Youtube Gaming Update Fitur Anyar Demi Kejar Para Pesaing

youtube gaming

Image dari tgn.tv

Bagi rekan-rekan yang hobi bermain game mungkin pernah atau bahkan kerap mengunjungi situs berbagi video Youtube untuk melihat rekaman atau footage permaianan gamer lain. Dengan sajian beragam jenis game serta hasil kontribusi dari jutaan gamer di seluruh dunia, tema video #game tentu menjadi salah satu yang paling banyak dicari di Youtube.

Oleh karena itu tidak mengejutkan jika lantas Youtube memfasilitasi peluang tersebut dengan membuat layanan khusus bernama Youtube Gaming. Pada dasarnya Youtube Gaming bukanlah layanan yang benar-benar terpisah dengan layanan video streaming umum lainnya yang ada di Youtube. Namun sejalan dengan namanya, layanan ini memberikan beberapa fitur tambahan bagi para gamer baik yang berperan sebagai pembuat konten #video maupun para penonton.

Nah, sebagai informasi konsep seperti #Youtube Gaming sebenarnya telah lebih dulu diadopsi oleh beberapa layanan lain, salah satunya yang paling populer yakni Twitch. Namun sebagai basis perusahaan dengan nama besar, tentu bukan hal yang terlampau sulit bagi Youtune untuk mulai menabuh genderang persaingan dengan perusahaan lain.

Artikel lain: Penghasilan Menurun, Artis Youtube Protes Fitur Youtube Red

Sebagai pembuktian bahwa Youtube Gaming siap bersaing dengan layanan Twitch, belum lama ini pihak developer Youtube merilis beberapa fitur tambahan yang pastinya bakal lebih memanjakan para pengguna. Ingin tahu lebih lengkap informasinya? Berikut ulasan tentang fitur terbaru Youtube Gaming.




Hadirkan Fitur Mobile Capture

Tim pengembang Youtube Gaming nampaknya tidak ingin kalah saing dengan layanan lain yang sudah lama eksis. Dan menghadapi persaingan tersebut, mereka yakin bahwa kemampuan melahirkan fitur yang inovatif bisa menjadi kekuatan besar untuk memenangkan persaingan. Dari sini akhirnya fitur Mobile Capture lahir.

Pada dasarnya, alasan utama dihadirkannya fitur ini adalah karena makin meningkatnya popularitas game mobile. Bahkan beberapa pengamat menyatakan bahwa perkembangan industri game di kemudian hari bukan tikak mungkin akan dikuasai game mobile yang mampu menyisihkan jenis game lain seperti game PC atau game konsol.

Secara sederhana dengan adanya fitur ini para kreator konten bisa membuat video gameplaynya saat memainkan game mobile dengan sangat mudah. Semua proses recording baik footage game, screen view pemain serta audio, cukup dilakukan dengan perangkat #smartphone kita. Hal ini tentu menjadi langkah besar, karena bagi para gamer pembuat video, tidak diperlukannya alat lain untuk membuat video tentu akan terasa lebih mudah dan praktis.

Meskipun terdengar praktis, namun dari sisi output nantinya hasil video gameplay tersebut tetap sangat enak untuk dinikmati. Fitur ini sendiri sudah dirilis perdana pada gelaran Tokyo Game Show beberapa waktu yang lalu. Dan untuk perangkat smartphone yang bisa digunakan, saat ini masih hanya berlaku untuk Youtube Gaming di perangkat #Android.

Youtube Gaming Terapkan Fitur Sponsorship

Seperti kita tahu bahwa sudah lama fitur sponsorship ada dalam layanan Youtube. Namun khusus untuk Youtube Gaming, fitur yang satu ini baru saja diterapkan dan belum berjalan secara umum. Pihak Youtube Gaming baru mengaktifkan fitur ini untuk beberapa channel populer saja.




Dari sisi fungsi, tentu dengan adanya fitur ini para pembuat video akan semakin bersemangat. Pasalnya bagi akun yang sudah populer, pendapatan yang bisa dikantongi terbilang fantastis, seperti contohnya Pew Die Pie, yang mampu dapatkan ratusan ribu dollar dari aktivitas youtuber-nya.

Baca juga: Mengintip 5 Fitur YouTube yang Tak Banyak Diketahui, Cobalah!

Bagi para gamer penikmat video gameplay yang ada di Youtube, bisa menjadi pihak sponsor dari sebuah channel dengan biaya $4 per bulan. Dengan menjadi sponsor, kita akan diberi fasilitas khusus seperti badge sponsor serta chat room eksklusif yang akan segera dirilis. Selain itu, masih ada fitur lain yakni opsi Watch Later dan peningkatan performa yang tentunya lebih memudahkan bagi para pemirsa Youtube.

Untuk saat ini Youtube Gaming memang masih belum tersedia untuk seluruh wilayah di dunia. Tercatat baru Amerika dan Inggris yang bisa menikmati layanan video streaming khusus game tersebut. Namun yang pasti pengembangan Youtube Gaming menawarkan kesempatan baru yang  lebih luas untuk berkarya di bidang indsutri game. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud