5 Peluang Usaha Sampingan uang Cocok Untuk Para Guru

Ilustrasi dari knowyourmeme.com

Ilustrasi dari knowyourmeme.com

Anda seorang guru? Bersyukurlah karena menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Anda bisa membagikan ilmu kepada murid-murid dengan cara mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih serta mendidik mereka. Sayangnya dengan lelahnya kegiatan mengajar yang dilakukan sehari-hari terkadang tidak sebanding dengan nilai gaji yang didapat seorang guru, terutama untuk golongan guru honorer.

Ya, sering saya baca di media online dan surat kabar bahwa gaji guru honorer di sekolah-sekolah negeri sangat kecil, hanya berkisar Rp 300 ribu atau bahkan ada yang hanya mendapat Rp 100 ribu per bulan. Menyedihkan memang, tapi setidaknya para guru tersebut masih tetap bisa bersyukur. Jadi, apakah seorang guru harus tetap berkutat dengan gaji beberapa ratus ribu perbulan? Tentu tidak, masih ada dan banyak peluang yang bisa didapat untuk menambah penghasilan, yaitu dengan cara berbisnis.

Menjadi guru bukan merupakan penghalang untuk membangun sebuah usaha atau berbisnis. Profesi guru biasanya punya lebih banyak waktu luang dibandingkan para karyawan kantoran yang pada umumnya berangkat pagi hari dan pulang sore hari, bahkan bisa sampai malam hari.

Seorang guru bisa memiliki waktu luang setelah kegiatan belajar mengajar usai, umumnya berakhir pada pukul 13.00 atau paling lama 14.00. Bahkan pada hari jumat dan sabtu kegiatan belajar mengajar bisa berakhir lebih awal. Nah, waktu luang tersebut dapat dimanfaatkan para guru untuk melakukan aktivitas usaha sampingan yang berpotensi menguntungkan tanpa harus mengganggu kegiatan mengajar di sekolah.

Artikel lain: Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

Jika Anda bingung peluang usaha sampingan apa yang cocok untuk Anda, berikut ini beberapa contoh usaha sampingan atau bisnis yang layak dipertimbangkan oleh mereka yang berprofesi sebagai guru:

1. Usaha Les atau Bimbingan Belajar

Seorang guru tentu saja sangat terbiasa dengan kegiatan belajar mengajar. Untuk itulah seorang guru yang berpendapatan kecil sangat cocok untuk memulai usaha sampingan les atau bimbingan belajar. Beruntung jika Anda menguasai beberapa mata pelajaran karena Anda bisa membuka usaha ini dengan klasifikasi lebih dari satu pelajaran.

Usaha ini bisa dilakukan dirumah Anda sendiri dengan memanfaatkan ruang tamu maupun halaman depan. Syukur-syukur jika di dalam rumah Anda ada ruang kosong yang cukup luas menampung beberapa anak untuk belajar. Jika Anda memiliki keterbatasan dalam hal tempat, Anda bisa membuka usaha les privat ke rumah murid. Usaha les privat tentunya lebih besar dalam hal salary. Pekerjaan ini bisa dilakukan selama 1 sampai 2 jam, baik sore maupun malam.

2. Usaha Menjual Barang di Koperasi

Setiap sekolah pada umumnya memiliki koperasi yang dikelola oleh pihak sekolah itu sendiri. Pastikan Anda melihat koperasi sebagai peluang bisnis. Bukan membuka koperasi baru, namun menjadi seorang penyetok barang kebutuhan siswa yang memang tidak tersedia di koperasi sekolah.

Ya, jadi Anda hanya modal untuk menyetok barang yang tidak ada di koperasi. Barang-barang tersebut bisa berupa alat peraga, kain seragam, hardware dan aksesoris komputer, dan lain-lain.




Artikel lain: 6 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

3. Usaha Kuliner

Jika Anda memang seorang guru yang menyukai bidang kuliner, mengapa tidak menjadikannya sebagai usaha sampingan? Anda bisa membuka bisnis kuliner, baik itu berupa usaha katering atau pembuat roti untuk pesanan. Usaha ini bisa dilakukan dirumah dan dikerjakan setelah selesai kegiatan belajar mengajar atau hari libur.

Anda juga bisa menawarkan jasa menyediakan konsumsi untuk kegiatan pertemuan di sekolah tempat mengajar maupun di sekolah lain karena seorang guru biasanya punya banyak relasi dan kenal dekat dengan rekan-rekan guru lain. Alternatif lain Anda bisa menjual kuliner di sekolah sendiri dengan sasaran konsumen adalah para murid. Ya, Anda mempunyai waktu menjualnya ketka para siswa dan guru memasuki jam istirahat.

4. Kerja atau Bisnis Online

Salah satu ide bisnis yang sangat brilian untuk seorang guru adalah kerja maupun bisnis secara online. Bagaimana tidak, kegiatan bisnis online bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja tanpa mengganggu kegiatan belajar mengajar Anda di sekolah. Anda bisa berbisnis jual beli online, sebagai pengelola website, menjadi penulis, dan berbagai bisnis online lainnya.

Tentukan usaha online sesuai dengan apa yang diminati agar Anda selalu termotivasi mengerjakannya dengan serius. Sangat menguntungkan jika ternyata Anda juga mengerti ilmu-ilmu yang berhubungan dengan internet marketing, seperti SEO, social media marketing, pemasaran melalui iklan, pengembang website, dan lain-lain.

5. Berbisnis MLM Secara Online

Bisnis MLM online adalah salah satu peluang usaha sampingan yang layak diperhitungkan oleh para guru. Kenapa? Bisnis ini berbeda dengan bisnis MLM offline yang sangat menyita waktu. Selain potensi penghasilannya sangat mengesankan, proses untuk menjalankan bisnis MLM online cenderung lebih mudah karena bisa dikerjakan pada waktu luang, tentunya kita harus punya perangkat komputer dan koneksi internet.

Salah satu bisnis MLM yang saya rekomendasikan dan bisa dikerjakan secara online adalah bisnis MLM Oriflame. Bisnis ini menjual produk perawatan diri untuk wanita dan pria. Selain mendapatkan keuntungan dari penjualan langsung, pelaku bisnis MLM juga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan jaringan mereka. Sejauh ini, ada banyak sekali yang sukses di bisnis MLM Oriflame, bahkan banyak yang punya penghasilan puluhan juta per bulan dari bisnis ini. Baca artikel saya tentang bisnis MLM Oriflame dan d’BCN.

Nah, di atas tadi adalah beberapa peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh guru. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi para guru untuk mulai membangun bisnis sendiri dan mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera. Selamat mencoba :)




21 total comments on this postSubmit yours
  1. Sy adalah seorang guru PNS yg sdh sertifikasi,sy juga buka usaha di bidang pulsa dan paket data.Setelah sy membaca artikel ini jadi terpikir sama sy untuk melakukan penjualan dengan cara bisnis online dan membuat blong sehingga ketika di bulan depan sy buka grosir paket data semua provider, keuntungan sy bisa 2 x lipat.

  2. subhanallah mantap menginspirasi dan memotivasi

  3. artikelnya bagus dan membuka mata saya akan peluang usaha yang sebenarnya ada di depan kita sendiri sehingga harusnya kita memaksimalkan peluang usaha tersebut, dan bila boleh menambahkan untuk menambah agar pengetahuan atau ide para pembaca lebih komplit silahkan dibaca juga artikel 5 Peluang Usaha Bagi Guru Dengan Prospek Cerah di link di bawah ini,
    terimakasih

  4. menurut yg sy pahami, guru adlh panggilan jiwa, jd dlm mengajarkan ilmu hrs ada rasa senang dan tanggung jawab, bahkan scr ekstrem “tdk dibayar tdk apa2” krn kelak di akherat ilmu yg diajarkan akan memudahkan masuk surga. jgn andalkan gaji guru, jadilah wiraswastawan yg guru atau sebaliknya, harus fokus dan serius.

  5. sangat bermanfaat mas

  6. Makasih infonya gan… info yang menginspirasi. Kebetulan juga saya seorang guru yang belum PNS, mungkin bisa saya terapkan salah satunya. :)

  7. mungkin kalau bisnis mlm lebih sulit ya.
    karena banyak teman saya yang sudah terlanjur ikut mlm tetapi karena straregi nya kurang bagus malah bangkrut..
    sekedar shareing saja

  8. Selain usaha sampingan yang dipaparkan diatas, ada usaha yang juga hasilnya cukup menampah kepulan asap di dapur ..hehe..yang cocok untuk guru, yaitu membuat blog dan mengisi dengan artikel. setelah itu daftarkan ke penyedia PPC..

