Beranda SEO Tips Memilih Domain Yang Baik Untuk Situs Anda

Tips Memilih Domain Yang Baik Untuk Situs Anda

Bagi anda seorang pebisnis online ataupun seorang blogger profesional, memiliki sebuah situs dengan domain yang unik adalah sesuatu yang anda inginkan karena menjadi identitas anda dan situs anda. Banyak diskusi online yang membahas tentang bagaimana cara memilih dan membeli domain yang baik untuk sebuah situs.

Tapi tunggu dulu, sebenarnya apa sih pengertian domain itu? Di bawah ini adalah pengertian domain menurut Wikipedia:

“Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.”

Berikut ini adalah beberapa tips memilih domain yang baik untuk situs anda:

1. Domain Sesuai Dengan Nama atau Bisnis Anda

Pilih nama domain yang sesuai dengan nama anda atau bisnis anda

  • Bila anda membuat sebuah website/ blog untuk tujuan promosi atau menjual produk/ jasa – misalnya menjual produk parfum – maka akan lebih baik jika anda memilih nama domain yang berhubungan dengan parfum. Contoh, misalnya membuat website/ blog untuk promosi atau menjual parfum original, maka sebaiknya anda memilih domain: parfumoriginal.com | jualparfumoriginal.com | parfumoriginalmurah.com | dan lain-lain. Sebaiknya anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain, usahakan agar domain anda mengandung kata kunci bisnis anda, memiliki pencarian yang cukup banyak di search engine, dan persaingan kata kuncinya tidak terlalu sulit. Gunakan bantuan Google Adwords: Keyword Tools Google Keyword Planner untuk membantu anda menemukan keyword yang cocok untuk nama domain anda.
  • Bila anda membuat website/ blog pribadi, maka sebaiknya anda menggunakan nama anda atau nama panggilan anda sebagai domain, misalnya Maxmanroe.com.

2. Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Gunakan domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. Ketika anda memberitahu seseorang nama domain anda secara verbal – misalnya melalui telepon – domain yang terlalu panjang atau sulit dimengerti pasti akan sulit diingat atau bahkan bisa membuat bingung orang lain.

3. Menggunakan Top Level Domain (TLD)

Sebaiknya anda menggunakan TLD (Top Level Domain) berekstensi dot com untuk nama domain anda. TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat orang. Misalnya ketika ada domain dengan kata yang sama – misalnya parfum original – biasanya orang akan mencoba membuka situs berekstensi dot com terlebih dahulu. Untuk mengecek ketersediaan nama domain, anda bisa menggunakan bantuan situs ini www.domainsbot.com.

4. Hindari Nama Domain Yang Buruk

Jangan pernah menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs anda dan tentunya image anda sendiri. Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain anda mengandung kata-kata yang berbau SARA, hal ini dapat mengakibatkan situs anda diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs anda.

5. Hindari Penambahan Karakter Pada Domain

Bila memungkinkan, hindari penambahan kata-kata atau karakter yang tidak perlu pada domain anda. Misalnya penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan – ini dapat mempengaruhi kekuatan SEO sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya anda menggunakan tanda minus (-).

6. Jangan Memakai Merk Dagang Perusahaan Lain

Jangan membeli nama domain yang sudah menjadi merek dagang,  misalnya: amazon.com, jangan pernah berpikir untuk membeli domain yang mirip dengan domain tersebut karena kemungkinan besar anda akan dituntut oleh perusahaan pemilik merek dagang.

7. Beli Domain Dari Registrar Terpercaya

Beli domain hanya dari registrar yang terpercaya dengan harga terjangkau. Salah satu registrar domain yang sering saya gunakan adalah Namecheap.com, selain harganya murah fasilitasnya juga sangat menguntungkan. Namecheap menawarkan harga domain standart sekitar $9.98 per domain per tahun – akan lebih murah lagi bila anda memiliki kupon diskon. Selain itu mereka juga memberikan fasilitas whois guard dengan gratis (hanya di tahun pertama), sedangkan pada registrar lain biasanya akan dikenakan biaya.

Untuk layanan lokal, ada beberapa registrar yang saya rekomendasikan, diantaranya:

  • Domainesia.com
  • Niagahoster.co.id
  • Jagoanhosting.com
  • Rumahweb.com
  • Dapurhosting.com
  • Masterweb.net

Baca juga: Apa Itu SEO?

Setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan anda bisa menemukan domain yang cocok dengan blog atau website yang akan anda bangun. Bila ada masukan dan pertanyaan silahkan kirimkan komentar anda!

138 KOMENTAR

  1. Maxmanroe infonya bermanfaat dan blog ini seonya gila bertahan bertahun tahun

    Adakah tips dan rahasianya?

  2. Wah, harus pilih nama yang kece nih ya. Kadung beli kemarin bagus ga ini celoteh mamak? X_X

  3. Menarik artikelnya.. Saya nemu tulisan/kepikiran untuk membuat nama domain berdasarkan pemaparan di atas setelah punya domain, yang artinya saya harus beli domain lagi untuk buat blog yang lain hehe

    Terima Kasih pemaparannya

  4. Apa ada tool yang bisa mempermudah kita untuk mencari nama domain yang cocok dan belum digunakan orang lain?

  5. Nonton Film Online

    mantap artikelnya mas, jadi ga asal asalan milih nama domain hehee

  6. Berkaca pada domain dulu apabila kita mahir dengan komputer , maka kata komputer akan menjadi cara terbaik membangun nama doamin, manum sekarang sudah sirna , yang terpenting kualitas konten nomor satu dan domain tak mengandung berbau sara dan lainnya yang akan diabaikan search engine.

    Dikutip dari isi konten ini

    Terima kasih kang infonya

  7. Halo kang, sangat bermanfaat sekali artikelnya. tapi ada yang ingin saya tanyakan..

    apakah emang benar jika memasukan keyword ke domain itu berpengaruh.

    misalnya aja nama domain yang saya pake caramemasak,com, nah itu keyword yang akan saya selipkan di setiap artikel saya.

    apakah bisa seperti itu digunakan sebagai keyword? padahal kan nama domain itu tanpa space.

    sekian kang.. maaf belepotan,,
    salam newbie..

    • Cara itu sangat efektif dulu, tapi sekarang tidak terlalu dominan. Sekarang yang paling dominan itu popularitas domain dan juga konten.

  8. Kadang nama domain tidak punya pengaruh besar terhadap kepopuleran suatu situs web. Contohnya blog ini sendiri.

    Contoh lain penggunaan tanda ( – ) tidak juga jadi patokan jeleknya domain di mata pengguna situs. Contoh, kalau kamu maniak Android yang rajin bongkar pasang ROOM’s sudah tentu kenal forum ” XDA Developers”.

    Domain yang digunakan adalah “xda-developers.com”, bukan “xda-developer.com”, ada penambahan huruf “S” yang bisa jadi penggunanya salah ketik.

    Tapi entah kenapa itu forum semakin besar dengan “S” nya.,

    Intinya adalah kepuasan pengguna ketika mengunjungi situs web.

    Domain saya
    oelas.com (situs untuk kamu mengrim review)
    wyoyw.com (on progress)
    opsional.com (on progress)
    kzlzbl.com (on progress)
    beringkas.com (situs berita ringkas)

    Terima kasih, sukses selalu buat Maxmanroe :-D

  9. makasi infonya mas saya beli domain yang belom ada kata kunci di google itu bagus gak ya mas, pencerahannya..

  10. Sangat membantu, akhirnya saya berhasil dapt domain yang bagus untk seo

  11. memang benar, hanya sekedar berbagi pengalaman saja.
    Saya dulu pernah membuat blog dengan domain hasil carding, lalu setelah berjalan sekitar 6 bulan. tiba2 blog saya kena tendang google dan akses panel domain saya di suspend
    oleh karena itu, sebaiknya daftarkan domain anda secara legal!

  12. Betul sekali mas,

    kalau untuk blog lebih disarankan untuk brand

    untuk jenis jualan produk atau toko online lebih bagus pake EMD

  13. sip ini bos, sangat bermutu artikel nya, i like

  14. Wah, senang sekali nyangkut ke sini. Makasih sharingnya ya, Mas.
    Saya bnyak belajar terutama tentang wp di sini. karena baru mau sapu- sapu rumah ehhehe.

  15. Makasih infonya, Mas.
    Saya masih kesulitan ngulik di WP Baru- baru ini mau nyapu rumah di Wp yang sempat terlantar :D

  16. terimakasiih mas maxmanroe, referensinya dan ulasannya sangat membantu

  17. terima kasih atas informasi nya gan
    ane masih cari cari nama keren tuk domain

  18. Sangat cocok untuk referensi memilih domain mas. Oh ya mau tanya. Apakah kalo kita beli domain ditempat regristant yang kurang terpercaya itu berpengaruh pada kecepatan loading blognya? Terima kasih sebelumnya.

  19. saya baru bikin mas, biar cepet ke index gimana ya.
    apa nama domain saya kurang pas ya mas?

  20. Terima kasih informasinya mas.. Sepertinya saya gak salah pilih domain buat urusan bisnis.. Hehe..

  21. Suatu perahara yang membuat galau adalah ketika kita akan membeli domain.
    Ada domain bagus tpi udah pakek sama orang.
    Kalau domain bhs indo udh sulit dapatin yg bagus.
    trima ksh tipsnya.

  22. Ada saran name domain buat diary sepasang kekasih gak mas?
    Hehe…

    Salam,
    Nur kholis

  23. thank gan, sangat membantu, jadi kan gak bingung lagi mau pakai domain apa gt

  24. “memiliki pencarian yang cukup banyak di search engine, dan persaingan kata kuncinya tidak terlalu sulit” –> saya masih bingung mengenai poin ini. bukanya kalau pencarian cukup banyak justru persaingannya tinggi atau sulit ya?

  25. makasih tutorialnya gan, kalo beli di namecheap harus punya paypal juga ya, agak ribet juga.

  26. kalau menurut saya nama domain terbaik adalah yang sesuai dengan nama orangnya itu sendiri atau bisa juga sesuai dengan nama usaha / bisnisnya.

    yang kedua adalah sesuai dengan keyword yang ditarget

    bener gak mas?

    salam..

  27. Om, tu sebenarnya ada pengaruh nggak sih jenis ektensi domain yg kit pakai terhadap hasil pencaraian mesin pencari ? Mislanya, yg ektensinya .com akan lebih mudah terindex daripada ektensi yg lain, atau gimana ya ?

  28. awalnya saya bingung mencari nama domain dan sempat membuat domain yang acak-acakan, tapi kemudian saya putuskan untuk jadikan nama sendiri sebagai nama domain dan menggunakan ekstensi dot com.
    Jadilah kamartina.com sebagai nama domain blog sederhana. Eh ternyata diartikel ini ada di point pertama, kalau mau bikin blog ya pakai nama sendiri aja.
    terimakasih untuk artikel yang bermanfaat ini. sukses terus maxmanroe.com

  29. Sya sudah menerapkan tipsnya dan sangat membantu. :)

  30. Kalau Saya Mempunyai Blog Yang Masih Ber-Subdomain Dan Kemudian Memasang Domain TLD Baru, Apakah Backlinknya Saya akan hilang, Mas ?

  31. kalo beli domain harus lengkap dengan hosting gan? saya masih klurang paham masalah hosting?

  32. jika saya menggunakan domain milik blog lain yang populer yang tentunya sudah expired dan avaible di situs penjualan domain. jika saya menggunakanya pada blog saya, apakah ada kemungkinan besar blog saya juga mendapat kunjungan yang banyak.?

    • Bukan begitu cara kerjanya pak Candra. Popularitas sebuah domain memang berpengaruh banyak pada tingkat kunjungan, tapi bukan itu yang menjadi tujuan. Menggunakan domain expired juga tidak sembarangan, harus melalui proses seleksi yang ketat karena banyak domain expired yang kualitasnya jelek dari sisi SEO. Biasanya mereka yang menggunakan domain expired untuk websitenya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari sisi SEO, karena domain lama biasanya sudah punya reputasi di internet.

  33. trim’s infonya dan tetap membimbing..

  34. makasih tutorialnya gan, kalo beli di namecheap harus punya paypal juga ya, agak ribet juga. kalo ane lebih suka beli lokalan aja sih, kan sudah banyak juga yang lokal tapi berkualitas, seperti di idwebhost.com atau yang lainnya

  35. Terima kasih om, sangat lengkap banget ini penjelasannya, sangat bermanfaat… Kalau domainincaran.com sudah dimiliki orang lain dengan variasi kata-katanya, dan tetep mau yang itu juga, karena mungkin menyangkut merek, maka gak ada salahnya pake selain .com, misal .net :)

    Maksih

  36. jadi ingat kasus kepemilikan domain yang mirip facebook dan akhirnya dituntut…alhasil facebook pun memenangkan pengadilan.
    jadi hati2lah dalam memilih domain…

  37. Mas mo nanya. Klo misalkan udh punya domain di wordpress trus pengen migrasi ke domain lain yg berbayar seperti .com dll bisa gak ya mas? Atau kita bener2 bikin baru dan mulai dr awal ya?

  38. Hehehe… karena blog saya pribadi pada bulan september tahun lalu (2015) saya beli domain dot com. Blog maxmanroe emang super keren… pengen bisa seperti ini…

  39. mantab mas artikelnya :D awal taon kemaren saya juga beli buat blog pribadi

  40. blog ini mantab banget seo on ni

  41. makasih gan., artikelnya sangat bermanfaat…,
    saya mau tanya gan.. gini , alamat blog saya tidak sesuai pada point 5, seperti ini tugaskuliah15.blogspot.com .. dan rencananya saya akan menggantinya dengan TLD (top level domain).. saya sudah coba, tpi kalau namanya hanya (tugaskuliah) sudah ada.. jadi apakah saya tetap menambahkan dengan angka 15 atau bgmna.?? mohon sarannya..

  42. Terima Kasih atas infonya, saya sendiri baru berencanan mau mengganti domain menjadi com. namun, masih bingung situs mana yang baik untuk beli domain, sekali lagi makasih banyak, saya mau coba beli domain sekarang :)

  43. Kalo ane setuju banget no 1 dan 2 ditambah pake domain .com yang mudah diingat

  44. nama domain memang cukup penting, tapi lebih penting konten dan optimasi seo, menurut saya hehehe

  45. tips memilih domain

    setuju sama yang nomer 1 “Pilih nama domain yang sesuai dengan nama anda atau bisnis anda.”

  46. pak kalau domain dgn niche tertentu tetapi dengan akhiran xxx misal documentxxx.com atau angka misal document123.com masih bagus yang mana ya?

  47. thanks tipnya,
    mau cari nama yang pas perlu mikir lama, cari inspirasi dulu :D

  48. Menurut saya memilih domain itu kalo bisa DA, PA, Mozrank serta domain age juga harus benar diteliti dengan baik

  49. Thanks gan untuk penjelasnnya
    Ane lgi nyari referensi untuk beli domain dan hosting buat bkin website
    Dan sekalian baca” tutorialnya

  50. Mas Max! Ada yang bilang paling bagus menggunakan kata kunci dari bisnis kita, apakah ada ngaruhnya ga Mas dari segi SEO dengan nama domain kita. Kalau saya lihat kan Mas Max domainnya http://www.maxmanroe.com sementera bisnisnya tentang cara bisnis online di internet.

    • Domain boleh saja menggunakan keywords sesuai dengan niche, dan bisa juga menggunakan nama brand. Tidak ada masalah, dan sepanjang pengalaman saya keywords on domain tidak terlalu besar dampaknya pada SEO, walaupun memang terasa lebih mudah optimasinya.

  51. tanda seperti ini ( – ) tidak bagus ya bos,baru tahu nih,makasih info nya,di tunggu artikel lainya.

  52. betul memang memilih nama domain yang berhubungan sengan isi blog sangnat berpengaruh besar, tapi apakah berati menggunakan domain nama sendiri tidak bisa sepopuler domain “kontain”??
    kalu iya tirik apa yang harus dilakkuan?
    karna saya menggunakan domain nama endiri.trimakasih pak

  53. Paket Wisata Murah Pangandaran

    Seo on domain memang bagus ya, tapi ko saya malah lebih suka membangun brand on domain, bagaimana ini ?? pilih yg mana..

  54. Singgih Ariyadi

    Dari dulu saya bingung, kenapa ya setiap pemilihan domain nggak boleh ada tanda minus?
    Tolong di jawab ya Master

      • Singgih Ariyadi

        Oh gitu ya. Baru tahu saya. Thanks infonya Master ;-)

  55. Jadi gak boleh asal asalan yah, saat memilih domain

  56. Apakah domain yg di gunakan di blog juga berpengaruh terhadap visitor suatu situs, mas?

  57. baju koko modern

    jadi google masih suka menggunakan kata kunci pada domain ya mas, domain yang mengadung kata kunci, kemudian konten yang berkualitas ditambah artikel yang benar, dampaknya sangat bagus di mata SERP Google.
    Tks Mas Max artikelnya sangat membantu

  58. Resep Masakan Indonesia

    menurut pemberitaan, domain yang mengandung kata how atau bagaima caranya udah gak bagus lagi ya mas ?

    • Katanya sih begitu, tapi saya tidak pernah menggunakan domain seperti itu.

      • Resep Masakan Indonesia

        jadi misalkan saya ingin menggunkannnya, apakah ada efek tertentu buat situs saya ?

  59. Thanks infonya menarik sekali sy sering mengikuti update materi Maxmanroe sbgai motivasi dlm membangun situs saya. Salam kenal

  60. Mas, berapa idealnya kita punya website untuk satu jenis usaha, apakah perlu membuat web sebanyak kata kunci yang populer untuk usaha kita, apa satu web saja cukup untuk satu jenis usaha kita?
    Terima kasih mas sebelumnya atas jawabannya semoga Mas selalu dalam keadaan sehat sehingga terus bisa berbagai ilmu untuk kami yang ingin sukses dibisini online.

    • Satu saja sebenarnya sudah cukup. Tapi bila ingin meningkatkan trafik atau penjualan dari berbagai sumber, bisa juga menambah website…beberapa internet marketer melakukan ini. Tapi saya pribadi lebih suka mengelola sedikit website.

  61. Pak mau tanya kalau web yg bagus untuk seo www. domain.com atau domain.com aja ?

  62. Domain dot id harganya masih kurang ramah untuk blogger Indonesia. Kalau pemerintah memang mendukung konten lokal seharusnya harganya ditekan menjadi lebih terjangkau. Kalau untuk toko online, pilih .com atau .co.id kalau yang lain mending jangan deh..

  63. Artikel mengenai tips memilih domain yang baik untuk situs yang dimiliki yang dipaparkan diatas sangat jelas dan lengkap, dan memberikan manfaat bagi para pembaca. Terimakasih sudah share artikel ini.

  64. Mas saya mau tanya, misalnya saya punya domain abcd.com dan abcd.id, sebaiknya domain mana yang sebaiknya saya gunakan? dan domain mana yang saya direct? atau tidak perlu di direct dan hanya fokus di satu domain? alasannya kenapa?

    Sebenarnya, bagaimana kinerja domain .id itu sendiri? dan apakah ada pengaruhnya dengan penggunaan google adsense?

    Mohon arahannya mas, terimakasih

    • Kalau saya sih lebih memilih abcd.com, yang .id di redirect ke .com. Domain .id kan menunjukkan domain lokal Indonesia. Pengaruhnya ke Google Adsense? Pertanyaan apa pula ini …. hehehe. Semua domain TLD ya sama saja mas :)

  65. keren. info yang sangat membantu.
    oya kenapa ya harus ada domain premium?

  66. Mas, di name cheap beli domain-nya harus pake paypal atau payooner ya.

  67. Vinyl Motif Kayu

    Betul apa yangdi utarakan dalam postingan ini, teman saya pernah kena peringatan oleh pihak Amazon saat menggunakan domain berbau nama gadget. akhirnya di hapus oleh yang bersangkutan.

  68. Mas… apa berpengaruh sangat ya “tempat dimana kita beli domain” dg pengunjung blog.
    Soalnya aku punya blog dan uda punga GA tapi visitor blog ku tu ngak banyak (dibawa standarlah) anehnya krn gugel menerima GA ku. Aku mulai browsing kemana-mana dapat itu dapat ini cara meningkatkan visitor, namun sampai hari ini masih gitu-gitu aja.
    Aku beli domain lokal soalnya apa itu berpengaruh?

    Mohon bantuannya mas… aku butuh penjelasan lanjut
    Terimakasih

  69. Grosir jersey grade ori murah

    Terima kasih untuk ilmunya. Pemilihan domain yang kudu dipertimbangkan terlebih dahulu agar lebih profesional dan mudah diingat sama orang yg pernah kunjungi web kita

  70. Semakin bertambah pengetahuanku setelah mmbaca artikelnya, Gan..
    dan terasa banget pengaruhnya menyesuaikan nama domain dgn usaha yg kita jalani. benar2 terbukti.
    Terima kasih bnyak ats info2 yg bermanfaatnya, Gan..
    Salam sukses…

  71. KOMUNITAS WIRAUSAHA

    Mas domain .org itu bagus gak diSERP google ?

  72. sementara ini mamah pake yang gratisan dulu aja xixixi
    trims atas info nya sob

  73. Wah domain ane pake tanda – .. Tapi kayanya gak ngaruh juga si ke seo.. Contohnya blog mas sugeng aja laris manis..

  74. Muhammad Nuhan Nahidl

    Sangat membantu sekali nih mas, tetapi saya belum terarik atau niat untuk ganti domain. Salah satu masalahnya adalah biaya yang tidak mendukung.

  75. Kemarin menemukan sesuatu yang baru mas max, menggunakan domain .id printondemand.id waktu di search di google.com menggunakan keyword tertentu tidak keluar di hasi search engine. tetapi di search lagi di google.co.id menggunakan keyword yang sama kyk di .com keluar di halaman pertama.

    Apakah itu artinya google mulai memetakan lokasi juga untuk hasil pencarian berdasarkan domain. Klo benar bagaimana nasib domain kita yang gak .com

    • Dari dulu Google sudah memetakan ekstensi domain lokal mas, .id biasanya lebih optimal di Google.co.id, tapi kurang bagus SERP nya untuk Google.com. Tenang saja, kalau memang sudah dioptimasi untuk market lokal kemungkinan besar akan bagus juga SERP nya di Google.com (untuk pengguna lokal)

  76. ga jadi, salah baca, ingat angka Indonesia,trnyata 2395 $ haha…

  77. Kalau beli domain yang statusnya dijual itu maksudnya gimana ya? sy sdh cek nama domain yg sy inginkan, tapi not available, nah sy iseng2 ketik di adressbar, masuknya ke hugedomains, dan statusnya sale cm 2,4$ apa gpp itu y kl sy beli? trims

  78. mantap tips mastaer, klw paypal ane dah ada $ , ane bakal terapin ni tips

  79. Pak, sebaiknya untuk nama domain berapa kata ya? Bolehkah sampai 4 kata atau lebih?

  80. gan ada gak domain yang gratis tanpa bayar,aku mau jualan kue kering lewat web nih sapa tau laku keras

    • Saran saya, kalau buat bisnis mendingan pakai domain berbayar mas Budi. Kan tidak mahal juga, cuma Rp 120.000an di registrar terkenal seperti Namecheap. Kalau mau lebih murah bisa beli di registrar lokal. Yang pasti, untuk bisnis gunakanlah domain berbayar agar kita bisa lebih memiliki kontrol pada domain tersebut.

  81. SEO penting, Tapi pemilihan nama domain juga sangat penting… tapi menurut saya yang paling penting adalah SEO.

  82. sangat menarik sekali infonya, saya juga menggunakan namecheap untuk membeli domain

  83. Sprtinya pemula sprti saya ga boleh gnti domain, selain ga ada modal juga blog ga rame

  84. masih bingung nambah nama web yg menjual…

  85. Thanks gan bisa jadi referensi yang baik ini

  86. Domain saya juga sulit dimengerti orang jika diucapkan… karena di belakang ada “z” nya

    • Menurut saya yang tidak kalah pentingnnya dengan SEO adalah pemilihan nama website yang sesuai dengan keyword yg kita target…

  87. Dah susah milih TLD sekarang,soalnya dah keburu ada yang beli

  88. aku udah beli domain gan, dan mantap pokoknya.

  89. sekarang pada susah mau nyari nama domain sesuai isi blog/web, soalnya sudah pada yang beli gan!

  90. Ahli PR Privat Profesional

    Menggunakan domain TLD dot com memang membuat orang bangga.

  91. aku juga kmarin bru beli domain gan, tapi visitor jd menurun.

  92. memilih domain tentu perlu ketelitian dan kewaspadaan, salah satunya adalah dengan mengikuti langkah-langkah dari artikel ini. Oya terima kasih atas tipsnya ya sob, salam kenal ya

  93. Manfaat bersama

    Artikelnya mantap gan.sebagai referensi ane kalau mau rubah domain

  94. Siti Bling Bling

    Efeknya terasa mas setelah saya memakai domain pakai (-) , asal deskripsi blog sama isi artikelnya nyambung dan berkualitas itu cukup bagus SEO nya :D

  95. saya sudah terlanjur menggunakan tanda – (minus) nih. kenapa bisa mempengaruhi kekuatan SEO pak? mohon penjelasannya.
    Klo udah terlanjur begini baiknya bagaimana?
    terima kasih

  96. lagi ngumpulin dollar dulu buat beli domain pak .hehe

  97. Sependapat dengan Admin,kemarin saya baru saja beli domain dengan hotsata[dot]com kepanjangan dari hotel dan tempat wisata,karena memang isinya tentang keduanya dilengkapi info bandara dan travel.

  98. Mase, menurut anda SEO in domain itu efek nya signifikan gak? terutama untuk jangka panjang. Misalnya sekarang mendekati piala dunia trus biki pialadunia14[dot]com. Apakah lebih baik domain pendek tapi lemah di SEO on doman apa domain panjang yang gampang SEO-nya.
    Thks.

  99. Ahmad Syaifudin

    wah susah juga ya, ada tutor untuk google keyword planner gak mas ??

  100. Herbal Pasutri Jakarta

    terima kasih ilmunya………………..

