Versi Terbaru OS Android Nougat Tak Akan Dilengkapi Fitur Google Pixel

Android Nougat

Image dari Fastandclean.org

Belum lama ini, perusahaan teknologi Google memperkenalkan produk terbarunya yakni sebuah seri smartphone yang diberi nama Google Pixel. Hadir dengan sejumlah fitur baru dan juga pengembangan teknologi yang tidak ditemukan pada seri lain, Google Pixel dengan cepat menarik perhatian masyarakat dunia berkat kecanggihannya.

Namun ternyata, masih se-induk dengan Pixel, sistem operasi Android terbaru, Android 7.1 Nougat ternyata justru tidak bakal mendapatkan kelebihan layaknya yang dimiliki Google Pixel. Disampaikan pada event #Google hardware beberapa waktu lalu, sejumlah fitur unggulan dari Pixel, tidak akan di tambahkan pada sistem operasi Android Nougat. Berikut ulasan lengkapnya.

Tanpa Fitur Andalan Pixel

Dalam gelaran Google hardware yang dilaksanakan pekan lalu, dikonfirmasi bahwa versi terbaru dari #sistem operasi Android, Android 7.1 Nougat tidak akan dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan dari smartphone Google Pixel. Setidaknya ada  beberapa fitur unggulan yang tidak akan tampil seperti, Google Assistant (customer support service AI terintegrasi), Smart storage (fitur penyimpanan backup unlimited untuk foto dan video) serta masih banyak lainnya.

Dikutip dari laman Android Police, menyebut bahwa pembatasan fitur milik Pixel untuk diterapkan pada seri Android Nougat telah dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Google. Hal ini tentu menjadi pertentangan tersendiri, dimana Android Nougat telah banyak ditunggu dengan berbagai pembaruan di dalamnya.

Artikel lain: Menilik Bocoran Tampilan Google Pixel Launcher, Semakin Atraktif




Fitur yang Tidak Akan Tampil

Selain 2 fitur unggulan yang telah disebutkan di atas, fitur lain yang juga tidak bakal muncul pada seri #Android Nougat adalah quick switch adapter. Fitur ini berbentuk hardware kabel data yang nantinya dapat dengan mudah memindahkan data dari perangkat iPhone ataupun Android seri lama ke dalam perangkat smartphone Google Pixel.

Fitur ini memang sangat unik dimana teknologi adapter semacam ini belum ditemukan pada smartphone lain. Selain itu, dengan adanya adapter ini, seakan memberi isyarat bahwa Google telah mulai menabuh genderang perang dengan pabrikan Apple. Perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin ini mencoba untuk merayu agar para pengguna tertarik menggunakan #smartphone Google Pixel dengan segudang fitur canggihnya.

Berikutnya, salah satu fitur dari Google Pixel yang sangat disayangkan karena tidak akan masuk pada pembaruan Android Nougat adalah Google Assistant. Fitur ini secara tidak langsung merupakan penyempurnaan dari Google Now, artificial intelegent asisten milik Google sebelumnya. Dengan penyempurnaan di berbagai fungsi, diharapkan Google Assistant mampu melebihi para pesaingnya seperti Apple Siri, Microsoft Cortana sert Amazon Alexa.

Disampaikan bahwa, Google Assistant mempunyai semua fungsi dari Google Now plus beberapa fungsi tambahan. Tidak hanya bekerja secara satu arah, nantinya Google asisten bisa menanggapi percakapan secara dua arah dengan pengguna. Lebih dari itu teknologi ini mampu mempelajari dan mengingat detail personal yang dibagikan oleh pengguna. Data inilah yang digunakan oleh Google Assistant untuk menentukan seperti apa layanan yang dibutuhkan oleh seorang pengguna.

Google Pixel Dengan Beragam Kelebihan

Setelah dirilis beberapa waktu lalu, Google Pixel memang sangat menarik dimana seri smartphone ini banyak dibandingkan dengan beberapa smartphone kelas atas lain dari pabrikan Apple maupun Samsung. Tidak berlebihan memang, karena fitur yang dihadirkan juga terbilang cukup mewah. Dilengkapi dengan kamera berkekuatan 12,3MP, kamera ini mampu menangkap kualitas video hingga 4k.




Baca juga: Android Nougat ~ Akhirnya Menjadi Nama Resmi dari Sistem Operasi Terbaru Android N

Mengingat penyimpanan konten video maupun foto yang memiliki ukuran jumbo, Google Pixel juga menawarkan layanan penyimpanan data unlimited melalui Google Photo. Jadi tidak perlu takut kehabisan memori, semuanya bakal tersimpan rapi dan bisa diakses oleh pengguna kapanpun juga.

Selain itu dengan adanya sensor hub processor, smartphone ini juga dapat terhubung secara online melalui WiFi, seluler maupun GPS untuk pilihan konektivitas.

Tidak diikutsertakan sejumlah fitur Pixel pada sistem operasi Android terbaru 7.1 bukan berarti membuat seri Android terbaru ini tidak layak untuk dicoba. Karena pada kenyataannya, pembaruan untuk semua fitur tersebut nantinya juga akan tetap diterapkan. Google menyatakan, masih akan menunggu bagaimana respon pasar terhadap fitur yang dimiliki smartphone Google Pixel terlebih dahulu sebelum menerapkan pada sistem operasi Android.




5 total comments on this postSubmit yours
  1. smartphone dari google seperti pixel memang mantap, di sokong oleh fitur dan teknologi baru google yang tidak dipasang di smartphone lain. Jadi ngiler nih, mau nabung dulu lah buat beli google pecel :v

  2. oh ternyata ini yg di sebut andro N Ternyata rasa naughet :3

  3. Saya pikir artikel ini akan sangat bermanfaat bagi para pembacanya, karena dapat memberikan informasi yang lebih tentang pembahasan masalah android,dan saya pikir,Google juga akan sangat menyukai artikel-atikel yang mampu memberikan nilai manfaat yang besar bagi para pengunjungnya. Dan saya berharap nantinya saya juga akan bisa menjadi seorang penulis yang hebat seperti Anda (Mas Marixcon). Terima kasih atas informasinya Mas,sukses selalu buat Mas Marixcon!

    • Nama saya bukan Marixcon tapi Marikxon. Susah ya baca nama saya hehehe

  4. Google lagi jor-jorannya buat ekspansi nih. Bukan tidak mungkin nanti salah satu anak perusahaannya bergerak di bidang pertanian, energi, maupun retail. Siapa tahu, ya? Tapi kalau soal handphone, saya tetap milih iPhone. Gak peduli fitur dari pixel udah secanggih apa.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud