Custom Blurring ~ Fitur Baru YouTube Yang Mampu Nge-blur Objek Bergerak

Custom Blurring youtube

Image dari Techtimes.com

Siapa yang tidak kenal Youtube, tentu semua sudah mengetahui keberadaan situs berbagi video tersebut. Terlebih lagi para pelaku bisnis yang fokus untuk menghasilkan uang dari internet , tentu akrab sekali dengan #Youtube.

Belum lagi para Youtuber, baik kalangan artis maupun kalangan perorangan yang menjadi artis karena terkenal di kanal Youtube nya. Nah, jika Anda termasuk orang yang aktif mengunggah video ke Youtube, maka berbahagialah karena Youtube baru saja mengeluarkan fitur terbaru mereka.

Fitur terbaru Youtube ini berhubungan dengan blurring konten-konten yang mungkin mengandung informasi atau sesuatu yang sensitif. Mengenai kelengkapan alat editing video, di Youtube sendiri sebenarnya sudah hadir sejak lama, seperti fungsi memotong, menambahkan musik atau juga mencampurkan beberapa #video untuk kemudian menjadi sebuah klip video baru. Namun untuk fitur yang bisa menambahkan efek blur ini baru dirilis tepatnya pada kemarin tanggal 25 Februari.

Fitur Baru Diharapkan Bisa Membantu Menutup Informasi Sensitif

Dalam rilis resminya Youtube menyebutkan bahwa dengan adanya fitur baru ini diharapkan bisa membantu pengguna untuk menutupi informasi-informasi yang sensitif atau kurang layak dilihat oleh penonton. Seperti halnya menutup identitas seseorang dalam video, atau pemandangan yang mungkin kurang pas, bisa dilakukan dengan menggunakan fitur ini tanpa harus merekam kembali di tempat yang sama.

Sebenarnya fitur blurring ini bukanlah hal yang baru bagi Youtube, karena pada tahun 2012 Youtube pernah membuat fitur blurring. Namun saat itu fitur blurring hanya bisa dibuat untuk objek yang berupa wajah manusia. Fitur tersebut dibuat oleh Youtube dalam rangka memberikan perlindungan pada privasi seseorang yang mungkin tidak sengaja terekam dalam video.

Artikel lain:

Kemudian seiring berkembangnya waktu dan teknologi, Youtube mendapatkan banyak masukan bahwa mereka juga perlu untuk membuat fitur yang sama pada objek-objek privasi tertentu seperti plat kendaraan bermotor, alamat rumah atau bahkan nomor pribadi yang mungkin terekam secara tidak sengaja.

Kelebihan Fitur Baru Youtube

Kelebihan utama pada fitur ini adalah kemampuan dalam menutup objek bergerak yang berhasil dikembangkan Youtube. Cara menggunakannya pun juga tidak sulit, Anda cukup membuat kotak di sekitar objek yang ingin di tutup, lalu tool akan menyelesaikannya.

Selain mampu menutup objek bergerak, efek blur ini juga bisa diterapkan pada lebih dari satu objek, Anda bisa melakukan hal yang sama pada objek lain di dalam video. Namun sayangnya saat ini efek tersebut tidak bisa digunakan pada video yang berdurasi lebih dari dua jam atau pada video yang mendapat lebih dari 100.000 kunjungan.

Fitur ini juga memungkinkan bagi Anda untuk memindahkan area blur, mengubah ukuran atau memilih kapan blur harus muncul atau menghilang. Tool ini juga memiliki pilihan “lock” yang bisa diterapkan pada objek yang tidak bergerak.




Selain itu, Youtube juga memberikan pilihan penyimpanan kepada penggunanya, apakah ingin menyimpan sebagai bagian dari video yang sama atau membuat salinan yang baru. Untuk saat ini, fitur Custom Blurring ini masih tersedia di Youtube versi dekstop saja.

Cara Menggunakan Fitur Custom Blurring

Untuk bisa menggunakan fitur Custom Bluring, Anda harus masuk dulu pada halaman video manager pada akun Youtube Anda. Setelah masuk di halaman tersebut, kemudian pilih Edit Enhancements, kemudian dilanjutkan pada tab Blurring Effect. Setelah sampai pada tab Blurring Effect, pilih Custom Blurring kemudian Edit.

Baca juga:

Untuk memilih objek yang akan diblur, cukup bentuk area dengan bentuk kotak yang mengelilingi objek tersebut. Secara default, efek blur yang sudah Anda buat akan secara otomatis mengikuti objek yang sudah ditentukan tersebut. Namun jika Anda ingin memberikan efek blur tetap diam pada satu titik, Anda bisa memberikan tanda lock pada timeline yang berada pada bagian bawah layar.

Semoga saja fitur baru yang dirilis Youtube tersebut tidak dipergunakan secara berlebihan pada video yang diunggah sehingga tidak mengganggu penikmat video yang ada di Youtube. Karena terlalu banyak blur juga sangat tidak nyaman bagi pemirsa dan penonton.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud