Nikahnya.com ~ Startup Bisnis Pembuatan Undangan Pernikahan Online

Nikahnya.com ~ Startup Bisnis Pembuatan Undangan Pernikahan Online

nikahnya-com

Banyak sekali momen-momen berharga dalam hidup seseorang yang patut direncanakan dan dilakukan dengan persiapan matang, salah satunya adalah momen pernikahan. Untuk urusan pernikahan yang mungkin dilakukan sekali seumur hidup, banyak orang yang rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit demi membuat perencanaan dan pesta perayaan yang mewah.

Meskipun pernikahan merupakan hal yang sakral dan harus direncanakan dengan matang, tak bisa dipungkiri bahwa biaya sering menjadi salah satu kendala utama. Untuk menyiasati hal ini, kita bisa menggunakan kecanggihan teknologi untuk meminimalkan biaya pengeluaran. Salah satu caranya yakni dengan membuat website pernikahan yang berisi undangan pernikahan berformat online. Kebutuhan tersebut akhirnya melatarbelakangi #startup website pernikahan bernama Nikahnya.

Tentang Startup Nikahnya

Startup Nikahnya.com didirikan oleh Hariawan Bangun Saputra pada tanggal 26 September 2013. Startup yang terhitung masih baru ini hingga periode Oktober 2014 menawarkan fasilitas berupa website pernikahan yang berisi undangan pernikahan online.

Hal yang mendasari Hariawan untuk membangun startup Nikahnya berasal dari kalangan teman-teman yang sering minta dibuatkan website pernikahan. Pria yang memiliki profesi sebagai developer #aplikasi ini kemudian mulai mendapat ide untuk merintis startup yang melayani pembuatan website pernikahan berisi undangan online. Apalagi jika sang calon pengantin bisa mendesain sendiri undangan online yang mereka inginkan, maka tentu undangan pernikahan online tersebut bisa di custom sesuai keinginan dan selera si calon pengantin.

Artikel lain: Tips Memilih Nama Startup Bisnis yang Tepat

Tampilan website Nikahnya didesain dengan konsep yang sangat simpel dan sederhana. Ketika kita sudah memasuki homepage website Nikahnya, maka kita akan langsung diarahkan untuk mendesain dan meng-custom sendiri website pernikahan yang ingin kita buat. Hingga periode pertengahan Oktober 2014, startup Nikahnya baru menyediakan 7 template gratis dan 2 template berbayar yang masih berada dalam tahap pengembangan.

Setelah memilih template undangan favorit, maka calon pengantin bisa segera mengisi kelengkapan data-data undangan seperti nama lengkap calon pengantin, nama orang tua, tanggal, waktu dan tempat pernikahan serta tanggal resepsi. Tak hanya mengisi data-data yang sifatnya formal saja, calon pengantin juga bisa mencantumkan informasi mengenai perjalanan cinta mereka sejak awal perkenalan hingga siap menuju jenjang pernikahan.

Untuk urusan template berbayar, nantinya calon pengantin yang ingin menggunakan layanan startup Nikahnya akan dikenakan biaya yang bervariasi, mulai dari Rp 79.000 hingga Rp 99.000. Harga yang cukup murah dan worthed dibandingkan jika harus mencetak banyak undangan dalam bentuk hardcopy.

Nikahnya Bersiap Untuk Mulai Berkembang

Sebagai salah satu langkah promosi, Nikahnya masih memberikan pelayanan template gratis bagi para penggunanya. Namun di akhir tahun 2014, Nikahnya akan mulai mengembangkan template berbayarnya secara lebih serius agar dapat memikat lebih banyak lagi calon pengguna.

Startup teknologi unik ini bukan hanya menghadapi tantangan dalam mendesain template undangan dan website yang menarik, namun juga memperoleh tantangan untuk memasarkan dan mempromosikan startup nya kepada target yang tepat. Karena seperti yang kita ketahui, startup ini memiliki fokus pada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan. Dengan demikian, Hariawan sebagai founder Nikahnya harus bisa menemukan cara untuk mempromosikan startup nya pada target yang tepat.

Selama setahun perjalanan startup Nikahnya, Hariawan mengakui bahwa ia masih menjalankan Nikahnya sendirian dan tidak full time karena masih terikat dengan pekerjaan di salah satu perusahaan. Namun ia masih terus berusaha untuk mengembangkan fitur-fitur pada website Nikahnya agar lebih menarik dan memudahkan para penggunanya.

Untuk mengembangkan startup pernikahan yang satu ini, Hariawan berencana untuk bekerjasama dengan seorang rekannya di Malaysia agar startup Nikahnya dapat berkembang hingga ke negeri Jiran. Hariawan optimis dengan peningkatan jumlah pengguna dan pengunjung website nya bisa menjadi salah satu kekuatan untuk mengembangkan startup tersebut secara serius.

Baca juga: Ikhram ~ Marketplace Paket Umroh yang Simpel dan Ekonomis

Keberadaan beberapa kompetitor sejenis di Indonesia menjadi salah satu pedoman bagi Hariawan untuk mengembangkan startup Nikahnya secara lebih serius. Karena dari segi keunggulan fitur, background profesi developer nya dapat menjadi sebuah kekuatan tersendiri. Semoga semua anak muda di Indonesia memiliki impian yang sama dengan Hariawan untuk membangun startup yang inovatif, unik dan bermanfaat bagi banyak orang.

3 KOMENTAR

  1. boleh lah …!! sangat kreatif !! membuat sesuatu yang beda !!

  2. Lukman Nulhakiem

    Sama Mas. Yang membedakan kita dengan Mas Hariawan Bangun Saputra adalah take action. Kita mah hanya punya ide aja.

    Semoga ide lain nggak keduluan sama orang lain lagi..

Tinggalkan Balasan