Memahami Arti Tinari dalam Hitungan Jawa dan Neptu Weton Lainnya

arti Tinari dalam hitungan Jawa
Sumber: Freepik.com

Budaya Jawa memiliki banyak sekali hal yang mengatur kehidupan di masa sekarang maupun masa depan. Mereka yang memiliki darah Jawa sudah sepatutnya untuk memahami dan mempelajari budaya tersebut agar tidak salah melangkah. Arti Tinari dalam hitungan Jawa ini merupakan hasil dari perhitungan Neptu weton seseorang. Tradisi yang satu ini biasanya bertujuan untuk menentukan kecocokan antar dua pasangan yang akan menikah.

Hitungan ini juga dapat mengetahui gambaran nasib pernikahan dari dua pasangan tersebut. Sehingga, kedua pasangan harapannya bisa bersiap untuk menghadapi kehidupan setelah pernikahan berdua dengan kerja sama dan saling pengertian. Takdir dan nasib seseorang memang ada di tangan Tuhan dan tetapi manusianya tetap harus mengusahakan yang terbaik. Tradisi Neptu Jawa ini merupakan salah satu warisan dari nenek moyang Jawa untuk hidup lebih baik lagi. Ulasan berikut ini akan membantu Anda untuk lebih memahami mengenai tradisi Neptu Jawa dan khususnya arti dari Tinari.

Mengetahui dan Mempelajari Neptu Jawa untuk Mengetahui Arti Tinari dalam Hitungan Jawa

Sumber: Suaramerdeka.com

Neptu Jawa berhubungan dengan weton dan Primbon Jawa yang memberikan panduan mengenai seseorang sesuai dengan kelahirannya masing-masing. Bila diartikan, Neptu Jawa merupakan nilai dari hari pada kalender Masehi dan juga kalender Jawa. Anda bisa mengetahui nilai dari masing-masing hari di kalender Masehi dan kalender Jawa melalui Primbon Jawa.

Setelah menjumlahkan kedua nilai tersebut, maka Anda akan mendapatkan jumlah weton Anda. Nah, sekarang Anda tentunya sudah mengetahui sedikit mengenai hitungan Jawa. Arti Tinari dalam hitungan Jawa ini berhubungan dengan pernikahan sehingga hasil perhitungannya dari dua weton pasangan pengantin. Dari hasil penjumlahan tersebut Anda hanya perlu menyesuaikan dengan arti hasil hitungannya.

Baca juga: Tutorial Google Translate Aksara Jawa ke Latin Termudah

Nah, berikut ini adalah penggolongan hasil perhitungan weton Jawa untuk pernikahan pasangan pengantin. Silakan simak dengan baik agar Anda tahu arti dari perhitungan weton yang Anda lakukan.

Arti Pegat dalam Hitungan Jawa

Dalam Bahasa Indonesia kata “Pegat” memiliki arti cerai atau bercerai. Sesuai dengan namanya, pasangan yang mendapatkan angka-angka yang tergolong pada Pegat ini hubungannya akan rawan berpisah atau bercerai. Tentu tidak serta merta langsung bercerai ketika selesai menikah tetapi lebih ke banyak terjadi masalah di dalam kehidupan pernikahan mereka.

Hasil perhitungan weton yang tergolong ke Pegat adalah 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36. Anda perlu mengingat bahwa statusnya rawan sehingga tidak semua hasil perhitungan yang tergolong Pegat pasangannya akan benar-benar bercerai di kemudian hari.

Arti Ratu dalam Hitungan Jawa

Hasil perhitungan weton Jawa sebelumnya tergolong cukup mengerikan. Namun, untuk Ratu ini Anda bisa bernapas lega karena artinya positif, yaitu keberuntungan. Pasangan yang mendapatkan hasil perhitungan 2, 11, 20, 29 merupakan jodoh sejati yang hubungan pernikahannya akan harmonis, bahagia, dan juga begitu serasi.

Bila Anda dan pasangan mendapatkan angka hasil hitungan Ratu, maka jangan ragu untuk segera menikah. Tentunya, Anda juga harus yakin dan mantap dengan pasangan hidup yang Anda pilih tersebut. Namun, jangan juga berharap kehidupan Anda tidak ada masalah sama sekali. Karena setiap kehidupan pasti ada masalah yang menjadi cobaan hidup bagi Anda maupun pasangan Anda.

Arti Jodoh dalam Hitungan Jawa

Anda mungkin sudah bisa menebak makna hasil hitungan weton yang termasuk ke Jodoh ini. Ini cukup mudah untuk orang pahami karena artinya sesuai namanya, tidak seperti arti Tinari dalam hitungan Jawa yang cukup asing di telinga. Mereka yang hitungan wetonnya Jodoh adalah pasangan yang akan memiliki kehidupan rumah tangga rukun dan damai.

Banyak sekali pasangan yang berharap hasil perhitungan weton mereka termasuk ke Jodoh. Karena bila demikian, mereka tidak perlu khawatir atau was-was dengan kehidupan pernikahannya dan bisa menjalani kehidupan dengan tenang dan bahagia. Hasil perhitungan yang termasuk ke Jodoh adalah 3, 12, 31, 30.

Arti Topo dalam Hitungan Jawa

Bagi Anda yang mendapatkan hasil perhitungan weton di angka 4, 13, 22, 31 berarti termasuk ke Topo. Untuk kategori Neptu Jawa yang satu ini perlu Anda dan pasangan waspadai. Topo secara bahasa memiliki arti masalah dan menurut tradisi Jawa masalah akan terjadi di awal-awal pernikahan Anda dan pasangan.

Anda harus saling percaya dan saling memahami satu sama lain agar bisa menghadapi setiap masalah yang muncul di awal pernikahan. Jangan biarkan masalah-masalah itu menghancurkan impian Anda dan pasangan untuk memiliki kehidupan rumah tangga yang membahagiakan dan harmonis.

Arti Tinari dalam Hitungan Jawa?

Inilah yang sudah Anda tunggu-tunggu, Arti Tinari dalam hitungan Jawa. Secara bahasa, arti dari kata Tinari di Bahasa Indonesia adalah Bahagia. Anda tidak perlu merasa khawatir dan takut ketika menjalani kehidupan pernikahan karena Anda bisa hidup dengan tenang dan bahagia tentunya. Kemudahan mencari rezeki dan juga kebahagiaan-kebahagiaan lainnya akan menyertai Anda dan keluarga selama pernikahan tersebut.

Arti Padu dalam Hitungan Jawa

Selanjutnya mari beralih ke arti hitungan Jawa yang termasuk ke kategori Neptu Padu. Arti kata Padu dalam Bahasa Indonesia sendiri merupakan bertengkar atau berdebat. Hubungan yang identik dengan perdebatan dan juga pertengkaran tentu saja bukan hubungan yang bagus. Anda dan pasangan tidak bisa menemukan keselarasan dalam berpikir dan bertindak. Pada akhirnya justru saling bertengkar dan tidak ada perasaan damai dan bahagia.

Perdebatan memang tidak selalu buruk karena perdebatan atau pertengkaran juga merupakan bagian dari komunikasi dan juga interaksi. Angka yang termasuk ke Neptu Padu ini adalah 6, 15, 24, dan 33. Bagi Anda yang mendapatkan hasil perhitungan weton ini harus berusaha lebih tenang dalam berhubungan dengan pasangan. Meski pandangan akan rumah tangga di Padu ini tidak begitu baik, paling tidak Anda tidak berujung ke perceraian.

Baca juga: Nikahnya.com ~ Startup Bisnis Pembuatan Undangan Pernikahan Online

Arti Sujanan dalam Hitungan Jawa

Sujanan adalah salah satu Neptu Jawa yang harus benar-benar Anda waspadai dan juga pikirkan dengan baik. Pasalnya, hasil Neptu ini menunjukkan kehidupan pernikahan yang terancam pertengkaran hebat akibat adanya perselingkuhan.

Bukan hanya harus merasa takut dan khawatir dengan kemungkinan rumah tangga yang terus memanas. Anda juga harus menanggung sakit hati akibat luka perselingkuhan dari pasangan Anda. Hasil perhitungan kategori Sujanan ini adalah 7, 16, 25, 34.

Arti Pesthi dalam Hitungan Jawa

Yang terakhir dalam Neptu hitungan Jawa ada Pesthi. Kategori yang satu ini merupakan kategori baik karena menurut tradisi Jawa Pesthi menggambarkan kehidupan pernikahan yang rukun. Anda dan pasangan bisa hidup dengan tenang dan damai tanpa perlu khawatir adanya ketidakcocokan selama pernikahan. Jumlah hitungan weton yang termasuk ke Pesthi adalah 8, 17, 26, dan 35.

Demikianlah informasi mengenai Neptu Jawa dan juga arti Tinari dalam hitungan Jawa. Sekarang, Anda sudah mengetahui salah satu tradisi masyarakat Jawa yang sangat penting untuk menentukan pernikahan. Anda bisa menggunakan tradisi ini untuk mendapatkan petunjuk mengenai pernikahan Anda di masa depan.

M Zam

Leave a Comment