Youtube Perkenalkan Fitur End Screens Untuk Tingkatkan Views Video

end-screens

Image dari Andrewmacarthy.com

Menjelang akhir tahun 2016, banyak sekali platform layanan online yang semakin berbenah agar tidak ketinggalan dalam persaingan di tahun mendatang. Demikian juga dengan platform berbagi video #YouTube, media sosial yang satu ini juga mengeluarkan beberapa pembaruan dalam bentuk fitur bagi para kreator video.

Yang terbaru adalah, sebuah fitur yang diberi nama End Screens. Fitur End Screens ini secara umum akan berbentuk sebuah tampilan thumbnail kecil yang muncul di akhir sebuah video. Dan mengenai tujuan pembuatan fitur ini, yakni untuk semakin meningkatkan ketertarikan penonton untuk terus menyaksikan video-video yang ada di YouTube.

Seperti apa keterangan lengkap dari fitur End Screens ini? Berikut ulasannya.

Langkah Youtube Pacu Views Video

Beberapa hari yang lalu, secara resmi pengembang situs berbagi video YouTube merilis sebuah fitur baru yang diperuntukkan para video creator. Fitur baru yang diberi nama End Screens ini, dibuat secara khusus agar nantinya penonton dari YouTube yang menggunakan perangkat mobile dapat diarahkan untuk terus melihat video lainnya.

Disampaikan bahwa, saat ini YouTube memang masih memegang posisi sebagai platform online paling populer untuk urusan video. Namun ini tentu tidak membuat YouTube merenggangkan upaya untuk terus mengembangkan layanannya.




Artikel lain:

Dan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh pengembang YouTube menjelang akhir tahun 2016 ini adalah, tentang penggunaan aplikasi mobile YouTube baik yang menggunakan sistem operasi #Android maupun iOS. Diketahui bahwa, hingga tahun 2016 peningkatan pesat terjadi dari penggunaan aplikasi mobile dibanding platform situs onlinenya.

Inilah kemudian yang membuat YouTube semakin gencar untuk memberikan fitur dan juga kemudahan bagi para penonton mobile tersebut. Salah satunya yakni, dengan lahirnya fitur End Screens.

Sistem Fitur End Screens

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fitur End Screens ini secara umum merupakan tampilan tambahan berbentuk thumbnail kecil yang akan muncul pada akhir sebuah video yang telah ditonton. Mengenai, fungsi lanjutan dari thumbnail ini, para kreator video bisa menempatkan beberapa fungsi seperti melihat video lain dari channel tersebut, melakukan subscribe, mengunjungi channel lain yang disarankan serta beberapa fungsi lain.

Ketika nantinya pengguna melakukan tab pada fitur ini, maka akan terbuka sebuah tampilan baru yang berisi beberapa informasi yang telah di setting oleh kreator video sebelumnya. Sebagai tambahan, ketika fitur End Screens ini muncul akan nampak pula beberapa detil menarik seperti card teasers, featured content serta branding watermarks.




Pada awalnya fitur End Screens sudah diujicobakan pada beberapa kreator video terpilih yang mendapatkan pengumuman khusus. Namun setelah dirasa memenuhi ekspektasi, akhirnya fitur ini dibuka secara umum dan dapat digunakan oleh setiap creator video YouTube.

Bentuk Lain Dari Anotasi

Sebelumnya rekan-rekan tentu sudah tahu bahwa, YouTube mempunyai fitur yang diberi nama anotasi. Fitur yang tersedia untuk layanan berbasis web ini, mempunyai fungsi layaknya panel khusus yang akan mengarahkan penonton ke beberapa fungsi lain. Dengan panel ini, umumnya video creator mengarahkan para penonton menuju video lain atau untuk melakukan subscribe channel merdeka.

Selain itu, ada juga fitur Cards yang secara umum mempunyai fungsi serupa dengan anotasi. Namun fitur yang satu ini hanya akan muncul di akhir video dan menunjukkan jajaran rekomendasi video-video lain yang bisa ditonton oleh pengguna.

Yang menarik adalah, ada kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan penggunaan anotasi akan semakin jarang dilakukan oleh kreator video. Pasalnya dengan adanya fitur End Screens, dirasa akan lebih menghemat waktu karena pembuatannya yang lebih cepat dan simple. Terlebih fitur ini sudah bisa dijalankan tidak hanya melalui layanan berbasis mobile namun juga untuk layanan berbasis web.

Baca juga: Youtube Gaming Update Fitur Anyar Demi Kejar Para Pesaing

Khusus untuk para video creator, disediakan pula analytics khusus terkait dengan fitur End Screens ini. Nantinya para kreator bisa memantau efektivitas dari penggunaan fitur End Screens yang nantinya tentu bermanfaat untuk pengembangan channel mereka.

Di lain pihak, #Google sebagai induk perusahaan YouTube menyatakan bahwa saat ini sasaran utama target market pengguna aplikasi YouTube adalah generasi millennial yang nyatanya sangat gemar menonton YouTube dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu dengan adanya peningkatan layanan dari sisi kualitas maupun kuantitas, ditambah lagi dengan fitur baru semacam End Screens, dirasakan semakin meningkatkan keterkaitan serta user retention layanan YouTube ke depannya.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Mau pindah ke youtube, tapi bingung mau buat video apa, aplikasi edit videonya apa, dan juga sangat dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang tinggi -_-

    • kalo aplikasi edit videonya bisa pake adobe after effect atau adobe premiere

  2. Semakin keren dengan fitur-fitur terbaru,dan tentunya akan semakin di minati oleh para pengguna dan juga penggemar video-video youtube. I like this…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud