15+ Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

peluang-usaha-sampingan

Peluang usaha sampingan – Seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, suatu saat mereka pasti ingin memiliki bisnis sendiri. Memang, menjadi seorang karyawan (apalagi kalau posisinya bagus dan bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang besar) adalah sebuah kebanggaan tersendiri karena dia memiliki penghasilan rutin setiap bulan, jadwal kerja yang teratur, jaminan kesehatan dari perusahaannya, dan juga memiliki nilai prestise yang tinggi.

Ini adalah impian dari sebagian besar orang yang bekerja di perusahaan orang lain. Namun, tentunya tidak semua orang akan memiliki peluang yang sama seperti yang di dapatkan oleh orang lain, bahkan terkadang ada faktor X yang membut karir seseorang terhambat walaupun dia telah bekerja keras dalam bekerja di sebuah perusahaan.




Bekerja di sebuah perusahaan memberikan keuntungan di satu sisi, yaitu adanya jaminan kesehatan dari perusahaan, gaji yang pasti setiap bulannya, jenjang karir, dan beberapa kelebihan lainnya. Namun di sisi lain, ada juga kekurangan menjadi seorang karyawan kantoran, seperti; peluang karir karyawan yang terbatas, adanya resiko dipecat bila tidak bekerja maksimal, merasa gaji tidak sesuai dengan beban kerja, waktu yang habis di kantor, dan mereka yang bekerja di kantoran sering merasa buntu dan jenuh dengan segala rutinitas mereka sebagai karyawan. Banyak dari antara mereka yang memutuskan untuk keluar dari zona nyaman mereka di kantor untuk memulai sesuatu yang baru dan penuh tantangan.

Nah, itulah yang menyebabkan banyak karyawan yang mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha sampingan yang ada di sekitarnya. Kebanyakan dari mereka bisa menjalankan usaha sampingan tersebut sambil tetap bekerja di kantor, tapi banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk menjadikan bisnis sampingan tadi menjadi sumber penghasilan utama mereka. Tidak jarang juga karyawan yang meninggalkan dunia kerja kantora demi untuk fokus pada bisnis mereka yang memang menunjukkan potensi yang sangat baik.

Ketika kita bicara tentang peluang usaha sampingan, maka akan ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kita manfaatkan yang ternyata ada di sekitar kita. Seringkali kita tidak menyadari peluang bisnis sampingan ini karena kita terlalu fokus pada pekerjaan di kantor. Bila Anda adalah seorang karyawan dan mencari peluang bisnis sampingan maka Anda perlu memperhatihkan peluang bisnis di bawah ini.

Artikel terkait: Peluang usaha dengan modal kecil

I. Memanfaatkan Hobby Sebagai Usaha Sampingan

Ada banyak sekali orang yang sukses menjalankan usaha yang dimulai dari hobby. Keuntungan yang di dapatkan dari usaha ini juga terbilang cukup besar. Apa saja jenis hobby yang bisa jadi peluang usaha sampingan?

1. Hobby Memancing

Sudah tidak heran lagi bahwa ada banyak sekali laki-laki yang suka memancing ikan, baik itu ikan tawar ataupun ikan laut.  Kalau Anda memiliki hobby memancing, kenapa tidak mencoba menjalankan usaha sampingan dengan memanfaatkan hobby Anda ini?

Seseorang yang memiliki hobby memancing – mungkin Anda – pasti memiliki pengetahuan yang cukup tentang tehnik dan cara memancing yang baik, dan juga mengetahui peralatan memancing yang dibutuhkan. Manfaatkan ini sebagai peluang usaha, bagaimana caranya?

Anda bisa menyediakan peralatan alat pancing dan memasarkannya pada teman-teman Anda yang memiliki hobby yang sama. Tapi tentunya ini akan membutuhkan modal. Kalau Anda tidak mempunyai modal yang cukup, Anda bisa menjual keahlian Anda dalam memancing pada peng-hobby pancing yang masih pemula. Berikan training cara memancing yang baik pada mereka dan saran-saran terbaik yang Anda miliki.

Tentu saja Anda harus memiliki keahlian khusus dalam memancing. Bila Anda ingin menjual kemampuan memancing Anda secara online, maka menjual eBook cara memancing adalah cara terbaik dan termurah. Media online dapat menjangkau banyak orang dan ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual produk eBook yang Anda buat.

2. Hobby Memasak

Biasanya ini dilakoni oleh para wanita, namun tidak menutup kemungkinan dijalankan juga oleh para pria karena banyak pria yang memiliki kemampuan dalam memasak. Memiliki hobby memasak adalah salah satu hobby yang menyenangkan karena berhubungan dan rasa makanan yang dibuat. Selain menyenangkan, hobby memasak juga bisa dijadikan peluang usaha sampingan bagi karyawan yang memiliki keahlian dalam memasak, bagaimana caranya?

Dengan kemampuan memasak yang Anda miliki, Anda bisa menjalankan usaha warung makan, katering, atau menjual kue-kue buatan Anda. Setahu saya, usaha makanan memiliki potensi bisnis yang sangat baik karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Untuk menjalankan usaha makanan ini tentunya Anda membutuhkan modal yang cukup agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan maksimal.

Nah, bila Anda tidak memiliki modal untuk membuat usaha makanan, Anda masih memiliki peluang usaha sampingan dari kemampuan Anda tersebut, yaitu dengan menjual eBook. Buatlah eBook tentang masakan atau kue-kue dengan resep khas dari Anda, dan proses penjualan secara online bisa dengan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, atau bisa juga melaui blog pribadi Anda.




Sebenarnya masih banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan hobby. Silahkan menjelajahi hobby Anda, perhatikan apakah Anda bisa memanfaatkannya menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

II. Memanfaatkan Keahlian atau Keterampilan Sebagai Usaha Sampingan

Masing-masing orang pasti mempunyai keahlian dan keterampilan yang berbeda-beda. Alangkah baiknya bila kita memanfaatkan keahlian dan keteramlilan kita itu menjadi peluang usaha sampingan. Selain kita bisa membantu orang lain yang ingin mempelajari keahlian yang kita miliki, kita juga bisa menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Apa saja keahlian dan keterampilan yang bisa dijual?

1. Keahlian Membuat Website/ Blog (web developer)

Ini adalah salah satu keahlian yang memiliki potensi bisnis yang sangat besar. Saat ini semakin banyak para pelaku bisnis ataupun perorangan yang ingin memiliki website atau blog tapi mereka tidak memiliki keahlian untuk membuatnya. Tentu saja ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber, harga jasa untuk membuat sebuah website/ blog sangat beragam, yaitu berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 100 juta per website. Untuk harganya, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan Anda dan desain website yang Anda kerjakan. Jika Anda tertarik menjadi web developer, silahkan baca artikel ini.

Artikel terkait: Peluang usaha rumahan

2. Keahlian Bermain Alat Musik

Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki kemampuan dalam bermain musik, bahkan mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk belajar musik dari orang lain. Salah satu orang yang memanfaatkan keahlian dalam bermain musik adalah saya. Saya sangat menyukai alat musik gitar dan cukup ahli dalam memainkannya. Waktu masih kuliah, saya pernah memberikan les private belajar bermain gitar pada mahasiswa lain dengan biaya yang menurut saya lumayan besar. Anda mungkin memiliki keahlian pada alat musik lain, misalnya seperti piano, terompet, drum, bass, dan lain-lain, manfaatkanlah keahlian Anda itu menjadi peluang usaha sampingan yang bisa memberikan keuntungan buat Anda.

Masih banyak jenis keahlian lain yang bisa kita manfaatkan. Namun sebelum kita menjalankan peluang usaha sampingan tersebut, pastikan bahwa Anda memang seorang yang cukup mahir dalam bidang tersebut.

III. Memanfaatkan Internet Untuk Pemasaran Bisnis

Sebaik apapun sebuah bisnis, tetap harus didukung oleh pemasaran yang baik. Internet adalah salah satu media pemasaran yang sangat efektif saat ini karena kita bisa memasarkan produk apapun melalui internet. Beberapa bisnis yang saat ini go online diantaranya:

1. Bisnis MLM Online

Dulu bisnis MLM banyak dijalankan secara offline. Saya juga pernah melakukannya, dan saya gagal. Namun, sejak bisnis MLM dijalankan secara online, proses pemasaran menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Dan kemudahan ini juga yang saya rasakan ketika berbisnis MLM online. Baca ulasan saya di artikel ini. Seorang karyawan atau bahkan seorang ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis MLM online tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya.

Baca juga: Ide bisnis untuk ibu rumah tangga

2. Pemasaran Bisnis Makanan Secara Online

Pemasaran via internet memang luar biasa, hal inilah yang disadari oleh para pengusaha makanan seperti Mie Ayam Grobakan, Tahu Jeletot Taisi, Angkringan Nasi Kucing 78, Radja Pizza, dan masih banyak usaha makanan lainnya. Sistem waralaba yang mereka tawarkan secara online ternyata cukup banyak peminatnya sehingga membuat bisnis mereka semakin berkembang.

Selain yang disebutkan di atas sebenarnya masih sangat banyak peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh seorang karyawan yang ingin memiliki usaha sendiri. Namun, perlu kita ingat bahwa ini adalah bisnis sampingan, sebaiknya jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai pekerja kantoran.

Bila Anda memang ingin fokus pada usaha Anda tersebut dan ingin meninggalkan pekerjaan lama Anda, maka Anda harus memperhitungkan semua kemungkinan yang bisa terjadi. Bisnis itu tidak selalu berjalan dengan mulus walaupun kita telah bekerja keras menjalankannya, jadi Anda harus mempersiapkan segalanya sebelum mengambil keputusan.

Demikianlah artikel tentang peluang usaha sampingan untuk karyawan, semoga bisa memberikan inspirasi bagi pembaca blog ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, salam sukses buat Anda :)



107 total comments on this postSubmit yours
  1. kereen,. saya juga hobi online,, penjualan apapun saya online kan, bahkan menjualkan barang orang lain sekalipun.
    di tambah lagi saya punya usaha bisnis dgn komisi 1jt tiap penjualan,.
    disini ada yg mau jadi reseller saya, tanpa modal pendaftaran.
    dgn keuntungan bagi hasil,. atau jika mau bergabung dgn mengeluarkan modal maka komisi seutuhnya buat kamu.
    info wa nando 081276929078
    hub nmr saya aja, ada bnyak peluang buat kamu yg membutuhkan penghasilan.

  2. Sangat inspiratif. . Semoga bisa ku coba

  3. Mohon bantuannya, apabila ada yg mencari rekan untuk membantu bisnisnya (online) karena saya ingin berbisnis namun saya tdk memiliki modal. Terimakasih

  4. Informasi yang menginsipirasi dan bisa dijadikan referensi bagi karyawan yang lagi mencari usaha sampingan. Bahasa yang enak dan mudah dimengerti. Salam sukses..

  5. saya pernah membaca buku bisnis, katanya bisnis itu gak perlu modal hanya perlu dijalankan… sebagai referensi saya melakukan bisnis jualan pulsa di Pulsagram, dengan sistem viral marketing untung saya walaupun sedikit bila kali kali kali jadi lumayan…

  6. Punya usaha sampingan sangat penting. Terlebih orang tersebut berprofesi seperti guru dsb. Karena jika mengandalkan gajian belum tentu cukup. Terlebih kalo usaha sampingannya sesuai hobby. Makin nice ..

    • Artikelnya sangat bermanfaat,semoga dapat menjadi solusi bagi yg sedang mencari kerja sampingan,sekedar info bagi yg ingin bekerja sebagai karyawan secara online (bisa full time/part time) seperti saya silahkan cek disini *Link SPAM*

  7. Memiliki usaha sampingan diluar pekerjaan utama memang perlu.
    Apalagi di zaman dimana kebutuhan hidup semakin tinggi
    Makasih artikelnya. Bermanfaat banget :)

  8. Nice idea mas, memang sudah seharusnya kita jangan selalu mengeluh dengan penghasilan yang kurang, tapi justru harus lebih berfikir bagaimana cara menambah penghasilan diluar gaji yang didapat

    Salam sukses selalu…

  9. Pada akhirnya memang banyak karyawan yang memutuskan untuk memulai bisnis. Mungkin karena masih ragu untuk menjalankan bisnis secara kaffah, sehingga karyawan terlebih dahulu menjalankan bisnis sebagai sampingan saja. Bila tekad sudah bulat dan keberanian sudah matang, biasnya mereka akan resign dan mulai berbisnis secara kaffah.