  101. Create infinite scroll in blog

    Masih bingung nih nyari kata yang unik untuk domain. Maklum baru pertama mau beli domain

  102. Terima kasih Pencerahannya..

  103. Om max, ada satu yang mau saya tanyakan. Lebih memilih mana nama domain yang singkat dan mudah diingat orang tapi kurang menggambarkan deskripsi blog kita seperti kata-kata aneh (seperti ‘weebo, bloube, goHow, dll [.com] ) daripada nama domain panjang dan relatif susah diingat seperti (carapintarku, trikmudahseo, softwaregratis [.com] ). Mohon dijawab mas. Ini penting buat saya – Terimakasih

    • Tergantung kebutuhan mas, yang pasti domain singkat juga harus punya makna dan gak asal-asalan. Kalau domain panjang yang mas maksudkan adalah keyword on domain, bisa digunakan untuk membantu dari sisi SEO nya. Kalau disuruh milih domain panjang atau pendek, saya lebih pilih domain yang pendek mas :)

  104. Service Komputer

    saya setuju dengan artikel diatas, kemudian mengenai penggunaan tanda – pada domain untuk website sebenar nya boleh saja dilakukan, akan tetapi anda juga harus melakukan optimasi pada keyword sesudah tanda – dalam domain tersebut. sangat disarankan apabila anda ingin menggunakan tanda – dalam nama domain, sebaiknya anda sudah menguasai dasar-dasar SEO, karna optimasi akan lebih sulit apabila dibandingkan dengan domain yang tanpa menggunakan tanda – dalam pemberian nama domain.

  105. Terima kasih…setelah membaca artikel ini…langsung saya bookmark…bisa jadi referensi saya untuk membuat blog…

  106. setuju mas gan,,,! :)
    tapi ane masih bingung nama domain yng kita inginkan sudah dipakai orang semua

  107. Terima kasih,sangat membantu saya yang lagi kelimpungan soal domain buat blog baru saya.

  108. Kira-kira nama domain yg bagus yg mana ya untuk web pribadi saya.?? jupronirasya.com / juproni-rasya.com ..Mohon tanggapannya -_-

  109. tiga suku kata masih memungkinkan, bukan? apalagi untuk bisnis yg cenderung nembak2 kata kunci :D

  110. Di Namecheap memang murah banget mas Marikxon tapi untuk pembelian pertama, tapi sayang untuk kupon kode perpanjangan ga ada, mas tau kah, perusahaan hosting yang menyediakan kupon perpanjangan.

    • Setahu saya Namecheap selalu ada program diskon, baik untuk domain baru atau perpanjangan domain. Cari kuponnya via Google mas, ada banyak kog.

  111. Terima kasih untuk infonya.
    Penting memang untuk memilih nama domain yang tepat dan baik untuk keperluan website kita..

    Salam kenal ya.

  112. gan kan ane udah beli domain ,udah ampir sebulan tp lupa beli whois guard nya,klo mw nambah whois guard ke domain itu gmna ya???

  113. Lengkap ulasannya, ditambah lagi harga domain sekarang makin murah aja tuh mas.

    • Bener mas, harga domain sekarang makin banyak yang murah dan banyak kupon diskon. Ini artinya pengguna internet makin lama makin banyak dan terus bertambah

  114. http://www.maxmanroe.com

    mantap bos.,. mampirjuga ke blog saya” bagi kalian pekerja yang ekstera sibuk kami menyediakan jasa domain buat kalian yang ingin berbisnis online.

    thank., buat infonya.,

  115. AnomTunggal Pertamana

    mantap bos.,. mampirjuga ke blog saya" bagi kalian pekerja yang ekstera sibuk kami menyediakan jasa domain buat kalian yang ingin berbisnis online.,., kunjungi web nya boss http://www.infojasaweb.com.,.

    thank., buat infonya.,

  116. Wah blog yang pursuingmydreams gimana dong? Atau mau bikin topik khusus ya? Nella kan suka bunga, mendingan bikin blog yang isinya tentang bunga semua, pasti keren tuh :)

Tinggalkan Balasan