Beranda Bisnis 4 Contoh Usaha Kecil Potensial Yang Ada di Sekitar Kita

4 Contoh Usaha Kecil Potensial Yang Ada di Sekitar Kita

Usaha-Kecil-Potensial

Mungkin sebagian orang sering kali meremehkan usaha kecil menengah, bahkan usaha kecil sering diidentikan dengan bisnis untuk orang-orang yang memiliki modal terbatas dan pengelolaan yang seadanya. Namun sebenarnya tidak selalu demikian karena ada banyak pengusaha sukses yang berawal dari usaha kecil menengah.

Kita perlu ketahui bahwa usaha kecil menengah adalah yang termasuk dalam jenis usaha kecil yang mempunyai kekayaan bersih paling banyak sekitar Rp 200.000.000. Meski demikian, jenis usaha kecil menengah saat ini merupakan tulang punggung pemutar roda ekonomi di Indonesia.

Memulai Usaha Kecil Butuh Pertimbangan

Jadi apa saja contoh wirausaha modal kecil yang bisa dijalankan, terutama untuk calon-calon pengusaha yang memiliki modal terbatas? Semua harus dikembalikan kepada sang calon pengusaha, berapa modal yang dimiliki, keahlian apa yang dimiliki, serta bidang apa yang diminati. Pastikan Anda tidak menjalankan usaha pada bidang yang sama sekali tidak Anda kuasai, minimal Anda harus sedikit tahu banyak pada bidang tersebut.

Selain itu, ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan, diantaranya adalah apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan memang mememiliki daya tarik serta menjadi kebutuhan banyak masyarakat di saat ini dan di kemudian hari. Perhatikan pula kompetitor yang ada sekitar kita karena sangat berpengaruh sekali pada kesuksesan usaha nantinya.

Artikel lain: 6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Contoh Usaha Kecil di Berbagai Bidang

1. Usaha Kecil di Bidang Kuliner

Usaha di bidang kuliner memang tidak pernah sepi karena setiap orang membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Tentu ini menjadi peluang besar bagi Anda yang memang berminat untuk membuka usaha kecil bidang ini. Anda bisa memulai dari usaha restauran, rumah makan, cafe, warung rames, atau bahkan pedagang kaki lima.

Sekali lagi disesuaikan dengan modal yang tersedia.  Namun yang lebih penting adalah produk makanan apa yang hendak ditawarkan dan apakah cocok selera masyarakat?

Sebagai contoh Anda bisa menjalankan bisnis kuliner utama seperti ayam goreng, bakso, mie ayam, gudeg, masakan daerah dan lain-lain. Tidak hanya makanan berat saja, saat ini banyak cafe yang menyediakan kuliner dalam bentuk minuman, es krim, susu, kopi, cake, es kelapa muda dan lain-lain.

Tidak buruk juga jika Anda membuka usaha kecil dengan cara kemitraan atau waralaba karena dengan sistem ini Anda bisa terbantu dalam hal penentuan produk, mendapatkan bahan baku dan tata cara pengelolaan.

2. Usaha Kecil di Bidang Jasa

Ada berbagai macam jenis usaha kecil dibidang jasa. Sepertinya dalam usaha ini Anda memang harus memiliki keahlian maupun wawasan luas tergantung pada jasa yang ditawarkan. Sebagai contoh ada usaha jasa yang berhubungan dengan birokrasi seperti pengurusan surat-surat kendaraan, surat ijin mengemudi, surat ijin usaha, dan pengurusan dokumen penting lainnya.

Sepertinya usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki wawasan luas dalam bidang hukum. Bidang jasa lainnya adalah yang berhubungan dengan IT seperti jasa pembuatan website, jasa SEO, desain grafis, pembuatan program komputer dan lain-lain.

Bidang jasa IT cocok dilakukan bagi Anda yang menguasai bidang ini. Bisa juga usaha kecil jasa perbaikan komputer, laptop dan perangkat lain. Selain itu, usaha jasa pengiriman semacam menjadi agen juga sepertinya banyak diminati mengingat banyak perusahaan ekspedisi yang sanggup memfasilitasi.

3. Usaha Kecil Jual Beli

Usaha kecil jual beli? Mungkin ini adalah salah satu bisnis yang  cukup banyak diminati pula. Ada banyak sekali jenis produk yang memang cukup laku untuk dijual seperti ponsel, kendaraan pribadi (roda dua/roda empat), komputer, kamera, bahkan sampai hewan peliharaan.

Dalam jenis usaha ini tidak diharuskan membuka toko khusus dengan lokasi strategis karena bisa juga dilakukan dirumah, baik secara offline ataupun memasarkan secara online agar bisnis Anda tersebut lebih dikenal luas.

4. Usaha Kecil di Bidang Agrobisnis

Bisnis Agrobisnis identik dengan bidang pertanian dan peternakan. Usaha ini sangat cocok dilakukan didaerah pedesaan atau Anda yang memiliki lahan luas untuk menjalankannya.

Sebagai contoh usaha kecil bidang Agrobisnis adalah budidaya ikan lele, peternakan ayam, peternakan sapi, budidaya hewan peliharaan, budidaya sayur mayur, buah-buahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Demikian beberapa contoh usaha kecil yang bisa Anda jalankan. Semua tergantung dengan berapa modal yang Anda miliki, bidang apa yang Anda minati, dan berapa banyak kompetitor yang ada. Semoga membantu dan menginspirasi para calon pengusaha muda di Indonesia.

27 KOMENTAR

  1. Wah…setuju untuk nomor 2, sedang saya tekuni sekarang ini.

  2. inspirasi yang bagus, sebetulnya saya lagi susah mencari ide bisnis apa yang hendak saya buka. terimakasih gan

  3. andi mencari kerja

    Mantep mantep :D

  4. saya sejak kulaih aktif di dunia koperasi dan usaha kecil. berbicara peluang laur biasa banyak di indonesia termasuk peluang usaha diatas tetapi yang menjadi kendala utama kita adalah keseiapan mental untuk menjadi pengusaha itu yang sulit kita bangun

  5. HAMZAH ARDIANSYAH

    usaha apa aja itu bagus, inti dari semua usaha itu cuma 30% ilmu, 70% melakukan.

  6. saya gemar sekali sama hewan, saya punya imajinasi, untuk membuka bisnis ternak ayam petelur, modal awal emang mungkin sdikit butuh bnyak uang, tapi stelah produksi, mungkin kita tidak perlu mikirin pakan, karna mreka sndiri pasti bisa cari makan sndri dari telur nya sndri…ana mau coba.

  7. Wah ini sangat membantu saya untuk membuka usaha ne

    ok thanks ya

  8. Butuh solusi , bingung mau usaha apa di desa …
    Cuma punya lahan dan posisi saya sedang kuliah …
    Terima kasih …

  9. Terkadang kita hanya bermpi yang besar dg tanpa melalui dari hal yang kecil, akhirnya tinggsllsh harapan., padahal jika kita bener2 serius melakukan hal yg kecil pada akhirnya bisa jadi yg besr.

    terimakasih kpd pak admin atas artikelnya.

  10. usaha apa ya? tolong bantu teman2

  11. saya ingin punya usaha tp msh tahap modal keciln usaha apa ya? tolong di bantu teman2

  12. yang penting niat dan paham akan tujuannya..
    jangan terlalu fokus sama hasilnya,jalanin dulu ..kalo niat usaha!!!!!
    rejeki ada yang ngatur …

  13. Semua usaha klo dijalankan dgn kesungguhan tekad bulat menghasilkan uang kok.sy ada usaha dpt keuntungan cash.dijalankan sambil kerja bisa.offline/online dgn web saya gratis.hub 7eacae1d

  14. siskha areastuti

    pengen banget buka usaha warung makan,, tapi belum dapat tempat yang strategis

  15. Ndak nyangka visit lagi di blog maxmanroe. hhe ga sengaja lagi browsing saya tadi gan, eh malah di page one nih halamannya. cocok emang usaha kuliner, kan setiap hari orang butuh makan , tapi untuk memasak kan juga butuh keahlian om, kurang enak pasti gak laku. haduwh… yha saya coba dulu lah, sarannya istimewa banget, inspiratif sekali om. makasih yha

  16. lebih enak lg yg sesuai dg hobi.

  17. bisnis kuliner lebih bagus untuk k depan…bisnis kuliner ga pernah ada matinya…yukk buka barengan.Ada ide buka tempat makan tpi bingung tempatnya…

  18. bisnis apapun akan berhasil jika dibarengi dengan promosi

  19. rekening bersama

    Kayaknya bisnis yang nomer 2 lebih cocok untuk jaman teknologi spt sekarang ini. Jasa seo , jasa rekening bersama dan lain-lain sangat menguntungkan selain minim modal juga bisa dilakukan siapa saja hanya dengan bermodalkan laptop atau handphone. Sukses maxmanroe

  20. memang ke 4 usaha itu berpotensial untuk jadi besar tapi itu tergantung dari orangnya sendiri.. inovasi dan kreatif itu di perlukan

  21. kadang saya gak menyadari kalau ada usaha kecil yang berpotensial.. :D

  22. pada dasarnya banyak sekali usaha yang bisa dikembangkan mulai dari bawah. sedangkan keunikan produk yang dijual akan menentukan dalam perkembangannya.

  23. usaha yang pertama enak ya, kita tidak susah mencari makan dan uang pun mengalir

Tinggalkan Balasan