    Contohnya beberapa agen pulsa saya, banyak yang karyawan dan menjadikan bisnis pulsa sebagai usaha sampingan. Sedikit-sedikit mereka mulai memberanikan berinvestasi untuk membeli etalase konter dan membuka konter pulsa rumahan sebagai penghasilan sampingan keluarga yang bagi mereka cukup potensial karena produk pulsa memang lebih mudah laku dan dibutuhkan masyarakat untuk berkomunikasi. Mengingat Telekomunikasi merupakan kebutuhan pokok masyarakat Nomor 4 setelah Pangan, Sandang dan Papan.

    Kedepan, saya kira bisnis akan lebih diminati masyarakat dibanding mencari kerja karena sulitnya mendapatkan pekerjaan di Indonesia serta bargaining position karyawan yang rendah.

  10. Dulu saya kerja kantoran tp stelah bertahun tahun kerja sptnya tdk ada kemajuan sya resign setelahnya malah saya sakit berat, sehingga sepertinya tidak mungkin diterima kerja di kantor manapun, dengan bermodal laptop, saat ini saya bekerja dari rumah, alhamdulillah…

    • Semoga sukses bisnis nasi nya pak :)

  11. Dulu saya kerja kantoran tp stelah punya bayi sya resign karna ingin fokus urus anak, lama2 bosan cuma dirumah aj tp dilema kalau kerja lg ga tega ninggalin anak, tapi pengen bngt punya penghasilan biar bisa bantu2 suami, jd nyari usaha yg ga harus keluar rumah..bersyukur skrg sya sudah dpt usaha yg sya inginkan jd dirumah aj sambil jaga anak tp dpt penghasilan hehehe pokoknya menyenangkan…

  12. Klw ada yang ingin jadi angel pulsa all operator n pulsa listrik hub 081355010498 registrasi gratis dan gampang

    • apa bisa dg gsm apa saja utk regist brapa min nominal nya tuk perdana? batas masa aktif brp bln…trims

      • Jdi agen saya aja mas…bisa utk all operator token listrik dan byar bpjs…
        1 Deposit utk semua…min Deposit 100rb…bisa di downlinekan kalo masnya mau..bisa hub. 08995350534

  13. Nice sangat membantu sekali terimakasih, memang seringnya gaji bulanan malah membuat kita terjebak dalam zona nyaman. Kita enggan memperkaya diri dan mendorong kemampuan hingga batas maksimal. Berangkat pagi-pulang petang sering membuat kita malas memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan, yang potensinya sebenarnya menggiurkan. Padahal, kita apalagi yang masih berusia muda dan memiliki kesehatan sempurna ini seharusnya bekerja keras dengan semaksimal mungkin

  14. Setuju om maxmanroe, di zaman yang semakin susah seperti saat ini mengubah hobi jadi bisa menjadi penghasilan tambahan sangat penting dan sudah terwujud buat saya. Alhamdulillah tiap bulan ada tambahan penghasilan dari hobi saya memancing.

  15. ayo buat indonesia melek dengan internet, jadikan!
    kunjungannya dong mas ke blog rina..

  16. setuju bgt mas…

    memulai usaha sampingan bisa dengan memanfaatkan hobby, keahlian/skill, internet

    dan juga bisa memanfaatkan peluang usaha sampingan yang sedang trend saat ini

  17. Sangat menginspirasi sekali untuk memulai bisnis sampingan, bisa menjadi solusi yang tepat karena melalui bisnis tersebut kita bisa mendapat pemasukan tambahan dan menyeimbangkan neraca keuangan kita. Namun seperti bisnis pada umumnya memulai bisnis kecil-kecilan terkadang juga tidak mudah, butuh berbagai aspek untuk memulai itu semua.

  18. Kalo usaha sampingan saya sih gabung di moment. Dengan memanfaatkan komputer/smartphone penjualan saya lumayan bnyak. Penggajian nya perhari, jdi cocok banget sama saya yg bekerja di prusahaan.
    Yg mau gabung bleh invite pin saya 5242788E / 082188231842

    • mbak tiorina maaf jenis moment nya paan ya?

  19. Minta pencerahan, sy seorang waiter hotel, apa bisnis sampingan yg cocok buat saya ??

    • Yang sedang cari bisnis atau usaha sampingan tanpa resiko silahkan hubungi saya

      • Saya ingin meminta kontaknya pak, saya ingin memulai bisnis sampingan namun saya kepentok oleh modal. Terimakasih.

      • Saya mau monta kontaknya pak

16 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud