Beranda Bisnis Mengenal Apa Itu Franchise, Pengertian Waralaba dan Contoh Bisnis Franchise

Mengenal Apa Itu Franchise, Pengertian Waralaba dan Contoh Bisnis Franchise

Pengertian Franchise Adalah

Bisnis waralaba atau franchise adalah salah satu model bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha, baik itu pebisnis pemula maupun pebisnis yang sudah berpengalaman.

Konsep bisnis franchise ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal tapi tidak berpengalaman dalam bisnis untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan. Tapi sebenarnya apa itu franchise dan apa saja contoh bisnis waralaba di Indonesia?

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa hal yang berhubungan dengan bisnis franchise, di antaranya:

  • Penjelasan apa itu waralaba.
  • Beberapa istilah dalam franchise.
  • Jenis waralaba yang ada di Indonesia.
  • Kelebihan dan Kekurangan bisnis franchise
  • Contoh bisnis franchise di Indonesia.
  • Dan tips memilih usaha waralaba.

Nah, jika tertarik dengan topik ini maka Anda harus menyimak artikelnya sampai akhir agar punya gambaran mengenai bisnis franchise atau waralaba.

Pengertian Waralaba (Franchise)

Kata “franchise” merupakan serapan dari bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi waralaba. Kata franchise mengandung arti pemberian otorisasi oleh suatu pihak kepada pihak lain untuk melakukan kegiatan komersial tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), waralaba atau franchise adalah:

  • Kerjasama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.
  • Hak kelola, hak pemasaran.

Menurut Hukum Pemerintah Indonesia, pengertian franchise atau waralaba adalah suatu perikatan atau kerjasama di mana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atau pertemuan ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut, dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.

Jadi sederhananya, pengertian franchise adalah suatu bentuk kerja sama bisnis antara pemilik waralaba dengan pihak lain yang bersedia membayar untuk mendapatkan ijin penggunaan merek, produk, dan sistem operasionalnya sesuai dengan kesepakatan di antara kedua belah pihak.

Pemerintah Indonesia telah mengatur praktik bisnis waralaba di Indonesia, seperti yang dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 42 tahun 2007 tentang Waralaba.

Istilah Dalam Franchise

Franchise Adalah

Dalam bisnis franchise terdapat bebarapa istilah yang sering digunakan, di antaranya:

1. Franchisor

Franchisor adalah pemilik waralaba, baik perorangan maupun dalam bentuk badan usaha yang memberikan hak kepada pihak lain untuk menggunakan dan memanfaatkan Hak Kekayaan Intelektual yang berhubungan dengan bisnisnya.

2. Franchisee

Franchisee adalah penerima waralaba yang diberikan otoritas untuk menggunakan hak kekayaan intelektual dari suatu brand.

3. Franchise Fee

Franchise fee adalah biaya awal yang harus dibayarkan oleh penerima waralaba sebelum memulai bisnis. Biaya tersebut mencakup; biaya lisensi penggunaan nama brand, dan biaya penggunaan sistem operasional, biaya survei lokasi, desain outlet, penyusunan rencana bisnis, stok awal, pelatihan, supervisi, dan launching bisnis.

4. Royalty Fee

Royalty fee adalah biaya yang harus dibayarkan oleh penerima waralaba setelah menjalankan usahanya. Umumnya berupa persentase dari pendapatan yang diterima oleh franchisee setiap bulannya di luar pajak.

Jenis Waralaba di Indonesia

bisnis waralaba

Bisnis franchise dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu franchise yang berasal dari luar negeri dan franchise dari dalam negeri.

1. Franchise Luar Negeri

Di Indonesia ada cukup banyak brand dari negara asing yang menawarkan waralabanya. Umumnya, brand-brand luar negeri tersebut sudah memiliki sistem yang baik dan populer di kalangan masyarakat dunia, termasuk di Indonesia.

Beberapa brand luar negeri yang menjual waralabanya di antaranya; Burger King, McDonalds, Pizza Hut, Dunkin Donuts, Starbucks, dan lain sebagainya.

2. Franchise Dalam Negeri

Tidak kalah dengan brand luar negeri, brand-brand lokal juga cukup banyak yang telah populer sebagai bisnis waralaba yang menguntungkan.

Beberapa bisnis waralaba lokal yang dinilai bisa menjadi investasi yang menguntungkan di antaranya: Es Teler 77, Waroeng Special Sambal, Indomaret, JNE, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Setiap model bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga halnya dengan bisnis waralaba. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menjalankan bisnis franchise:

1. Kelebihan Bisnis  Waralaba

  • Merek sudah mapan dan punya basis pelanggan. Ini merupakan keuntungan terbesar membeli waralaba yang sudah populer dan punya pelanggan loyal.
  • Dukungan Pemasaran. Franchisee seringkali mendapat dukungan dari pemilik waralaba dalam hal pemasaran.
  • Pemasok Terkemuka. Pemberi waralaba umumnya bekerjasama dengan pemasok untuk semua bahan yang dibutuhkan penerima waralaba.
  • Dukungan bisnis. Ada pepatah dalam waralaba: “Anda menjalankan bisnis untuk diri sendiri, tetapi tidak sendirian” karena Anda memiliki jaringan dukungan.
  • Latihan. Beberapa operasi waralaba yang lebih baik (dan lebih mahal) menawarkan pelatihan manajemen dan teknis.
  • Asisten Keuangan. Beberapa pemilik waralaba memberikan pinjaman dan bantuan lain untuk membantu penerima waralaba.
  • Akses ke Metode Kepemilikan. Tidak perlu menemukan kembali roda karena pemegang waralaba mendapatkan akses ke semua rahasia dagang.
  • Penelitian dan Pengembangan Berkelanjutan, Produk Baru. Penerima waralaba dapat terus meningkatkan operasi mereka sementara pemilik waralaba menghabiskan waktu dan uangnya untuk mengembangkan produk baru.
  • Anda bereperan sebagai bos. Seperti halnya memiliki bisnis lain, Anda lah yang mengendalikan usaha Anda.
  • Cenderung minim risiko. Memulai waralaba dari merek yang sudah mapan umumnya memiliki risiko yang lebih kecil daripada memulai bisnis dari nol.

2. Kekurangan Bisnis Waralaba

  • Pembayaran Awal (Biaya Waralaba dan Biaya Awal). Beberapa bisnis waralaba yang lebih besar akan membutuhkan biaya awal yang sangat besar, seringkali melebihi biaya yang dikeluarkan untuk memulai bisnis sendiri.
  • Pembayaran Royalti. Selama Anda menjadi pewaralaba, Anda harus membayar sebagian dari pendapatan kotor bulanan kepada pemilik waralaba, sehingga mengurangi potensi keuntungan.
  • Biaya Pemasaran / Periklanan. Untuk mendapatkan dukungan pemasaran yang lebih baik dari pemilik waralaba, tak jarang penerima waralaba harus membayar biaya periklanan, sesuai kontrak.
  • Kreativitas / Fleksibilitas Terbatas. Sebagian besar kontrak waralaba memiliki standar jelas, yang hanya memungkinkan sedikit atau tidak ada perubahan atau penambahan pada merek, menghambat kreativitas dari pihak penerima waralaba. Anda harus menggunakan sistem mereka, ikuti aturan mereka.
  • Pemasok Tunggal. Beberapa kontrak waralaba menetapkan bahwa penerima waralaba harus membeli persediaan hanya dari daftar pemasok yang disetujui, mungkin dengan biaya yang lebih tinggi.
  • Bergantung pada Kesuksesan Pemberi Waralaba. Reputasi waralaba Anda hanya sebaik yang dimiliki pemilik waralaba, jadi setiap kesulitan yang dihadapi pemilik waralaba akan berdampak langsung pada Anda.
  • Memiliki Risiko. Meskipun memiliki potensi yang bagus, pada dasarnya akan selalu ada risiko dalam memulai bisnis waralaba.

Artikel terkait: Peluang Usaha Rumahan

Contoh Waralaba di Indonesia

Bagi pengusaha yang memiliki modal besar, membeli franchise/ waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah masalah. Namun tidak demikian pada calon pengusaha yang memiliki modal terbatas, mereka biasanya akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan menjalankan usaha waralaba.

Besar biaya untuk menjalankan usaha waralaba sangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relatif dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga usaha franchise biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan.

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis waralaba modal kecil yang ada di Indonesia:

1. Bisnis Waralaba Makanan & Minuman

Menjalankan bisnis waralaba makanan & minuman memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan pokok manusia yang pasti selalu dicari orang. Merintis bisnis makanan, misalnya restaurant atau tempat makan dengan merk dagang baru adalah sebuah tantangan yang cukup sulit, terutama untuk orang yang belum memiliki pengalaman berbisnis makanan sebelumnya. Dan menjalankan usaha franchise makanan/  minuman menjadi salah satu opsi yang sangat tepat untuk permasalahan tersebut.

Ada banyak usaha waralaba makanan & minuman yang menawarkan franchise-nya dengan harga yang relatif murah, tapi memang tidak semua cocok dengan Anda. Sebaiknya kita memilih bisnis waralaba makanan & minuman yang punya keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan harganya terjangkau.

Untuk melihat beberapa contoh usaha waralaba murah untuk niche makanan & minuman, silahkan membaca artikel berikut ini:

2. Bisnis Waralaba Laundry & Jasa Kebersihan

Kalau kita perhatikan, bisnis laundry ternyata punya potensi yang sangat bagus lho, apalagi kalau bisnis ini dijalankan di lokasi yang strategis. Untuk bisnis waralaba Laundry, biasanya franchisor (pemilik waralaba) akan membantu kita dalam menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis ini.

Biasanya bisnis waralaba laundry dan jasa kebersihan akan sangat laris bila dijalankan di lokasi perumahan, dekat kampus, dan kost-kostan. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka daripada harus mencuci sendiri. Selain karena lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapih, dan harga jasanya juga relatif murah.

Ketika kita ingin menjalankan bisnis ini, pastikan kita memilih usaha waralaba yang punya reputasi baik dan mau memberikan solusi pada masalah Anda sebagai pemula dalam bisnis ini. Untuk bisnis ini, lebih baik mengeluarkan modal agak besar di awal untuk waralaba dari franchisor yang punya reputasi baik, daripada modal kecil tapi potensi resiko lebih besar karena franchisor tidak memiliki reputasi dalam bisnis jasa laundry.

Untuk melihat beberapa contoh waralaba Loundry & Jasa Kebersihan, silahkan baca artikel ini:

3. Bisnis Franchise di Bidang Kesehatan & Kecantikan

Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan.

Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bisnis bidang kesehatan dan kecantikan menawarkan waralaba-nya kepada calon pengusaha seperti Anda, tapi sebaiknya pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Misalnya Anda ingin memiliki usaha spa, pilihlah bisnis franchise spa yang sudah cukup terkenal dan biayanya terjangkau.

Untuk melihat informasi waralaba dibidang kesehatan & kecantikan, silahkan baca artikel ini:

4. Usaha Waralaba di Bidang Jasa Pendidikan & Pelatihan

Ternyata ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendidikan & pelatihan menawarkan waralaba bagi calon pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila Anda adalah seseorang yang memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini.

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan waralabanya dengan harga yang murah. Ada diantara mereka yang menawarkan waralabanya dengan harga yang sangat mahal, tentunya kita harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

Untuk melihat beberapa contoh waralaba di bidang jasa pendidikan dan pelatihan, silahkan kunjungi link ini:

5. Bisnis Franchise di Bidang Retail

Secara singkat bisnis retail bisa definisikan sebagai usaha menjual produk, baik itu barang atau jasa kepada perorangan/ keluarga untuk memenuhi keperluan si pembeli. Tidak jarang orang menganggap bahwa bisnis retail hanya menjual produknya di sebuah toko. Pada kenyataannya penyewaan komik, dokter gigi, dan beberapa usaha retail lainnya tidak selalu berbisnis melalui toko pada umumnya.

Saat ini ada banyak bisnis retail yang ditawarkan kepada masyarakan dengan sistem waralaba. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin memiliki bisnis retail dengan brand yang bisa langsung dikenal masyarakat dan sudah memiliki SOP (standar operational procedure) yang jelas.

Berikut ini adalah beberapa contoh waralaba di bidang retail:

Tips Memilih Usaha Waralaba

Perlu diingat bahwa selain membeli franchise-nya, pembeli waralaba juga harus memikirkan mengenai gaji karyawan dan juga beberapa persiapan lainnya. Jadi, kita memang harus benar-benar mempersiapkan diri secara finansial sebelum membeli sebuah waralaba.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih bisnis waralaba yang akan dijalankan:

1. Pilih waralaba yang mudah dijalankan

Sebaiknya kita tidak memilih waralaba yang dapat menyita waktu dan pikiran. Karena itu, pastikan bahwa usaha franchise yang akan kita jalankan dapat dikerjakan dengan mudah dan praktis.

Selain itu, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan lingkungannya juga aman. Ini sangat penting karena kemudahan akses dan juga keamanan lokasi bisnis Anda akan sangat berpengaruh pada jumlah pelanggan yang datang ke tempat Anda.

2. Pilih waralaba yang punya banyak konsumen

Utamakan untuk menjalankan usaha waralaba yang memiliki konsumen banyak dan bisa menjangkau semua kategori umur. Memilih jenis waralaba yang konsumennya sedikit memiliki resiko kerugian lebih besar. Salah satu contoh jenis waralaba yang banyak konsumennya adalah bisnis waralaba makanan dan minuman.

3. Pilih waralaba yang harga produknya terjangkau

Selain jenis waralaba-nya punya banyak konsumen, faktor harga juga sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis franchise. Jangan memilih waralaba yang mematok harga yang tinggi untuk produknya dan tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat di sekitar bisnis Anda.

4. Pilih waralaba yang memberikan pelayanan yang baik

Pelayanan dan juga garansi pada produk adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, pilihlah waralaba yang memberikan pelayanan dan juga garansi jaminan mutu pada produknya untuk meningkatkan rasa percaya pelanggan Anda, tentunya ini akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis waralaba Anda ke arah yang lebih baik.

Artikel terkait: Peluang Usaha Modal Kecil

Kesimpulan

Secara umum usaha waralaba adalah bisnis yang sangat menguntungkan, terutama bila membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok untuk setiap orang.

Dari penjelasan di atas dapat kita ambil beberapa kesimpulan mengenai bisnis waralaba, yaitu:

  • Bisnis franchise adalah bisnis di mana pemiliknya melisensikan operasinya (produk, merek, dan pengetahuannya) dengan imbalan biaya waralaba.
  • Franchisor adalah pemilik bisnis yang memberikan lisensi kepada penerima waralaba (franshisee).
  • Dalam menjalankan bisnis franchise, terdapat ketentuan dan aturan yang harus dijalankan oleh pemilik waralaba dan penerima waralaba.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis franchise. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

68 KOMENTAR

  1. Benar sekali, dalam era yang sekarang ini memang diperlukan insight yang padat dan bermanfaat agar masyarakat dapat mengembangkan ide wirausahanya ke arah yang lebih baik lagi dari sebelumnya

  2. informasi waralaba ini sangat memberikan peluang usaha bagi semua masyarakat, informasinya sangat bermanfaaat sekali

  3. Franchise makanan saya rasa paling lmyan dari segi omset apalagi jka brand sudah kuat

  4. pengen banget buka waralaba minuman coklat, sayangnya mentok di modal … Ada yang mau pinjaman modal tanpa bunga ga ya ?

  5. Saya juga sudah punya bisnis waralaba sendiri, di bidang agensi travel.
    Bagi yang tertarik mencoba bisnis travel agent bisa menghubungi kita. Silakan berkungjung ke website kita di

    punyatravel.co.id

    Terima kasih Pak Max. :)

  6. Saya telah memilih Bisnis Waralaba Di Bidang Kesehatan & Kecantikan
    karena bisnis ini pasti dibutuhkan sepanjang masa, tanpa batasan iklim, jenis kelamin, jenis kulit, dan umur

    Semua orang pasti ingin hidup sehat, dan tampil lebih cantik serta tampan

  7. Sebenarnya saya sendiri lebih tertarik untuk membuka bisnis waralaba di bidang jasa pendidikan dan pelatihan, sesuai dengan kegiatan yang digeluti sekarang.

    Terima kasih sangat membantu.

  8. Hebat sekali Pak Max, Infonya sangat berguna bagi orang-orang yang masih bingung ingin berwirausaha di bidang apa,dan kita bisa menemukannya dari artikel ini. :)
    Saat ini bisnis di Bidang makanan/minuman serta kosmetik sedang booming,apalagi sekarang sudah ada sistem marketing secara online yang memudahkan kita dalam menjalankan bisnis.
    Dulu sebelum memulai usaha,saya bingung mau usaha apa.Lalu teman saya menyarankan untuk kursus membuat produk skincare.Saya membuat day cream,night cream,facial wash serta toner lalu saya pasarkan dengan sistem online dan Alhamdulillah banyak peminatnya.
    Bagi calon pebisnis pemula bisa kunjungi website MatahariCourse.com jika ingin mengetahui dan membuat sendiri produk apa saja yang menarik dan laku keras di pasaran.

  9. Bang marikxon, saya sangat menyukai artikel bi blog maxmanroe.com ini.. menurut saya isinya sangat bermanfaat dan menginspirasi saya untuk belajar blog dan bisnis online termasuk blog yang saat ini saya kelola adalah inspirasinya berasal dari blog maxmanroe.com

    Terima kasih bang max, sudah share hal-hal menarik dan bermanfaat untuk pemula seperti saya :)

  10. Buka usaha car wash/laundry bagus kayaknya. Yg ada info tempat yg strategis buat usaha trsbut daerah tangsel bisa hub sy 081313990080 sekalian kalo bisa buat rekanan .thnks

  11. Ide Sudah Ada, Minat Sudah Ada, Mental Siap, Strategi Siap,,,,,,, tpiiiiiiiiiii Kekurangan Modal…………..

  12. wow. nice artikel mas bro. kunjungi waralabain.com di situ banyak waralaba murah dan berkualitas. gak ada iklan banner lagi. so pasti nyaman. makasih maxmanroe.com

  13. Saya saat ini menekuni bidang kecantikan yaitu make up, kebaya dan perlengkapan pernikahan seperti catering dan dekorasi…karena saya yakin setiap bulan, stiap minggu pasti ada saja orang yg menikah apalagi dengan bantuan promosi di internet. Bagi yg ingin menjalin kerjasama dgn saya sebagai marketing silahkan hub di 087882864079. Komisi bisa diatur oleh anda sendiri

  14. Terima kasih atas informasinya Bung Max. Bisnis waralaba sangat cocok baik untuk yang baru saja memulai usaha dan kebingungan mau memulainya dari mana, maupun orang-orang yang sudah punya pengalaman.

    Saya mengenal beberapa sahabat yang awalnya ragu dengan apa yang mereka lakukan. Tapi berkat ketekunan usaha mereka tidak sia-sia.

  15. Memasukin tahun 2015 era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia), persaingan SDM akan makin ketat.
    SDM yang tidak trampil atau kurang akan tersingkir dengan masuknya SDM dari luar, minimal dari segi ketrampilan Bahasa Inggris saja mayoritas SDM kita sudah kalah.

    Sebaiknya kita memulai persiapan untuk belajar bisnis, salah satu yang paling praktis adalah dengan mengambil waralaba sehingga kita tidak usah memulai lagi dari step 0 alias trial error.
    Langkah kita sudah dipermudah langsung ke step ke-5

    Bisnis yang masih bisa eksis di tahun-tahun berikutnya adalah sektor jasa dan kuliner.
    Lepas dari masalah hutang – piutang dan cash money.
    Untuk sektor bisnis lainnya dibutuhkan permodalan yang kuat.

    Bagi yang mau mencoba di bisnis kuliner bisa mencoba ke Peluang Usaha Kuliner Bakso Kaget :
    bakso-kaget.com

  16. Gan ane masih binggung ni untuk mulai usaha modal dan tempat udah ada pak cuma apa ya kira2 yg cocok buka usaha? Jujur pengalaman saya dulu di supermarket dan ada solusi gak ya ..thanks

  17. adakah perlindungan atau garansi dari pewaralaba jika dalam waktu tertentu hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan bahkan rugi ?
    perlu ada peraturan yang mengatur agar sama2 menguntungkan

  18. salah satu keuntungan bisnis waralaba kalau tidak salah kita tidak sulit dalam mengembangkan bisnis serta model bisnis sudah tergambar jelas. yang jadi masalah, apakah ada bisnis waralaba yang cocok untuk kantong mahasiswa ya? minta rekomendasinya gan.

    websitenya bagus, lengkap ulasannya juga bagus

    • salam kenal gan wong deso. Kalau boleh saya sedikit kasih info. Waralaba yang murah banyak gan, kebanyakan di bidang kuliner contohnya cappuccino cincau gan kalu gak salah dibawah 5 jt aja.

  19. terimakaasih sharingnya mas, sangat membantu saya yang ingn menekuni dunia bisnis

  20. Ada yg bingung cari waralaba? Silahkan kunjungi web kami, Serabi makanan tradisional yg msh dicari dan alami.bisnis makanan tdk ada matinya.info lbh lanjut hub 085290790239

  21. Memulai usaha dg tanpa modal, hingga bermodal :
    Saya Memilih Bid Kesehatan, mengapa demikian. ?
    Alasan :
    1. Kesehatan tdk ada matinya
    2. Kesehatan tdk mengenal musim
    3. Kesehatan aman akan inflasi
    4. Dapat secara konvensional / secara tim work
    5. Konvensional dapat di lakukan secara mobile Klinic “bukan jualan keliling’
    6. Dapat secara timwork / biasa di sebut network marketing.
    7. Memiliki Acreditasi IDI
    8. Dilengkapi alat Cekup secara GENERAL super lengkap.
    9. Produk Resep. Sudah lengkap ‘Paten Dunia’ tdk di ragukan lg keampuhan serta legelitasnya.
    10. Potensi income 4 jutaan rupiah per hari.
    11. Keistimewaanya, Kualitas produk langsung dapat di rasakan manfaatnya.
    14. Dengan sendirinya suatu saat akan dibanjiri konsumen atau pasien.
    15. Wal hasil Omset anda akan meledak.
    16. Jika sudah demikian, sdh pasti org lain ingin seperti anda, jika org lain mencontoh anda, maka omset anda akan lbh mtningkat 2 kali lipat, jika ada 100 org yg mencontoh anda ya…omset anda melejit menjadi 100 kali lipat,,dan pada akhirnya,,,anda akan menjadi pioner di negri anfa sendiri.

    Hal ini sudah terbukti dg sy,,dari tiada modal sampai bermodal….Alhamdulilah….info lbh lanjut…contact kami hp. 085386269941 / 08967517136 Pin BB 24D3BAA3 / 76421339

    Kami siap membantu sampai sukses…..Salam Dahsyat

  22. gan kira2 bisnis apa ya yg cocok ma nih waralaba? pa makanan doang? ya g sulit ngaturnya hehe

    • Semua waralaba punya kesulitan masing-masing, kembali pada kita sendiri. Kalau kita suka dengan bisnisnya, walaupun sulit tetap akan dikerjakan dengan maksimal :)

  23. ada yg tau info bisnis pencucian helm tolong hub 085250501868 trimakasih sebelumnya

  24. Ada gak franchise waralaba untuk jualan bunga potong/bunga segar?

  25. Hello, kira2 bisnis apa yg saat ini cpt berkembang, boleh di bantu.

  26. ass. met knal mas, aku punya keahlian sedikit sih tidak banyak, tapi niatku sambil terus berkarya bisa bantu orang..aku hobby desain rumah , terutama untuk tanah yang kecil yang kalau pingin ruangan enak dan terasa lega kadang orang suka bingung menata nya, aku bisa bantu mas, ya klo masalah bayarnya sesuai target budget aja, flexibel tidak mengikat..dan klo rekan netter smua mau jadi affiliater ( bener ga mas) boleh kok dengan senang hati saya terima dan pasti ada bonus…cp. aku Dade Tatang hp.081802194919.

  27. trimakasih bnyk informasinya mas. salam sejahtera dan sukses all :)

  28. trimakasih bnyk informasinya mas. salam sejahtera dan sukses all :)

  29. udah punya planning mo bisnis apa tp nyari tempat yang cocok belum ketemu.

  30. maaf salah no 087877449526. aku senang bila ada yang mau ngajak mitra usaha buka waralaba dan mengembangkan usaha yang aku rintih, ini sebagai Mitra usaha

  31. oh iya, Es Piscok ini makanan Kuliner, ku berinama Es Piscok Eyang Subur, anak2 pelajar dan Mahasiswa cukup mengenal Nama Es Piscok kami. silahkan hub. aku di 087877499526, kalau mmg ada peluang ingin kita kembangkan dan itu sebagai Mitra Usaha.

  32. oh iya, Es Piscok ini makanan Kuliner, ku berinama Es Piscok Eyang Subur, anak2 pelajar dan Mahasiswa cukup mengenal Nama Es Piscok kami. silahkan hub. aku di 08787749527, kalau mmg ada peluang ingin kita kembangkan dan itu sebagai Mitra Usaha.

  33. aku punya BISNIS Es pIscok yang kuberi nama Es Piscok Eyang Subur di Kota Serang, dan sdh punya 2 tempat alun-alun Kota Serang dpn My dan ciceri blakang Karefor dpn masjid prospek penjualannya cukup menggiurkan, kalau ada yang berminat mengajak kerjasama oke2 saja. ku anggap sebagai Mitra Usaha. silahkan temui kami di Kota Serang

  34. makasih atas infonya ya…saya juga lagi nyari2 peluang buat bisnis gitu tp msh bingung…heheh

  35. cocok buat orang yang pengen invest sebagian uangnya, daripada ditabung di bank malah tergerus inflasi :)

    • Namanya aja udah bisnis waralaba, ya pasti ada biayanya dong gan. Kita bayar license untuk menggunakan merk dagang perusahaan orang lain :)

    • Betul gan, kalau makanan emang banyak yang minat, udah gitu makanan kan kebutuhan pokok manusia, jadi pasti rame pelanggannya.

    • Wah sayang sekali Nella, saya kurang tahu tentang waralaba yang berhubungan dengan bunga. Coba nanti saya cari info nya, kalau memang ada akan saya kontak ya :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here