Android Nougat ~ Akhirnya Menjadi Nama Resmi dari Sistem Operasi Terbaru Android N

android nougat

Image dari Fossbytes.com

Setelah bergelut dengan netizen dan hasil polling nama Android N akhirnya pada tanggal 1, Juli 2016, Google telah resmi memutuskan penggunaan nama “Nougat” untuk sistem operasi terbaru Android N. Dengan munculnya nama Nougat ini maka pupuslah beberapa nama yang sebelumnya santer muncul seperti Nutella, Neyyappam atau New York Cheesecake dan lain sebagainya. Kisah penamaan sistem operasi #Android seri ke-12 ini memang nampak menegangkan sekaligus membuat banyak orang penasaran.

Pasalnya, Google sebagai pemilik resmi sistem operasi Android ini sempat melemparkan pada netizen untuk mendapatkan nama yang tepat untuk Android N. Tak ayal kemudian Google sempat mendapatkan celaan dan ledekan dari sejumlah netizen dari aksinya menggelar polling nama Android N. Lalu mengapa kemudian muncul nama Nougat sebagai nama resmi Android N ini? Berikut ulasannya.

Apa Itu Nougat?

Ketika mendengar berita pengumuman nama Android N yang kemudian disebut sebagai Nougat, saya sendiri kemudian menjadi bingung, nama camilan seperti apakah Nougat ini? Sejurus saya pun mencarinya ke “mbah google” dan mengetikkan nama Nougat.

Dari sana saya mendapati definisi Nougat dari sumber wikipedia yang menyebut bahwa Nougat adalah nama sebuah permen yang terbuat dari komposisi bahan-bahan seperti gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, namun bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering. Jajajan atau camilan yang juga bisa digunakan sebagai isian batang permen atau cokelat ini sendiri berbentuk lunak atau keras tergantung bahan yang dipakai.

Artikel lain: Seminggu Jelang Pengumuman Android N, Akankah Neyyappam Menjadi Nama Resminya?

Apakah Nama Nougat Berasal dari Hasil Polling?

Memang tidak ada kata yang menyebut secara spesifik bahwa nama Nougat merupakan nama yang diambil dari hasil polling yang digelar Google sejak gelaran Google I/O 2016 bulan Mei kemarin. Tapi menilik pengumuman yang dihadirkan #Google di Twitter @andorid yang berisi tweet “Introducing, AndroidNougat. Thank You, World for all your sweet name ideas! AndoidNReveal” maka bisa dianalisa bahwa nama Nougat berasal dari netizen (polling).

Namun sangat mengherankan bila menilik nama Nougat dari hasil polling, sebab seminggu sebelum pengumuman, terdengar kabar bahwa polling terbanyak pada nama Nutella dan Neyyappam. Tapi inilah mungkin yang akan menjadi rahasia perusahaan dan tak akan pernah kita ketahui. Selain asal nama, hal yang akan menjadi misteri dari Android N adalah nomor versinya. Jadi jika tahu bahwa Android Lollipop mengusung nomor 5.x dan Android Marshmallow mengusung nomor 6.0.x, maka nomor versi Android Nougat ini masih menjadi misteri antara nomor 6.1 atau malah nomor 7.0.

Akan Rilis Beberapa Bulan Ke Depan

Selain mengumumkan nama Android Nugget dari Twitter, Google juga mengenalkan nama untuk penerus Android Marsmallow ini melalui akun Snapchat resmi perusahaan di hari yang sama yaitu Jumat (1/7/2016). Android Nougat sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan pada bulan Mei pada gelaran Google I/O 2016 yang lalu.

Nah saat diumumkan hari ini, statusnya sendiri sudah Beta kedua yang diklaim lebih stabil dari versi perdana. Meski versi previewnya sudah tersedia sejak beberapa bulan lalu, maka setelah diumumkan sebagai Android Nougat hari ini diperkirakan kemudian sistem operasi ini akan dirilis secara resmi beberapa bulan ke depan.

Fitur Android Nougat

Android Nougat sendiri memiliki beberapa fitur terbaru yang mumpuni seperti layar split-screen ketika digunakan multitasking, tampilan notifikasi dan juga fitur Doze yang lebih ditingkatkan dari versi lama Android Marshmallow.




Tidak hanya itu pada Android Nougat ini juga dilengkapi dengan dukungan pada platform Virtual Relaity (VR) terbaru Google, meski hanya kompatibel pada beberapa perangkat yang mendukungnya saja. Supaya Android Nougat ini bisa mengonsumsi lebih sedikit RAM maka untuk Android Nougat ini pihak Google juga sudah meningkatkan Project Svelte.

Baca juga: Inilah 5 Fitur dan Keunggulan yang Akan Dihadirkan Pada Android N

Demikianlah informasi mengenai sistem operasi Android Nougat yang baru saja diumumkan Google. Dengan munculnya nama Nougat sendiri maka sistem operasi Android N ini telah melengkapi penamaan berdasarkan abjad generasi android sebelumnya dengan nama camilan atau makan ringan atau camilan manis.

Sebelumnya sendiri kita ketahui Android telah memunculkan beberapa nama seperti Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).




1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah… untuk Android Nougat ini saya nyimak dulu Mas…
    Terima kasih atas informasinya…
    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud