CleBo, Produk Game Board Seru untuk Cerdaskan Anak Bangsa Karya Billy Kurniadi

CleBo

CleBo

CleBo – Saat ini bisa dibilang permainan tradisional sudah banyak ditinggalkan. Mengapa demikian? Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat permainan tradisional tergeser dan tergantikan oleh permainan modern yang bersifat digital.

Namun, meskipun penggunaan game digital via gadget semakin marak, hal ini tak menyurutkan langkah Billy Kurniadi (Billy) yang menciptakan permainan papan konvensional yang seru dan menarik serta mencerdasakan anak bangsa. Permainan di sebuah papan ini oleh Billy diberi nama CleBo yang memiliki akronim Clever Board.

Permainan CleBo ini memang berada di tengah tren game digital yang luar biasa. Namun, dengan konsep yang ditawarkan, game CleBo ini terbilang cukup sukses dalam hal penjualan. Lalu seperti apakah produk game bernama CleBo ini? Berikut ulasannya.

Awal Mula Lahirnya Bisnis CleBo (Clever Board)

Selain karena Billy yang hobi mengkoleksi bermacam-macam game board seperti Monopoly, Othello, Stratego, Cluedo, Scrabble, pria yang merupakan seorang arsitek lulusan Universitas Tarumanagara ini juga memiliki obsesi membuat game board sejak lama. Diawali dengan coretan pensil, Billy kemudian menggunakan bakatnya membuat desain game board yang kemudian dimainkan bersama teman-temannya.

Keinginan dan hasrat membuat game board ini semakin besar setelah dirinya menyelesaikan pendidikan perguruan tingginya di Universitas Tarumanagara. Puncak dari hasratnya membuat game board CleBo ini muncul ketika dirinya ingin mencarikan permainan seru yang bernuansa edukatif untuk keponakannya.

Sayangnya permainan yang diinginkannya tidak didapatkan. Dari sinilah kemudian hasrat Billy untuk membuat game edukatif yang seru semakin kuat, dan kemudian lahirlah game board CleBo.

Artikel lain: Antisipasi Game Online Berbahaya, Ini Solusi yang Bisa Dilakukan Para Orang Tua

Tantangan Berjualan CleBo

Pada awal memasarkan CleBo harus diakui memang ada banyak tantangan yang menghadang. Seperti yang sudah disebutkan, maraknya penggunaan permainan digital di masyarakat adalah salah satu kendala Billy berjualan Clebo.

Dalam menghadapi persaingan, Billy dengan game board CleBo memposisikan diri sebagai penyeimbang bukan pesaing. Maraknya game digital yang ada juga tak menyurutkan langkah Billy untuk terus memasarkan permainan yang edukatif, seru dan meningkatkan kemampuan berpikir, moral, maupun spiritual tersebut.

Kelebihan CleBo

Tingginya rasa percaya diri Billy dalam memasarkan Clebo juga dikarenakan adanya kelebihan yang dimiliki game board kreasinya. Ya, game board CleBo ini memang memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh permainan digital, diantaranya adalah:




  • Tidak merusak mata
  • Mempunyai vibe “Old School” yang cenderung membuat suasana jadi lebih akrab dan hangat
  • Penuh dengan canda tawa saat memainkannya
  • Membuat keakraban bagi sang anak
  • Tidak membuat anak jadi anti sosial bila berlebihan memainkannya
  • Pola permainan CleBo sangat modern dan dinamis yang akan melatih kompleksitas pikiran dan juga keseimbangan antara power, speed dan control

Pemasaran CleBo

Dalam memasarkan CleBo, pria yang tinggal di daerah Setiabudi, Jakarta ini memanfaatkan #media online seperti kaskus, website Clebo-games.com dan juga media sosial. Selain menjualnya secara online, Billy juga menjual CleBo ini secara offline melalui Gramedia, PaperClip terpilih, serta juga pada CleBo Center.

Pencapaian CleBo

Dengan semua kerja kerasnya, kini game board Clebo kreasi Billy Kurniadi sudah terbilang sukses. Pria yang juga menjalankan perusahaan Media Communication (CRD Media) ini setidaknya telah memasarkan lebih dari 5000 product CleBo.

Selain menjual dan memasarkan secara langsung, Billy juga membuat CleBo menjadi salah satu produk pendukung beragam endorsement, mulai dari Asus, Korg dan Chandracom serta beragam produk lainnya. Boleh dibilang bahwa produk CleBlo yang memiliki visi mencerdaskan anak bangsa lewat permainan, sudah memperoleh banyak hal baik.

Baca juga: Anantarupa Studio ~ Meramu Kebudayaan Lokal Menjadi Konten Game Yang Menarik

Tips Sukses Berbisnis

Untuk bisa sukses, Billy memberikan tips dalam berbisnis. Selain niat yang tulus dan konsisten, Billy mengatakan bahwa sebuah bisnis harus memiliki pelayanan yang cepat, bersahabat, dan penuh tanggung jawab. Jangan lupa juga untuk membangun sistem yang sederhana di bisnis Anda, yaitu cinta kasih. Sedangkan untuk menjalankan usahanya, Billy mengatakan agar setiap #entrepreneur memiliki prinsip totalitas, tidak menyesali apa yang telah terjadi dan juga selalu berusaha lebih baik dari hari kemarin.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud