Harbolnas 2015, Bersiaplah Sejumlah E-Commerce Lomba Pacu Diskon Gede-Gedean

Image dari 1news.id

Image dari 1news.id

Akhirnya Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) hadir kembali. Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) memang sudah menjadi tradisi dan dilaksanakan pada penghujung tahun. Harbolnas 2015 sendiri adalah pagelaran yang keempat yang diselenggarakan oleh beberapa pelaku usaha #e-commerce di Indonesia.

Ide Harbolnas sendiri muncul pada tahun 2012 yang dicetuskan oleh Lazada Indonesia. Kemudian pada tahun yang sama akhirnya Lazada menggandeng beberapa e-commerce lain seperti Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola untuk menyelenggarakan Harbolnas yang pertama. Harbolnas 2015 memiliki visi untuk menghadirkan pengalaman #belanja online terbaik bagi seluruh konsumen di Indonesia.

Lalu seperti apakah Harbolnas tahun 2015 yang diadakan pada tanggal 10 hingga 12 Desember ini? Berikut ulasannya.

Diadakan Selama Tiga Hari

Setelah tahun kemarin Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) digelar hanya satu hari yaitu pada tanggal 12 Desember 2014, maka pada tahun ini Hari Belanja Online Nasional akan digelar selama tiga hari berturut-turut yaitu dari tanggal 10 hingga 12 Desember. Diperpanjangnya Harbolnas kali ini bukan tanpa sebab.

Memang seperti diketahui bahwa peminat belanja online ini setiap tahun selalu meningkat. Dan perpanjangan masa Harbolnas ini menjadi wujud apresiasi para pelaku e-commerce pada peningkatan minat berbelanja online tersebut.

Artikel lain: 6 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet

Dimeriahkan 140 E-Commerce

Jumlah peserta Harbolnas setiap tahunnya memang terus meningkat, dari hanya tujuh e-commerce pada penyelenggaraan tahun pertama (2012) dan 22 e-commerce pada tahun 2013 serta meningkat 78 e-commerce pada 2014, kini Harbolnas 2015 akan dimeriahkan dan didukung oleh 140 e-commerce. Peningkatan jumlah peserta Harbolnas ini memang tidak terlalu mengherankan, sebab pertumbuhan dunia e-commerce di Indonesia memang sangat luar biasa.

Indra Yonathan, Ketua Harbolnas 2015 yang juga merangkap sebagai SVP Strategic Marketing Partnership Lazada Indonesia, mengungkapkan bahwa dengan potensi besar e-commerce yang dimiliki oleh Indonesia, maka tak ayal bila jumlah pelaku e-commerce di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Di sinilah Hari Belanja Online Nasional berperan untuk merangkul semua pihak demi bahu membahu mengembangkan industri e-commerce di Indonesia.

Ikut Harbolnas 2015, MatahariMall.com Kembali Tebar Diskon 99%

Dalam Harbolnas 2015 MatahariMall tak mau ketinggalan untuk berpartisipasi. CEO MatahariMall.com, Hadi Wenas menyatakan bahwa pihaknya sudah siap untuk meramaikan Harbolnas bersama dengan 139 situs belanja online lainnya. Dalam Harbolnas ini, e-commerce yang tergolong baru dan berdiri sejak 9 September 2015 ini akan kembali memberikan diskon hingga 99 persen seperti pada program SuperSeptember kemarin.

Selain menghadirkan diskon 99 persen, pihak Mataharimall juga akan menambah server sehingga saat trafik melonjak pada hari H dipastikan tidak ada terjadi gangguan. Dengan demikina maka netizen akan merasa nyaman ketika melakukan transaksi belanja. Dengan keikutsertaan pada Harbolnas pertama kalinya bagi MatahariMall ini pihaknya optimistis bahwa Harbolnas akan mampu mendongkrak trafik belanja dan transaksi online MatahariMall.com.




Hal ini dikarenakan tren belanja online masyarakat memang akan bertepatan dengan hari Harbolnas ini atau pekan kedua dan ketiga sebelum Hari Raya Natal. Sedangkan detik-detik Natal, masyarakat akan cenderung memilih belanja di toko atau departement store.

Sambut Hari Belanja Online Nasional 2015, Ini Persiapan Lazada

Tidak hanya MatahariMall, Lazada sebagai pencetus Harbolnas ini juga tak mau ketinggalan mempersiapkan Harbolnas 2015 ini dengan baik. Salah satu persiapan yang matang yang dilakukan Lazada adalah menciptakan dukungan oleh dua data center yang dimiliki Lazada yang terletak di Jakarta dan Makassar.

Saat Harbolnas memang trafik akan meningkat sangat tinggi hingga mencapai sekitar 5-10 kali lipat dibanding jumlah kunjungan rata-rata harian. Maka dari itu untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung ini tim #teknologi di Lazada Indonesia melakukan berbagai persiapan untuk memastikan baik website maupun aplikasi mobile dapat diakses dengan lancar oleh konsumen.

Baca juga: Tips Aman Terhindari Dari 5 Tanda Bahaya Saat Belanja Online

Selain mempersiapkan website dan #aplikasi mobile-nya, Lazada juga mempersiapkan dengan lebih dari 1.000 tim operasionalnya yang bekerja di pusat distribusi Lazada Indonesia yang terletak di Cakung (Jakarta Timur) dan Surabaya. Mereka ini akan bekerja selama 24 jam dengan tiga shift kerja. Secara total nanti akan ada 70 stations di warehouse Lazada Indonesia yang akan mendukung Harbolnas 2015.

Lazada Indonesia juga telah mempersiapkan 20 mitra kerja sama logistik untuk memastikan proses pengiriman produk lebih efektif. Para seller di Lazada juga telah diedukasi dengan serangkaian workshop untuk menghadapi Harbolnas.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Wew, mantab banget nih diskon nya :v

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud