Mengintip 5 Fitur YouTube yang Tak Banyak Diketahui, Cobalah!

Image dari Awakenacappellamusic.com

Image dari Awakenacappellamusic.com

Sebagai #media sosial yang berbasis video terbesar di dunia, YouTube kini telah menjadi banyak pilihan netizen untuk berbagai keperluan. Dari sekedar sharing, eksis hingga keperluan branding dan promosi bisnis semuanya sangat bisa dilakukan secara efektif dengan YouTube.

Sudah banyak orang yang mencapai kesuksesan dengan YouTube. Dengan menerapkan dan memaksimalkan beberapa fitur  YouTube yang ada maka mereka bisa membuat apa yang mereka kehendaki tercapai. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum tau adanya beberapa fitur rahasia yang ada di YouTube. Padahal jika mereka tahu tentang adanya fitur Youtube ini, mereka bisa saja akan lebih mudah dan lebih efektif dalam memperbesar peluangnya untuk mencapai ketenaran atau menarik konsumen dalam usaha promosi bisnis.

Lalu apa saja sebenarnya fitur yang tersembunyi dan menjadi rahasia dari media sosial #YouTube yang bisa sangat berguna untuk keperluan Anda ini? Berikut ulasannya.

1. Fitur Youtube Nonaktifkan Video Anotasi

Fitur Youtube rahasia yang pertama adalah fitur nonaktif #video anotasi. Anotasi sendiri adalah kotak yang dapat diklik dan berada di atas tampilan video  yang berfungsi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dengan menampilkan informasi atau link yang berhubungan dengan video tambahan. Video anotasi memang sangat berguna untuk pengunggah video, tetapi seringkali sangat menjengkelkan bagi para pengunjung YouTube.

Jika Anda adalah salah satu orang yang juga sangat jengkel dengan adanya video anotasi ini Anda bisa menonaktifkan anotasi di semua video YouTube melalui menu pengaturan. Caranya adalah Anda tinggal melakukan klik pada gambar profil Anda, lalu mengklik lagi ikon roda gigi (Pengaturan YouTube).




Artikel lain: Mengenal Youtube Ads, Cara Baru Berpromosi Online Untuk Menggapai Pelanggan Anda

Dalam menu pengaturan, pada sidebar kiri Anda tinggal pilih `Playback` dan hapus centang pada `Annotations and Interactivity`. Setelah semua hal Anda lakukan maka video anotasi pada akun Anda telah dinonaktifkan.

2. Percepat Buffering

Proses buffering memang seringkali membuat kita jengkel karena harus membuat kita menunggu lama untuk melihat video. Padahal YouTube sebenarnya hanya melakukan proses buffering selama 30 detik dari total durasi video saat video dihentikan sementara.

Namun kondisi koneksi Internet yang lembat dari provider dan jaringan yang kita miliki akan membuat suatu video pasti menyebabkan lag dan proses buffering menjadi sangat lama. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mempercepat proses buffer ini sebelum Anda dapat memutarnya.

Caranya adalah dengan menggunakan tool SmartVideo. Tool tambahan ini sendiri bisa Anda dapatkan dengan cara menginstal-nya sebagai Add-on di #browser Firefox dan Chrome. Setelah Anda menginstal SmartVideo dan membuka video YouTube yang Anda akan tonton, Anda akan melihat opsi tambahan di bagian bawah video. Dalam opsi itu klik saja `Preferences Global` dan centang opsi `Smart Buffer` agar proses buffering ini bisa berjalan cepat.




3. Nonaktifkan Autoplay

Hal berikutnya yang sering mengganggu dan membuat jengkel saat menonton YouTube adalah adanya fitur Youtube autoplay yang akan memutar video secara langsung dan otomatis sesaat setelah Anda mengklik video yang akan Anda tonton. Bagi beberapa orang memang fitur autoplay ini sangat menganggu.

Untuk menghilangkan gangguan ini maka Anda harus menonaktifkan fitur autoplay ini video di YouTube. Caranya Anda dapat menggunakan `YouTube Control Center Add-on` di Firefox atau `Stop Autoplay` di Chrome. Dengan langkah ini Anda akan disediakan beberapa pilihan untuk mengontrol video.

4. Menonton Video Slow-Motion

Berikutnya, fitur Yotube yang belum banyak diketahui adalah menonton video dengan slow motion (gerak lambat). Umumnya orang memang akan menonton video di YouTube dengan gerak biasa,

Namun bagi Anda yang ingin melihat proses detail dari sebuah video Anda bisa melihat video yang ada di YouTube dengan gerak lambat (slow motion). Caranya YouTube yang sebenarnya memiliki HTML5 Player, harus Anda download dan install terlebih dahulu untuk nantinya bisa memuat video dengan gerak lambat.

Baca juga: Ingin Terkenal di YouTube? Coba Jalankan 4 Tips Berikut Ini

5. Download Subtitle 

Terakhir, fitur rahasia dan tersembunyi dari YouTube adalah download subtitle. Seringkali video yang kita lihat memang berbahasa asing yang kurang atau tidak bisa kita mengerti. Namum dengan adanya fitur download subtitle, Anda akan bisa memahami dialog yang ada pada video.

Caranya adalah dengan menggunakan KeepSub untuk memasukkan sub judul dalam video. Sebelumnya Anda memang diharuskan menyalin url video di form, lalu dengan menekan tombol, KeepSub akan mengambil dan mendownload subtitle yang dipilih. Selain mendownload subtitle, KeepSub juga menawarkan sub judul yang diterjemahkan menggunakan Google Translate.



9 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya baru tau klo fitu nomor 1 & 2 soalnya belum pernah make fitur ini sebelumnya. Tp klo fitur setelahnya sudah pernah nyobain. Thanks mas sharing nya fitur2 yg jarang diketaui orang.

  2. yes !
    fitur autoplay memang menjengkelkan.

    thanks mas marikxon.

    saya jadi tau cara menonaktifkannya :D

  3. saya setuju sama yang di atas aja . .kalo ada fitur mobile nya akan datang lagi .

  4. terima kasih informasinya mas marikxon :) keren theme premiumnya dan artikel di website itu juga bgus2, beberapa sudah saya coba di website saya masalah SEO alkhamdulillah dlm kurang bulan udh bisa page 2 google dengan kata kunci laptop bekas :D

  5. Ternyata ada fitur slow motion di youtube

  6. cuma 5 saja mas?

  7. mas template website maxmanroe.com bagus,simple :3 kalau boleh tau di mana saya bisa mendapatkannya mas :3

    • Ini theme lama, namanya Unspoken Theme. Sepertinya sudah tidak dijual lagi sama developernya, biar lebih yakin coba Googling mas

  8. mas dari 5 fitur tersebut sudah hadir untuk versi mobile belum ya ? btw saya gak pake official apps youtube soalnya, jadi gak bisa update deh.

    btw kalo memang ada, artikel yang mas buat ini bisa jadi refrensi artikel saya selanjutnya :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud