macam Pricebook atau situs perbandingan harga yang lain. Be smart be save.




4 total comments on this postSubmit yours
  1. pantesan kmaren beli jam dr mataharimall dr harga 700ribu jd 70ribuan, eh setelah harbolnas selesai besoknya disitu dimuat dr harga 120ribuan jd 7ribuan. korban gua.

  2. Huaduh, ada ya popok bayi 130 juta.. benar2 harbolnas ini, hari kebobolan nasional, diskon sih diskon, tapi kalo harga dinaikin dulu sama aja ngga diskon

  3. Wkwkwk..ada ada saja.intinya tak ada diskon untuk hari ini.jangan mau ketipu diskon yg tidak masuk akal.

  4. wah permainan diskon ya. alat diskon sering disalahgunakan..ini tentu akan membuat konsumen tidak percaya lagi terhadap harga diskon.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud