Peran Situs Media Sosial Untuk Sebuah Blog

media sosial untuk blog Peran Situs Media Sosial Untuk Sebuah Blog

Menurut saya bloging adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan karena kita bisa menulis banyak hal yang menjadi ide, opini, memberikan ulasan, kritik, dan lain-lain, dengan cara kita sendiri. Melalui blog kita bisa dengan mudah mengekspresikan sebuah pandangan kepada orang lain, dan menjangkau orang lebih banyak karena tulisan kita bisa dibaca orang lain secara online. Bahasa yang digunakan dalam blog biasanya lebih santai dan lugas, tapi memang ada beberapa blog yang menulis kontennya dengan bahasa yang baku.

Biasanya blogger selalu menemukan teman-teman blogger lainnya dan terkoneksi secara online. Bahkan tidak jarang blogger yang berkenalan secara online akhirnya menjadi teman di dunia nyata. Blogging hampir sama dengan kegiatan di media sosial. Situs-situs media sosial banyak sekali digunakan untuk membangun jaringan sosial secara online, menambah teman baru, terhubung dengan teman-teman lama, dan lain-lain.

Selain dapat membantu Anda terhubung dengan keluarga dan teman-teman secara online, media sosial juga sangat membantu dalam berbagai bisnis yang dipasarkan secara online. Selain itu, media sosial juga sangat efektif dalam memperkenalkan atau mempromosikan konten dalam blog Anda agar dibaca oleh teman-teman Anda di dalam situs jejaring sosial.

Artikel terkait: 10 tips media sosial untuk bisnis

Mari kita lihat, apa saja peran situs-situs media sosial untuk blog Anda:

1. Membuat blog Anda lebih dikenal

Sebagai blogger baru, Anda pasti membutuhkan media untuk memperkenalkan blog yang Anda kelola kepada khalayak agar blog mendapatkan pengunjung. Ada banyak cara dan sumber untuk membuat blog baru Anda dikenal oleh orang lain. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, dan lain-lain. Para pengguna internet rata-rata pasti memiliki akun di media sosial, dan mengajak teman-teman Anda di media sosial untuk mengunjungi blog Anda adalah langkah awal yang baik untuk mendapatkan trafik dari situs-situs media sosial ini. Sebagian dari teman Anda itu kemungkinan besar akan mereferensikan konten blog Anda ke teman yang lain, dan begitu seterusnya. Inilah yang diharapkan oleh semua blogger, agar konten mereka dibaca oleh banyak orang.

2. Mempromosikan konten di dalam blog

Mungkin blog Anda sudah mulai dikenal orang lain, tapi tidak begitu dengan konten yang ada di dalamnya. Kita perlu mempromosikan setiap konten yang ada di dalam blog tersebut agar dibaca oleh banyak orang… kecuali kalau Anda tidak menginginkan konten Anda dibaca oleh orang lain. Kita bisa melakukannya dengan cara manual – posting ke media sosial – atau bisa juga dengan bantuan tools yang membantu memposting konten blog ke media sosial secara otomatis, misalnya; twitterfeed.com yang memungkinkan link konten blog Anda diposting secara otomatis ke media sosial seperti twitter, facebook, dan linkedIn. Mungkin cara ini tidak selalu berhasil, namun dengan melakukan upaya seperti ini, kemungkinan keberhasilan dalam mendapatkan trafik dari media sosial akan semakin besar.

3. Mengarahkan pembaca ke blog Anda

Sama dengan poin sebelumnya, media sosial sangat efektif untuk mengarahkan trafik ke blog. Tentunya kita sangat berharap akan mendapatkan trafik gratis dari search engine Google. Tapi ini tidak selalu seperti yang kita harapkan karena untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari Google, blog Anda harus memiliki SEO yang baik dan berada di halaman utama hasil pencarian Google. Pada saat website atau blog Anda tidak berada pada halaman utama pencarian Google, saat itulah media sosial akan sangat membantu dalam mengarahkan pengunjung ke blog Anda. Dengan memasang link website atau blog di akun media sosial akan memudahkan pengunjung untuk lebih mengenal blog Anda.

4. Meningkatkan ranking website/ blog di mesin pencari

Situs-situs media sosial seperti twitter, facebook, dan Google+, dapat memberikan links berkualitas pada situs Anda. Link dari situs media sosial ini akan sangat membantun untuk meningkatkan off page SEO blog Anda, dan tentunya akan membantu meningkatkan posisi ranking blog Anda di mesin pencari. Ranking yang baik di mesin pencari tentunya akan membuat blog Anda mendapatkan lebih banyak trafik dari mesin pencari, terutama Google.

Artikel terkait: Kesalahan dalam penggunaan twitter

5. Menjangkau followers atau fans yang sudah ada

Jika saat ini blog Anda sudah memiliki akun media sosial, tentunya akun media sosial tersebut sudah memiliki followers dan juga fans. Situs jejaring sosial dapat membantu Anda untuk menjangkau fans dan followers Anda, dan mengajak mereka untuk kembali mengunjungi blog Anda. Dengan situs jejaring sosial, Anda juga dapat terhubung dengan banyak orang yang mungkin akan menjadi fans atau followers dari blog yang Anda kelola. Dengan begitu, komunitas media sosial yang terhubung langsung dengan blog Anda akan semakin besar, dan tentunya ini akan menjadi trafik potensial bagi blog Anda.

Kita tidak dapat memungkiri bahwa situs jejaring sosial atau media sosial sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Ini karena situs media sosial telah menghubungkan kita dengan orang-orang penting dalam kehidupan kita, memberikan pengalaman baru, informasi baru, dan banyak peristiwa lainnya dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, bila Anda ingin menjadi seorang blogger yang sukses dan populer maka jangan mengabaikan situs media sosial, gunakanlah mereka dengan sebaik-baiknya. Terimakasih sudah membaca artikel saya icon smile Peran Situs Media Sosial Untuk Sebuah Blog


14 total comments on this postSubmit yours
  1. Menurut saya blog tak akan bisa lepas dari sebuah sosial media, karena lewat sosial media inilah blog bisa dikenal secara luas.

  2. makasih atas infonya yah mas,,

  3. memang benar situs media sosial memberikan dampak besar bagi sebuah blog atau website pak, saya sendiri sudah mengalami dan menyaksikan langsung bagaimana efek bombastisnya, tiba-tiba trafick saya langsung melejit, saya share artikel baru ke slah satu situs sosial, dan hanya beberapa hari saja artikel itu sudah dibaca oleh lebih dari 300 orang….
    jadi saya setuju sekali dengan ulasan dalam artikel ini…………………

  4. Untuk poin no.2 ada hal yang perlu dicermati. Penggunaan layanan twitterfeed khususnya untuk twitter ada baiknya dihindari, khususnya kalau blog para blogger cukup sering update kontennya.

    Sepertinya sekarang ada kebijakan baru di twitter yang semakin memperketat keamanan & kenyamanan twitter dari para spammer. Biasanya bagi user twitter yang sering ngetwit yang berisikan link di dalamnya memiliki resiko untuk kena suspend dari twitter karena dari twitter mendetek adanya link dalam twit dan twit tersebut diposting dari aplikasi layanan pihak ketiga (bukan dari twitter sendiri). Ini salah satu faktor yang menyebabkan akun ybs terkena automatic suspend.

    Memang cara mengembalikan akun yang terkena suspend cukup cepat, hanya butuh waktu sekitar 2 hari setelah mengontak twitter support team. Tapi mungkin hal ini akan sangat kurang mengenakkan terlebih bagi user twitter yang sudah cukup addicted terhadap jejaring sosial yang satu ini kalau harus absen 2 hari ngga ngetwit :D

    • Oh begitu ya mas, boleh share link informasi yang membahas tentang ini mas? Kita ga tau juga kan berapa jumlah link yang boleh dibagikan di twitter.

      Yang saya tau, tweeps yang disuspend itu adalah akun twitter yang sering memposting link dan juga memberikan mentions kepada banyak tweeps lain sehingga mengganggu. Orang yang dimention biasanya akan memblok atau melaporkan kegiatan spam orang tersebut.

      Thanks atas infonya :)

  5. Saya menggunakan media sosial Facebook dan Twitter. Selain itu saya berusaha untuk menerbitkan konten unik agar dapat merebut “perhatian” di jagat maya. :)

  6. Social media dengan Blog..yah nyepam artikel terbaru di social media biar nambah visitor xixixixi :)

    • Wah itu beda cerita mas. Beda lho antara membagikan atau merekomendasikan sebuah link dengan SPAM. Memang banyak pengguna media sosial yang melakukan SPAM pada pengguna lainnya, kita ga perlu mencontoh mereka lah hehehe.

      Saya pikir sangat wajar bila kita membagikan sebuah link dari blog kita atau blog orang lain ke media sosial kalau kita pikir itu sesuatu yang layak untuk dibagikan pada orang lain. Namun perlu diperhatikan caranya, agar tidak mengganggu orang lain.

      • Bener tuh, setuju dengan kang Manroe. Pake social media harus bijak, Spamming jelas melanggar etika.

  7. kalau buat toko online mungkin berguna menjaring dan menambah pelanggan ya

    • Betul banget kang, kita bisa punya komunitas sendiri dan menambah pelanggan kalau sudah terkenal di media sosial :)

  8. berguna untuk share postingan blog terbaru gan :)

  9. Terkadang saya malah menonaktifkan bbrp judul terposting ke media sosial, cukup rekan-rekan blogget yg tahu tulisan tsb ;).

    • Wah saya baru tau kalo ada blogger yg tidak ingin tulisannya dibaca lebih banyak orang hehehe.

2 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com