Cara Memblokir Iklan Pop Up di Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome

Cara Memblokir Iklan Pop Up di Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome

Cara-Memblokir-Iklan-Pop-Up-di-Browser
Ilustrasi (Cnet.com)

Saat sedang browsing dengan santai, Anda membuka sebuah halaman dan tiba-tiba muncul beberapa iklan pop up yang muncul berurutan. Anda bisa membuka halaman sebentar lalu mengeklik tombol close satu persatu, cukup sederhana namun menjengkelkan. Beberapa detik waktu Anda terbuang hanya untuk mengurusi pop up yang pada akhirnya diabaikan.

Tidak ada orang yang menyukai iklan pop up, termasuk saya juga. Iklan yang dipasang di website masih bisa diterima karena kebanyakan iklan yang terpasang di #website relevan dengan isi blog dan letaknya juga tidak terlalu menggangu. Namun untuk pop up, kemunculan yang tiba-tiba dengan isi halaman yang sering tidak berguna membuat saya ingin memblokirnya.

Jika Anda termasuk orang yang tidak menyukai iklan pop up atau iklan yang secara tiba-tiba terbuka dengan jendela browser yang berbeda, Anda bisa memblokirnya melalui setting yang disediakan oleh browser Anda. Semua browser terutama browser populer memiliki fitur untuk memblokir pop up, dan di tutorial kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara memblokir iklan pop up di beberapa browser.

Sebagai catatan, tidak semua pop up itu buruk. Karena dalam pembahasan kali ini yang akan kita blokir adalah iklan pop up dan itu dilakukkan untuk meminimalisir kemunculan mereka. Namun ada beberapa pop up yang berguna, misalnya saja pop up share facebook,google plus, atau twitter yang biasanya akan muncul setelah anda menekan tombol share di artikel sebuah website. Untuk website-website social media, nanti anda akan perlu memasukkan mereka dalam daftar pengecualian blokir.

Saya tidak akan membahas semua browser, yang saya bahas hanya terbatas pada 2 browser populer yaitu #Google chrome dan mozilla firefox. Untuk panduan lengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Artikel lain: Fitur Ini Akan Memaksimalkan Browser Google Chrome

Cara Memblokir Iklan Pop Up di Mozilla Firefox

1. Buka browser Mozilla Firefox Anda, kemudian klik pada daftar menu yang terletak di pojok kanan atas (berbentuk 3 tumpuk baris horizontal). Setelah itu klik Options dan jendela yang berisi semua opsi dan setting Mozilla Firefox akan terbuka.
firefox 1

firefox 2

2. Klik pada tab Content, kemudian centang pilihan “Block pop-up windows” untuk memblokir pop up.

firefox 3

3. Jika Anda ingin memberikan pengecualian pada beberapa situs, silahkan klik pada tombol Exception dan kemudian masukkan alamat situs pilihan anda pada form yang disediakan. Sebagai contoh, dalam browser firefox saya memberikan pengecualian untuk website Google docs.

pop up 1

Cara Memblokir Iklan Pop Up di Google Chrome

1. Buka Google Chrome Anda, kemudian klik pada tombol menu yang berada di pojok kanan atas (berbentuk 3 baris horizontal yang bertumpuk), setelah itu klik pada Settings.

chrome 1

2. Di halaman Settings, scroll sampai dasar halaman. Kemudian klik pada Show Advanced Settings.

chrome 2

3. Temukan bagian Privacy, kemudian klik pada Content Settings
pop up 2

4. Jendela baru akan terbuka, disana anda akan menemukan pilihan setting untuk Pop up. Silakan pilih “Do not allow any site to show pops-ups” seperti pada gambar dibawah ini:
pop up 3

5. Dari sini pekerjaan anda sudah selesai, tapi anda juga bisa menambahkan daftar exception dengan mengeklik pada Manage Exception yang berada dibawa menu pop up.
pop up 4

Baca juga: Ini Cara Download Mp3 Dari YouTube, Ternyata Mudah!

Tutorial diatas tidak pasti memblokir iklan pop up yang muncul karena ada beberapa jenis pop up yang cukup sulit untuk diblokir, solusinya Anda bisa menggunakan ads blocker meskipun itu beresiko memblokir semua iklan yang muncul dan tidak hanya pop up. Semoga dengan tutorial diatas Anda bisa bisa lebih terbebas dari iklan pop up yang menganggu. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah, terima kasih.

8 KOMENTAR

  1. internet service provider jakarta

    Agak rumit sepertinya, tapi ini pasti cara yang cukup ampuh. Thanks infonya, Kang.

  2. wonderlandads <– sangat menganggu sekali bagaimana cara menghapusnya ya,,saya cari cari belum berhasil,,mungkin disini ada yang tahu bagaimana menghapusnya. terima kasih.

  3. Tutorial tadi sudah langsung saya praktekkan,terima kasih Bang!

  4. Terima kasih atas pencerahannya… semoga bermanfaat bagi yg lainnya juga. tks bro…

  5. Tahitian Noni Bandung

    Terkadang dengan cara itu masih jebol juga gan iklan-iklan tertentu..
    mungkin menggunakan ABP dapat membantu, terimakasih ya gan sudah memberikan informasi yang bermutu.

  6. terkadang popup berlebihan mmg mengganggu…tapi demi mencukupkan target terpaksalah blogger receh seperti saya memasangnya kadang-kadang… mohon dimaklumi… masbro

  7. Sangat membantu gan, bisa ane coba nih,,,,
    ane juga risih liat Pop up di Broswer yang slalu muncul trus

Tinggalkan Balasan