Mengenal Youtube Ads, Cara Baru Berpromosi Online Untuk Menggapai Pelanggan Anda

Mengenal Youtube Ads, Cara Baru Berpromosi Online Untuk Menggapai Pelanggan Anda

Image dari Internetmarketingteam.co.uk
Image dari Internetmarketingteam.co.uk

Cara melakukan #promosi produk saat ini menawarkan banyak pilihan bagi para pebisnis. Hadirnya jaringan internet menjadikan sarana promosi dan beriklan menjadi semakin beragam atau variatif. Jika dulu kita hanya bisa menjalankan sarana konvensional dengan sistem offline seperti word of mouth, media banner, cetak dan elektronik. Sekarang Anda memiliki peluang pemasaran yang tak kalah potensialnya untuk menjaring konsumen dengan media online.

Pada #media online ini sendiri saya mencatat ada banyak pilihan lagi yang bisa Anda akan gunakan untuk kegiatan promosi produk Anda. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa memilih satu dari banyak pilihan tersebut.

Youtube Ads merupakan salah satu pilihan sarana berpromosi dari media online untuk produk Anda. Sebagai jejaring sosial dengan basis konten video yang sudah populer, #YouTube tentu akan menawarkan banyak hal kepada para pebisnis.

Artikel lain: Dinamika Youtube ~ Jaman Bioskop Jadul Hingga Era Streaming Online

Dengan total kunjungan unik ke YouTube yang mencapai 1 milyar setiap bulannya, maka tak salah jika iklan di YouTube sangat berpotensi besar untuk menjaring konsumen. Lalu seperti apakah poin penting yang bisa diambil dari YouTube Ads serta bagaimana teknik cara membuatnya sukses? Berikut ulasannya.

Lima Poin Penting Mengapa Youtube Ads Begitu Potensial

Selain penggunaan YouTube yang makin populer, ada beberapa hal dan pertimbangan lain yang membuat pebisnis harus mulai melirik dan segera memasang iklan di YouTube yaitu:

  • YouTube merupakan salah satu #media sosial terbesar dan terus bertumbuh untuk menghubungkan orang di seluruh dunia hingga saat ini. Menurut data statistik terbitan ComScore mencatat bahwa lebih dari 1,2 miliar video online ditonton dan tidak kurang dari 6 miliar jam dihabiskan oleh penggunanya untuk menonoton YouTube pada setiap bulannya.
  • Youtube bukan hanya berfungsi sebagai jejaring sosial. Saat ini YouTube juga telah tercatat sebagai mesin pencari nomor 2 setelah #Google. Menurut sebuah analisa, penggunaan YouTube sebagai mesin pencari dilandasi atas kemampuan video yang mudah untuk dicerna daripada teks. Gambar visual akan diproses 1000 kali lebih cepat dari teks.
  • Dengan menggunakan YouTube Ads, Anda tak perlu mengelurkan biaya yang besar layaknya beriklan di Google. Anda hanya perlu membayar beberapa cent per view. Anda malah dibebaskan biaya sampai audiens melihat video Anda selama 30 detik, atau menyelesaikannya jika Anda menggunakan in-stream (pre-roll) advertisement.
  • Jika sebuah media sudah menjadi tujuan banyak marketer untuk memasang iklan, maka umumnya hal ini akan menyebabkan pasar menjadi jenuh. Youtube sebagai media iklan yang tergolong baru dan belum banyak diendus oleh marketer tentu menjadikan media ini sangat segar dan sangat potensial menarik banyak konsumen.
  • YouTube bisa mengantarkan Anda pada target konsumen yang akurat dan tepat. Mengapa demikian? Ini karena iklan di YouTube bisa ditemukan lewat mesin pencarian atau pula manajemen atau pengaturan iklan yang disesuaikan dengan konten video. Dengan hal ini, Anda akan dapat menjaring konsumen lebih banyak dengan biaya yang jauh lebih hemat.

Bagaimana Cara membuat Iklan YouTube yang Baik?

Sama seperti semua layanan online advertising, beriklan di Youtube tentunya juga membutuhkan optimasi tertentu agar tujuan yang diharapkan bisa dicapai dengan baik. Namun khusus untuk Youtube, langkah yang harus dilakukan tentu tidak jauh dari masalah teknik dan pembuataan konten audio visual yang kreatif dan menarik.

Baca juga: Tehnik Simpel ini Akan Membuat Iklan Youtube Jadi Makin Efektif

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat video Youtube yang baik.

  • Buat #video seringkas dan sejelas mungkin. Di YouTube Anda hanya mempunyai waktu beberapa detik saja untuk menangkap perhatian audiens. Jangan buang waktu untuk menampilkan hal-hal yang tidak penting. Tampilan atau pandangan video pertama adalah hal yang terpenting untuk Anda eksplore lebih baik. Karena pada tampilan pertama inilah biasanya audiens menetapkan keputusannya untuk tetap menyaksikan iklan atau melakukan skip (melewatinya).
  • Jangan lupakan Call to action di akhir video. Dengan menempatkan materi call to action seperti “beli sekarang”, “daftar di sini”, “dapatkan sekarang juga” di akhir video, Audiens akan lebih dimudahkan untuk melakukan pembelian.
  • Manfaatkan fitur call-to-action overlay. YouTube memiliki fitur call-to-action overlay yang berwujud banner kecil yang berada diatas iklan Anda. Manfaatkan fitur ini guna juga untuk meningkatkan pembelian dari konsumen.
  • Dengan fitur grup targeting pada YouTube, Anda akan mampu membuat target market yang lebih terstruktur dan terarah. Dari sini maka Anda tidak perlu membuang-buang banyak budget  demi penayangan pada target yang tidak sesuai.

Tertarik untuk beriklan di Youtube? pelajari terlebih dahulu tentang tips dan triknya serta jangan lupa pastikan Anda mengikuti panduan pengguna yang telah ditetapkan oleh Youtube agar iklan bisnis Anda memberikan hasil lebih maksimal.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan