Pengertian SEO dan Manfaat Search Engine Optimization Bagi Bisnis Anda

Apa Itu SEO
SEO itu mahluk apaan sih?

Apa Itu SEO? Sebagian besar blogger dan internet marketer pasti sudah mengetahui apa itu SEO (Search Engine Optimization). Pengertian SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google.

Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.

Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.

Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search). Bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads).

Lihat gambar,

Pengertian SEO

Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?

Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui internet marketing.

Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:

1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang memberikan visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!

Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website Anda secara gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).

Ketika pengguna internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website Anda. Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet.

Artikel lain: Mitos Keliru Tentang SEO Yang Sering Beredar di Kalangan SEOers

3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis

Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka.

Apa manfaat data kontak ini?

Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.

Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.

Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO?

Bila Anda membaca artikel saya sebelumnya, yaitu “200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google“, mungkin Anda akan muak atau takut mengerjakan kampanye SEO untuk website Anda karena terlihat rumit. Tidak harus seperti itu, mari kita buat lebih sederhana saja.

Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.

1. Apa Itu SEO On Page

Pengertian SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly.

Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:

  • Riset keywords, baca artikel “Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner” untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan website
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi website sebaik mungkin
  • Membangun internal links
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
  • Dan lain-lain

2. Apa Itu SEO Off Page

Pengertian SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri.

Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:

  • Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang menerima guest blogger
  • Dan lain-lain

Baca juga: Strategi Dalam Membangun Backlinks Untuk Website / Blog

Nah, di atas tadi adalah penjelasan singkat apa itu SEO, bagaimana penerapannya, dan apa manfaatnya bagi website bisnis Anda. Optimasi website di mesin pencari adalah proses yang harus kita lakukan secara berkala karena search engine (terutama Google) selalu memperbaharui hasil pencarian mereka dan menampilkan website yang paling relevan dan teroptimasi dengan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

77 pemikiran pada “Pengertian SEO dan Manfaat Search Engine Optimization Bagi Bisnis Anda”

  1. Terimakasih banyak suhu,pembahasan sangat lengkap,akan laangsung saya praktikan

    Balas
  2. Makasih gan… jadi bbertambah ilmu saya, saya memang lagi belajar SEO

    Balas
  3. Sore gan. ini kami dari asli kartu ingin menawarkan kerja sama dengan agan untuk memasangkan iklan banner kami di tempat agan. kami sangat tertarik dengan artikel yang agan pasang di website agan sendiri. Sebagai gantinya, agan boleh ambil bonus referral dari kami sebesar 20% yang dimana akan di hitung jika bonus di akun anda 1juta maka akan kami x2 dan akan kami withdrawkan sebesar 2juta

    Balas
  4. mantep om max, tapi tetep saja mau nyontek SEO web orang diaplikasikan ke web sendiri belum tentu sebagus web yang kita contek, try and error. . . *pengalaman

    Balas
    • Menurut saya bisa saja mencontek teknik dan penerapannya Mas, kepentingannya untuk riset saja, asalkan kualitas kontennya harus lebih bagus dari situs yang dicontek tadi.

      Cara ini biasanya akan mendongkrak posisi ranking ke posisi yang lebih bagus.

      Balas
  5. Ini yang saya cari, makasih mas penjelasannya. Saya baru 1 bulan buat blog, semoga bisa terkenal kyak web ini :)

    Balas
  6. Membahas SEO memang tidak akan pernah ada selesai, sebab seacrh engine punya algoritma yang selalu terupdate. Tentu saja posting ini sangat bermanfaat untuk yang ingin tahu seluk beluk SEO sebagai bagian dasar sukses di internet. Bahkan ada bagian penting yang saya garis bawahi disini. Terima kasih telah berbagi mas maxmanroe, dan salam kenal.

    Balas
  7. Mas kalau misalnya di combine antara seo dan ads kira bagus gak? saya fikir klo keduanya pasanya beda maka dijalankan keduanya hasilnya akan lebih baik

    Balas
  8. Mas mau tanya kalo kita sebelumnya telah menerapkan SEO dengan benar dan baik, jika sewaktu-waktu ada update di mesin pencari apakah kita harus merubah semua optimasi yang pernah kita lakukan ?

    Terimakasih

    Balas
  9. bermanfaat sekali infonya buat saya pemula, harus banyak lagi belajar nih dari master2

    Balas
  10. Salam Mas Bro

    Sebenernya pengertian SEO gampang.
    Dari pengalaman yang ada, kebanyakan temen-temen fokus sama “cara menaikkan peringkat situs DENGAN CEPET memakai SEO”.

    Tapi ga mikirin isi situsnya.
    Padahal yang ngunjungi situs kita kan bukan SEO dan mesin pencari.
    Tapi manusia dan manusia butuh membaca.
    Bacaan yang bagus itu kalo bermanfaat.
    Nah, buatlah tulisan yang bermanfaat.

    Mauliate
    Makasih

    Balas
  11. sayangnya saat ini banyak penyedia jasa seo yang hanya menerima referensi kw dari client tanpa memberikan referensi kw yg potensial atau yang banyak dicari… client mesen kw “A” langsung aja d hajar tapi sebenernya kw tsb tidak memberikan konversi yg maksimal. page 1 cuma jadi sekedar pajangan tapi gak membuahkan sale yang sebenarnya paling dibutuhkan client CMIIW

    Balas
  12. mas sekarang kan thun 2016 nih apakah SEO msih terpengaruh dari backlink agar cepat page one ? makasih sebelumnya

    Balas
  13. mas, apa kita perlu mengetikkan setap kata kunci pada setiap posting, apa kita perlu membuat tag khusus.?
    bagaimana kalau web kita cuma sebuah blog sperti wordpress.
    Kata kunci itu berhubungan apa yang akan kita posting atau tema dari web kita?

    Balas
    • Kata kunci itu penting untuk menunjukkan fokus topik artikel. Tagging juga sebenernya sangat penting untuk mengkategorikan setiap artikel yang kita buat, tapi harus diperhatikan bahwa tag dalam satu artikel jangan terlalu banyak.

      Balas
  14. wah artikel ini sangat bagus untuk pemula seperti saya,sangat membantu,,,terima kasih ya..

    Balas
  15. Bener banget gan, sebenarnya hal utama yang wajib kita pahami dalam mengolah website itu adalah strategi kreatif kita sendiri dalam penenerapannya dalam hal seo. Ketikakita mampu kreatif maka dengan sendirinya anda akan lebih paham, cobalah gunakan strategi seo modern dan rubahlah cara ngeblog anda

    Balas
  16. Mas, klo untuk bisa gabung dgn Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas) itu gimana caranya soalny udah pernah sy coba tp gagal, mohon petunjuknya mas, dan klo mas gak keberatan mampir kegubuk sy biar bisa di tinjau kira2 apa yg kurang tentang SEO ini,,,!

    Balas
  17. Mempelajari dan menjalankan langkah-langkah SEO memang butuh sekali yang namanya kesabaran. bahkan bersabar saja itu belum cukup.. harus terus belajar dan belajar lagi karena SEO sangatlah luas

    Balas
  18. Dulu saat saya belum mengenal tentang SEO, saya tidak memperdulikannya.. ternyata SEO memiliki peran yang sangat penting dalam mendongkrak traffik sebuah situs yang sedang di kelola nantinya sehingga menjadi berpotensi memiliki peringkat yang tinggi ! Terimakasih

    Balas
  19. Sya mencoba sdh 2 tahun tp merasa blm ada sesuatu yang ngeh di hati saya dengan SEO ini. Mungkin dibutuhkan kesabaran try and error ya gan?

    Balas
  20. Bang Manroe kok pageview blog saya tetep dikit walaupun udah saya otak atik tag meta pada blog? emang apa sih rahasia agar blog cepat nangkring dihalaman pertama google seperti blog abang ini? kalo ada waktu tolong dong sekali-kali kunjungi blog saya :) terus kasih tau faktor-faktor seo apalagi yang masih kurang pada blog saya?. Terima kasih

    Balas
    • Bukan meta tag yang harus diutak-atik, konten blog mu yang harus diperbaiki dan diperbanyak. Kalau kita bicara page views, sangat erat hubungannya dengan minat pembaca. Semakin suka pembaca dengan konten di blog mu maka page views akan semakin besar.

      Balas
  21. kalau saya perhatikan blog yang masuk page one, rata2 mempunyai artikel yang panjang lebih dari seribu kata. Apa hal ini punya pengaruh besar ya.

    Balas
  22. Mas, apakah seorang pakar trik SEO kebanyakan berlatar belakang ilmu komputer? terimakasih

    Balas
  23. mas kalau pengen ada iklan ny di webset kita gimana .pa kita harus memasang nya atau gimana .?

    Balas
    • Mas Iyus kalo pengen blog atau website tersebut ada iklannya, maka mas iyus sendiri arus memasangnya terlebih dahulu

      Balas
  24. mas kalo kita buat artikel 500 kata lebih dengan keyword yg dibidik apa bisa menempati 10 besar google tanpa backlink

    Balas
    • Bisa saja, tapi tidak bisa dipastikan seperti itu karena ada faktor lain yang mempengaruhi, misalnya authority sebuah website, usia website, dan lain-lain

      Balas
  25. terus terang saya tdk paham SEO, saya hanya mempublish produk saya yaitu berupa software klinik & apotek menggunakan blogspot.

    yg saya heran, knp jika kita search di google dgn keyword “software klinik” posisi blog saya selalu masuk 5 besar (organic search) ?
    utk memastikan saya sudah coba search dari komputer lain dan browser lain.

    padahal saya tidak melakukan usaha apa2 utk meningkatkan traffic apalagi SEO. apakah google punya rules atau pertimbangan khusus ?

    Balas
  26. teknik-teknik di atas setelah dipraktikan pasti ada hasilnya, blog saya ada beberapa artikel dengan kata kunci tertentu, bisa masuk halaman utama google, jadi memang harus intens,

    Balas
  27. untuk menerapkan tehnik blogwalking apakah harus meninggalkan link web log kita mas, atau dengan komentar saja sudah cukup untuk menambahkan backlink pada blog kita,.? makasih

    Balas
  28. Katanya cara SEO itu berubah2 tergantung dari google? Apakah cara yg diatas itu baku ga Mas Max?

    Balas
    • Sebenarnya yg disebutin di atas itu standar banget mas, masih ada faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan dalam promosi via SEO. Kalau menerapkan tips di atas belum tentu bisa menguasai SERP Google, tapi paling tidak kita sudah menerapkan prinsip optimasi website dengan baik.

      Balas
  29. Artikel yang bagus. Membantu saya untuk optimalisasi SEO website pribadi saya.

    Good job!

    Balas
  30. Sering baca teorinya gan… tapi apa yang salah kira-kira dipraktiknya yah? atau butuh waktu berapa lama sih…? maap gan masih baru bangun dengan SEO. Mohon pencerahannya . . .

    Balas
  31. Ringkas dan padat, thanks gan artikelnya…… bisa dijadikan acuan untuk membangun blog yang seo friendly…. salam sama modelnya ya….hehehehe

    Balas
  32. dalam seo off page seringkali saya menemukan istilah linkwheel,
    dan kebanyakan linkwheel di buat dari situs web 2.0 Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain.
    dan pengertian yang saya dapat,linkwheel adalah jaringan blog web 2.0 yang mengarah ke blog utama.

    nah yang mau saya tanyakan

    1. apakah lkinkwheel masih baik di mata google?
    2.jika jawaban mas manrikxon ya,bagaimana kiat-kiat untuk membangun linkweel yang aman?

    ditunggu jawabannya mas ya terimakasih ^_^
    maaf merepotkan…
    sukses terus mas,

    Balas
    • Kita jangan bicara soal bagus atau nggak nya strategi linkwheel ini, fokuslah ke kualitas web utama dan kualitas network web 2.0 yang dibangun. Terus terang, saya tidak rekomendasikan backlinks berbentuk linkwheel, lebih bagus kalau link dari web 2.0 tidak saling terkait. Semakin baik kualitas web 2.0 nya maka semakin besar efeknya ke website utama, jadi bukan hanya sekedar backlinks.

      Balas
      • jadi intinya tidak sekedar membangun backlink dan yang paling penting kualitas dari web utama dan web 2.0 yang mengarah ke website utama.

        begitu mas ya.
        fast response,

        makasih mas

        Balas
        • Betul sekali mas, selain membangun website utama yang berkualitas, jaringan web 2.0 sumber backlinks yang kita bangun juga harus punya kualitas yang baik.

          Balas
  33. wah lengkap banget penjelasannya gan… tapi kayaknya agak banyak yg harus dikerjain ya mas… thanks ilmunya gan :)

    Balas
  34. Gua ga habis pikir.. yang punya situs ini makannya apa ya.. envy banget sama kata-katanya.. Sukses selalu mas.. makin cinta sama situs maxmanroe.. Makasih atas ilmu2nya..!!!

    Balas
  35. Sangat menarik penjelasan dan pemaparannya. Terlihat dari beberapa sub-bab yang ada, penuh dengan muatan ilmu baru.Terima kasih, buat saya ini sebagai sebuah ilmu baru.

    Balas
  36. masih belajar membangun backlink yang baik dan berkualitas. Sudah gunakan Teknik SEO tapi hasil belum maksimal. Harus gimana ya bang?

    Balas
  37. Wahh thanks mas,. ini yang di cari pemula
    ingat mas nberbagi ilmu tentang blogger bukan mematikan pasaran, tetapi = amal jariah (y)

    thanks infonya :) cakep

    Balas
  38. Mantap dan membantu banget infonya, apalagi buat saya yang masih belum terlalu paham akan SEO, jadi pengen belajar lebih ttg SEO nih :)

    Balas
  39. jujur saya masih bingung dengan penggunaan SEO yang benar bagaimana, tapi tetap harus coba terus pantang mundur… ^^V

    Balas

Tinggalkan Balasan