Tips Sederhana Membangun Bisnis Bersama Pasangan

Membangun-Bisnis-Bersama-Pasangan

Banyak orang yang tak ingin menjalankan bisnis bersama dengan pasangan mereka. Alasannya beragam, mulai dari perbedaan minat dan passion, takut mempengaruhi hubungan pribadi, atau khawatir akan kebingungan membagi profit bisnis. Dalam hal ini diperlukan yang namanya komitmen yang benar-benar matang antar pasangan, baik sebelum, selama dan setelah menjalankan sebuah bisnis bersama.

Selain itu, bagi pasangan yang mungkin akan menuju jejang pernikahan, bisnis berdua bisa menjadi pengikat hubungan yang lebih serius disamping bisa menjadi modal keluarga baru kedepannya. Dirangkum dari situs Entrepreneur.com, berikut ini adalah beberapa tips agar dapat sukses berbisnis bersama dengan pasangan. Simple but tricky, check this out:

1. Memiliki Visi yang Sama

Ketika seseorang memutuskan untuk memiliki kerjasama bisnis dengan orang lain, mereka tentu akan duduk bersama untuk membicarakan visi, misi, serta persiapan perencanaan bisnis yang matang. Hal yang sama juga harus diterapkan bila kita memutuskan untuk membangun bisnis bersama pasangan.

Ciptakan suasana yang santai namun tetap berkualitas saat membicarakan rencana bisnis dengan pasangan. Bicarakanlah hal-hal mengenai visi, misi, serta esensi bisnis yang akan mulai dibangun bersama. Bahkan dalam hal pemilihan peluang usaha yang hendak digarap, kedua kepala harus disatukan visinya.

Artikel lain: 4 Penyebab Bisnis Online Anda Sulit Berkembang

2. Memiliki Kesamaan Komitmen

Komitmen sangat dibutuhkan oleh dua pihak yang berperan sebagai partner bisnis. Komitmen yang jelas adalah sebuah keharusan dari masing-masing pasangan untuk menjalankan suatu bisnis bersama-sama. Pembagian hak dan kewajiban yang jelas akan membuat peran masing-masing pasangan mendapatkan porsi yang sama dalam sebuah bisnis. Sehingga tidak ada yang merasa lebih berkuasa dan tidak ada yang merasa “kurang memiliki”.




3. Berperan Secara Tepat Untuk Memajukan Bisnis Bersama

Buatlah kesepakatan yang jelas mengenai aturan pengoperasian bisnis Anda. Melihat kecenderungan karakter wanita dan pria, para wanita, baik itu istri ataupun pacar Anda biasanya memiliki kemampuan lebih dalam hal kecermatan dan ketelitian. Oleh karena itu posisi yang paling tepat adalah dalam hal pengaturan keuangan usaha.

Sementara sang pria biasanya memiliki networking yang baik sehingga menempati posisi yang tepat pada bagian pemasaran. Peran dalam suatu bisnis juga harus didasari oleh passion dan bakat masing-masing individu. Sehingga setiap pihak yang terlibat dalam perusahaan merasa enjoy dan bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing.

4. Bersikap Terbuka dan Menghargai Peran Pasangan

Mungkin agak tabu bila seorang pebisnis menanyakan kepada tim keuangan berapa banyak hutang yang dimiliki suatu usaha. Hal ini dapat diminimalkan bila tim kerja adalah pasangan Anda sendiri. Kita dapat dengan leluasa bertanya pada pasangan mengenai hutang piutang bisnis. Dengan mengetahui situasi terkini dari bisnis yang dibangun, Anda dapat berunding dengan pasangan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang sedang melanda bisnis Anda.

Artikel lain: 6 Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

5. Sikap Respect dan Saling Menghargai itu Penting

Sikap respect dan saling menghargai bukan hanya penting dalam kehidupan sebagai pasangan kekasih atau pasangan suami istri. Sikap tersebut juga diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. Hormati dan hargailah pasangan anda sebagai orang yang turut mendukung kelancaran dan kesuksesan bisnis yang anda bangun. Jangan sampai rasa menghormati itu hilang ketika masing-masing individu mulai menemukan ketidakcocokan dengan pasangannya dalam hal menjalankan usaha.




Pisahkan urusan bisnis dan urusan pribadi secara professional. Sedang kesal karena si dia telat menjemput anda di pusat perbelanjaan? Atau kesal karena pasangan tidak memasak makan malam hari ini? Jangan sampai urusan pribadi mempengaruhi kinerja dan profesionalitas anda sebagai seorang pebisnis.

Pandailah dalam membedakan mana urusan pribadi dan urusan bisnis. Sikap profesionalitas Anda juga akan menyemangati pasangan untuk senantiasa menjunjung tinggi kualitas bisnis yang sedang dijalankan bersama-sama.

6. Belajar Dari Pasangan Lain

Bila Anda pernah melihat atau mengenal pasangan yang sukses menjalankan bisnis bersama, jangan segan-segan untuk mempelajari kesuksesan tersebut dari mereka. Tanyakan apa saja resep untuk menjaga kualitas bisnis dan hubungan profesionalitas dengan pasangan. Belajar dari contoh konkret merupakan salah satu hal terbaik untuk senantiasa memperbaiki diri sendiri serta memajukan bisnis yang sedang dijalankan bersama pasangan.

Baca juga: Mantan Bos Jadi Rekan Bisnis? Mengapa Tidak

Demikianlah beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah bisnis bersama dengan pasangan Anda. Ingatlah selalu bahwa pasangan yang baik adalah pasangan yang dapat menempatkan dirinya secara tepat, baik sebagai pasangan, sebagai teman, sebagai partner bisnis dan sebagai teman curhat.

Tonton video berikut ini, salah satu contoh orang yang sukses berbisnis bersama pasangan.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Good artikel, memang banyak orang bilang, kalau mau hubungan awet, jangan jadi partner bisnis atau kerja dengan pasangan. Tapi ternyata banyak kok pasangan yang bisa tetap profesional dalam mengembangkan bisnis mereka. Hubungan pun tetap awet, bahkan bisa dibilang bertambah dekat.

  2. wah mantep nih, buat yang mau nikah, ijin share gan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud