Fitur Ini Akan Memaksimalkan Browser Google Chrome

Memaksimalkan-Browser-Google-Chrome

Browser atau aplikasi peramban mungkin merupakan salah satu software wajib yang harus terinstal di perangkat komputer serta laptop kita. Dengan makin mudahnya mendapatkan akses #intenet, tentu aktifitas browsing menjadi hal rutin yang kita lakukan.

Jika ditanya apakah aplikasi #browser yang menjadi favorit rekan-rekan? Mungkin Google Chrome akan menjadi salah satu kandidat jawaban terbanyak. Tidak mengherankan memang, karena Google Chrome memiliki berbagai kelebihan dibanding browser pada umumnya. Salah satu keunggulannya tentu kemudahan sinkronisasi browser dengan akun Google yang kita miliki.

Namun ternyata ada beberapa kelebihan lain dari browser Google Chrome yang masih banyak tidak diketahui pengguna pada umumnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.




Artikel lain: Download Aplikasi Browser Google Chrome

1. Fungsi Tab Untuk Mencari Alamat Situs

Fungsi Crome yang satu ini mungkin ada yang mengetahui namun sedikit yang menyadari. Ketika kita ingin mencari alamat sebuah situs namun lupa alamat lengkap situs, sebenarnya kita bisa mencarinya hanya dengan mengetikan beberapa huruf awal atau sebuah kata saja. Lalu klik tab, setelah itu Chrome secara otomatis akan menampilkan alamat-alamat yang mengandung kata tersebut.

2. Kalkulator Sederhana

Chrome bisa juga menjadi kalkulator dadakan lho, jika tidak percara silahkan saja mengetikan operasi bilangan sederhana di kolom addres bar. Sebagai contoh 100 + 200 , lalu tekan enter, walaa.. Crome akan segera menampilkan hasil perhitungan beserta tampilan kalkulator sederhana jika kita ingin menghitung kembali. Namun yang perlu diperhatikan hanya perhitungan sederhana yang bisa dilakukan dengan fitur ini yakni tambah (+), kurang (-), kali (*) dan bagi (/).

3. Fitur Kunci Tab

Fitur rahasia berikutnya adalah Pin Tab. Fitur ini memungkinkan kita mengunci sebuah tab sehingga walaupun kita menutup browser, tab tersebut akan otomatis muncul saat kita membuka Chrome kembali. Fitur ini sangat bermanfaat jika secara tidak sengaja Chrome tertutup padahal kita sedang mengakses beberapa website penting.




4. Fitur Paste and Search

Fitur ini pada dasarnya menyederhanakan proses menyalin sebuah kata atau kalimat yang ingin dicari lewat Crome. Tanpa harus melewati tahan copy paste, kita tinggal blok lalu klik kanan pada kata yang ingin kita buka lalu pilih Search Google for “…”. Otomatis Chrome akan membuka sebuah tab baru berisi pencarian kata atau kalimat tersebut.

Artikel lain: Kelebihan Mesin Pencari Memex Diklaim Lampaui Google

5. Memindah Hasil Download Lebih Mudah

Permasalahan yang mungkin terjadi saat kita mendownload via browser adalah tidak tahu di folder mana hasil download tersebut dimasukkan. Nah dengan adanya fitur Drag and Drop Downloads, kita bisa lebih mudah menemukannya.

Kita tidak perlu pusing mencari di registry file cukup masuk ke laman Download atau shortcut (Ctrl + J). Setelah itu pilih file yang dimaksud, lalu klik tahan dan seret file tersebut masuk ke folder yang kita inginkan.

6. Fitur Task Manager

Fungsi berikutnya adalah Task Manager. Pada dasarnya fitur ini akan menampilkan performa dari setiap tab yang kita buka. Didalamnya akan ditunjukkan proses loading tab tersebut, konsumsi data serta untuk melihat apakah tab tersebut bermasalah atau tidak. Untuk membuka fitur ini tinggal menekan Shift + ESC.

Dengan adanya fitur ini maka kita bisa menutup tab yang bermasalah atau memakan resource sangat besar karena umumnya tab tersebut akan memperlambat akses pada tab yang lain. Hal tersebut biasanya akan terjadi saat kita mengakses website yang berat seperti streaming video.

7. Mengetahui Penggunaan Memori

Fungsi ini masih berkaitan dengan fungsi sebelumnya. Namun fungsi ini lebih berfokus untuk mengetahui jumlah memori yang digunakan setiap halaman yang sedang kita akses. Untuk menampilkan  fitur ini silahkan ketik ‘about:memory’ di addres bar.

Baca juga: Inilah 5 Proyek “Gila” yang Gagal Diwujudkan Google

8. Fitur Resources Page

Mungkin fungsi Resources Page lebih cocok digunakan oleh para webmaster atau mereka yang mengerti mengenai tata kelola struktur website. Fitur ini akan menunjukkan performa dari sebuah situs termasuk seberapa cepat situs tersebut dimuat. Sehingga dapat memberikan gambaran perbaikan seperti apa yang bisa dilakukan pada situs. Untuk memunculkan fitur ini kita bisa gunakan shortcut (CTRL + Shift + I).

Demikian beberapa fungsi browser Google Crome yang umumnya tidak banyak diketahui. Gunakan fungsi-fungsi tersebut agar kegiatan selancar internet kita dapat berjalan lebih maksimal.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud