Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus Dengan Fitur Recently Deleted

Recently Deleted Instagram

Bagaimana cara mengembalikan postingan Instagram yang dihapus? Mungkin ini salah satu pertanyaan yang sering ada di benak banyak pengguna IG.

Sekarang kalau postingan Anda tiba-tiba terhapus tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya Instagram baru saja mengenalkan fitur baru di mana Anda bisa me-restore postingan yang sudah terhapus.

Tujuan Instagram mengaktifkan fitur ini adalah sebagai bentuk perlindungan pengguna dari hacker  atau orang lain yang berusaha merusak akun sosmed Anda.

Fitur ini sudah dikenalkan sejak 4 Februari 2021 lalu. Konten Anda yang sudah terhapus akan otomatis terpindah ke folder “Recently Deleted”.

Dari sini Anda bisa menghapus postingan secara permanen atau me-restore-nya ke laman Instagram Anda.

Bagaimana Fitur Baru Instagram Ini Mengamankan Akun Pengguna?

Konsep “Recently Deleted” folder ini mirip dengan Recycling Bin tapi dilengkapi fitur gembok. Jadi kalau Anda ingin menghapus secara permanen konten Instagram Anda, Anda diwajibkan melakukan verifikasi.

Fitur ini berlaku untuk semua konten Instagram mulai dari video, photo grid, IGTV. Reels hingga stories. Semua konten yang terhapus akan pindah ke dalam folder “Recently Deleted” selama 30 hari.

Jika selama 30 hari ini Anda tidak melakukan apa pun pada konten yang ada di folder ini, maka konten tersebut secara otomatis akan terhapus.

Meski demikian, Stories hanya berlaku selama 24 jam berada di folder “Recently Deleted”. Selebihnya, Stories akan secara otimatis dihapus oleh Instagram.

Bagaimana Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus?

Fitur ini kabarnya akan dirilis secara global. Namun, saat artikel ini dibuat fitur Recently Deleted belum ada pada akun pengguna Instagram di Indonesia.

Apabila Anda sudah mendapatkannya, fitur Recently Deleted bisa ditemukan dengan membuka profil Instagram.

Berikut ini cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus dengan fitur Recently Deleted.

  1. Buka akun Instagram Anda, lalu ketuk tab profile pada bagian sudut kanan bawah (ikon orang)
  2. Ketuk ikon tiga garis di bagian sudut kanan atas
  3. Pilih Pengaturan
  4. Ketuk Recently Deleted (Baru Dihapus)
  5. Pilih unggahan gambar/ video yang ingin dikembalikan, lalu tap Pulihkan.

Fitur ini tentunya sangat menguntungkan bagi pengguna Instagram, apa lagi bagi yang akun IG nya pernah diretas.

Pasalnya, ketidakmampuan untuk mengembalikan konten yang telah terhapus membuat banyak pengguna IG jengkel atau bahkan stres.

Terlebih lagi kalau ternyata konten yang terhapus ini akibat akun dipegang orang lain.

Dengan fitur baru ini, hanya pengguna/ orang yang bisa melakukan verifikasi yang bisa menghapus konten Instagram secara permanen.

Menjadi korban peretasan akun media sosial memang menakutkan. Dengan fitur Recently Deleted, setidaknya sekarang kerusakan yang mungkin terjadi pada akun korban peretasan akan berkurang.

Nanik Tri Widiyawati

Tinggalkan Balasan