Melirik Peluang Usaha Budidaya Durian Merah, Apakah Menguntungkan?

Usaha Budidaya Durian Merah

Usaha Budidaya Durian Merah – Durian masih memiliki banyak peminat di Indonesia. Setiap kali musim durian banyak sekali penjual durian bertebaran, baik jenis durian montong maupun blawor.

Namun, jenis durian merah saat ini justru mengalami penurunan dan bisa dikatakan semakin langka. Padahal durian merah dipercaya memiliki khasiat yang tinggi untuk kesehatan sehingga masih banyak sekali pemburunya.

Durian merah ini banyak ditemukan di daratan Banyuwangi, namun tidak menutup kemungkinan Anda bisa memulai usaha budidaya durian merah di tempat Anda untuk meningkatkan produksi durian merah dan menjadikannya sebagai peluang bisnis yang bagus.

Berikut beberapa langkah sukses memulai usaha budidaya durian merah:

Langkah Sukses Memulai Usaha Budidaya Durian Merah

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memulai usaha budidaya durian merah dan meningkatkan keberhasilnnya. Simak ulasan berikut:

1. Cek langsung Durian Merah dari Asalnya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, durian merah ini berasal dari Banyuwangi dan menurut sebagian besar orang rasa durian merah asli banyuwangi memiliki rasa yang lebih khas daripada di tempat lain.

Sehingga sebelum Anda membuka usaha ini sebaiknya berkunjung ke kebunnya dulu untuk merasakan cita rasa 65 jenis durian merah di Banyuwangi yang 11 diantaranya sudah layak ekspor.

Artikel lain: Prospek Usaha Perkebunan Durian Montong, Cukup Lama tapi Menggiurkan

2. Pelajari Jenis Tanah yang Bagus untuk Menanam Durian Merah

Berkunjung ke kebun asli durian merah juga dapat memberikan keuntungan Anda untuk mempelajari jenis tanah seperti apa yang efektif untuk usaha budidaya durian merah. Durin merah memerlukan 25 lebih jenis unsur mikro mineral seperti alumunium, silica, baron, lantrium dan lainnya.

Cita rasa khas durian merah banyuwangi juga berasal dari asupan sulfur tinggi dari Gunung Raung dan Kawah Ijen setiap harinya. Namun, tidak memungkinkan Anda bisa membuat cita rasa yang sama di kebun durian merah Anda nantinya, yang penting faktor pemelihaaran tetap terjaga.

3.      Uji Kualitas Tanah Anda

Anda bisa melakukan uji kualitas tanah yang akan ditanamin durian merah nantinya. Ini bertujuan sebagai analisis fisika dan kimia terhadap kualitas kebun Anda. Anda bisa melakukan pengujian kualitas tanah di laboratorium analisis tanah.

Untuk menanam durin merah pun sebenarnya tidak membutuhkan tanah yang luas, meskipu tanah Anda hanya setengah hektar pun masih bisa ditanami durian merah. Durian merah dapat tumbuh pada ketinggian tanah 100 – 1.200 mdpl.




Ketinggian tanah dapat mempengaruhi cita rasa dan jenis durian merah. Optimalnya durian merah ditanam pada ketinggian tanah 100 – 800 mdpl.

Baca juga: 6 Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan di Indonesia

4. Persiapan Modal Awal Budidaya Durian Merah

Sebenarnya modal awal yang dibutuhkan untuk budidaya durian merah tidak terlalu besar, yakni sekita 20 juta sudah cukup. Untuk usaha yang lebih besar Anda bisa menyiapkan paling tidak 50 juta tergantung luas tanah yang ingin Anda jadikan kebun durian merah.

Biaya tersebut sudah termasuk bibit unggul durian merah berusia 1 hingga 2 tahun yang siap dipindahkan ke kebun. Bibit yang bagus adalah bibit yang memiliki tinggi 0,7 – 1,5 meter.

5. Penjualan Durian Merah

Durian merah dijual seharga Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung kualitas duriannya. Durian merah dengan kualitas super pun memungkinkan bisa dilakukan ekspor ke negara lain dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada pasaran di Indonesia.

Kebun durian merah lebih cocok digunakan sebagai lahan investasi karena masa panen buah ini 5 – 6 tahun sekali tergantung pada geografisnya. Namun, sekali panen setiap pohon durian merah dapat menghasilkan hingga 40 buah durian.

Dengan harga jual minimal Rp 100 ribu per 3 kg-nya dalam satu pohon Anda bisa mendapatkan hasil lebih dari Rp 5 juta. Penjualan durian merah dinilai cukup mudah karena tidak banyaknya saingan yang menjual durian merah. Selain itu durian merah dipercaya untuk menyembuhkan penyakit sehingga pasti memiliki peminat yang tinggi.

Baca juga: Usaha Kebun Durian Bawor, 4 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

PENUTUP

Itulah langkah tepat untuk Anda yang berminat membuka usaha budidaya durian merah. Masih sedikitnya saingan membuat pembudidaya durian merah dapat meraih keuntungan yang besar dengan harga jual yang masih tinggi.

Jika Anda berminat, mantapkan tekad Anda karena dengan ketekunan bisnis ini bisa menjadi investasi masa depan yang menguntungkan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Sebenarnya, kontur tanah yang pas untuk sebuah usaha seperti ini tanah seperti apa mas ?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud