Beranda Pemasaran 6 Teknik SEO di Instagram untuk Meningkatkan Peringkat di Pencarian

6 Teknik SEO di Instagram untuk Meningkatkan Peringkat di Pencarian

Teknik SEO di Instagram

Bagaimana cara menerapkan teknik SEO di Instagram untuk meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian? Apakah mungkin akun baru bisa muncul di hasil pencarian Instagram?

Pertanyaan ini kerap terlintas di benak para pemasar online, khususnya yang melakukan pemasaran via Instagram.

Seperti kita ketahui, pengguna Instagram mengalami pertumbuhan yang sangat besar setiap tahunnya. Ini kabar baik baik semua pemasar internet, terutama yang menggunakan Instagram sebagai kanal pemasaran.

Namun, sekedar melakukan posting secara rutin tidaklah cukup. Bila Anda menggunakan Instagram untuk berbisnis, penjualan Anda pastinya akan bergantung pada seberapa besar jangkauan yang bisa diraih di platform ini.

Nah, di artikel ini kami merangkum beberapa strategi bagaimana Anda bisa menerapkan teknik SEO di Instagram sehingga profil dan konten Anda mendapatkan peringkat yang bagus di hasil pencarian Instagram.

Kenapa Anda Harus Optimasi Instagram?

Bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk bisnis, setidaknya Anda sudah mengetahui beberapa alasan kenapa harus melakukan optimasi, seperti:

  • Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.
  • Rata-rata pengguna menghabiskan waktu di Instagram selama 53 menit tiap hari.
  • Dua per tiga pengguna Instagram berusia di bawah 34 tahun ke bawah.
  • 83% orang lebih menyukai menggunakan aplikasi ini untuk mencari produk.

Persamaan sistem pencarian di Google dan Instagram adalah hasil didasarkan pada jenis pencarian Anda. Meski demikian, hasil pencarian nanti akan bergantung pada akun yang Anda ikuti dan yang berhubungan dengan akun Anda.

Tidak hanya itu, hal ini juga bergantung pada postingan yang Anda sukai di Instagram. Ini akan menentukan relevansi pencarian pengguna Instagram.

Menerapkan Teknik SEO di Instagram

Pada dasarnya, ada banyak sekali peluang agar profil dan konten Anda mudah ditemukan di hasil pencarian Instagram.

Jika Anda dapat mengoptimasi postingan Instagram untuk berbagai kata kunci yang relevan, maka postingan tersebut mungkin akan muncul di hasil pencarian.

Sudah siap untuk mempelajarinya?

Berikut ini 6 cara menerapkan teknik SEO di Instagram sehingga profil dan konten Anda mendapat peringkat terbaik dalam hasil pencarian.

1. Optimalkan Profil Instagram Anda

Di Instagram, penggunanya dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas halaman Explore untuk menemukan hashtags, akun IG, dan lokasi.

Lalu, bagaimana Instagram memutuskan hasil pencarian mana yang akan ditampilkan?

Menurut Instagram, hasil pencarian yang dilihat penggunanya didasarkan pada banyak faktor, seperti; orang yang Anda ikuti, orang yang terhubung dengan Anda, foto dan video yang pernah Anda sukai di Instagram.

Dan semua itu juga berdasarkan kata kunci.

Jadi sangat mungkin untuk menampilkan kata kunci tertentu di hasil pencarian Instagram. Anda hanya perlu melakukan optimasi pada profil Anda untuk kata kunci yang dibidik.

Begini caranya guys.

1a. Nama dan Username

Jika Anda ingin mendapatkan peringkat yang baik untuk hasil pencari dengan kata kunci “Madu Asli” maka sebaiknya masukkan kata kunci tersebut ke dalam nama dan username akun IG bisnis Anda.

1b. Biografi Instagram

Sama halnya pada nama dan username, bio Anda harus dioptimalkan dengan menggunakan kata kunci tertentu dan brand bisnis Anda.

Anda juga dapat menambahkan hashtag yang dapat diklik di dalam bio Anda untuk meningkatkan peluang untuk muncul di hasil pencarian, baik itu pencarian hashtag maupun akun Anda.

Sebagai contoh, misalnya pengguna mengetikkan kata kunci “Madu Asli”. Salah satu akun Instagram yang muncul adalah Maduonggu.

Perhatikan gambar berikut,

Teknik SEO di Instagram

2. Gunakan Caption yang Deskriptif dan Mengandung Keyword

Pada halaman Instagram Explore, Anda hanya bisa menggunakan “location tags” dan “hashtag” untuk menemukan sebuah konten. Di samping itu, Instagram juga memberi hasil pencarian berdasarkan interaksi dan interest.

Contohnya saja Anda sering melihat postingan yang berhubungan dengan madu asli, maka halaman “explore page” akan berkaitan dengan konten ini.

Nah, di sinilah caption berfungsi.

Teknik SEO di Instagram

Halaman ini memiliki algoritma yang bekerja berdasarkan akun Instagram yang membahas hal yang sama. Di samping itu, ini juga menggunakan username, bio, nama, dan juga caption untuk mengidentifikasi apakah relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna IG.

Inilah alasannya kenapa Anda harus membuat caption dan deskripsi yang sesuai dengan keyword karena ini akan membantu akun tampil di bagian halaman penjelahan.

3. Perlakukan Hashtag Seperti Keyword

Di Instagram, kegunaan keyword adalah untuk membantu pengguna menemukan konten yang relevan. Meski demikian, hashtag ini berfungsi seperti keyword.

Ketika Anda mencari hashtag tertentu, Anda akan mendapatkan postingan yang sesuai dengan hashtag tersebut. Sama saja ketika Anda menulis caption menggunakan hashtag yang relevan, postingan Anda akan muncul di hashtag ini.

Menurut sebuah artikel di Forbes, kita tidak boleh terlalu banyak menggunakan hashtag yang sama karena akan membuat performa Anda buruk.

Setidaknya gunakan 30 hashtag maksimal dalam satu postingan. Masih menurut artikel di Forbes, pastikan Anda tidak meletakkan lebih dari 10 hashtag.

Sebagai contoh, perhatikan postingan Instagram berikut,

 

View this post on Instagram

 

A post shared by anoigma (@anoigma)

4. Gunakan ALT Text Pada Gambar

Ada fitur spesial di Instagram yang wajib Anda manfaatkan dengan baik, yaitu alt text atau alternative text.

Ini merupakan fitur yang dapat membantu mendeskripsikan foto sehingga robot pencari dapat mudah mengenali sebuah gambar.

Dengan begitu, maka gambar tersebut akan berpeluang muncul setiap kali orang melakukan pencarian dengan kata kunci terkait.

Anda bisa memasukkan keyword di bagian ini sehingga Instagram bisa paham isi gambar yang diposting. Fitur ini bisa Anda temukan saat akan memposting gambar atau video,

Advanced Settings > Write Alt Text

Meskipun Instagram secara otomatis mengisi alt text ini, pastikan Anda mengeditnya. Buatlah lebih detail dan deskriptif.

5. Mendapatkan Tag Akan Meningkatkan Performa Akun

Saat pengguna lain menge-tag Anda di dalam postingan mereka, orang lain kemungkinan besar akan mengunjungi profile melalui username ini.

Dengan cara ini, Anda bisa menarik lebih banyak pengguna mengunjungi akun.

Anda bisa mengajak audience Anda untuk mention username Anda di postingan mereka. Hal ini juga kerap dilakukan oleh banyak influencer dengan  tujuan agar audience mereka mengunjungi profile Anda.

Anda bisa juga memberikan giveaway dengan meminta pengguna untuk me-mention akun Anda.

Sebagai contoh, perhatikan postingan Instagram berikut ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gisella Anastasia (@gisel_la)

6. Jangan Melakukan Praktik SEO Blackhat

Anda mungkin tergoda dengan strategi Blackhat SEO supaya mendapatkan hasil yang lebih cepat. Meski demikian, perlu Anda ketahui kalau hasilnya tidak akan maksimal dan kerap berbahaya untuk jangka panjang.

Instagram sendiri juga akan memberikan pinalti bagi akun yang menggunakan software tertentu, misalnya menggunakan bots supaya banyak followers atau banjir like.

7. Lacak Jangkauan Instagram Anda 

Setelah melakukan tips di atas, pasti Anda penasaran dan ingin tahu hasil penerapan teknik SEO di Instagram yang Anda lakukan. Anda bisa memeriksa analitik instagram Anda.

Jika menggunakan akun Instagram biasa, Anda tidak akan menemukan fitur ini. Anda perlu meningkatkan akun Instagram Anda ke profil bisnis agar dapat menggunakan fitur Instagram Insights.

Dengan fitur ini, Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai followers, dan orang-orang yang berinteraksi dengan bisnis Anda di Instagram.

Baca juga: Waktu Terbaik Posting di Sosial Media

Kesimpulan

Itulah beberapa tips cara optimasi Instagram dengan strategi SEO. Secara konsep dasar memang ada kemiripan, namun ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan bila berbicara soal sosial media.

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa rangkaian langkah optimasi akun Instagram ternyata tidak sulit untuk dilakukan.

Dengan menerapkan teknik SEO di Instagram maka profil dan konten Anda akan berpeluang lebih besar untuk ditemukan di hasil pencarian.

Selain itu, menerapkan tips di atas juga akan membantu Anda dalam membuat strategi konten yang lebih teratur dan bijaksana. Semoga artikel ini bermanfaat.

1 KOMENTAR

  1. Baru kepikiran kalo teknik SEO ala Google ternyata juga bisa diterapkan di Instagram. Selama ini saya beberapa kali bayar influencer buat bantu promosi IG jualan, haailnya lumayan.

    Ditambah dengan teknik ini mungkin akan lebih bagus lagi. Terimakasih mba Nanik atas insightnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here