  9. ini adalah cocok untuk guru yang bukan PNS dan sertifikasi. Melainkan guru bantu yang nasibnya kurang sejahtera. Karena memang pemerintah kurang memperhatikan guru yang bantu ini. Jadi tidak jarang guru tersebut mencari tambahan penghasilan buat mencukupi kebutuhan hidup..

  10. Bukan oemar bakrie…
    Kalau berdasarkan pengalaman guru2 yang kebetulan teman saya, yah memang benar gaji guru masih ada yang kisarannya 100ribuan (bukan PNS ya) tapi biasanya ini dikarenakan mereka mengambil hanya satu tempat(1sekolah) dengan jam mengajar yang tidak terlalu banyak.. Lalu bagaimana cara mereka mensiasati gaji yang kecil?Untuk mesiasati gaji yang kecil, biasanya mereka mengajar di 2-4 sekolah yang berbeda setiap harinya atau kadang ngajar bimbel selesai mengajar di sekolah.

    Berdasarkan pengalaman teman saya juga, guru yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya apalagi yang PNS, kehidupannya sudah lebih baik kok, apalagi ditambah dengan tunjangan SERTIFIKASI GURU makin sejahteralah kehidupan mereka… tapi jangan lupa ya, bagi guru yang sudah PNS plus sudah dapat sertifikasi gurunya, bagi-bagi rezekilah dengan orang-orang di lingkungan sekolah..

    Perubahan kurikulum pendidikan nasional menjadi “Kurikulum 2013” menjadikan guru-guru TIK (komputer) yang sudah bersertifikat “galau” (apalagi yang belum SERTIFIKASI) dikarenakan dihapusnya mata pelajaran TIK untuk SD-SMA, mengharuskan mereka mengajar di SMK atau mereka mengambil mata pelajaran lain. Lalu bagaimana teman saya mensiasatinya? Teman saya mencoba peruntungan di point 4 artikel mas maxmanroe dengan tetap mengajar dan berharap pemerintah yang baru mengadakan kembali mata pelajaran TIK di SD-SMA.

    Semoga guru-guru di Indonesia bukan lagi oemar bakrie…

    thanks artikelnya mas max.. :-p

    • Terimakasih sudah mau berbagi informasinya mas Umar :)

  11. Bisnis sampingan yg baik itu MLM.

  12. saya setuju para guru punya bisnis sampingan mlm online karena jangan tinggalkan kerjaan utama yaitu sebagai pendidik. bisnis mlm online dikerjakan dirumah, mana saja dan kpn diluar pekerjaan utama.

  13. sepertinya bisnis online yang lebih cocok. karena lebih fleksibel… bisa dikerjakan “semau gue” alias bisa dikerjakan diwaktu luang bagi para guru. misalnya malam hari…

    • Ya ga bisa dikerjakan “semau gue” juga mba. Kalau mau berbisnis harus punya komitmen untuk mengerjakannya dengan serius.

  14. saya setuju sama mbak linda, usaha bimbel yang paling cocok sesuai keahliannya

  15. wah ternyata sedikit juga ya gaji seorang guru honorer.. jadi kalo misalkan awal jadi guru gaji nya dibawah 1 juta perbulan? enak yang udah jadi PNS mungkin..

    iya bener, dari ke 5 usaha sampingan diatas lebih cocok kalo guru buka usaha les atau bimbingan belajar. tapi sifatnya ngga memaksa ya, dan kalo misalkan menawarkan ke anak didiknya disekolah, tidak menekankan harus les dan yang tidak les nilainya jelek. *Haduh, itu pengalaman pahit saya disekolah dengan pelajaran bahasa inggris mas.. dimana dia menekankan harus les di rumahnya, jika tidak ya begitu nilai pas2an, bisa juga dibawah KKM. mirisnyaa…

  16. Kayanya yang paling gampang bimbel ya mas :)

  17. setuju gan seorang guru sebenarnya punya banyak waktu luang untuk berbisnis, tetapi kadang2 mental seorang guru adalah takut pada resiko dalam berbisnis.

  18. tulisan yang inspiratif. Saya ingin menambahkan, yaitu menulis buku. Dengan menulis, guru dapat meningkatkan disiplin ilmunya, dengan menulis guru menginspirasi siswa didiknya, dengan menulis guru dapat mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup untuk kehidupan sehari2nya…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud