Beranda Bisnis Memulai Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar, Apakah Mungkin?

Memulai Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar, Apakah Mungkin?

Bisnis Tanpa Modal
Ilustrasi dari Google.com

Bisnis Tanpa Modal, apa Anda sedang mencarinya? Beberapa waktu yang lalu saya dan seorang teman membahas topik tentang bisnis, dan obrolan dengan teman saya itu membuat saya tertarik untuk menulisnya di dalam blog ini. Waktu itu dia bilang, “Saya mau berbisnis untuk nyari uang tambahan, ada tidak bisnis tanpa modal yang bisa menghasilkan untung besar?”.

Mungkin pertanyaan itu juga yang sering ada di kepala saya dan Anda juga, apa mungkin bisa memulai sebuah bisnis tanpa modal sepeserpun dan bisa menghasilkan untung besar?

Saya sendiri sudah pernah menjalankan beberapa bisnis yang awalnya memang tidak butuh modal materiil, misalnya menjadi drospshipper, menulis artikel untuk orang lain, menyediakan jasa backlinks, dan lain-lain. Namun untuk melakukan promosinya, saya tetap mengeluarkan biaya walaupun memang tidak banyak.

Intinya, untuk menjalankan bisnis itu memang perlu mengeluarkan modal walaupun tidak besar. Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan beberapa contoh bisnis tanpa modal besar yang bisa dikerjakan oleh siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, baik secara online ataupun offline.

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang dijalankan tanpa membutuhkan modal uang yang besar:

Artikel terkait: Peluang Bisnis Modal Kecil

1. Menjadi Seorang Penulis Lepas, Bisnis Tanpa Modal

Profesi menjadi penulis lepas adalah salah satu contoh usaha tanpa modal besar yang bisa dikerjakan dari rumah secara online. Saya sendiri saat ini menjadi seorang penulis lepas di salah satuh website yang memiliki topik tentang bisnis. Artikel yang saya tulis seputar bisnis dan referensinya saya lihat dari berbagai artikel bisnis yang ada di internet ataupun buku.

Dalam menjalankan profesi ini, saya hanya membutuhkan koneksi internet dan sebuah laptop. Setiap bulannya pemilik website itu selalu mengirimkan pembayaran atas tulisan yang saya buat, nilainya memang tidak besar tapi lumayan sebagai uang tambahan dan saya juga bisa mengembangkan kemampuan saya dalam menulis artikel.

Jika menurut Anda biaya internet dan fasilitas pendukung lainnya tidak dianggap sebagai modal atau biaya, maka menjadi penulis lepas bisa disebut sebagai bisnis tanpa modal. Bagaimana menurut Anda, tertarik?

Artikel terkait: Cara Memulai Bisnis Penulisan Artikel

2. Menjadi Penjual Produk Orang Lain (reseller atau dropship)

Menjadi reseller tidak termasuk dalam kategori usaha tanpa modal, karena butuh biaya untuk membeli barang-barang yang akan dijual kembali. Keuntungan menjadi seorang reseller, kita tidak pusing dalam membuat sebuah produk yang akan kita jual. Kita hanya perlu fokus pada proses marketing dan penjualan produk orang lain, tentunya kita harus memastikan bahwa produk yang akan kita jual itu memang bagus.

Salah satu contoh reseller dalam bisnis offline misalnya menjual kue buatan orang lain. Saya pernah bertemu dengan seorang bapak penjual kue keliling dimana dia menjual kue buatan orang lain dan dia mendapatkan keuntungan dari selisih harga dari pembuat kue tadi.

Keuntungan si bapak itu dari menjual kue buatan orang lain ternyata cukup besar. Dia bisa mendapatkan keuntungan bersih hingga Rp 3juta dalam satu bulan. Ini adalah salah satu contoh untuk bisnis tanpa modal uang pada usaha offline.

