Penghasilan Menurun, Artis Youtube Protes Fitur Youtube Red

Image dari Gizmodo.com

Image dari Gizmodo.com

Bisnis dengan menggunakan media internet saat ini seperti menjadi sebuah trend di berbagai kalangan. Baik tua maupun muda berlomba-lomba untuk mendapatkan uang secara online dengan memanfaatkan koneksi internet. Banyak sekali yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang di duia maya dengan menjalankan bisnis online. Cara yang umum digunakan biasanya adalah dengan membuat blog, bisnis online dengan program afiliasi, mengunggah video kreatif di #Youtube, dan masih banyak cara yang lain.

Beragam cara mendapatkan uang secara online tersebut menawarkan penghasilan yang sangat besar. Seperti halnya mengunggah video di Youtube, tidak main-main, pendapatan yang bisa dihasilkan dari aktifitas tersebut bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Bahkan sekarang bermunculan artis-artis Youtube yang sangat populer dan tentu saja dengan penghasilan yang besar. Nah, terkait dengan mengais dollar dari Youtube ini, saat ini banyak protes dilancarkan oleh para kreator video dan artis Youtube gara-gara fitur baru yang bernama Youtube Red benar-benar memangkas penghasilan mereka mencapai 40%.

Sekilas Tentang Youtube Red

Baru-bau ini sekitar pertengahan bulan Oktober yang lalu, Youtube resmi meluncurkan fitur terbaru. Fitur tersebut bisa dikatakan fitur premium karena berbayar. Fitur yang disebut Youtube Red adalah fitur dari Youtube yang akan menyalurkan #video pada konsumen tanpa adanya iklan.

Sudah pasti rasanya ketika melihat video di Youtube dipenuhi dengan iklan bisa membuat kita menjadi sangat terganggu. Nah, fitur Youtube Red ini menjawab masalah yang timbul dari kemunculan berbagai bentuk iklan dalam tayangan sebuah video di Youtbe.




Artikel lain: Youtube Red ~ Layanan Terbaru Video Berbayar dari YouTube dengan Berbagai Keunggulan

Fitur dengan biaya langganan sebesar USD per bulan ini tidak hanya menawarkan video bebas iklan, namun bagi pengguna Youtube Red juga bisa mengunduh video untuk diputar secara offline. Selain itu, pelanggan juga bisa memainkan video sembari membuka aplikasi lain di perangkat mobile dan juga memiliki akses yang lebih besar ke Youtube Music.

Dengan adanya layanan ini diharapkan banyak pelanggan video di Youtube lebih nyaman dan lebih bisa menikmati suguhan berbagai video dari Youtube. Untuk saat ini nampaknya layanan Youtube Red belum tersedia di Indonesia, Youtube Red masih tersedia di kawasan Amerika Serikat.

Mendapat Komplain Dari Artis Youtube

Meski layanan ini cukup menjadi kabar gembira bagi penikmat video di Youtube, namun keadaan ini justru berbanding terbalik dengan para artis Youtube maupun kreator video lainnya. kehadiran Youtube Red ini justru berpotensi memangkas penghasilan mereka dari Youtube.

Salah satu yang juga melancarkan protes adalah PewDiePie yang juga salah satu artis #game Youtube dengan penghasilan yang sangat besar melalui konten videonya di Youtube. Pendapatan dari banyak artis Youtube jelas akan menurun dengan adanya fitur berbayar ini, karena tentu akan banyak para pelanggan yang akan segera beralih pada layanan Youtube Red.




Sebenarnya, untuk PewDiePie pribadi layanan semacam adblock untuk video tidak begitu ia permasalahkan, ia masih bisa menerimanya. Namun untuk para kreator-kreator dan artis kecil, tentu fitur tersebut akan menjadi masalh besar bagi mereka.

“Secara pribadi, aku tidak masalah jika Anda menggunakan adblock di videoku. Iklan sangat mengganggu, aku mengerti, aku tak akan mengeluh tentang hal itu. Tapi, untuk channel kecil, jumlah tersebut bisa menghancurkan,” begitu ucap PewDiePie yang mengkritik kehadairan Youtube Red.

Baca juga: Inilah 10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia

Sejauh ini belum ada kabar atau jawaban secara resmi dari pihak Youtube terkait adanya kritikan tersebut. Memang dengan adanya fitur tersebut saya yakin akan sangat berpengaruh besar terhadap penghasilan pemain-pemain Youtube skala kecil, bisa dipahami memang apa yang disampaikan PewDiePie.

Layanan Fitur Youtube Red Belum Hadir Di Eropa Maupun Asia

Untuk saat ini, layanan Youtube Red tersebut masih belum hadir dan belum bisa dinikmati konsumen dari Eropa maupun Asia. Youtube sendiri mengkonfirmasi bahwa belum ada kepastian kapan fitur ini tersedia di Eropa dan di Asia. Layak kita tunggu, apakah fitur ini tetap akan dilanjutkan dan disebarkan di berbagai negara. Apakah kritikan masih deras mengalir terkait layanan ini, kita tunggu saja berita selanjutnya.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Artikel-artikel di maxmanroe sangat LUAR BIASA…Sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha.SUKSES!

  2. Masih berada di daerah amerika saja sudah membuat penghasilan menurun hingga 40%, apalagi kalau udh tersedia di eropa dan asia

    • nah, itu gan

  3. wew, sampai di pangkas 40% penghasilan nya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud