Waktu Terbaik Posting di Sosial Media Tahun 2021 [FB, IG, Pinterest, Twitter, dan YouTube]

Waktu Terbaik Posting di Sosial Media

Sebenarnya kapan waktu terbaik untuk posting di sosial media? Para pemasar online via sosmed, baik itu Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan lainnya, tentu harus tahu tentang ini.

Sebenarnya jawabannya sederhana saja. Waktu terbaik untuk memposting konten di sosial media adalah ketika followers atau pelanggan Anda sedang online dan beraktivitas di sosial media.

Setuju ya hehe.

Namun tentu saja ada waktu aktual yang memberikan dampak besar bagi postingan di sosmed untuk setiap platform sosial media. Dan ternyata setiap platform sosmed memiliki waktu terbaik yang berbeda-beda untuk posting konten.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas secara ringkas mengenai waktu terbaik untuk posting di media sosial menurut para pemasar internet.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Posting di Sosial Media?

Saat ini, salah satu hal yang sangat penting dalam mengelola akun sosmed adalah mengatur kapan memposting konten di sosial media.

Pasalnya, memposting konten terbaik pada waktu yang salah akan berdampak pada kurangnya exposure konten tersebut.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai waktu terbaik posting di sosial media berdasarkan platform sosmednya.

1. Waktu Terbaik Posting di Facebook

Waktu Terbaik Posting di Facebook

Hari terbaik untuk posting di Facebook adalah Rabu, Kamis, dan Jumat. Dan jam terbaik untuk posting di Facebook adalah Pkl. 11.00 WIB, dan Pukul 13.00-14.00 WIB

Sebelum masa pandemi Covid-19, waktu terbaik untuk posting konten di Facebook atau Facebook Page adalah pada hari Rabu, yaitu pukul 11.00 WIB, dan Pukul 13.00 – 14.00 WIB.

Hari Selasa dan Kamis juga dianggap cukup baik untuk memposting di Facebook, terutama pada Pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Lalu, kapan waktu terbaik posting di Facebook selama Pandemi?

Pengguna Facebook mengalami pertumbuhan selama masa Pandemi, begitu juga dengan waktu penggunaannya.

Waktu terbaik untuk memposting di Facebook selama pandemi virus Corona adalah pada hari Senin, Rabu, dan Jumat dari jam 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Waktu yang kurang baik untuk posting di FB adalah mulai pukul 8 malam hingga 8 pagi. Utamanya di waktu weekend, sabtu dan minggu.

Namun, di Indonesia sendiri pengguna Facebook saya kira masih cukup banyak yang mengakses FB di rentang waktu malam hari dan menjelang tengah malam.

Malah fenomena yang saya tangkap waktu tersebut adalah waktu yang banyak digunakan para pengguna (utamanya laki-laki) untuk mencari hal-hal yang mereka butuhkan.

Catatan:  data ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Sprout Social pada tahun 2020 lalu.

2. Waktu Terbaik Posting di Instagram

Waktu Terbaik Posting di Instagram

Hari terbaik untuk posting di Instagram adalah Rabu Pukul 11.00 WIB, dan Jumat Pukul 10.00 – 11.00 WIB.

Sebelum masa pandemi Corona Virus, waktu terbaik posting konten di Instagram adalah pada hari Rabu Pukul 11.00 WIB dan Jumat Pukul 10.00 – 11.00 WIB.

Sedangkan waktu terburuk posting di Instagram adalah pada hari Minggu, jam berapapun itu.

Lalu, kapan waktu terbaik posting di Instagram selama Pandemi?

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Sprout Social, pengguna Instagram mengelami perubahan perilaku yang cukup signifikan. Di masa pandemi, jumlah pengguna Instagram mengalami pertumbuhan yang besar.

Sebagian besar pengguna Instagram menghabiskan banyak waktunya di sosmed ini. Selain itu, para pengguna IG cenderung lebih terlibat dan interaktif.

Waktu terbaik untuk memposting di Instagram selama pandemi virus Corona adalah pada hari Senin, Selasa, dan Jumat dari jam 11.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Catatan:  data ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Sprout Social pada tahun 2020 lalu.

3. Waktu Terbaik Posting di Twitter

Waktu Terbaik Posting di Twitter

Hari terbaik untuk posting di Twitter adalah Rabu dan Jumat
Pukul 09.00 WIB

Karena sifatnya yang simple dan langsung ke intinya, Twitter memang banyak dipuja sebagai salah satu alat promosi online yang terbaik.

Biasanya pengguna Twitter cenderung mengikuti berita dan tweet terbaru pada pagi hari. Waktu terbaik untuk memposting di Twitter untuk bisnis Anda adalah pada hari Rabu dan Jumat Pukul 09.00 WIB.

Selain itu, waktu lain yang bisa Anda pilih adalah setelah jam 11 siang. Pada waktu tersebut trafik Twitter mulai tumbuh dan mencapai puncak pada jam 3 sore.

Menurut riset tersebut juga menyebutkan hari Senin dan Selasa Sama seperti sosial media lainnya, pengguna Twitter juga mengalami pertumbuhan selama pandemi COVID-19.

Menurut data dari Social Sprout, pada masa pandemi ini terjadi peningkatan aktivitas di Twitter, khususnya pada hari Jumat Pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Catatan:  data ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Sprout Social pada tahun 2020 lalu.

4. Waktu Terbaik Posting di Pinterest

Waktu Terbaik Posting di Pinterest

Hari terbaik untuk posting di Pinterest adalah Jumat dan Sabtu
Pukul 20.00 – 21.00 WIB

Pinterest adalah sosial media berbagi foto yang sudah cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai lahan promosi yang potensial.

Bahkan, banyak ecommerce baik pribadi maupun koorporat yang menggunakan Pinterest sebagai etalase bisnisnya.

Menurut situs Cschedule.com, waktu terbaik untuk memposting konten di Pinterest adalah pada hari Jumat dan Sabtu pada malam hari, yaitu Pukul 20.00 sampai 23.00 WIB di mana puncanya adalah pada Pukul 21.00 WIB.

Selain waktu tersebut, Pinterest juga banyak digunakan pada tengah malam Pukul 24.00 hingga subuh Pukul 04.00 WIB.

Hal ini menunjukkan bahwa pengakses Pinterest memang lebih banyak muncul di malam hari dan menjelang pagi hari.

Catatan:  data ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Cschedule pada tahun 2019.

5. Waktu Terbaik Posting di YouTube

Waktu Terbaik Posting di Sosial Media

Hari terbaik untuk posting di YouTube adalah Kamis dan Jumat
Pukul 14.00 – 16.00 WIB

Menurut riset yang dilakukan oleh HowSociable.com, waktu terbaik untuk mempublikasikan konten video di YouTube adalah hari Kamis dan Jumat pada sore hari, antara jam 2 siang dan jam 4 sore.

Alasannya, karena pada waktu tersebutlah sebagian besar pengguna YouTube mulai menonton.

Puncak trafik YouTube adalah pada Pukul 19.00 hingga 20.00 WIB. Ini juga waktu yang sangat baik untuk mempublish video Anda ke YouTube.

Sedangkan hari Seni, Selasa, dan Jumat merupakan hari-hari yang tidak disarankan untuk mempublish video di YouTube.

Alasannya, karena biasanya orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan sedikit waktu untuk menjelajahi YouTube.

Catatan:  data ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh HowSociable pada tahun 2020.

Kesimpulan

Waktu adalah uang, mungkin peribahasa itu sangat tepat dengan topik yang dibahas kali ini. Menentukan kapan waktu terbaik posting di sosial media memang sangat berdampak pada keberhasilan pemasaran melalui sosmed.

Hasil riset yang disebutkan di atas bisa saja digunakan sebagai patokan umum, namun saya menyarankan untuk melakukan riset sendiri untuk menentukan kapan waktu terbaik posting di media sosial Anda.

Hal tersebut dikarenakan sifat konsumen dari tiap produk berbeda-beda, terlebih lagi karena beda tempat bakal beda pula pola hidup orangnya.

Ada yang lebih cenderung beraktifitas di pagi hari, ada yang senggang dan punya waktu di sore hari atau ada pula yang baru bisa membuka akun sosmed nya di malam hari.

Dengan sedikit kejelian melihat target market kita, usaha promosi di sosmed bisa berjalan dengan lebih baik. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

41 pemikiran pada “Waktu Terbaik Posting di Sosial Media Tahun 2021 [FB, IG, Pinterest, Twitter, dan YouTube]”

  1. kak m ada rekomendasi tidak yah ..
    tool yang tepat supaya lebih mudah management akun sosial media, lebih tepatnya IG, Facebok, dan Twitter, soalnya terkadang di kantor di marahin bos karena tak sempat urus semuanya dalam satu hari

    Balas
  2. Kalau menurut saya yang paling tepat waktu iklan jam setengah 7 sebelum pada berangkat kerja dan malam hari ketika banyak orang rilex.

    Balas
  3. mas, kalau mislanya waktu untuk update postingan blog itu setiap jam berpa yang bagus yah ??

    Balas
  4. Yaa setiap ada bahan untuk postingan mas, hehe
    tapi di usahakan update setiap hari.. biar kelihatanya hidup web nya ckckckck

    Balas
  5. Waktu-waktu aktif di sosial media seperti ini yang masih jarang diterapkan oleh pelaku bisnis pemula. Sebenarnya jika promo suatu produk yang cenderung menitik beratkan pada media sosial harus mempertimbangkan waktu2 seperti ini.

    Balas
  6. menurut saya waktu yang paling baik itu di jam pulang kantor atau sekolah

    Balas
  7. Memang waktu untuk posting harus diatur, namun kebanyakan pengguna jejaring sosial apalagi para ababil dalam posting status tidak kenal waktu, bahkan setiap waktu

    Balas
  8. Artikel ini sangat membantu saya untuk mengembangkan blog saya..
    selama ini saya posting di media sosial tidak lihat waktu. jadi asal posting aja. kapan buat artikel apa itu malam atau siang saya langsung posting. artikel ini membantu saya untuk memilih waktu yang tepat untuk posting.

    terima kasih.

    salam sukses

    Balas
  9. Ternyata ada waktu-waktu tertentu yang bisa lebih maksimal untuk mendapatkan kunjungan ke situs web yang kita bangun ya..

    Saya harus sering datang dan membaca artikel disini untuk belajar banyak mengenai blogging dan internet marketing.

    Balas
  10. Yups bener mas , saya sendiri melakukan promosi selalu dengan sosial media , terbukti memang sangat dahsyat sekali :)

    Balas
  11. riset2 seperti memang menarik….
    kita mungkin tadinya tidak tahu kapan waktu terbaik untuk posting atau mempromosikan produk kita di media sosial..

    terimakasih info nyaa.. sangat bergunaa..

    Balas
  12. Sebaiknya kita berhati-hati agar tidak terlalu over promosi di media sosial kalau tidak bisa kena ban

    Balas
  13. wow… ini dia yang aku cariiii. makasih lagi utk Maxmanroe…. artikelnya berguna banget utk bisnis saya yang pengerjaannya berhubugan banget sama socmed diatas. thank youuuuuuu

    Balas
  14. memang posting harus cari timing tepat kalo keseringan posting bisa – bisa ngebosenin

    Balas
    • oh gitu yahh.. artikelnya pas sama saya yang baru belajar berbisnis seperti ini.. ilmu baru semoga bermanfaat buat kita semua.. terima kasih gan atas infonya suksesterus yah..

      Balas
  15. Keren gan informasinya, tapi saya udah gak promosi di sosmed lagi, soalnya pada gak menanggapi promosi yang saya berikan.

    Balas
  16. Tiap negara terkadang beda jam bagusnya ya, waktu itu pernah ada yg share paling bagus jam 5-7 malam. tapi entah apakah sesuai dengan kondisi di Indonesia atau tidak.

    Balas
  17. Pantesan aja traffic blog ane cuma nambah dikit pas posting di fb, ternyata karena ane keseringan ngepost malem… :)

    Balas
  18. Terima kasih gan infonya sangat bermanfaat bagi saya pengguna ads fb jadi bisa di target :)

    Balas
  19. Untuk yang facebook ane ingin bertanya gan, bukannya waktu paling efektif buat ngeshare di facebbok itu setelah jam 4 sampai 6 sore ya?

    Soalnya jam segitu kan biasanya waktunya orang pulang sekolah, kerja, dll. Jadi otomatis pengguna facebook akan meningkat.

    Balas
  20. Kalau teman di FB masih sedikit, apakah sebaiknya dari sekarang posting sesuai jadwal di atas atau sekarang bebas saja, nanti kalau sudah banyak teman baru posting sesuai tips artikel ini, ya Mas?

    Satu lagi, apakah jadwal posting di atas berlaku sama untuk halaman FB dan Fanspage-nya?

    Balas
    • Kalau tujuannya hanya untuk update status ya ga masalah kapan aja, tapi kalau konteksnya untuk bisnis menurut saya kita tetap perlu mengatur jadwal postingannya walaupun fans atau teman kita masih sedikit :)

      Balas
  21. ternyata posting itu ada timingnya,, baru tahu saya,,, thanks gan…
    saya tunggu info terbarunya…

    Balas
  22. setiap hari posting : D. setiap ada kejadian, makan, santai.. keep posting di jejaring sosial :D

    Balas
  23. Saya tidak suka yg berpromosi di FB dg cara nge-tag apalagi kalau sering dilakukan langsung saya block karena mengganggu :D .

    Balas
  24. wah,ternyata ada juga ya waktu-waktu terbaik buat posting,saya selama ini asal posting ja soalnya

    Balas

Tinggalkan Balasan

) -->