Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner

Cara-Riset-Keywords-Dengan-Google-Keyword-Planner-8

Bagi seorang internet marketer, melakukan riset keywords (kata kunci) untuk mengoptimasi website dari sisi #SEO adalah sebuah keharusan. Dengan melakukan riset keywords kita bisa mengukur berapa besar potensi trafik dari search engine Google yang akan kita dapatkan berdasarkan rangkaian kata kunci yang akan kita optimasi. Salah satu tools gratisan yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci yang potensial adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Mengapa saya mengatakan bahwa melakukan riset keywords adalah sebuah keharusan? Ketika kita membangun sebuah website/ blog untuk bisnis, maka trafik tertarget adalah sesuatu yang sangat berharga. Trafik ini bisa kita dapatkan dari banyak sumber, salah satunya adalah dari mesin pencari Google. Jika website/ blog Anda teroptimasi dengan baik untuk keywords yang Anda inginkan, maka kemungkinan besar website Anda tersebut akan berada pada halaman utama setiap kali ada orang yang mengetikkan kata kunci pilihan Anda tersebut. Dan tentunya ini akan memberikan trafik tertarget GRATIS ke website bisnis Anda secara terus menerus yang kemungkinan besar akan menghasilkan konversi.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kita lakukan dalam melakukan riset keywords dengan Google Keyword Planner:

1. Mendaftar ke Google Adwords

Google Adwords adalah fasilitas gratis yang diberikan oleh Google kepada Advertiser untuk melakukan riset pasar. Agar bisa menggunakan fasilitas Google Keyword Planner, silahkan mendaftar terlebih dahulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika Anda baru pertamakali menggunakan tools ini, Anda akan diarahkan ke halaman Campaigns, lihat gambar.

[spoiler]Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner[/spoiler]

2. Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah berhasil mendaftar, kita bisa langsung menggunakan tools ini. Selesai langkah pertama di atas, kita akan melihat beberapa menu pada halaman Google Adwords.

2.1. Silahkan klik menu “Tools”, nanti akan muncul pilihan sub menu. Pada bagian sub menu “Tools”, silahkan pilih “Google Keyword Planner”, lihat gambar.

[spoiler]Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-2[/spoiler]

2.2. Pada halaman berikutnya kita akan melihat beberapa pilihan untuk riset keywords. Silahkan klik pilihan “Search for new keyword and ad group ideas”, lihat gambar.

[spoiler]
Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-3.jpg[/spoiler]

2.3. Silahkan masukkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda pada kolom yang tersedia, jangan lupa untuk mengedit bagian “Targeting”. Jika target market Anda Indonesia, masukkan Indonesia pada bagian “Location”, dan masukkan Indonesian pada bagian “Language”. Lalu klik “Get ideas”, lihat gambar.

[spoiler]
Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-4[/spoiler]

2.4. Selanjutnya kita akan melihat halaman result di mana kita bisa melihat trend keyword yang kita cari. Jangan lupa klik tab “Keyword ideas” karena kita ingin mencari keywords yang terkait dengan keyword utama kita. Di sana kita juga bisa melihat beberapa data penting seperti, trend tiap keywords 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan, dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords. Lihat gambar

[spoiler]
Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-5[/spoiler]

2.5. Jika ingin mendowload semua ide kata kunci, silahkan klik link “Download” yang ada di sana dan menyimpannya dalam bentuk file Excel CSV.

3. Catatan Penting

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner adalah volume statistik keywords Exact Match atau kata kunci yang persis diketikkan oleh pengguna Google. Terkadang kita melihat bahwa kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari pengguna Google, kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari daftar kata kunci yang ada di Google Keyword Planner.

Baca juga: Tips Pasang Iklan di Google Adwords, Ada Seni Tersendiri

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner ini adalah volume pencarian kata kunci yang digunakan dari semua perangkat seperti laptop, komputer, dan mobile, dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Jika kita ingin menampilkan volume pencarian keywords dari masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka tinggal mengubah pilihan “Search volume trends” menjadi “Breakdown by device” atau pilihan lainnya, lihat gambar.

[spoiler]
Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-6[/spoiler]

Demikianlah cara riset keywords dengan Google Keyword Planner yang sering saya lakukan saat mencari kata kunci terbaik untuk website saya. Riset kata kunci ini bukanlah jaminan bahwa website/ blog Anda akan mendapat posisi yang baik di SERP Google, namun ini adalah langkah terbaik ketimbang Anda buang-buang waktu memilih keywords sembarang yang jarang atau tidak pernah diketikkan orang di Google. Semoga artikel ini membantu.

Maxmanroe

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

134 thoughts on “Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner”

  1. Makasih ilmunya, Semoga artikelnya diupdate sesuai dg yg terbaru. Mau belajar seo terutama keyword krn biasa bikin artikel tnpa peduli seo dan kw.

    Reply
  2. Mantap Jiwa artikelnya,saya pakai Ubersuggest dan SEMrush walaupun belum maksimal utk nembus page 0ne.Mungkin harus belajar ttg cara optimasi page one. Terima kasih

    Reply
  3. “Terkadang kita melihat bahwa kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari pengguna Google, kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari daftar kata kunci yang ada di Google Keyword Planner.”
    saya juga menggunakan teknik ini kang.

    Reply
  4. Ya kang sudah berubah , Sepertinya sekarang berbayar untuk menggunakan fitur Google palnner ini, kita harus menjadi pengiklan dulu baru bisa digunakan, tak seperti dulu lagi gratis tanpa jadi pengiklanpun bisa cari keyword.

    Reply
  5. Sebagai blogger sebaiknya mengetahui cara mencari kata kunci untuk membuat artikel yang akan diterbitkan diblog. Google menyediakan sebuah tool yang bermanfaat untuk menganalisa kata kunci yang banyak diminati sesuai statistik pencarian digoogle.

    Reply
  6. alhamdulillah,saya uda coba beriklan di adwords.iklan saya di jasa sedot wc dan dengan mengikuti step dr adword planner keyword saya merasa sangat terbantu terarah dalam menentukan kata kunci yang berbuah klik ke website saya.trimaksih

    Reply
  7. saya sudah coba tips nya maxmanroe tapi kok masih sedikit membingungkan ya untuk riset keywordnya, yang muncul di halaman google planner nya cuma tentang pasang iklan dan biaya nya.

    Reply
    • Mohon maaf mas Zai, artikel ini sudah tidak relevan karena sekarang penggunaan Google Keyword Planner harus beriklan di Google Adwords baru bisa menggunakan semua fiturnya.

      Reply
  8. Saya mau nanya gan. Apakah memasukan kata kunci pada label itu bisa mendatangkan pengunjung dari hasil pencarian?

    Reply
  9. bang max, ada artikel untuk strategi memaksimalkan kinerja adwords gak? supaya mamaksimal dan tentunya bisa menghemat biaya? terima kasih

    Reply
    • Kalau mau dibahas secara mendalam bakalan panjang sekali artikelnya. Yang saya bahas di sini cuma cara riset keywords aja, kalau beriklan di Adwords harus dibahas sendiri di artikel lain

      Reply
  10. setuju sekali, memang benar jika ingin riset keword tentukan dulu langkah-langkahnya, jika sudah baru kita mulai action.

    Reply
  11. Hallo Admin Saya Mau Tanya Knapa Yah Tiba Tiba Blog Saya Turun menjadi 40% Pas Saya Cek Di CHKme Solusinya Gimana Yah ?
    Thankz

    Reply
    • Turun apanya mas Hendi? Turun kecepatannya, atau turun trafiknya? Saya biasanya cek website menggunakan Google Search Console atau Google Analytics.

      Reply
    • Kalau mau yg gratisan coba pakai kwfinder.com, tapi maksimal cuma bisa 3 kali dalam 24 jam dan resultnya sangat terbatas. Versi berbayarnya ada sih, tapi termasuk agak mahal.

      Reply
  12. Makasih ka atas informasi dan tutorialnya, tapi selain google keyword planner apakah ada lagi yang lain? Atau memang google keyword planner itu sendiri yang paling bagus dalam meriset nya!

    Terimaksih :)

    Reply
  13. mas setelah coba trik mas seminggu yang lalu traffik blog saya meningkat 3x lipat, yang biasanya cuma 100 perhari sekarang sudah sampai 400 pengunjung perhari, makasih mas, saya jadi semangat ngeblog nih.

    Reply
  14. makasih ya gan ilmunya.. walau ga pernah make, ya… ada benarnya juga kita mencari kata kunci yang sering di cari orang. intinya kan ke pembaca ya gan.. makasih ya.

    Reply
  15. mas sepertinya artikel ini mesti di update lagi, sekarang google planner sudah tidak gratis lagi, kita mesti membuat kampanye dulu baru bisa menggunakan fitur lengkap seperti ini lagi :(

    Reply
    • Iya om, sekarang banyak perubahan di Google Keyword Plan. Tp untuk para advertiser masih bisa riset keywords walaupun datanya tidak selengkap dulu. Untuk saat ini saya masih mengandalkan Google Keyword Plan, tapi ada opsi lain seperti: keywordtool.io/google, keywordshitter.com, lsigraph.com

      Reply
  16. masih bingung saya gan pake keyword planner,,apa itu gunanya lebih tepat ke niche blog atau ke artikelnya?

    Reply
  17. kalo satu website terdapat macam2 artikel bertema campur2 untuk keyword sndiri recommendasinya gmna ya bos. mklum newbie

    Reply
  18. saya udh buka google adword keyword planner. setelah sign in tmpilannya lansung campaign. tidak ada pilihan tool nya. itu gmn ya..

    Reply
  19. minta rekomendasi tools yang untuk buat cari keyword yang berbayar dong bang max, kalo bisa sekalian di share cara pakenya,hehehe

    Reply
  20. info yang menarik bang manroe, btw, bisa minta rekomendasi riset kw selain menggunakan google kw yang tentunya gratisan juga

    Reply
    • Boleh pakai akun Gmail yang mana saja. Tapi sekarang ada update dari Google lho mengenai akses fitur Google Keyword Planner, belum tau ya pak?

      Reply
  21. Dengan Petunjuk artikel dari web ini saya coba me riset keyword dan akhirnya berhasil mencapai page one google, hebatnya hanya dalam waktu 10 jam, namun sayang posisinya berada nomor 2 dari terakhir.
    sangat gembira rasanya…

    nah mau tanya gimana caranya menaikkan lagi posisi tersebut lebih ke atas, syukur-syukur rangking 1.

    Terima kasih

    Reply
  22. terima kasih gan informasinya sangat membantu, oy gan apa kalo menggunakan google adword itu berbayar gan? atau kalo hanya mencari keyword saja itu gratis?

    Reply
    • Ada perubahan dari Google Adwords nya, sekarang pengiklan Adwords yang bisa riset keywords dengan Google Keyword Planner. Kalau dulu gratis bisa digunakan siapa saja.

      Reply
  23. memang dengan cara ini kita gak akan sia sia menulis diblog , dijamin deh pengunjung banyak

    Reply
  24. masih bingung bang max. tapi setelah memahami dengan cermat mulai ada pencerahan. trimakasih banyak bang max…..

    Reply
  25. Terima kasih bang Max, mendapat pencerahan dari artikel ini, walau mulanya bingung dlm mengakses halaman GKP sebagaimana komentar rekan2 disini, maklum blogger pemula, akhirnya terselesaikan. Tanks & coba lihat2 blog saya.

    Reply
  26. mas, kenapa sekarang kok daftar google keyword planner jadi ribet ! harus ngisi campaign,billing dan harus pake debit card segala?
    tolong dibantu dong mas, agar saya segera dapat meriset keyword

    Reply
  27. hmm.. tapi saya masih bingung,, fungsi keyword itu sendiri di mana? dan di taruh di mana di website??

    mungkin broo bisa menjelaskan? heheh terimakasih banyak ya bro :D

    Reply
  28. Kalaupun tahu cara pakainya, persentase keywords atau keyphrase density yang tidak masuk keywords atau keyphrase stuffing berapa persen maksimalnya dalam artikel Gan? Terima kasih..

    Reply
  29. DI keyword ane ngeliat di bagian tawaran yang disarankan Rp.29.960 maksudnya apaan ya gan

    Reply
  30. Sebenarnya dar kemarin memahami tentang keyword planer masih bingung gan…soalnya ketika mau ngsi belum paham tentang isi isinya?

    Reply
  31. Saranin tool buat nyari kata kunci secara acak dong agan max, soalnya ane kepengen bikin blog gado-gado tapi masih bingung mau posting apaan.

    Reply
  32. tanpa optimasi apapun… cuma pakai template mobile friendly dengan kecepatan loding blog saya dengan keyword klasemen motogp masuk halaman 2 Google… padahal tingkat persaingannya cukup berat… makasih Mbah Google, kamu memang sulit ditebak… ????

    Reply
  33. sebenarnya masih sangat penasaran dengan cara riset keyword seperti ini, soalnya baru kemarin sore belajarnya bang.

    Reply
  34. thanks infonya mas. Tetapi terkadang saya masih bingung jika banyak sekali kata kuci, apakah saya harus menggunakan semua katakunci yang status persainganya low atau memilih beberapa saja?

    Reply
  35. saya masih bingung dengan keywoard namun informasi ini udah nambah pengetahuan saya kaka ,,, makasih ya
    visit back ya kaka

    Reply
  36. Bagus artikelnya. Trims banyak saya jdi tercerahkan, selama ini cari keyword berdasarkan saran pencarian di google. Sekarang sya mau coba cara ini :)

    Reply
  37. Thank’s artikelnya bbrp pertanyaan saya :

    1. Sy sdh login tp tdk diselesaikan katanya gratis tp ko disuruh byr ya
    2. Saya sdh punya blog dengan domain sendiri tp awalnya pake wordpress, apakah masih bisa ?
    3. Saya ingin membuat blog baru dengan domain blogspot agar lbh spesifik krn blog yg pertama gado2 banget, tp blm bisa masukin kata kuncinya jd msh bingung nama blognya.

    Demikian pertanyaan saya, mohon pencerahan. Tks

    Reply
      • saya sudah berkali-kali ke web ini ,tpi crany udh gak bisa
        Design Google Keyword Planner sudah berubah min Marikxon , dan cara di atas udah gak work ,ini tahun 2016 ,caranya udah berbeda kayaknya cara di atas udah gak bisa sya bingung mau tanya siapa lagi web ini belum membantu

        Reply
  38. mas punya saya kok ngga ada pilihan “Search for new keyword and ad group ideas” ?
    itu trus gmn ?

    Reply
  39. Terima kasih mas marixon, sangat detail sekali panduan riset nya. Namun setelah saya fahami dan ya sedikit banyak seudah sering menggunakan alat GKP sedikit mengerti, cuma ini mas membaca data hasil pencarian GKP itu yang kurang faham. Contohnya begini mas. Misal Saya riser kata kunci “Contoh Riset Kata Kunci Terbari” dan data laporan menyebutkan di Local mountly search nya ada 150. itu dengan tingkat pesaing di google.co.id sebanyak 750.000 dengan pesaing yang membidik kata itu di cek pakai ullintitle: ternyata pesaing realnya ada 120. misal website saya nangkring di halam pertama dengna akta kunci tersebut. Nah baca data tersebut itu bagaimana ya mas. Mohon arahan penjelasannya agar tidak salah mengartika.

    Terima kasih

    Reply
    • Google biasanya lebih mengutamakan website yang title nya berisi kata kunci, jadi pesaing sebenarnya itu allintitle: keyword

      Reply
    • Tujuan riset keywords itu bukan untuk naikin rating Google, tapi untuk mencari keywords yang sering diketikkan pengguna Google dan masih berhubungan dengan bisnis kita.

      Reply
  40. Terima kasih. Sangat bermanfaat bagi newbie seperti saya.
    Barusan saya praktek, pas masuk di halaman Campaign apakah harus diisi, disitu kan tertera budget segala macam, padahal kan cuma pengen pakai Keyword Planer-nya saja :(
    Karena tampilannya beda dengan tutorial di sini, tadi tidak ada MENU Home, Campaign, Opportunities dan Tools seperti Spoiler gambar 1
    Mohon bimbingannya *bingung.
    Terima kasih.

    Reply
  41. masih pemula nih mau mraktekin dulu tp msh bingung juga ya…enaknya tuh tutorial langsung…

    Reply
  42. Sangat membantu infonya, saya mau tanya boleh, sebaiknya penempatan keyword yang sudah ketemu itu ditempatkan dimana ya mas. thnks

    Reply
  43. Salah satu langkah penting tapi sering dilupain atau dilewat karena memang ga gampang riset kw padhaal kalau dapet kw yang oke ga perlu banyak postingan pengunjung bisa banyak, cuma ya itu susah & harus sabar nyari kw yang pas

    Reply
  44. mantap lah gan infonya.. ane pengen nyoba2 ah siapa tau dapet hadiahnya.. hehehehe.. btw visit blog ane ya gan, sama cobain ptc-ptc nya.. :D

    Reply
  45. makasih mas, tutornya sangat membantu sekali, nanti ane paraktekan cara riset keyword dari web ini

    Reply
  46. jadi serba salah nih antara yg low sama yg high pencarian yg musti kita pake ..bdw thanks gan ilmunya

    Reply
  47. mau tanya mas, untuk kata kunci berdasarkan Google Keyword Planner, untuk memasukan kata kunci tersebut lebih baik di letakan di mana ya, title atau di postingan

    Terimakasih

    Reply
  48. setelah itu untuk penempatan keyword yang baik diletakan dimana mas, di home page atau per artikel?

    Reply
  49. Mau tanya, setelah melakukan riset keyword, apa yang meski dilakukan dengan keyword tersebut? apa hanya meletakkannya di halaman utama web kita saja, atau ada langkah lain yang meskit dilakukan setelah melakuka riset keyword. maaf pemula mas.. terima kasih sebelumnya

    Reply
    • ya kalau sudah membidik keyword,terus buat artikel dengan sebuah topik yang mencantumkan keyword tersebut mas,,,,……

      1. tips nya masukan keyword pada url artikel,
      2. masukkan keyword pada judul artikel
      3. masukan keyword pada seratus kata pertama artikel.

      Tapi jangan terlalu di paksa,taru keyword senatural mungkin.
      jika ingin lebih jelas baca artikel ini mas,,,,…

      *NO Links*

      untuk mas manrikson maaf mas,ini ada link no follow yang saya taruh di komentar,

      kok gak biasanya belum bls komentar,,,,…..
      mungkin terlalu rame kali ya hahahaha

      Reply
  50. Tapi kok adwords malah kaya pasang iklan gitu ya mas ? Emang berpengaruh sama keyword kita di google search ? CMIIW

    Reply
  51. makasih ilmunya sangat membantu buat belajar seo, terutama untuk bisnis online seperti yang saya jalanin sekarang ini.

    Reply
  52. mas bro aku mau tanya, itu bikin spoiler yang di buka seperti begitu bagaimana caranya di praktekkan di wordpress? soalnya aku masih belajar ini dan jika berkenan untuk membimbing.. ^_^ thanks mas bro..

    Reply
  53. Kalau dalam sebuah website di isi dengan banyak keyword (katakanlan per page 100 keyword). apakah website kita akan dianggap spam? mhon bantuanya? trims

    Reply
  54. mantap mas artikelnya saya masih mendalami seo untuk jualan online masih bingung bedanya yang biasa sama yang jualan online.

    Reply
  55. sekarang menggunakan https tuk websitenya ya?..apakah ada keuntungan di lihat dari sisi SEO?

    Reply
  56. Selama ini saya belum paham dengan yang namanya reset keyword, dulu saya pikir ini tak terlalu pening. ternyata ini salah satu yang penting juga dilakukan blogger

    Reply
  57. terima kasih om manroe, saya masih pemula, hasrat untuk menjadi blogger sangat tinggi.. artikel ini menambah ilmu untuk memulai konten dengan benar2 bermanfaat

    Reply
  58. Nice mas. Jadi tahu sekarang bagaimana mencari kata kunci yang bagus. Jadi bisa optimasi artikel nih sebelum nulis. Hehe… Thanks ya mas.

    Reply
  59. sebenarnya apa manfaat terbesar dari riset keyword mas,, apa dengan tepat menempatkan kata kunci, artikel kita bisa menang di halaman utama mesin pencari dan apakah backlink juga mempengaruhi dari semua itu. mohon pencerahanya mas

    Reply
  60. Artikelnya sangat luar biasa, saya ingin sdikit mendapat pencerahan apa setelah menemukan kata kunci dari keyword planner selanjutnya bisa di periksa pada hasil pencarian. Maksud saya, jika jumlah pencarian keyword lebih besar dari hasil result penelusuran, itu menandakan bahwa tingkat persaingan berarti rendah. Jadi keyword yg di bidik sangat potensial. Terimakasih mohon di koreksi.

    Reply
  61. Terima kasih atas artikel yang bermanfaat ini, ternyata selama ini kita sering keliru dalam memahami algoritma google dan SEO.
    Salam sukes

    Reply
  62. Mas saya ini baru banget didunia online, saya masih belom tau keyword fungsinya untuk apa, SEO jg untuk apa??? Tolong penjelasannya

    Reply
  63. saya masih sangat baru dunia online marketing gan
    terimakasih gan buat artikel nya
    semoga bisa berbagi lebih lagi pengetahuan nya
    terimakasih gan

    Reply
  64. Saya sangat ingin menulis seperti ini: panjang, detail, informatif & komunikatif, yang pastinya SEO & Visitor Friendly. Mungkin perjalanan saya masih jauh :D

    Karena saya pun ngeblog menggunakan ponsel, oleh karena itu sangat sulit membuat artikel berkualitas.

    Saya sangat berterimakasih jika anda merespon komentar saya dengan tips anda yang jitu bagi newbie seperti saya.

    Reply
  65. useful banget nih buat mencari keyword yang tertarget dengan menggunakan tool yang satu ini. para blogger pemula seperti saya ini wajib mencoba dan memprakterkannya sendiri.

    nice article!

    Reply
  66. Cara promosi web atau blog gmn sih gan?……setiap buat artikel dlm beberapa hari saat sy coba ketik judul artikel sy d google tp kok gak muncul.biar udh sy cari smpai beberapa halaman……

    Reply
  67. Sepertinya saya terlambat mas mengetahui ini, biasanya saya memang selalu mengira-ngira untuk judul artikel.. !! sekalian saya juga mau tanya mas, apakah blog yang baru berumur satu bulan,tidak memiliki pengunjung itu hal yang wajar atau tidak…? trimakasih sebelumnya.

    Reply
  68. Terima kasih atas tulisan2nya yg sgt informatif. Membuat sy termotivasi utk belajar berbisnis online..

    Reply
  69. Terimakasih atas tipsnya,tapi akhir2 ini buka keyword planner. Kadang2 gak bisa kira2 kenapa ya mas gak bisa kebuka?

    Reply

Leave a Comment