Untuk bisnis online tentunya kesempatan menjadi reseller atau dropship sangat banyak kita temukan. Namun untuk bisa menjalankan bisnis reseller atau bisnis dropship, kita harus memiliki sebuah website atau blog yang akan kita gunakan sebagai “etalase” atau tempat display barang yang kita jual tadi. Website atau blog tersebut bisa dibuat dengan layanan gratis seperti Blogger atau WordPress.

Namun agar terlihat lebih profesional, ada baiknya kita membuat website atau blog dengan nama domain sendiri. Ini memang tidak gratis tapi modal yang dibutuhkan untuk membeli domain sangat kecil dibanding dengan menyewa sebuah tempat untuk berjualan. Itu kembali pada pilihan kita sendiri.

Jika Anda menganggap biaya untuk internet dan membeli produk untuk dijual tidak dianggap sebagai modal awal, maka menjadi reseller dan dropshipper bisa disebut sebagai bisnis tanpa modal. Anda pasti sangat tertarik dengan bisnis ini.

3. Bisnis Tanpa Modal, Menjadi Blogger Profesional

Menjadi blogger profesional adalah salah satu contoh bisnis tanpa modal besar yang bisa kita kerjakan. Banyak blogger yang mempunyai penghasilan rutin dari blog yang dia kelola. Bila kita punya sebuah blog atau website dengan trafik pengunjung yang tinggi maka sangat bisa dipastikan bahwa blog itu akan bisa memberikan penghasila rutin.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog dengan trafik pengunjung yang tinggi; melalui space iklan yang disewakan, melalui program PPC (google adsense), program pay per lead, dan lain-lain.

Namun perlu diketahui bahwa untuk membuat sebuah blog memiliki trafik tinggi dan disukai oleh pengunjungnya bukanlah sesuatu yang sangat mudah. Blog tersebut harus memiliki konten yang original dan disukai pengunjungnya, selain itu tampilan dan navigasinya juga harus user friendly.

Dan untuk mencapai semua itu bukanlah sesuatu yang mudah. Kita harus memiliki kemampuan khusus, baik sebagai seorang webmaster, seorang penulis konten, dan seorang pebisnis online.

Jika biaya belajar blogging dan koneksi internet serta biaya lainnya tidak dianggap sebagai modal, maka menjadi seorang blogger bisa dianggap sebagai sebuah usaha tanpa modal.

4. Menjadi Seorang Broker/ Agen

Jika Anda adalah seorang yang memiliki kemampuan marketing yang baik, maka Anda bisa mencoba menjadi seorang broker/agen. Contohnya adalah menjadi seorang agen penjual properti. Keuntungan dari menjual properti bisa dari dua pihak, yaitu dari pemilik properti dan juga dari pembeli properti.

Pemilik properti biasanya akan memberikan tip kepada orang yang berhasil membantunya menjual properti miliknyanya. Sedangkan pembeli yang senang biasanya akan memberikan tip kepada orang yang memberikan informasi dan membantunya menemukan property yang dia cari.

Jika waktu dan biaya operasional Anda tidak dianggap sebagai modal atau biaya, maka menjadi seorang agen atau broker bisa dianggap bisnis tanpa modal.

Artikel terkait: Bisnis Sampingan

5. Menjual Jasa Termasuk Bisnis Tanpa Modal?

Bisnis penyedia jasa sebenarnya bisa dikerjakan dengan tanpa modal yang besar. Namun pada kebanyakan kasus, bisnis penyedia jasa biasanya membutuhkan modal materiil yang tidak sedikit.

Salah satu contoh bisnis modal kecil dengan menyediakan jasa pada bisnis online adalah menjual jasa penulis artikel. Selain itu menjual jasa SEO (search engine optimization), menjual jasa membuat website, menjual jasa marketing online, dan lain-lain.

Kesimpulan:

Menurut saya, tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal sepeserpun. Saya lebih setuju jika disebut bisnis dengan modal kecil. Bila kita menggali berbagai peluang usaha, kita akan menemukan beberapa usaha tanpa modal besar yang bisa kita jalankan.

Dengan belajar terus-menerus dan berusaha menggali potensi bisnis di sekitar kita, pasti kita akan bisa membangun sebuah bisnis yang berhasil.

95 KOMENTAR

  1. Kalo versi saya lebih ke blogger, karena saya suka nulis. apalagi seputar hobi / travel, bisa di monetisasikan ke google adsense dan sudah di ulas jg di artikel ini. Tapi semua tergantung niat dan usaha masing-masing si menurut saya. mohon maaf saya pemula

  2. leonardo masih adakah peluang itu?

  3. Jika untuk memilih saya suka yg reseler karena basic nya ke jualan,
    saya suka jualan walau hasil tidak begitu besar namun jika di tekuni insyaAllah akan besar pula.
    keren banget di jabarkan pula bisnis lainnya di artikel ini. . makasih admin

  4. jaman skarang lagi trennya jadi reseller atau dropshipper, selebihnya tetap saja butuh modal.

  5. Cara Pasang Gypsum

    Wah ternyata ada juga ya bisnis via online itu sangat luas, perlu di pelajari dan praktekan lebih dalam ilmunya ini….
    btw makasih admin…

  6. saya baru belajar ini mas, setelah lihat artikel ini menarik juga, cuma tidak semua yang ada dalam artikel ini bisa saya jalankan karena keterbatasan ilmu yang saya miliki. tolong di update lagi, siapa tau saya bisa banyak baca disini dan menambah ilmu online saya, terimakasih

  7. Nice artikel.
    Yang terpenting adalah seberapa kuat kita membangun bisnis kita dan seberapa kuat kita bangun dari kejatuhan.

  8. kalo saya bisnis menabung untung via 3i car, legal dan jelas. awalnya fokus nabung karena tercover asuransi sampai umur 74 tahun. setiap merekrut n ajak teman nabung kita dapat bonus…mulai tertarik mengenalkan ke teman2. yuk gan kita ubah mindset,menabung untung

  9. Permisi boos sy mau ikutan berbisnis.dan brkrja sma

  10. Halo.. saya Leo dri Surabaya.. saya mau berbagi dikit tentang bisnis saya yang saya kerjain dri SMA.. sekarsng bisa dapet 5-7juta perbulan.. and ada bimbingan langsung dan panduan2 terperinci dari pihak kantor.. kalo ada yang minat lagi butuh tenaga tambahan terutama di area Surabaya bisa hubungi WA saya 089606501651.. khusus untuk 5 orang saja

  11. Asep crystianto

    Saya ingin punya usaha tp tidak ada modal..barangkali ada pengusaha yg percaya kepada saya.,untuk memasarkan usahannya..saya cuma punya kemauan untuk sukses..trimakasih.

    • Cari Domain SEO

      Selain kemauan, harus punya keahlian juga dong gan hehe…

      Kalo saya sih lg serius cari uang online di youtube sama jual beli domain.

      Kalo jual beli domain sekali untung bisa dpt gede, cuma bisa dibilang ini susah n untung2an. Bisnis kayak gini ibarat jual beli rumah kalo di offline, susah cari calon pembeli, dlm sebulan blm tentu dpt pembeli.

      Makanya ane coba jdi youtuber jg, biar ga gede tapi lbih stabil perbulannya.

      Thanks buat artikelnya,

      Gian

    • Mas asep kalo mau bisaa kerjasama dengan saya.. saya ada bisnis bagus yang berpeluang besar nih.. bisa hubungi di 089606501651 WA saya.. trimakasih mas

  12. Sy LG bingung.usaha apa yg bs d jlnkn dgn mdl kcl

  13. Menurut saya,
    Saya lebih condong ke point no 2 (menjadi reseller).
    Anda bisa mulai usaha dengan modal kecil.
    Dengan menjadi reseller OL shop,kita tidak terbatas waktu,modal dan lokasi usaha.apalagi OL shop yg menyediakan fasilitas drop shipping.itu akan lebih mempermudah bagi reseller.
    Salah satu rekomendasi saya untuk OL shop bs diliat di instagram @TnZcollections.

    Semoga bermanfaat,
    Terimakasih.

  14. Menjadi menulis lepas gmn caranya ya ?
    Bisa kita menjual artikel-artikel kita ?

  15. Kalau saya jual Informasi lewat internet..
    Alhamdulilah hasilnya memuaskan

  16. Kalau saya buka jasa pembuatan website, dan seo, ada yg berminat..?

  17. gan. ane bisa jadi jasa buat service komputer dan jaringan,

  18. gimana cara memulai buat berbisnis ya???tolong jelasin, soalnya saya mau cari usaha, tapi bingung. gimana ya?

  19. Sebenarnya bisa saja, namun bila logika berbicara semua bisnis pasti memakai modal. Mungkin ada yang memerlukan modal kecil atau bahkan cukup besar.

  20. Supriadi Ardiwijaya

    bukankah itu semua modal berupa ide.

  21. Selalu jujur,bersih dan disiplan menjalani tugas itu yg paling utama

  22. Bunda, sista, benar sekali bisnis dengan modal kecil saat ini banyak . salah satu nya bisnis reseller, bisnis yg benar2 booming saat ini. benar2 bermodal kan bb dan facebook. Saat ini kita sudah membuka peluang reseller bagi para sista,, reseller tas branded atau bermerk yg langsung import, yuk sis di invite pin nya 5352FFB0. Thankyou..

  23. era digital seperti sekarang ini memudahkan siapa pun yang ingin memulai dan menjalankan bisnis tanpa modal.

  24. Adib Arifiyanto

    Memang benar, bisnis bisa dilakukan tanpa “modal”. modal di sini adalah lebih ke materi, uang, ataupun aset. Yang jelas pebisnis harus punya modal semangat. Nice artikel.. ^^

  25. Thanks buat artikelnya
    Yup semua bisnis pasti mengeluarkan modal sekecil apapun itu.
    Syukurlah saat ini saya sudah bisa hidup 100% dari bisnis rumahan yg sy rintis 5 tahun lalu sepeninggal alm.suami
    Bisa menggaji karyawan, menyekolahkan anak, dll.
    Selalu ada jalan ketika ada kemauan.
    Banyak modal tanpa tekad & kerja keras = zero.
    Dan selalu inovasi,,

  26. Bagi anda yg punya modal saya bersedia menjadi partner usaha untuk anda, skil kerja yg saya punya di dunia selular.

  27. Menurut saya sangat mungkin berbisnis tanpa modal, asal punya modal kemauan saja. saya pun di awal sama sekali mengandalkan niat dan kemauan maju saja. Alhamdulilah sekarang sudah hidup 100% dari bisnis saja.

  28. apa mungkin bisnis tanpa modal sebagai kerjaan sampingan..??
    ma kasih

  29. iya sih sobat… kalau gak ada modal, maka modalnya tenaga and pikiran kita.. tapi kalau gak mulai maka gak akan bisa menjalani usaha..
    orang kreatif selalu punya jalan. semangat jiwa muda!

  30. Coba kasih thu cara dng singkat

  31. apa yg bisa sy lakukan dgn bisnis tanpa modal ini tks

  32. Di dunia ini tdk ada g tdk mgkn selama manusia mw berdoa,berdoa,berdoa,dan berkomunikasi dg sesama.

  33. usaha modal kecil

    websitenya sangat lengkap. terlebih pada artikel ini membahas tentang usaha tanpa modal. Memang jelas sangat mungkin tapi tentu harus mengeluarkan energi dan waktu yang ekstra. Saya sendiri pernah menjalankan usaha bimbel tanpa modal tapi karena tanpa modal ya saya harus kerja ekstra keras dan menggunakan apa yang saya miliki

  34. Horas lae, luar biasa artikel-artikel di web lae ini, sangat membantu saya untuk mengerti lebih banyak tentang optimasi web. Terima kasih banyak lae, sukses selalu

  35. Bisa jual jasa menulis di forum-forum mas Abdul, misalnya di forum kaskus, forum ads-id, dan lain-lain. Tawarkan jasanya di sana, atau bisa langsung menghubungi pemilik blog.

  36. saya kira mungkin, salah satu caranya dengan menambah guna dari barang yang sudah kita miliki …. tanpa modal bisa, asal mau keluar banyak tenaga

  37. saya kira mungkin, salah satu caranya dengan menambah guna dari barang yang sudah kita miliki

  38. belajar bahasa inggris

    tanpa modal bisa, asal mau keluar banyak tenaga

  39. rianti solikhah

    sebenenya kalau tanpa modal jelas tidak mungkin, biar bagaimanapun pasti kita membutuhkan modal, namun memeng benar kalau yang di bicarakan adalah modal uang ya jelas bisa saja kalau begitu. tapi dengan konsekuensi harus mengeluarkan modal pikiran tenaga dan waktu.

    kayanya sih

  40. NIce Info, Kunjungi Kawasan Hunian Kota mandiri Ber Nuansa Alam Fasilitas Terlengkap di Timur Cibubur ya Kawan kawan,

    Hitung hitung Cuci Paru Paru lho, suasananya sejuk & damai Asri

  41. surat investasi modal usaha

    wah sepertinya walaupun jadi blogger juga tetap butuh modal, koneksi internet, komputer atau laptop, gadget juga..

    waktu juga merupakan modal kan.. lebih tepatnya disebut dengan modal minim kali yhaa.. :)

  42. Saya tertarik untuk menjalankan bisnis reseller secara online. Kira-kira produk yang bagus dan laris apa ya mas?

  43. Makasih infonya, bagus. Untuk usaha patungan (partnership), terpenting adalah semua pihak memahami dan mengikuti aturan mainnya, perjanjian yang dibuat diawal ketika modal sama-sama digabungkan. Contoh Perjanjian Usaha Bersama berikut mungkin bisa membantu

  44. Bangun Inspirasi

    Mantap mas infonya inspiratif :)

  45. maaf bapak bagaimana caranya bisnis tanpa modal untung besar bapak, terima kasih

    • Hmmm namanya berbisnis pasti butuh modal mas Syarifudin. Kita bisa memilih bisnis dengan modal kecil, ada banyak kog, yang harus kita lakukan adalah kejelian dalam melihat peluang.

  46. @ibu utami: kalo ide sy bu utami bs coba jual sambal pecel khas madiun sama peyek, keripik tempe selama ini sy jg krm peyek dan sambal pecel beserta keripik tempe ke taiwan, malaysia.

  47. @ bu utami : bisnis bebek aja…. saat ini saya sedang butuh pemodal
    coba berkunjung ke kandang saya aja di jember call : +62331 3000178
    salam kenal…

  48. Tentunya saya ingin bisa memiliki bisnis yg dijalankan di Indonesia, tapi bisa dikonsumsi di luar negeri.
    Apakah ide Anda? Saya tinggal di Siberia (Russia).

    • bisnis pempek saja bun. di rusia kan blm ada pempek..istri saya paling jago buat pempek khas palembang

  49. @Sulis ae :ada kok bisnis modal 49.900 + ktp kamu bisa menghasilkan jutaan rupiah , bisa di kerjakan kapan saja , di mana saja & oleh siapa saja .
    Info selanjutnya
    Hesti
    Bb : 265AF461
    Hp : 081320406079

      • betul itu, oriflame… ane juga sudah gejegur kesitu… MLM Oriflame… sekarang ndak mau jatuh untuk kedua kalinya hehehehehe…

        • Itu sih bukan jatuh mas, tapi mas nya yang ga semangat mengerjakannya. Saya punya beberapa teman yang sukses di bisnis MLM online Oriflame, penghasilan mereka lumayan fantastis dibandingkan saya hehehe.

    • saya agak tertarik dengan info anda? bagaimana caranya?

  50. Saya ibu rumah tangga dan ingin memulai bisnis. Yang menjadi kendala adalah saya tinggal di luar negeri. Saya mencoba untuk mencari informasi bisnis francise, tapi kembali kendalanya saya harus berperan serta dalam kegiatan operasional. Sedangkan saya pulang ke Indonesia hanya 2x dalam 1 tahun.
    Berniat untuk bermain saham tetapi menurut agama saya tidak diperbolehkan.
    Sejauh ini saya dan suami, mencoba jual beli apartemen, keuntungannya bagus, cuman cashflow nya lambat ( tentunya kami menggunakan jasa agen).
    Pertanyaan saya, kira kira bisnis dengan cashflow cepat apakah yang bisa saya jalankan?
    Terima kasih

    • Bisnis yang cashflow nya cenderung cepat adalah berbisnis makanan dan kebutuhan pokok bu Utami. Kalau ibu punya cukup modal, ada baiknya mencoba bisnis waralaba makanan atau waralaba lainnya yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Kalau modal awalnya kuat, waralaba yang menurut saya bisa ibu pertimbangkan adalah waralaba indomaret, untuk pengelolaannya kita bisa hire orang yang punya kemampuan dan bisa dipercaya.

    • bisnis hanya untuk ibu di indonesia saja? knp tidak memulai usaha yg dijalankan di indonesia tp juga bisa di konsumsi di luar negeri…sepertinya itu lebh menguntungkan, dengan modal yang cukup dan resiko rugi yang kecil, tp tetap dijalankan oleh sdm yang bisa dipercaya dan menguasai di bidangnya.

    • saya menjual cairan penambal ban dari dalam, jadi apabila ban tertusuk paku secara otomatis cairan tersebut bisa menembel dari dalam, paku bisa diambil dan ban tidak bocor bisa untuk ban tubles dan ban dalam, permasalahan saya terbentur dana keuangan, jika anda tertarik saya siap menjalankan bisnis ini lagi dengan investasi keuangan dari anda, keuntungan perbulan kurang lebih 15 juta rupiah, saya membutuhkan dana sekitar 100 juta rupiah saja kurang dari 1 tahun diprakirakan dana permodalan anda sudah kembali dan ditambah bagi hasilnya. saya suka bekerjasama tapi saya tidak mau ada bunga berbunga dengan peminjaman modal maka dari itu saya butuh investor bukan pinjaman modal dari bank yang mendapatkan bunga atas pinjamannya. jiaka anda tertarik hubungi saya di 081904122598 (Rohmat, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia) salam kerjasama.

  51. Bagaimana caranya menjadi penulis lepas

  52. Lukman Putra Arjuna

    menjadikan inspirasi untuk jadi pengusaha……

  53. koq sulit ea ri lpngank kerja

  54. belajar ngeblog dengan sobat, alangkah menyenangkan. Numpang baca-baca artikel nan ciamik buat memulai bisnis online

  55. ternak lovebird

    info menarik, aku belum pernah coba google ads. penasaran.

  56. Bisa mba Indri, ada banyak toko online yang menawarkan kerjasama dalam bentuk dropship. Kita ga perlu keluar modal untuk beli barang, fokus untuk promosi saja. Proses pengiriman juga sudah ditangani oleh pihak penjual :)

  57. Coba lihat di sini 10baju.com, kamu bisa jadi reseller atau dropshipper. Kalau tidak ada modal, kamu bisa jadi dropshipper

  58. memang harus dicoba ya gan baru bisa ngerti, jadi sambil belajar. cuma kadang bingung mau mulai yang mana atau dari mana..:) makasi infonya

    salam sukses

  59. tapikan itu juga mangeluarkan uang gan.

  60. Sebagai masukan aja ne..menurut aq bisnis yg paling mudah dan murah meriah ya bisnis pulsa. Apa lagi untuk yg masih sekolah, karna aq memulai bisnis pulsa ini sejak sekolah dan alhamdulilh aq dah punya conter sendiri. Dari modal 100rb aja kita dah bisa memulai bisnis ini. Bisa kita jual ketemen2 sekolah,temen kerja, saudara atau tetangga. Dari untung yg sedikit itu kalau kita kumpulkan pasti besar juga dan lumayan untuk usaha sampingan. Dan setidaknya kita tidak perlu repot ke counter buat beli pulsa.

  61. Randy Saktyawan Anugerah

    patut di coba gan.
    syardash.com

  62. Ada usaha untuk anak sekolah dan gak punya modal gax ya? Tolog bantu bos..!

  63. taura muda yantoro

    bingung mau usaha apa dengan keadaan cacat.tanganku buntung ktika kerja di pabrik

  64. Untuk mendapatkan konsumen yang loyal, kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
    coba anda bayangkan berapa banyak waktu, tenaga, fikiran, bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

    Gratis pendaftaran merek, desain Industri, Hakcipta di http://www.ipbranding.co cukup dengan memesan desain logo, icon, symbol, design packaging, uniform, t-shirt promo, dll.kami juga menyediakan jasa pendaftaran barcode gs1system, pembuatan website serta maintenancenya.

    hotline:: 085.6789.7272/0888.0600.7504
    PIN BB:: 32744CC7.
    Support by :: http://www.ipindo.com konsultan hki terdaftar.
    *syarat&ketentuan;berlaku.

    • Titha Rahmawati Januar

      biasa itu bisnis di affiliasi , coba aja search lebih jauh tentang bisnis itu , kalo ga salah di bisnis itu , setiap barang yang terjual dari penawaran kita, kita mendapat komisi

  65. Azat C'ayah Muda

    ada ling ga buat saya bsa jualan produk orang lain, misalnya kaos to sepatu…

  66. Wilna Scolastika

    sangat ingin aku mengetahui y.

  67. usaha kecil-kecilan apa ya buat saya yang masih sekolah

    • Banyak kog, bisa jualan baju ke teman-teman Sekolah misalnya jadi dropshiper, atau jadi penulis (kalo jago nulis), jadi blogger dan asisten penulis yang dibayar bulanan. Ada banyak kog…

      • menjadi seorang blogger bukannya perlu modall ya mas, kan minimal harus punya gadget dan akses internet

  68. Permisi,numpang nimbrung mas bro…

    Postingannya bagus n menambah pengetahuan saya nih…

    Salam sukses :)

  69. Belum penah mencoba semuanya, baru sebatas menjadi blogger biasa :D

    • Ya dicoba dong mas, selalu ada yang pertama kali untuk setiap hal. Kalau kita ga coba dari sekarang mungkin nanti kita ga bakalan sempat nyoba karena kesibukan yang lain.

  70. Kalo itu biasanya tergantung kesepakatan di awal. Ada pemilik website yang meminta dibuatkan 1 artikel per hari, tapi ada juga yang meminta kita untuk menulis sampai 5 artikel per artikel. Selain itu beberapa pemilik website/ blog juga menginkan jasa menulis artikel sekaligus submit di blog nya, tentu harganya berbeda dengan menulis artikel saja.

  71. Menjadi seorang penulus lepas apakah ditargetkan, misal sebulan harus kirim beberapa artikel?, kadang klo penyakit malas menyerang ya buntu ga punya semangat nulis2 hehehe.

Tinggalkan Balasan