Youtube Red ~ Layanan Terbaru Video Berbayar dari YouTube dengan Berbagai Keunggulan

Image dari Gigaom.com

Image dari Gigaom.com

Dalam perjalanan sebuah bisnis atau perusahaan, #strategi pemasaran dan penjualan memang akan selalu berkembang. Apalagi jika sebuah unit usaha itu sudah memiliki brand atau merk dagang yang populer. Mereka akan sangat mungkin untuk membuat sebuah strategi marketing yang lebih menguntungkan dari sebelumnya.

Sebuah bukti tentang berkembangnya strategi pemasaran yang lebih menguntungkan pada unit usaha yang telah populer ini bisa Anda saksikan saat ini pada #YouTube. Mendengar kata YouTube setiap orang pasti tidak akan merasa asing. Jejaring sosial yang telah dibeli oleh Google ini memang sudah sangat terkenal sebagai platform konten videonya.

Karena sudah populer, maka pihak YouTube pun seakan sudah sangat percaya diri untuk meluncurkan program berbayar yang awalnya muncul sebagai isu semata. Ya, akhirnya kabar tentang layanan berbayar dari jejaring sosial YouTube ini menjadi kenyataan.

Artikel lain: Mengenal Youtube Ads, Cara Baru Berpromosi Online Untuk Menggapai Pelanggan Anda

Setelah beberapa hari kemarin berhembus berita terkait layanan berbayar ini, maka dalam sebuah acara di Los Angeles, pada hari Kamis (22/10/2015) lalu YouTube resmi meluncurkan layanan berbayar bernama YouTube Red. Seperti apakah layanan YouTube Red ini sendiri? Berikut ulasannya.




Sekilas Tentang Layanan YouTube Red

Saat Anda memutuskan untuk berlangganan layanan berbayar dengan biaya 10 dollar AS atau sekitar Rp 140.000 ini maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Keuntungan pertama adalah pastinya Anda akan terbebas dari iklan alias tidak akan melihat konten iklan lagi selama dalam masa berlangganan.

Selain kemampuan tersebut, dengan berlangganan YouTube Red Anda juga akan bisa mengunduh video untuk diputar secara offline serta memainkan video sambil membuka #aplikasi lain di perangkat mobile (background system). Dan keuntungan lain adalah Anda akan mendapatkan akses lebih banyak ke YouTube Music seperti dapat memilih jumlah dan kualitas lagu yang ingin disimpan.

Selain beberapa keuntungan di atas, pelanggan YouTube Red akan mendapatkan sebuah akses untuk menonton video yang hanya ditujukan bagi anggota layanan ini. Hingga saat ini, pihak YouTube memang telah mengumumkan 10 jenis acara yang akan “diputar” di Red, termasuk video buatan YouTuber terkenal PewDiePie dan College Humor. Konten video eksklusif untuk Red ini pun beragam. Dari acara reality, drama romantis hingga dokumenter.

Latar Belakang Tujuan Peluncuran YouTube Red

Menilik lebih jauh sejarah ke belakang, seperti yang dilansir oleh Media Re/Code, #media sosial YouTube memang telah membiayai beberapa pembuat konten terkenalnya untuk membuat video. Dari sini maka peluncuran YouTube Red akan menjadi sebuah bonus bagi si pelanggan YouTube berbayar dari para pembuat konten ternama tersebut.

Artinya, konten dari kreator ternama tadi nantinya tidak akan tersedia di YouTube gratis dan hanya bisa dinikmati bagi yang sudah membayar biaya langganan. Pada awalnya, YouTube memang tidak memberitahukan bahwa konten tersebut akan hadir sebagai bonus dari layanan berlangganan.




Namun beberapa hari dari analisa di atas, sumber dari dalam industri menyebutkan bahwa pihak YouTube ternyata memiliki niat tertentu untuk menghadirkan video tersebut sebagai keuntungan tambahan.

Lebih lanjut langkah YouTube untuk menghadirkan layanan berbayar ini memang harus dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mulai mendapatkan uang riil dari layanan video. Sebab, meskipun berhasil memiliki pendapatan US$ 4 miliar atau sekitar Rp 54 triliun di 2014, namun faktanya YouTube tidak menjadi salah penyumbang keuntungan bagi Google.

Baca juga: Mengintip 5 Fitur YouTube yang Tak Banyak Diketahui, Cobalah!

Bukanlah Layanan Berbayar yang Pertama

Layanan YouTube Red berbayar ini sendiri baru benar-benar diluncurkan untuk umum pada 28 Oktober 2015, itu pun ternyata untuk wilayah Amerika Serikat saja. Pihak YouTube sendiri belum memberikan kepastian kapan layanan ini dapat dinikmati oleh pengguna YouTube di Asia dan Eropa. Untuk menarik banyak konsumen, pihak YouTube sengaja membuat bekerja sama dengan PewDiePie, YouTuber terkaya saat ini dan produser serial The Walking Dead memproduksi sebuah serial horor.

Menilik lebih jauh ternyata usaha YouTube untuk menghadirkan konten berbayar bukanlah kali pertama dilakukan. Sebelumnya pada tahun 2011, YouTube bekerja sama dengan musisi termasuk untuk Jay-Z untuk membuat konten yang ditampilkan di YouTube. Namun, langkah tersebut dianggap gagal sebelum sempat berkembang lebih luas.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud