5 Peluang Usaha dengan Modal 10 Juta Rupiah yang Menjanjikan Saat Ini

Saya setuju dengan teori orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis, “Jangan banyak mikir. Action saja biar langsung belajar!” Ada banyak peluang usaha dengan modal 10 juta rupiah. Tapi dan tapi lagi, sekecil apa pun bisnisnya, semudah apa pun bisnisnya tetap ada resiko.

Ini yang kadang sering dilupakan oleh calon pengusaha di awal-awal. Kalau modal beneran 10 juta, terjun bisnis dan tiba-tiba bangkrut, tentu saja bakal stress nanti. Rata-rata sedikit yang mau bangkit mencoba lagi. Capek, trauma dan stres mikir caranya  cari modal. Betul?

Sangat disayangkan kalau sudah menemui jalan buntu seperti itu. Pengalaman dari saya sendiri pernah mencoba bisnis kuliner tanpa pengalaman dan tanpa menajemen yang bagus, rela atau tidak saya harus gulung tikar. Makanya saya pikir ada benarnya kalau kita harus memikirkan Calculated Risk untuk memastikan kemungkinan terburuk.

Setidaknya punya rancangan khusus seberapa besar biaya yang dibutuhkan sebelum buka bisnis. Iseng-iseng  nimbrung di komunitas bisnis, akhirnya saya menemukan ‘reng-rengan’ rencana awal untuk beberapa peluang usaha dengan modal 10 juta, bahkan ada juga peluang usaha dengan modal di bawah 10 juta.



Semoga bisa membantu!

Artikel lain: 101 Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

Ide Peluang Usaha dengan Modal 10 Juta

Untuk menemukan ide peluang usaha dengan modal di bawah 10 juta rupiah, kita bisa melihat kebutuhan dan kebiasaan masyarakat saat ini. Berikut ini adalah beberapa contohya:

1. Berjualan Masker Motor

Peluang Usaha dengan Modal 10 Juta

Sadar atau tidak, kebutuhan masker motor semakin tinggi karena taraf polusi di tempat kita sudah parah. Nah, untuk membuat masker motor ini sebenarnya tidak rumit dan memakan waktu. Yang penting ada alat jahit, kain khusus masker dan ketrampilan menjahit saja.

Tapi untuk menghemat modal, tenaga dan waktu, kita asumsikan berperan sebagai reseller saja. Yang penting kita kira-kira saja, maskernya seperti apa, bahannya seperti apa dan seberapa lakunya?

Perhatikan perhitungan kasar usaha jualan masker motor berikut ini:

  • Modal awal Rp1.224.000 (beli masker 3 lusin dan ongkos kirim)
  • Dari beli lusinan di atas, berarti 1 buah masker motor harganya Rp34.000
  • Di internet harga jual rata-rata Rp40-ribu sampai Rp45-ribu. Kita jual Rp45.000
  • Jadi profitnya kalau dijual @Rp45.000
  • Rp11.000 x 36 buah = 396.000, jadi untungnya 32%

Nah, harga di atas bisa lebih murah lagi kalau kita membeli beberapa lusin masker. Jadi pastikan keuntungan minimal Rp10.000 setiap item-nya. Rata-rata yang jual bisnis masker mengaku bisa menjual 13 lusin dengan keuntungan bersih Rp1.500.000, kalau tiap item mengambil untung minimal Rp. 10.000. Jadi targetnya satu hari bisa menjual minimal 5-6 masker saja.

Artikel lain: Peluang Usaha Mainan Anak Edukatif yang Menguntungkan

2. Usaha Minuman Susu Rasa-rasa

Usaha Minuman Susu Rasa-rasa

Berjualan minuman rasa-rasa juga salah satu peluang bisnis dengan modal di bawah 10 juta. Yang pertama pastikan lokasi di tempat ramai dan panas, misalnya dekat kampus dan sekolah.

Target pasar seperti mereka ampuh sekali karena mahasiswa dan anak sekolah sangat suka jajan. Atau jika susah, bisa masuk ke mall. Hanya saja biaya sewa lebih mahal.

  • Sewa lokasi per bulan Rp. 1.000.000 (Khusus area Malang, bisa berbeda di tempat lain)
  • Rombong minuman alumunium Rp. 4.500.000
  • 2 buah Blender Rp. 600.000
  • Logistik bulanan Rp. 1.200.000
  • Sewa 2 pegawai Rp. 1.600.000

Total modal Rp. 8.900.000

Pengeluaran Bulan Berikutnya

  • Logistik Bulanan Rp. 1.200.000
  • Sewa 2 pegawai Rp. 1.600.000
  • Lain-lain 1.000.000

Total pengeluaran tiap bulan Rp. 3.800.000

Asumsi Pendapatan Per Bulan

  • Profit, 1 cup dijual Rp. 7000
  • Target penjualan 12 jam harus 50 cup, jadi omset Rp. 350.000 (sehari)
  • Omset 1 bulan Rp. 350.000 x 30= 10.500.000

Keuntungan bulan ke-dua dan seterusnya Rp. 10.500.000 – Rp. 3.800.000= 6.700.000

3. Menjalankan Usaha Waralaba

Menjalankan Usaha Waralaba

Salah satu peluang usaha dengan modal di bawah 10 juta juga bisa dengan cara bergabung dengan bisnis waralaba. Kuliner ala-ala rombong atau booth belakangan semakin banyak. Mulai dari teh racikan hingga jajanan khas.

Umumnya bisnis waralaba ini punya rancangan keuangan dan pemasaran sendiri, mulai dari bahan baku dan training. Enaknya, bisnis waralaba sudah dikenal masyarakat jadi tidak perlu repot soal promosi dan kualitas produk. Kita tinggal jalankan saja. Namun perlu diingat. Faktor lain seperti lokasi, service dan adanya sistem bagi hasil juga wajib dipertimbangkan.

Beberapa usaha waralaba dengan modal Rp 5 – 10 juta diantaranya:

4. Menjalankan Bisnis Dropship

Menjalankan Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah salah satu jenis bisnis online yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat urban di Indonesia. Dropshipper adalah perantara yang menjual produk dari supplier kepada konsumen yang membutuhkan.

Dropshipper berhubungan langsung dengan konsumen dan supplier. Ketika berhubungan dengan konsumen, pihak dropshipper menerima pesanan dari konsumen dan bertindak seperti pemilik produk yang dijual.

Pada kenyataannya, para dropshipper tidak pernah memegang atau menyimpan produk yang mereka jual. Setelah konsumen melakukan transfer ke dropshipper, maka dropshipper akan melanjutkan transfer ke supplier. Pada proses transaksi, dropshipper tentu mengambil keuntungan dari selisih harga.

Selanjutnya, pihak supplier/ produsen akan melakukan packing produk yang dibeli dan melakukan pengiriman barang kepada si konsumen. Dan tentu saja pada bagian packing akan disebutkan bahwa barang tersebut dikirimkan oleh si dropshipper sehingga nama baiknya tetap terjaga.

Boleh dibilang bisnis dropship ini nyaris tanpa modal di awal menjalankan usaha. Namun, tentu saja dropshipper akan mengeluarkan biaya untuk proses pemasarannya.

5. Menjalankan Bisnis Hijab

Menjalankan Bisnis Hijab

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dan hijab merupakan salah satu jenis pakaian yang banyak sekali peminatnya di Indonesia.

Tingginya permintaan hijab di Indonesia adalah sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan, apalagi bila mendekati Idul Fitri. Bisa dipastikan bahwa berjualan hijab di Indonesia tidak akan sepi pembeli karena selalu saja ada pembelinya walaupun cukup banyak pebisnis yang berjualan hijab.

Untuk memulai usaha berjualan hijab tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan modal kurang dari 10 juta pun sebenarnya Anda sudah bisa memulai usaha ini. Anda bisa memulainya dengan sistem reseller/ dropship, yaitu menjual produk orang lain.

Namun, bila Anda punya skill desain hijab yang baik dan ingin membuat produk hijab sendiri, maka Anda bisa mencoba memproduksi hijab hasil desain Anda tersebut. Dengan desain yang menarik, motif dan pemilihan bahan yang tepat, produk hijab karya Anda kemungkinan besar akan laris terjual.

Demikianlah lima contoh peluang usaha dengan modal 10 juta yang menjanjikan saat ini. Perlu kita ingat juga bahwa strategi pemasaran yang kita lakukan juga sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha yang kita jalankan. Anda punya informasi usaha dengan modal Rp 10 jutaan lainnya yang tidak disebutkan di artikel ini? Mohon berbagi di kolom komentar.

Semoga bermanfaat!




4 total comments on this postSubmit yours
  1. Maxmanroe selalu menyajikan artikel yang mudah untuk di resapi dan trimakasih untuk hitung – hitungan mengenai usaha yang cocok untuk di jalankan. Blog maxmanroe merupakan salah satu blog inspirasi saya terutama saat membuat artikel penjulan. Terimakasih om maxmanroe :) :D

  2. Mungkin ada bbrapa yang masih sulit untuk membuka bisnis baru terutama saat persiapan, entah karena ribet, gak tahu apa yang musti dipersiapkan dan sebagainya.
    Nah ada solusi nih.. Salah satunya bisa berbisnis model waralaba, lebih simpel dari segi persiapan. Belum lagi sudah ada manajemennya yang ngatur, jd tidak perlu repot2 amat :D

  3. Makin keren aja Bang blognya!!! Btw makasih atas infonya,saya pengen jualan susu rasa2 aja lah,kayaknya ngga modalnya bisa kejangkau.

    • Makin keren gimana maksudnya mas Rio, kayaknya belum ada perubahan deh tampilannya hehehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud